1

Topic: Campak bisa menular ke bayi dalam kandungan kah??

Dear mods, maaf kalau sblm nya sudah dibahas yaa
Bulan ini anak2ku kena tampek...eh sama ga sih tampek ama campak ya?
kulitnya merah2 gitu, pertama tangan, badan,muka terus telapak kaki dan tangan...katanya sakit ama gatel2...ga ke dokter sih, ga panas juga badannya, cuma aku kasi minum banyak, vitamin, sari kurma ama caladine lotion...minum madu juga...5 hari sembuh deh, eeeh...sekarang bapaknya kena pula...huhuuuu...ada pengaruh ke bayi ga ya? aku lg hamil 7 bulan, suka gatel2 juga tp ga ampe merah2 sih...dari awal hamil emang gatel di tangan ama paha, tp katanya banyak juga yg hamilnya kayak gitu...
Tolong ya mamas...sebetulnya klo lg campak gitu obatnya apa and apa bisa nular ke bumil ama babynya ga yaa??

Always love my happy life, alhamdulillah
@ruribuwi

2

Topic: Campak bisa menular ke bayi dalam kandungan kah??

hi buwie setahu aku nih ya, campak itu pake badan panas tinggi, sampai persendian rasanya ngilu2. kalo gak mungkin alergi atau yang ada hub ama kulit aja. kalo bener campak ya pasti berdampak ke bayi, apalagi kalo masi trisemester pertama bahaya tuh. tapi kalo udah bulan tua g terlalu bahaya cuma harus cepet ditangani.

3

Topic: Campak bisa menular ke bayi dalam kandungan kah??

buwie..kalau campak memang badannya demam tinggi. ada jenis rubeola sama rubella. Ada threadnya juga di TUM, tp lebih ke arah campak pada baby/toddler. Tapi kalau mau baca2 disana nanti bisa juga tahu jenis2 campak.

Kmrn waktu kontrol ke dokter aku dikasih tahu kalau yang lebih bahaya pada ibu yang mau hamil/sedang hamil itu yang jenis rubella krn bisa menyebabkan bibir sumbing, makanya dianjurkan tes TORCH sebelum program mau hamil.

Kalau memang khawatir waktu cek ke obsgyn bisa ditanyakan. Kmrn waktu USG terakhir aku juga dilihatin dan dicek satu2 kok kelengkapan organ baby meskipun bukan USG 4 dimensi. Dr situ bisa ketahuan juga bibir baby sumbing/tidak, ada tumor di tulang belakang dll.

Mudah2an babynya sehat terus ya.

4

Topic: Campak bisa menular ke bayi dalam kandungan kah??

Buwie khas campak itu demam tinggi diesertai ruam (merah) yang bisa gatal, karena virus campak menyerang mukosa, jadi yang khas matanya merah, juga ada gejala flu-lke syndrome kaya batuk pilek, badan pegel2 dan sakit kepala.

Penularannya dr droplet atau percikan ludah. Campak memang infeksius banget, gampang menular. Tapi krn ini virus, selama ketahanan tubuh baik, fit terus, bisa aja gak tertular.

Jadi menurutku gatal tanpa ruam di paha dan tangan yg dialami itu bukan campak, kemungkinan besar alergi. Jadi jangan khawatir :) yang penting jaga ketahanan tubuh.

Semoga sehat terus yaa!

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

5

Topic: Campak bisa menular ke bayi dalam kandungan kah??

Thank you all 4 the advices...abis aneh sih, semua gejala campak kerasa di anak2 ama bpknya, cuma panasnya aja ga ada, panasnya malah satu minggu sebelumnya, moga2 ga nular ke ibu and baby...baru kontrol dktr kandungan minggu depan jadwalnya...makasih doanya ya!!

Always love my happy life, alhamdulillah
@ruribuwi