1

Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

Mamas Papas,
Mo nanya dong,
Mulai kapan/umur berapa yah anak bisa ditinggal di rumah sendiri?
Bener-bener sendiri yah, tanpa penjagaan.

Beberapakali suami atau nenek Alyssa ninggalin Al (hampir 7 tahun) di rumah sendirian. gak lama sih perginya paling gak nyampe 30 mnt krn mereka harus ke bakery atau supermarket deket rumah dan Alnya sendiri emang milih nggak ikut..

Biasanya rumah dikunci, dan Al diwanti-wanti untuk gak buka pintu buat siapapun.
Gue sih percaya Al bisa jaga diri (halah) dan udah cukup 'pintar'.
Tapi kok gue tetep deg-degan yah? dan suka horor pikirannya.
apa gue over protective?

ada saran/tips ?

2

Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

Fanny,

Kayanya kalo di Indonesia umur 7 taon masih dianggap kecil kali yah kalo home alone. Secara satpam komplek aja banyak yg pada jadi informan buat para maling :P Mungkin kalo kasusnya di Indo, umur 13-an mulai anak masuk SMP kali yah. Sepupu gw umur segituan. Itupun dengan embel2 tetangga dekat dikasi tau & 'nitip' sepupu gw itu.

Kalo di tempat gw anak2 seumuran neng Al juga sudah pada biasa home alone. Emg cuma sebentar siy, sama lah kaya kasus lo yg cuma 30menitan. Tapi ya itu, balik lagi, IMO kondisi keamanan di tempat lo, gw kan ga bisa disamain kaya di Indo.

3

Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

fan,
eh iya gw jg horror mulu pikirannya.
walopun cuma bentar, bentar itu kan menurut kita ya.
Sedangkan 'apa2' itu kejadiannya emang bentar juga. Cuma bbrp detik :(
Haduh, maap koq jd bikin tambah parno yah..

Soalnya dulu zaman gw SD, ada di deket rumah gw anaknya SD kelas 6, ditinggal di rumah sendiri. Ibunya lg pengajian ato arisan 'bentar' di tetangga. Sbnrnya anaknya itu 'jaga' warung. Warungnya warung kecil gt, garasi mobil dijadiin warung. rumahnya mmg di dalem, agak mojok gitu, dan memang suasana di komplek siang2 gitu ya sepi2 aja. Anaknya sih jaga warung sambil nonton tv & ngerjain PR. Taunya ada perampok, kasian banget, anak perempuannya itu diiket di kursi. Mungkin sempet berontak atau teriak, jadi mulutnya ditutup jg pake lap, dan kayaknya sempet dipukul biar pingsan. Ternyata gak pingsan, tapi meninggal krn kehabisan nafas :''( padahal ya, jumlah uang di warungnya pun gak seberapa katanya.
Haduh nyokap gw jd parno dan sampe skrg gw jaraaaang bgt sendirian di rumah.

Ada lagi tuh, anaknya SD kls 1, lagi tidur siang. Mamanya pergi ke warung beli bumbu, di rumah lg ngangetin nasi pake magic com. Pompa airnya nyala, listriknya gak kuat, jadi ngejepret. Tapi malah jd korslet & kebakaran. Tapi si anak kclnya selamat sih. Tapi krn rumahnya dikunci, pas panik jd ga bisa buka kunci pintu. Gagang pintunya jg panas banget! Jadinya jebol jendela. Ah sereeeemmm...

Kalo mmg hrs ditinggal sendiri gitu, ajarin si neng cara nyelametin diri juga fan. Kayak di sekolah2 gitu.
biasanya kan diajarin tuh, tanggap darurat utk gempa, kebakaran, kesiram air panas, luka kena benda tajam, dll. misalnya jgn pake kaos kaki di tangga, cara ambil makanan di kulkas ato microwave, ambil gelas minum, dll.
Ato kalo ribet, ajak aja lah, paksa. Kan cuma sebentar juga. Hihihi..parno deh gw..

Kayaknya baru tenang ngelepas anak sendiri tuh usia 12-15an deh...
Tapi ya tergantung anaknya sih...
Kalo bokap nyokap gw sih ga pernah ninggalin anak2nya sendirian di rumah, sampe usia kuliah gitu fan...jadi kayanya gw jg bakal bgitu :(

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

4

Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

Eka, kok cerita lo horror amat siyyyyy... Tapi emang disini ga terbiasa utk ninggal anak begitu ya..kalopun ditinggal biasanya minimal ada art yg udh terpercaya. Seingat gw dulu gw ditinggal dan ga diajak pergi tuh pas SMA deh,selain krn acaranya mendadak.. ya itu ada art yg udh kerja 7th an jadi (almh)nyokap ngerasa aman. Bener2 ditinggal tanpa pengawasan mmg pas udh kuliah sih...huhu..sorry ya Fan no tips
nih...

@medyratri

5

Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

emang sih serem ya kalo ninggalin anak sendirian..selain faktor eksternal (maling), faktor internal nya juga harus kita perhatiin..dan bner kata eka, Al diajarin cara penyelematan kalo ada apa2..
sepupu gw ada yg udah ditinggal sendiri dari umur 9 taun, tapi tetangga sebelahnya adalah sodara gw juga..jadi bisa dititip..menurut gw sih asal ada yg bisa dititip misal tetangga jadi kalo ada apa2 bisa ditengokin..
tapi fan hebat ya Al berani, justru biasanya si anak yang ga mau ditinggal kaann..
kalo gw ditinggal sendiri dirumah dari SD..errr bahkan diluar rumah deng hahaha jadi dulu blm ada telpon dirumah..gw pulang sekolah taunya rumah kosong semua lagi ke rumah nenek gw..yah alhasil gw nungguin di teras setelah manjat pagar rumah hihihi...
eh jd pengen cerita dikit..dulu teteh gw pernah dirumah sendirian (SMA loh..) pas tarawehan, dia lagi halangan jadi ga ikut..pas selese..diketok2 ga bisa ditelpon ga ada juga..khawatir dooonggg, takut kenapa2..akhirnya bokap gw bongkar pintu garasi, naek ke atap..nembus rumah dari langit2 rumah gitu deehh...dan ternyata doeennggg! si teteh ketiduran! ih bahaya banget klo ada apa2 dia kebo gitu ga bangun...

~Aysha's mom~

6

Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

jaman sekarang mah udah beda, ninggalin anak sendirian horror deh bawaannya, mau umurnya udah gede juga. kebayang dulu jaman gue masih SD umur 5thn aja gue udah pergi dan pulang sekolah sendiri, naek angkot. sekarang? horror gila mikirin anak umur 5thn ke sekolah sendirian.

eh ini ngomonginnya kalo ditinggal di rumah ya? hihih.. maaf fan ga nolong dan malah OOT :P

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

7

Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

slesta beneerrr!!!! beda jaman yaaa..skrg suka bilang gini ke nyokap "mama dulu tega bener ya biarin kita2 yg kecil2 naek angkot sendiri..jauh pula" hihihihi skrg gw coba naek angkot lagi, yang ada curigaan ama semua penumpang :D *jiyaahh ikutan OOT*

oia, yg bahaya kalo ninggalin dirumah itu semacem kompor, setrikaan, yg kalo lupa dimatiin bahaya banget kaann...kmrn kejadian di rumah nyokap,si mbak lupa matiin kompor..sampe udah berasap tebel gitu, ade gw yg baru sampe bilang baunya sampe keluar rumah..jadi kalo anak jgn sampe deh deket2 dapur..selain bahaya kompor, pake pisau pun bahaya..eh jadi serba parno yah.

~Aysha's mom~

8

Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

tisyonk,
daerah rumah gue sih cenderung aman banget. suburban gitu dan penculik (apalagi di rumah) kayaknya (dan moga2) gak pernah yah.

eka
ih tega ih, malah kasih cerita horor.

shinta
hah, umur 5 tahun naek angkot sendiri? beneran? gue sih dulu 'dilepas' waktu kelas 5 dan pas smp ke jogja sendiri.
kriminalitas di indo sekarang emang parah yah, eh kl singapur jauh lebih amankan?

mia
tentangga sebelah rumah baik banget sih emang dan selalu ada. kalau ada apa2 kita bisa telp mereka. juga buyut, nenek, oom, tante, ipar, keluarga besar semua deh termasuk guru-gurunya alyssa tinggal deket sini. dan iya emang alyssa yg minta. pernah gak gue kabulin dia jutek gitu. papanya juga ngotot tetep ngasih krn it gives her a sign that we trust her. gitu.

on the paper, emang logically seharusnya 'bisa' sih. cuman guenya aja was-was dan selama ini gue pribadi gak pernah ninggalin alyssa. jadi kejadiannya kalau pas sama papa atau omanya, dan mereka bilang it's ok... jadi gue bingung juga.

9

Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

fanny iya dulu gue umur 5thn itu udah SD, tapi di balikpapan. jadi rumah gue ke sekolah ya deket, naek angkot ato gak kadang rame2 jalan kaki. heheh..

di singapore sih lebih aman sih ya.. gue sering liat anak2 SD/SMP gitu naek bus sendiri. tapi ya tetep lah jaga2, sebaiknya tetap diawasi sama orang tua, at least sampe SMP gitu baru deh bisa dilepas kali ya..

same thing ama buat di rumah aja. kalo di singapore kan tinggalnya di apt. kalo udah SMP gitu mungkin udah bisa lah kalo buat ditinggal bentar. karena kan di apt kompleks, trus ada securitynya. tapi kalo tinggalnya di landed house gitu, rada serem juga deh.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

10

Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

rekan kantorku dulu ada yg ninggalin anak2nya yg masih SD sendirian di rumah tiap hari karena dia dan istrinya kerja dan tidak ada ART atau siapapun yg bs dititipin anak2nya (waktu itu sih yg satu umur 7tahun & 1 lagi 9tahun aku ga tau sih persisnya dari usia berapa mereka ditinggal). Jadi pagi kan mereka sekolah, siang pulang nyampe rumah sekitar jam 2-an dan istrinya pulang sore jam 4.30-an jadi mereka sendirian di rumah sekitar 2-3jam. Tapi selalu dikontrol lewat telepon, dan anak2nya pun kalau ada apa2 selalu telepon, pernah aku denger rekan kantorku itu ditelepon anaknya yg sulung krn si bungsu ga mau ngerjain PR akhirnya dinasehatin lewat telepon & waktu dia cek via telp 1 jam kemudian PRnya sudah dikerjakan heheh. tapi anak2nya memang tipe yg pintar di sekolah dan juga mandiri sih, mungkin karena sudah dibiasakan dari kecil karena sebelumnya mereka tinggal di jerman, sepertinya disana lebih aman untuk memulai membiasakan anak ditinggal sendirian.

11

Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

huhuhu padahal dulu aku kelas 2 SD dan adikku beda-beda dua tahun udah bisalah ditinggal sendiri kalo ortu kerja, tapi emang depan rumah kita rumah sodara. Cuman sekarang, aku masih belum kebayang berani ninggalin anak-anak di umur berapa. PArno atau waspada yah? hihihi. Abis kan beda banget sama jaman dulu, soal keadan eksternalnya ya. Maksudku, kalau hanya bergantung ke anak-anak kita sendiri, bisa kita usahakan dari cara mendidik kali ya. Tapi faktor eksternal ini, keamanan dsb...hoalah itu deh yang bikin parno. *kayaknya ini karena baru denger juga ada temen yg siang bolong rumahnya didatengin orang yg katanya mau mbenerin kompi. aku mikirnya, orang gede -asisten 2 orang - aja bisa 'ketipu' gitu, gimana anak yg lebih kecil ya? *meski bisa jadi anak-anak lebih pinter tp kayaknya gimana gitu...kebayang malingnya lebih berpengalaman kan*

12

Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

btw agak oot, fan barusan baca cerpen King of The Sky nya Roxana Robinson. nuansanya kayak aku nangkep nuansa dilema 'melepas anak sendirian' inilah, dan in the breaking-heart point of view. Lebih ngomongin ke arah starngersnya siy dia.

13

Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

katanya kalo di jepang anak2 umur 7 tahun gitu udah biasa sendirian, mau di rumah aja, naik kereta, atau jalan2 jauh

i am full time a mother! ;)
blog // twit // insta

14

Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

hokeh, jadi kesimpulannya:
[list=1]

  • ninggalin anak kalau ortunya 'sreg'
    [/*]
  • dapur, alat elektronik dan segala yg potentially will harm our child are disabled
    [/*]
  • kasih no telp penting
    [/*]
  • bilang ke tetangga untuk ngeliatin anak kita :)[/*]

    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)
  • 15

    Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

    Vony_82 wih, jadi nggak cuma ditinggal dirumah sendiri, malah sekalian jadi babysitter? canggih yah :))

    sondang wah, jadi pengen baca cerpennya. hihi. justru kalau strangers tuh di sini jarang banget yg dateng2 ke rumah gitu.

    akupetta emang tergantung negara/lingkkungannya yah. faktor keamanannya.. di sini sih lumayan aman, gue justru takut faktor2 bahaya macem rumah kebakaran gitu. small chance yah, tapi tetep aja..

    mummyhilya hihi, justru aku nggak pernah nitipin anak ke tetangga; mending gak tau aja sekalian tetangganya. gue malah tambah parno loh kalau ada orang 'asing' tahu alyssa di rumah sendirian.

    kesimpulannya sampe sekarang gue gak pernah ninggalin alyssa sendiri. cuma kalau pas ama papa/neneknya dia ditinggal sendiri, itupun gak lama. pernah ngajuin protes ke papa, tapi dia bilang, keparnoan gue ttg bahaya itu, bisa kejadian di mana-mana.
    huhu ya sudahlah...

    16

    Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

    Waw.. macem2 ya ternyata..
    Anakku Azriel ditinggal dirumah sndiri sejak umur 7 Tahun..
    Itupun ga bentar.. Lumayan Lama.. Sekitar 2-3 Jam lah yaa..
    Karena dia pulang sekolah jam3 dengan jemputan..
    Babah Bubii baru pulang kerja jam6 sampe rumah..

    Alhamdulillah karena dia juga diajarin untuk waspada..
    Dan pagar selalu dalam keadaan terkunci..
    Anakku di dalem rumah anteng aja..
    Baca buku, Nonton TV..
    Bahkan dia jadi bisa bikin sandwich sndiri..

    Yah emang sih nenek2nya pada protes..
    Tapi gimana lagi..
    Babah bubii kerja dan nyari pembantu susaaaaaahnya bukan main..

    hehee

    17

    Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

    Bubii Azriel
    wahh.. hebat banget 2-3 jam sendiri!
    berarti malah buka pintu, dsb sendiri yah kan dia pulang sekolah dan nyampe rumah gada orang?
    mandiri banget!

    18

    Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

    Hello, Fanny...

    Kl Rara dulu ditinggal sendirian waktu umurnya sekitar 7 tahunan jg. Tdnya aku ngga berani, apalagi katanya kan ngga boleh di sini ninggalin anak kecil sendiri. Tp ngeliat sobatnya Rara yg sering ditinggal ortunya dan fine2 aja, akhirnya aku berani. Tapi, cuma buat ke tempat2 yg deket spt ke supermarket atau ke pasar, plus ngga lama perginya. Anaknya sendiri awalnya agak2 gimana gitu... Antara berani dan takut. Tp lama2 dianya sendiri yg sering ngga mau ikut kl aku pergi sebentar (kecuali kalo mampir ke toko buku ;D ). Spt barusan, antar-jemput adiknya ke daycare (sekitar 2 jam krn plus ke supermarket), mana mau dia ikut :D Enakan di rumah baca buku or nonton kartun. Aku skrg jg udah tenang. Dulu bentar2 telpon *khawatir pisan*.

    Kondisinya, lingkungan tempat tinggal relatif aman krn ngga bisa sembarang orang masuk ke gedung apartemen. Yg penting no telpon ortu ada di rumah, in case dia hrs buru2 telpon. Plus nomor2 penting lainnya. Sama kompor, setrikaan, dan apa2 yg potensial berbahaya harus udah mati. Aku kasih tahu juga kl ada kebakaran (semoga engga), dia hrs lari lewat tangga. Gitu deh kira2... Yg basic2 dikasih tahu. Umur 7 thn udah pinter :D

    19

    Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

    Wah Sitha, thanks.
    jadi lebih 'enakan' nih ninggalin Al.. haha..
    Tyt lo dulu juga mulai ninggalin Rara pas 7 tahunan juga yah. Skrg dia 9 kan?

    20

    Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

    Sendirian? Hadeuh.. gue ga berani deh.
    Mana baru baca berita ada 3 anak ditinggal sendirian terus main korek api dan akibatnya tewas terpanggang.

    Tergantung ortu dan anak kali ya, tapi selepas-lepasnya pengawasan gue, mungkin usia 14-15 thn.

    *nulis sambil mandangin anak 5 tahun dan 6 bulan*

    And thelilsolder is back. Fire!

    21

    Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

    Iya, Fanny. Rara sekarang 9 tahunan. Akan 10 tahun di bulan Desember nanti.

    Inga, iya, tergantung kondisinya juga. Serem memang kl ada kejadian tak terduga spt kebakaran, entah krn main korek atau korslet listrik.

    Jadi barang2 berbahaya sebaiknya jauh dari jangkauan anak2. Trus faktor2 keamanan listrik lainnya jg diperhatikan, mis. jangan pake MCB murahan or palsu (ciehh, masih nempel aja doktrin dr kantor :D ).

    Selain itu, menurutku dipertimbangkan juga karakter anak kita. Kl cenderung eksperimental plus cenderung melanggar aturan, sebaiknya jangan ditinggal sendiri. Nanti mungkin akan lebih susah buatku ninggalin Estelle sendirian di usia 7 thn krn anaknya agak2 eksperimental gitu, beda dgn kakaknya. Tp kl Estelle 7 thn, kakaknya bakalan 14 thn jadi bisa disuruh jagain, Insya Allah ngga sendirian.

    Bahaya ditinggal sendiri bukan cuma terkait hal2 fisik, tp jg bisa yg lain seperti tagihan telepon yang membengkak :D

    Yah, pokoke, orang tua punya pertimbangan sendiri2 tergantung kondisinya masing2. Buat aku, ninggalin Rara sendirian di rumah yg kondisinya udah terkontrol (amin) akan lebih baik dibanding membiarkan dia pulang sekolah sendirian yg mana banyak faktor eksternal yg ngga bs kita kontrol (kendaraan, orang asing, etc). Anak perempuan pula. Kl ngga kepepet bgt, aku hrs jemput.

    22

    Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

    Sitha
    MCB apa yah?

    haha jadi inget alyssa, diwanti-wanti buat "diem aja nonton tv jangan pecicilan sampai mama pulang", eh dia nanya, 'aku boleh napas gak mama?'

    wakakak.. dasar drama queen :))

    23

    Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

    fanny *nyamber ~ motor circuit braker, alias sekring :p buat mutusin aliran listrik kl ada korsleting. safety device wajib disetiap Rumah Tangga. mama yg di Indonesah, biasanya ini terpisah dg meteran listrik. jangan ngeganti bagian dalam sekring yg dari kawat tembaga tipis itu, yah... BAHAYA!!! #jgn2 cm gue yg preman begini

    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)

    24

    Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

    fanny wrote:
    Sitha
    MCB apa yah?


    MCB: Mini Circuit Breaker, Fanny... Merk-nya macem2: Legrand, Merlin Gerin, Siemens, etc.

    25

    Topic: Kapan boleh ditinggal di rumah sendiri?

    sondang wrote:

    *kayaknya ini karena baru denger juga ada temen yg siang bolong rumahnya didatengin orang yg katanya mau mbenerin kompi. aku mikirnya, orang gede -asisten 2 orang - aja bisa 'ketipu' gitu, gimana anak yg lebih kecil ya? *meski bisa jadi anak-anak lebih pinter tp kayaknya gimana gitu...kebayang malingnya lebih berpengalaman kan*
    wrote:


    mba ini sih kejadian gw waktu kecil hihihihih 1 pembantu yg udah dewasa (20 tahunan mungkin), kakak smp, satu lg sd, gw sd n adik tk. siang2 lagi main di depan rumah ada motor yg nyamperin ke pager katanya disuruh bapak buat ngebenerin radio. mana kita sempet nanya pula: radio yg di tengah rumah?? ya iyalah tu maling bilang bener :p lucunya, setelah maling pergi kita baru telpon papap buat konfirmasi.

    biar gak OOT :p berhubung hafidz masih 2th, belom ada kepikiran kapan bisa ngelepas dia sendirian di rumah. tp kalau hafidz lagi tidur, dan gw butuh ke ruko (perkiraan cuma 10menit bolak-balik) buat beli sesuatu gw ga berani ninggalin. pengasuhnya dulu pernah ninggalin hafidz yg lagi bobo (masih belom 1th) cuma ke warung sih, ga nyampe 5 menit, tp tetep gw bt banget pas tau. eh, ini tetep OOT ya??? *tepok jidat sujud minta maap ala korea* hehehehehe

    Bussy life...happy life...