1

Topic: Epidural / ILA

Dear Mommies,

Ada yang bisa share tentang pengalaman menggunakan Epidural/ILA saat persalinan? Apa saja pro-cons nya? Bagaimana prosedurnya? Apa yang dirasakan saat itu? Dan apakah ada efek samping untuk ibu dan bayinya?

Mohon share-nya ya... soalnya untuk persalinan anak kedua ini saya sedang mempertimbangkan untuk pakai epidural (masih kebayang sakitnya dan lamanya ketika melahirkan anak pertama normal tanpa anestesi). Tapi sebelumnya pingin tau dulu testimonial dari yang pernah pakai.

Buat moderator, saya sudah cari topik ini di forum, gak nemu. Kalau ternyata sudah pernah dibahas, mohon dimaafkan dan mohon saya dibimbing ke jalan yang benar (ke topik yang benar maksudnya) :)

2

Topic: Epidural / ILA

Hi Anti,

saya anak pertama juga gak pakai epidural/ILA, anak kedua saya pakai karena pengalaman anak pertama sakitnya luar biasa dan menurut teman-teman pakai epidural nolong banget jadi mintalah saya waktu pembukaan 4 or 5 kalo gak salah. Ternyata, bukan nya nolong, malah tambah sakit bangetttt (terbayang tampang temen-temen yang bilang epidural nolong bgt, grrrrr...) tapi, pembukaan nya memang jadi lebih cepet, menurut bidan nya mungkin karena saya lebih rileks (ya rite!). Saya pecah ketuban tanpa sakit, masuk rs jam 2 pagi, dikasih epidural jam 5-an, jam 8 lahir. Lumayan lah ya? ; )

3

Topic: Epidural / ILA

hi... anti suryawan
mungkin testi dr aku gak membantu banyak, tapi mudah2an bisa menambah pengetahuan ttg persalinan via ILA/Epidural tsb.
tahun lalu aku melakukan persalinan normal. meski udah keukeuh minta ILA, tp toh gak bisa juga dilakukan. dsog-ku mengatakan bahwa :
1. ILA hanya bisa dilakukan ketika sudah memasuki bukaan 4, atau bukaan aktif. sehingga ILA yang disuntikkan tersebut, tidak akan menghambat atau memperlambat lajunya bukaan kita.
2. kondisiku tidak menungkinkan untuk dilakukan ILA. karena bukaan-ku gak konstan. dari bukaan 1 ke bukaan 4 itu lamaaa banget. hampir 28 jam deh. ditakutkan bila ILA dilakukan, aku justru gak bisa ngeden. karena fungsi ILA itu meredakan rasa sakit. kita tau dan berasa mo lahiran, tapi mules edan dan sakitnya bukaan itu "tidak terasa" karena telah diatas oleh ILA tadi. nah sementara rasa mules itu kan merangang kita untuk "ngeden", sehingga anak cepet lahir. lha...klo aku secara alami aja bukaanku gak konstan dan lamaaaa, dikasi obat pereda sakit justru bukaannya gak nambah2 dong. lahiran justru akan lebih lama. gitu deh kira2 penjelasan dsog-ku, kenapa dia gak bisa 'mengijinkan' aku melakukan ILA :)

sahabatku ada yg sukses melakukan ILA. ya itu tadi, dr awal bukaannya berlangsung normal dan konstan. cepet malah. tau2 udah bukaan 3 ajah. 30 menit berikut,udah bukaan 4 aja dia. cepet pisaaaan. so dia dibolehin ILA deh. dan katanya emang gak sakit tuh lahirannya. berasa kaya mo pup aja, tp gak mules, cuma ada yg ganjel di perut. gitu katanya hehehe :D
makanya, krn menurut dia lahiran itu gak sakit, mo berendama punya anak 6 dooong!!!!! *pengsan*

btw...maaf nih jd kepanjangan, semoga membantu ^_^

happy go lucky me ^_^

4

Topic: Epidural / ILA

anti, aku ikutan cerita pengalamanku pake epidural yaaa:

aku pake epidural dari bukaan 3 (induksi)... tapi bukaanku emang konstan, 1 per jam, jadi ampe bukaan 10, pas 7 jam.

sebelum dimasukin needlenya, dokter anastesiku cerita: efek epidural di tiap orang berbeda. ada yang ga kerasa sama sekali sakitnya, ada yang cuma bikin jadi "sakit sedikit", ada yang ga bekerja sama sekali... pokoknya lain2 deh.

yang aneh, epiduralku cuma bekerja setengah badan, sebelah kanan doang. yang sebelah kiri tetep berasa sakit. ga ngerti kenapa bisa begini... karena gue tetep ngerasa sakit, jadi dosisnya ditambah terus. tiap ditambah, sakitnya ilang, tapi 10 min kemudian nongol lagi di bagian kiri badan... teruuuus kayak gitu, ampe bukaan 8 (5 jam).

pas udah 5 jam, suster2nya ganti shift, jadi bidannya lain. bidan yang baru ini ga mo nambah dosis lagi, jadi dia bilang, gue disuruh tiduran madep kiri biar obat biusnya "jatuh" ke badan sebelah kiri... aneh ga sih? yang lebih aneh, setelah berbaring sekitar 10-15 min, sakitnya ilang... jadi bisa ya obat "jatuh" gitu? ah, tau deh...

tapi jadinya sakitnya ga berasa lagi... dan gue tidur sekitar 1.5 jam-an... menjelang bukaan 10, dosis epidural gue didikitin, biar bisa ngerasa kalo ngeden. berasa kok... dan kayaknya sih, si epidural itu reducing the amount of pain, karena emang berasa mules, tapi ga bikin gue teriak2 kesakitan... sakit kontraksinya, biarpun ga hilang sama sekali, tapi sangat bisa ditoleransi.

unfortunately, setelah ngeden2 selama 1 jam lebih dan pake vaccum, bayi gue nyangkut di tulang pinggul karena brow presentation. jadilah emergency ceasarian.

sebelum masuk ruang operasi, dokter anastesinya dateng lagi, dan nerangin kalo sekarang, dosis epidural gue mo ditambah lagi, biar ga berasa sama sekali. gue cerita ama si dokter, kalo tadi siang, si epidural cuma working 1/2 badan... si dokter dahinya berkerut, dan cuma bilang, "o really? i'll keep that in mind". jadi gue ga tau itu normal apa engga.

begitu dosisnya ditambah (berasa ada liquid dingin di punggung jalan ke seluruh badan, tiba2 badan gue shaking uncontrollably. kata dokter, itu salah satu side effect yang suka muncul, tapi kalo udah settle, ilang sendiri. lumayan lama tuh gemeterannya... 5 min ada kali. akhirnya mereka taro 2 tumpuk selimut buat gue, dan 1 heater untuk pundak & kepala... ga lama, baru ilang gemeterannya... mungkin gue cuma shock aja kali, ga siap mo di ceasar...

waktu di operasi, semua berjalan normal. ampe aina keluar dan ditaro di dada gue, everything works well. pas lagi dijahit, tiba2, gue ngerasa kok perut bagian bawah gue sakit ya? dan lama2 makin sakit... akhirnya gue minta buat dikasih full-anesthetic aja. gue ga tau emang epiduralnya worn off atau gue aja nervous dan sugesti sakit... karena emang gue nervous, takut sakit setengah badan kayak tadi siang.

other than that, ga ada yang aneh2 lagi sih... aina turned out fine (abis gue bangun, dia dibawa ke kamar gue buat nyusu, dan dia normal2 aja tuh.

gyah, panjang... moga2 somewhat useful ya... kayaknya waktu itu, gue kebanyakan sugestinya deh. hu hu hu.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Epidural / ILA

thalia - epidural itu = induksi ya? aku pikir mereka berbeda loh. klo induksi-->merangsang/mempercepat munculnya mules2 di perut, yg brarti itu sakiiiit. sedangkan epidural/ILA justru malah menghilangkan/mengkamuflase rasa sakit itu. apa selama ini gw yg salah nangkap maksud induksi/epidural dan ILA ya? hehehe :D
CMIIW

happy go lucky me ^_^

6

Topic: Epidural / ILA

Anti,
aku juga pakai epidural.. malah dari check kehamilan udah pesen ke dokternya 'pokoknya aku mau epidural' yang dijawab sama si doketr: 'yah, itu mah gak bisa dipesen, liat ntar kondisi kamu pas hari-H nya' hihihi sotoy yah??

thank god 'cita-cita' ku pakai epidural terlaksana :)
prosesnya aku disuntik punggungnya, terus digelantungin selang kayak infus, tapi ada tombolnya, terus kalau sakit tinggal pencet tombolnya.. gitu (thalia, lo bilang harus suster yg tambah dosis, emanglo gak dapet tombol macem gue yah? -- apa beda sistemnya?)

setelah pake epidural, mulesnya emang berkurang jauuuh, dan kalaupun mulai lagi, gue tinggal pencet tombol. Saking 'gak mulesnya' laki gue dengan santainya tidur disebelah gue, pules banget secara susternya dengan baiknya kasih dia tempat tidur.. hehe.

...Sampai suatu ketika, itu tombol gak ngaruh lagi, udah gue pencet berapa kali tetep aja masih mules, gue pikir obatnya abis.. Eh ternyata, setelah diperiksa, Al udah siap keluar.. jadinya gue udah siap ngeden, dan kata dokter, epiduralnya udah nggak ngaruh lagi.

So intinya, pada saat melahirkan sih masih mules, tapi gak sadis banget mules2nya...

7

Topic: Epidural / ILA

hai anti ikutan sharing ya..
kebetulan pas lahiran kmrn (anak pertama) gw jg pake epidural. dari awal2 hamil gw emg udah niat bgt mo pake epidural, soalnya gw cengeng bgt ga bs nahan sakit dikittt aja, smntara crita2 tnt lahiran udah bikin gw susah tdr.
sempet debat ma hubby jg tkt ada side efectnya.

trus konsul lah ke obgyn, eh pucuk dicinta ulam tiba, ternyata lahiran dsini emg pake epidural. n pas hari H, gw masuk RS udah pembukaan 2, alhmdl pembukaannya konstan sama kya thalia, tiap jam. pas udah pembukaan 4 mo k 5 di epidurallah gw..eh ternyata pembukaannya makin cpt, 2jam an udah pembukaan komplit.

cm pada saat itu, ga tau dosisnya kurang atau pembukaannya yg cpt, gw masih ngerasain mulesnya kontraksi sampe pembukaan 9 (udah ngerasa kyanya kepala bayi udah di ujung aja). akhirnya dokter anastesi nambah dosis terus..dan berakhir dg mati rasa plus gemeteran.

efeknya gw jd ga bs ngeden..krn gw ga ngerasain apa2, ditambah gemeteran n lemes krn blm makan. jadilah perut gw di dorong2 ma suster 4 org buat ngebantuin..alhmdl stlh 45 menit ngeden2 lahir jg zoya. pas dijait n sesudahnya gw ga ngerasa sakit sama skali.

pas udah balik ke kamar gw sehat2 aja..tapi ternyata gw ga bs pee..ampun deh dah mnm banyak, nongkrong lama di kmr mandi, tetep ga bs jg..dan akhirnya gw di keteter (menurut gw ini lbh sakit drpd kontraksi). besoknya pee masi susah..yg bikin susah adlh gw ga ngerasa *susah jelasinnya* dan kta dokter efek dari epidural emg begitu. dan gw bnr2 lancar pee pas hari k5.

dan sampe saat ini (8bln) gw ga ngerasa ada efek2 dr epidural tsb..bahkan gw mo terimakasi ma penemu epidural, krn bnr2 ga bikin trauma melahirkan :). oiya epidural sama ILA itu sama atau beda siy?

fannywah keren bgt fan epiduralnya ada tombolnya. jd klo di pencet otomatis dosisnya nambah gt ya? klo gw dsini pake selang, jd klo mo nambah dosis hrs anastesinya..

http://preciousstoriesofus.blogspot.com/
follow me @mommykanyazoya

"By and large, mothers and housewives are the only workers who do not have regular time off. They are the great vacationless class."

8

Topic: Epidural / ILA

Wah, makasih banget nih sharingnya. Berarti emang efeknya ke tiap orang beda-beda ya... tapi kayaknya semua memang bilang bahwa sakitnya berkurang banyak dan gak ada efek samping ke bayi ya. Hmmmm..... interesting.

Thalia, gw rada meringis baca tulisan lu yang "other than that, gak ada yg aneh2 lagi". Waks! "that" di ceritamu itu udah banyak betulllll :))

9

Topic: Epidural / ILA

silvie - beda kok, persis seperti yang kamu bilang... tapi waktu itu, gue diinduksi DAN pake epidural.

fanny - di gue, tombolnya ga boleh pencet sendiri tuh kayaknya... mesti minta ama suster, ntar dia yang pencetin. biar irit, kali ya? hihihi.

mommyKanyazoya. - wah, iya sama... gue juga gemeteran dan lemes... tapi gue pikir, karena gue nervous aja. mungkin kalo kebanyakan emang gitu kali ya?

anti - hahaha, tapi kebanyakan aneh2nya bukan karena si epidural kok :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

10

Topic: Epidural / ILA

Thalia
kalau pas gue, tombolnya (yang kayak pulpen gitu bentuknya), justru digenggemin ke tangan gue, dan dokternya bilang, 'kalau mulai berasa mau mules, pencet, jangan tunggu sampai mules banget.. ntar gak ngaruh lagi.. gitu.. lah, kok prosedurnya beda2 yah :)

eh, tapi gue dulu sering denger cerita yg aneh2 ttg efek si epidural ini sih.. tapi gue percaya gak percaya.. dan karena emang udah mantep mo pake, jadi yah, baca Bismillah aja :)
Mungkin yg banyak ditakutin adalah, krn suntikan di saraf punggung, kalau salah dikit efeknya fatal, kali yah.. Jadi kalau gue waktu itu make sure, dokter anastesinya udah biasa kasih epidural... gitu aja..

11

Topic: Epidural / ILA

Baru tahu tentang epidural ini, telat banget yah :). Sempat berpikir kenapa dulu dokter tidak menawarkan, mungkin krn bukaan-ku waktu melahirkan dl memang lama dan tdk konstan, bukaan 1 sd 5 memakan waktu 18 jam sendiri. Bukaan 6-10 sekitar 6 jam, jd total sehari semalam. Nanti kalau mau lahiran anak kedua mau tanya2 ah, boleh ga pake epidural ini.

thalia wrote:

begitu dosisnya ditambah (berasa ada liquid dingin di punggung jalan ke seluruh badan, tiba2 badan gue shaking uncontrollably. kata dokter, itu salah satu side effect yang suka muncul, tapi kalo udah settle, ilang sendiri. lumayan lama tuh gemeterannya... 5 min ada kali. akhirnya mereka taro 2 tumpuk selimut buat gue, dan 1 heater untuk pundak & kepala... ga lama, baru ilang gemeterannya... mungkin gue cuma shock aja kali, ga siap mo di ceasar...


Thalia, dulu aku juga ngalamin shaking uncontrollably juga, dan juga > 5 menit. Tapi bedanya shaking ini setelah babyku lahir. Jadi sambil aku shaking gitu, dokternya sibuk jahit. Pas aku tanya kenapa bisa seperti ini, dokter jawab itu biasa. Tapi jadinya batallah acara IMD dan baru boleh pulang dr rumah sakit setelah 5 hari. Padahal baby sehat2 saja, jd mungkin masalahnya ada di aku. Tapi ya itu..kalau kutanya dokter pasti bilang "gapapa bu" :)

12

Topic: Epidural / ILA

indriani budi utami

aku juga shaking after birth kok mam. sambil bergetar hebat, dokter sibuk jait (stress klo nginget momen itu) Tapi aku msh bisa IMD. meski gak full. alias setelah lahir, badan shaking-dokter jahit, anak dibersihin seadanya, dikasi ke dada aku. sambil mereka beberes ruang persalinan dsb dsb, barulah anakku diambil untuk dibersihkan dengan benar dan observasi selama bbrp jam. jadi yaaaa....lumayan deh, dapat moment IMD kurleb 1 jam-an. emang siy anakku gak berhasil mencapai 'puting', tapi dia lumayan melakukan pergerakan menuju arah sana hehehehe :D

happy go lucky me ^_^

13

Topic: Epidural / ILA

Waa gw juga gemeter disko gitu! apalagi stelah yasser diangkat abis IMD. Trus susternya bilang ke dokter anestesi yg sama dia disuntikkin suatu cairan, perlahan gemeternya ilang.

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

14

Topic: Epidural / ILA

silvie, Pamz..wah berarti sama ya, shaking habis melahirkan..tapi kok dulu aku ga diijinin IMD ya? :(
*hua, nangis gerung-gerung*

Berarti penyebabnya krn ga tahan sama anastesi ya Mom?, soalnya memang sebelum mau jahit, dokter bilang "dibius lokal dulu yah bu"

15

Topic: Epidural / ILA

anti, dulu jg gue pake epidural pas lahiran. kasusnya sih, krn induksi dari hari sblmnya dan pas nyampe RS ketuban ud rembes parah + bukaan 3. Tdnya gue gapengen pake, soalnya kata temen dia pake epidural tp mungkin krn dosisnya terlalu tinggi jd malah ritme kontraksinya ga kerasa samsek. tp gue akhirnya pake krn ud gabisa bgt nahan kontraksi yg tiba2 menghebat (kynya pengaruh ketuban yg ud menipis) dan gue pun ud antara sadar/ga sadar krn blm makan. pas disuntik sih kt orang2 sakit, tp gue ud ga kerasa lg tuh. tp abis suntik langsung rileks bgt, malah ampe ketiduran. abis itu 2jam kmdn bukaan lengkap dan gue lahiran alhamdulillah lancar bgt tanpa ngeden tanpa jahitan.

kl gue sih epidural ngebantu bgt buat lancarnya proses lahiran, efek samping cuman agak2 sakit pinggang aja abisnya, tp gak nyampe mual muntah dkk. malah abis lahiran udah bisa jalan2 meskipun dimarahin suster krn takut koordinasi badan blm bagus. kl masalah lgsg menggigil abis lahiran itu kl hasalah krn tubuh lg menyesuaikan bali suhu tubuj deh. maksudnya yg tadinya buat berdua jd langsung buat sendiri krn bayi ud keluar. Hope it helps ya.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

16

Topic: Epidural / ILA

Mods, sebelumnya maaf yah kalau jadi OOT..

charissarhanie..maksih ya infonya. iya mom, td browsing nemu juga penjelasan kalau uncontrollably shaking stlh melahirkan bisa juga dikarenakan tubuh sedang menyesuaikan diri dg suhu tubuh.
Tapi bisa juga krn pengaruh anestesi. Sumbernya dari sini
Penyebab lain uncontrollably shaking after delivering a baby antara lain
[list=*]

  • hormone[/*]
  • remedy[/*]
  • anesthesia[/*]
  • IV fluid[/*]

    Mungkin dulu dokter ga ngebolehin aku IMD krn menganggap shakingku terlalu hebat kali yah?..ya sudah lah, yang lalu biar berlalu, sudah iklhas juga kok.

  • 17

    Topic: Epidural / ILA

    indriani budi utami wrote:
    Mods, sebelumnya maaf yah kalau jadi OOT..

    charissarhanie..maksih ya infonya. iya mom, td browsing nemu juga penjelasan kalau uncontrollably shaking stlh melahirkan bisa juga dikarenakan tubuh sedang menyesuaikan diri dg suhu tubuh.
    Tapi bisa juga krn pengaruh anestesi. Sumbernya dari sini
    Penyebab lain uncontrollably shaking after delivering a baby antara lain
    [list=*]
  • hormone[/*]
  • remedy[/*]
  • anesthesia[/*]
  • IV fluid[/*]

    Mungkin dulu dokter ga ngebolehin aku IMD krn menganggap shakingku terlalu hebat kali yah?..ya sudah lah, yang lalu biar berlalu, sudah iklhas juga kok.



  • indriani thaliapernah baca jg klo uncontrollably shaking itu krn efek dr si epidural *waktu itu pun si dr anastesi jg ngejelasin kya gt*. eh tapi gw mlm pertama abis melahirkan masih aja loh gemeteeran kya gt..sampe pake selimut 3 lapis..nah mgkn itu lg penyesuaian suhu tubuh kali ya.

    ayo mom indriani lahiran lg, biar IMD :p. klo gw alhmdl dsini masi boleh IMD..jadi gw IMD sementara si obgyn berkarya di bawah sana hehe..

    buat mamas yg udah pada nyobain epidural, kalian waktu itu dsuntiknya duduk tegak apa berbaring miring sambil cium perut? gw duduk tegak, nah tmn gw koq berbaring miring sambil cium perut ya? beda2 emangnya ya?

    oiya mom ini ada link tnt epidural dan mcm2 penghilang rasa sakit saat melahirkan, smg berguna ya https://babyorchestra.wordpress.com/tag/manfaat-epidural/

    http://preciousstoriesofus.blogspot.com/
    follow me @mommykanyazoya

    "By and large, mothers and housewives are the only workers who do not have regular time off. They are the great vacationless class."

    18

    Topic: Epidural / ILA

    Tadi malem konsul ke obgyn. Aku panjang lebar tanya tentang epidural. Obgyn-ku sih recommend aja, kata dia gak ada efek samping dan waktu masih praktek di surabaya dia sering nanganin persalinan pake epidural. Tapi pas aku tanya "di sini (balikpapan) bisa dok?". Eh, dia bilang di balikpapan belom pernah ada yang pake. Yaaaaaaah..... langsung pupus deh harapan. Padahal dari hasil baca2 dan sharing temen2, saat yang paling kritis pada pemakaian epidural adalah saat nyuntik ke tulang belakangnya itu, harus tepat karena kalo meleset sedikit bisa saraf kita yang lain yang kena. Fatal dong. Nah, kalo dokter anestesinya belom pernah pengalaman ngasih epidural, aku ya gak mau jadi kelinci percobaannya lah yaw. Huaaaaa...... harus menyiapkan mental untuk "menikmati" kontraksi deh.... hiks.

    19

    Topic: Epidural / ILA

    mommyKanyazoya. wrote:

    buat mamas yg udah pada nyobain epidural, kalian waktu itu dsuntiknya duduk tegak apa berbaring miring sambil cium perut? gw duduk tegak, nah tmn gw koq berbaring miring sambil cium perut ya? beda2 emangnya ya?


    gue termasuk yg berbaring miring, gatau juga bedanya apa. apa mungkin kondisi si ibunya kali ya, waktu itu gue udah kepayahan berat bahkan baca terms n conditionsnya epidural aja ud gabisa, minta suami yg baca gue tinggal tanda tgn aja dan langsung deh suntik :p

    engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

    20

    Topic: Epidural / ILA

    hi semua..
    mau nanya nih... sy hamil 5bulan pengennya epidural jg,tp mau nya bisa IMD jg... RS dimana yaa...? uda banyak nanya2 tp info nya masi belum yakin... thanks yaa....

    21

    Topic: Epidural / ILA

    hai Anti, mau sharing epidural juga...
    awalnya sih ga pengen epidural setelah anak pertama sukses dengan water birth yang bener2 ngurangin rasa sakit...
    pas anak kedua ga water birth...jadi ga ada air yang membantu mengurangi rasa sakit...akhirnya pas bukaan 4 atau 5 gitu menyerah karena ga kuat lagi nahan sakit dan minta epidural deh...

    emang enak ternyata...rasa sakit ilang, mules ga berasa, cuma berasa ada tekanan2 aja dikit di belakang...kitanya jadi lebih tenang...pas udah bukaan lengkap dan waktunya ngeden pun ngedennya jadi lebih tenang, pelan2 dan ga rusuh...karena ga rusuh jadi alhamdulillah ga sobek :)...daaaannn ga cape...

    side effect yang dirasain sih shaking uncontrollably pas baru dipasang epiduralnya sampe2 ditumpuk selimut gara2 gemeteran kedinginan sama mual dan muntah2...jadi dari mulai obat bereaksi sampe beres ngelahirin gak keitung deh berapa kali muntah2 :P

    there's no place like home...

    22

    Topic: Epidural / ILA

    piw wow, sampe muntah2? gue sih waktu itu hanya menggigil parah, kedinginan abiiisss! tapi ga sampe muntah2 gitu deh.. tapi bener kata lo, buat yang pain tolerance nya kecil kayak gue, option epidural ini mayan bikin jadi lebih tenang deh. setelah dipakein epidural gue jadi bisa relax dan malah sempet tidur (gak sampe pules sih, krn rasa kontraksinya masih kerasa, tapi paling ga bisa tutup mata dengan tenang)

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta

    23

    Topic: Epidural / ILA

    sLesTa, iya sampe muntah2...bahkan disela2 ngeden pun bisa muntah... :D

    there's no place like home...

    24

    Topic: Epidural / ILA

    jadi pengen pake si epidural ini deh untuk lahiran anak kedua... pengen supaya gak digunting lagi... :P

    tapi bingung, ada temen di sini yang pas mo ngelahirin trus minta epidural ke susternya, kok susternya gak tau ya? apa si epidural ini kudu dipesen sebelum2nya? trus temen gue bilang dia diinfus semacam pain killer gt, itu apa ya, ada yang tau?

    “The mother's heart is the child's schoolroom.”

    25

    Topic: Epidural / ILA

    piw, slesta
    beneran emang enak bgt kl pake epidural. tp efek samping tiap orang emang beda. ada yg muntah2 ada yg sakit pinggang, ato yg lainnya. gw kebetulan gak ampe muntah2/menggigil parah tp pinggang agak sakit aja ampe bbrp minggu. abis itu gapapa.

    dina
    kayanya tergantung dokter anestesinya bisa ato engga deh din. soalnya jaman gue lahiran gt ditawarin mumpung dokter anestesinya lg ada disitu. kl harus dipesen sih gue gatau ya. Tp anestesi itu macem2 ko. Ada yg via gas, suntik, infus, tp gak aware namanya apa2 aja.

    engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)