1

Topic: Baby travelling with budget airlines

Mommies, perkenalkan dulu ya saya Rina, member pasif yang selama ini cuma rajin membaca segala artikel dan menikmati isi diskusi di forum TUM tanpa ikutan berkomentar.

Rencananya bulan Juni nanti saya mau jalan-jalan ke Singapura bersama suami dan Sigi (sekarang 4 bln) dan akan menggunakan airline murmer (A*rAsia).

Ada yang bisa share gak pengalamannya bepergian dengan bayi di bawah umur 1 tahun supaya nyaman terbang dengan budget airlines? Karena kan kita tau gimana serba terbatasnya aturan budget airlines: gak bisa pilih kursi, seat-nya tidak terlalu leluasa untuk menyusui, dan jadwal terbang yang seadanya.

Memang sih masih bulan Juni, tapi deg-degannya udah dari sekarang nih soalnya bakal jadi pengalaman pertama saya dan suami. Thank you ya mommies :)

2

Topic: Baby travelling with budget airlines

rintul gue udah ngajakin naia jalan2 naik pesawat dari singapore ke jakarta sejak naia sebelom 1thn kok. dan karena emang gue tinggal ke singapore jadi ya wajar kalo dah mesti jalan2 ke jakarta even sebelom naia gede heheh.. dan gue jarang pake pesawat selain budget, karena sayang aja. jadi udah lihai pake air asia, valueair, lion air, etc. gak ada masalah kok, soalnya perjalanannya pendek. dan air asia untuk penerbangan international sih gak budget2 amat deh, mayan oke.


  • kata siapa ga bisa pilih kursi? bisa kok.. gue selalu pilih kursi kalo balik ke jakarta naik air asia. emang mesti nambah bayarnya, tapi ya kalo bawa bayi, it's sooo worth it deh.[/*]
  • jadwal terbang juga gak seadanya, tapi banyaaakk banget malah! daripada psawat2 lainnya. [/*]
  • seatnya juga gak kecil, mayan gede malah kalo menurut gue. [/*]


gue ga pernah ada masalah tuh. yang penting sih, kalo bawa stroller, make sure kasih tau ke crew nya kalo strollernya mesti dimasukin ke kabin pas udah mau masuk pesawat. soalnya pernah stroller gue ditinggalin di koridornya, dan malah diangkut ama pesawat yang ke malaysia. jadinya itu stroller jalan2 deh. untung ketemu dan akhirnya dianterin ke rumah.

other than that, gue rasa ga perlu ada tambahan apa2 lagi selain seperti tips2 yang udah dibahas di thread travelling with infants.

and as usual, yang penting mamanya happy, relax dan enjoy aja.. anak juga nanti bakal gitu kok.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Baby travelling with budget airlines

rintul
gak masalah ko, apalagi buat penerbangan jarak pendek jkt-sin doang.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

4

Topic: Baby travelling with budget airlines

rintul iya bner ga ada masalah ko ;) gue pernah 2x pake airasia (dari bandung malah, jadi lebih lama dibanding dari jkt kan) baik2 aja dan nyaman2 aja..yang pertama ke sing waktu anak umur 7 bulan, dijalan dia di gendong krn emang bobo abis enen..yang kedua kemaren ke KL umur 1,5 taun walo dapet tempat duduk sendiri, ttp aja digendong hehehe..ga sempit juga :)
jadi sante aja ya..

~Aysha's mom~

5

Topic: Baby travelling with budget airlines

rintul, ikutan sharing ya, minggu lalu gw naek Lion Air oke2aja, kalo tentang menyusui selama perginya ber2 sih santai aja, kan ada yg nutupin biar ga risi. Kalo sendiri kya Slesta ato Mia selama anaknya ga lasak nyusunya bisa pake apron menyusui.

maap ya klo ga mbantu :D

follow me @ulieeel

6

Topic: Baby travelling with budget airlines

Waaaa makasih sharing-nya mommies. Iya kemarin sempet buka juga thread ttg travelling with infants (ups ternyata udah ada bahasannya sendiri, maap ya jadi diulang), jadi dapet gambaran deh bakal seperti apa. Lagipula, there's always be the first time, jadi harus berani dan nekat tapi tetep happy dan santai ya :)

Slesta, makasih banget yaaa info dan tipsnya! Apalagi soal stroller biar gak jadi keliling asia :P Iya, kemarin ribut sama suami soal jadwal terbang gara-gara liat tiket promo, makanya gue bilang jadwal terbang 'seadanya'. Akhirnya kita milih tiket normal aja lah yang jadwalnya bisa kita pilih senyamannya kita terutama si bayi.


charissarhanie, hahaha iyaaa jarak pendek sih, tapi dasar gue aja gak bisa dibawa santai nih...Musti belajar dari sekarang!

Mia Septiana, oke! Iya kuncinya: santai aja lah!

myallayna, iya, senjata yang gak boleh ketinggalan dimana pun: apron menyusui. Thank you sharingnya :)

7

Topic: Baby travelling with budget airlines

Mo nanyaaa, kalo budget airline itu kan kita dpt jatah 10kg bagasi kabin, itu gak termasuk stroller kan?

Kalo bawa toddler, pasti kan si anak duduk sebelah ortunya, either mami or daddy? (Kok aku parno ya, krn konon katanya gak bisa milih seat kalo tiket murah tanpa bagasi)

Selama ini naik yg non-budget airlines, mo nyoba tiket super murmer nya airasia or jetstar. TIA, mamas

maminya little Felicia

8

Topic: Baby travelling with budget airlines

niquen iya ga termasuk stroller. stroller is free as long as ditinggal di pintu sebelom masuk pesawat, tapi tetep minta di label.

kalo naik budget biasanya kan bisa minta seats. naik air asia bisa kok minta seats. tapi biasanya kalo sama anak, crewnya pasti ngusahain untuk duduk sebelahan. tapi saya biasanya mendingan bayar untuk booked seats online daripada pas check in.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

9

Topic: Baby travelling with budget airlines

sLesTa, iya yah, mending bayar booked seat online, drpd ntar kenapa2 pas checkin. Meski mikir, kayaknya gak mungkin juga airline nya misahin anak balita dr ortunya pas duduk di pesawat. Tapi who knows, kan itu aturan mereka, deg2an aja takut kejadian, apalagi pas pesawat ud penuh kalo kita checkin nya 'kesiangan'.

maminya little Felicia

10

Topic: Baby travelling with budget airlines

niquen aku pernah naik pswt cm berdua ama infant.(Kalo ga salah inget,naek lion air) kesiangan check in.ternyata aku ditempatin di tengah2 dua bapak2.jreeeng.. Gimanaaa mau nyusuin cobaa? :( untungnya setelah ngomong ama pramugarinya,aku dipindahin ke sebelah ibu2.
Tenang aja kalo kta bawa anak,biasanya lebih diperhatiin ama pramugari dan penumpang lain,kok.

Cm aku belum pernah naek AA bawa anak.soalnya kan bagasi harus beli lagi.sementara klo bawa anak kecil tuh bawaan pasti segambreng.hitung2annya lebih murah beli tiket pesawat lain drpd naek AA trus beli bagasi lagi.

Pernah waktu itu mendadak harus ke Penang nganter si hubby sakit,flight yg ada dari jkt cm AA,alhasil caren (waktu itu umur 1 tahun) aku tinggalin di jakarta.hehe..

-You can`t spell CARENZA without Care-
@Thesusanos

11

Topic: Baby travelling with budget airlines

Mau cerita lagi niiih.. beberapa bln yg lalu kami sekeluarga besar ke thailand. Waktu itu beli paket tur grup, naik air asia. Pas brgkt, cek in kesiangan, saya-suami-anak (waktu itu 2.5thn) kursinya misah2 booo. Akhirnya tukeran seat sama keluarga yg dapet satu row. Pas pulang dr Bangkok, kejadian lagi. Pdhl kami cek in pagi2 bgt. Suami nyoba nego sama air asianya, tapi mereka jwb no way, nanti kalian tukeran aja sama org lain di pesawat. Untung pesawat pulang rada kosong, jadi asal pindah seat aja deh biar bisa bertigaan.

maminya little Felicia

12

Topic: Baby travelling with budget airlines

dear mamas,

pengalaman terakhir naik tiger airways (operated by tiger air singapore ya, bukan mandala) cgk-sin-cgk menyenangkan kok. ontime, proses check-in nggak ribet, minta duduk 1 row (dengan suami + anak 2.2yo) pun juga dipenuhi dengan mudah. dapet row yang depan pula.
kalau durasi penerbangan dibawah 6 jam sih menurut saya masih worthed pakai budget airlines. toh kemaren bawa minum & susu UHT, cemilan buat anak masih bisa masuk kok (dari cgk memang lebih longgar, tapi dari singapore pun ternyata nggak ribet, asal kita jelaskan itu semua untuk anak kita).
intinya sih, yg penting dikasih tau aja ke crew nya, kita butuh apa. kalo bawa anak (terutama baby dan toddler) biasanya selalu masuk prioritas kok.

13

Topic: Baby travelling with budget airlines

Mamas ada yg pernah terbang sama toddler dan ngga beli bagasi, cuma bawa carryon bag?

Denger cerita teman yg pergi bertiga, ayah ibu anak ke Singapur, naik Air Asia, ngga beli bagasi, 4D3N. Si AA ini kan jatah carryon bag masuk kabin cuma 7kg, 1bag only. Somehow temen saya ini bisa survive sekeluarga cuma bawa backpack dua, diaperbag gede (barang2 anaknya, waktu itu 1thn), dan stroller.

Dari dulu kami pengen nyoba terbang murmer, tapi teuteup blom PD *sigh*

Pertanyaan: ada yg udah pernah nyoba 4D3N bawa toddler dan cuma bawa 1 carryon (cabin) bag kabin utk semua keperluannya? Cukup gak sih? Dan bisa gak sih di bwh 7kg?

Anak saya gak minum formula, ngga pake popok, rencananya pergi ke seputar Asia aja dan saat cuaca hangat, bisa minum UHT apa aja (gak fanatik merk tertentu, jadi bisa beli di manapun), gak pernah bawa boneka/mainan kesukaan krn segala hal bisa jadi mainan (dan ada apps Android kalo kepepet).

Ada yg punya Trunki? Apakah cukup jika diisi:
-10 stel baju (mostly dress, piyama, underwear)
- camilan 4hari (bengbeng, biskuit kemasan kecil2, keju, nori, puding dll
- toiletries
- sepasang Crocs cadangan
- vitamin+Tempra
- botol air 300ml
- apa lagi ya?

Kalo gak cukup, berarti mending masuk backpack aja yah? Penasaran sama Trunki, tapi somehow kok blm pernah bener2 merhatiin wujudnya.

Oiya, please share dong aneka macam koper kabin beroda/backpack/travelbag yg boleh masuk ke Air Asia dan budget airlines lain. Kan strict tuh ukurannya, ada yg 56x36x23cm, ada yg lebih kecil lagi.

Kalo domestik flight, sekarang semua harus beli bagasi. Termasuk Air Asia.

TIA yah mamas..

maminya little Felicia

14

Topic: Baby travelling with budget airlines

Niqueen kebetulan kemarin habis pergi sama 2 toddler dan 1 bayi selama 5D4N.
Bawaan gue cuma 1 tas tenteng ukuran sedang (baju gue dan 3 anak) sama tas LC medium(dokumen,tiket,dompet,diapers dan baju bayi),so far aman2 aja. Sebenernya 2 toddler gue minta bawa tas mereka dan isinya 4 set pakaian dalam,2 baju tipis,1 celana tipis dan babywipes.

Dulu kalo pergi pengennya semua dibawa. Tapi kemarin karna mikir males masukin barang ke bagasi karena ayahnya baru nyusul di hari ke3.

Anak2 biasanya minum air mineral aja jadi ngga repot bawa UHT,tapi kalau pada minta ya beli di minimarket/supermarket yang ada aja.

Dan selama ditempat nginep,setiap hari gue cuci baju dalam dan baju luar. Kalo celana luar sih disayang2 :D

Oh iyaa,gue kemarin pake citilink dan ngga harus beli bagasi kok :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

15

Topic: Baby travelling with budget airlines

Citilink nya domestik yah? (Eh citilink ngga sampe luar negeri yah?) Waaah masih bisa domestik gak beli bagasi ya?

Soalnya pas promo AA kmrn nyoba beli flight domestik, defaultnya langsung include bagasi 15kg gitu. Gak bisa gak beli bagasi.

Dan oooo tnyata Cindy bisa yah bawa toddler/baby more than 4D3N cuma bawa tas kabin... sebenernya emang saya mesti nekad nyoba ini sih. Lagian di seluruh dunia ini kan ada minimarket/supermarket/toko pakaian. Kalo perlu apa2 yg ngga dibawa, tinggal beli.

Pernah liat situs onebag dotcom yg sungguh menginspirasi:

"There's no question: overpacking tops the list of biggest travel mistakes.Thus OneBag.com, a non-commercial Web site that teaches—in exhaustive (exhausting?) detail—the art and science of travelling light. Here you can learn how to go pretty much anywhere, for business or leisure, for an indefinite length of time, with no more than a single carry-on-sized bag."

Menurut mereka: "As in the real world there are two kinds of luggage: carry-on and lost."

Emang sih, selain krn faktor biaya yg berkurang krn gak beli bagasi, banyak faktor lain juga yg menguntungkan dgn ngga masukin koper ke bagasi pesawat. Antara lain gak usah parno bagasi hilang/rusak/kecurian, gak BT nunggu bagasi keluar (kalo di Soetta bisa lamaaaa deh), gak ribet minta porter bantuin, gak perlu naik taksi ke hotel--bisa ngebus/kereta, dll dsb.

Mamas lain yg pernah berhasil.. share yah ;) biar kami sekeluarga makin PD (dan nekad) nyoba. Oiya saya masih penasaran nih sama Trunki.

maminya little Felicia

16

Topic: Baby travelling with budget airlines

niquen citilink domestik kok.
Aku kalo naik pesawat ngga pernah beli bagasi sih,repot aja,apalagi kalo lewat Soetta dan bagasi dicongkel2 (sering banget :()

Saya pun juga penasaran sama Trunki,tapi emang sengaja ga beliin dulu karna repot nanti urusinnya beda kalo anak pake backpack gitu. Maklum anaknya banyak :p

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

17

Topic: Baby travelling with budget airlines

Sebenernya bisa2 aja buat ga bawa bagasi dengan 1 toddler. Satu tempat duduk dpt jatah satu carry on jadi lumayan, stroller tinggal minta titip pas masuk kabin.

Mungkin yang harus dipertimbangkan isi tasnya. Karena kalau masuk kabin, otomatis ga boleh bawa sesuatu yang liquid diatas 100ml. Jadi yang namanya obat, minuman, parfum, sabun cair harus dicek ya. Sama gunting, gunting kuku, victorinox juga ga bisa masuk kabin. Kalau ga, bisa2 disuruh ditinggal barangnya dan ga boleh dibawa.

Kalau untuk bawa makanan, hmmm untung2an biasanya dicek atau ga. Kalau spt australia agak strict untuk bawa makanan masuk ke negaranya.

Oya kalau ga salah AA bisa check in online dan biasanya bisa sekalian pilih seat.

In love with my 2 sons Pandu dan Dhira

18

Topic: Baby travelling with budget airlines

hai moms, kemaren baru pulang dari sing disana 4 hari 3 malam. kita bertiga pp naik jetstar dapet tiket promo. Brangkatnya dari Juanda Surabaya,karna ga beli seat, dua hari sebelumnya coba web check in dapet duduk 1 line. kalo check in nya barengan biasanya duduknya deketan. Trus untuk stroller, tinggal lipat ntar dikasih pas di pintu pesawat. Ngambil strollernya di tempat ambil bagasi, kalo di changi kemaren sih di pisah sama bagasi, jadi kayak masuk barang fragile. oiya free baggage buat baby stroller.

19

Topic: Baby travelling with budget airlines

rintul
wah repot loh moms kalau gak pilih kursi..seperti pengalaman saya pesan maskapai itu sekeluarga gak pilih kursi..hasilnya duduk terpisah2..
berbeda dengan lion air..gak pesan kursi tapi sekeluarga bisa duduk berderet..:D

http://i59.tinypic.com/2hx3g46.jpg

20

Topic: Baby travelling with budget airlines

Halooo moms ikutan yah. Ak sering traveling by airasia, bisa kok pilih seat (dengan biaya tambahan of course) coba masuk ke website trus manage my booking. Ak juga beli tiket promo tapi tetep bisa pilih kursi. Oktober nanti ak jg mau traveling bertiga sm suami n anak nih naik airasia. Rada2 deg2an jg soalny ini pertama kali traveling bawa anak. Takut anak rewel di pesawat. Btw, yg sudah pernah naik airasia, boleh ga bawa termos air panas? Anakku minum sufor, pengennya pas landing / take off mau dikasih susu tp ada yg blg termos ny harus kosong klo naik AA, bener ga sih? Kalo minta air panas sm pramugari boleh ga? Tq

21

Topic: Baby travelling with budget airlines

yuberlose setau aku,kalau bawa anak boleh kok bawa air panas ataupun air mineral sampai 300ml. tapi dulu pernah bawa yg 700ml juga aman2 aja,soalnya tau kan itu buat anak.

Tapii kalau emang mau minta sama pramugarinya juga boleh kok,aku juga pernah minta air panas dulu :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/