1

Topic: Anak Asma

urban Mama,
apakah ada Mama di sini yang mempunyai anak sakit asma? selama ini bagaimana treatment-nya?

lalu tertarik dengan propolis nih yang katanya bagus untuk anak asma. apakah benar?

anak saya, aldebaran 4 tahun, asma. udah 2 hari ini batuk2 terus dan semalam ga berhenti akhirnya subuh tadi dibawa suami ke ugd.

pls share ya, Mama. tks.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

2

Topic: Anak Asma

Hiks,sekarang gimana keadaannya,teh? Keluarga gue banyak yg asma. Ponakan asmanya jarang kambuh katanya gara2 makan 'apanya' kelalawar gitu. Dagingnya kali ya. Lupa. Huhuhu.
Btw,mo nanya..asma udah keliatan dari kecil kah,teh? Soalnya banyak yg bilang Rinjani asma karna dari kecil udah ada kantung mata. Itu bener apa engga ya,teh? *sori balik nanya*
Semoga Alde cepet sembuh yaaa *hugs*

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

3

Topic: Anak Asma

Teh, Alde gimana ? huhu .. anak2 TUM lagi banyak yang sakit ya, sepagian dapet beberapa info sakit ..
kebetulan gak ada yg sakit asma di keluarga teh. jd kurang tw treatmentnya gmn. dulu sih di PMR diajarinnya untuk ngasih sandaran yg tinggi (kursi dibalik jadi bidang miring gt, trus dikasih bantal), sama entah apa lagi lupa ...
cepet sembuh ya Alde *peluk*

less ego, more heart

4

Topic: Anak Asma

teh ninit, semoga alde cepet sembuh ya.. sharing aja nih, anakku Al (4 mos) beberapa waktu yang lalu batuk dan napasnya bunyi, didiagnosa asma baby sama dokter, nurun dari emaknya, hiks.. kalo batpil biasa emang ga perlu obat, tapi karena ini asma jadi perlu antibiotik, karena jangan sampe pasokan oksigen terhambat ke otak gara-gara sesak..

untuk treatmentnya sih kemarin cuma itu aja, alhamdulillah seminggu sembuh.. yang perlu diperhatiin kalo anak asma adalah faktor pencetusnya, biasanya polusi (debu, asap (asap dari dapur, rokok), obat nyamuk, dll) dan infeksi (tertular virus dari orang lain esp. orangtua), jadi itu aja yang harus diwaspadai..

5

Topic: Anak Asma

nyanya,
iya kalo asma emang menurun ya... kebetulan kl dari keluarga gw, emang ada sepupu yg asma... dan dari kecil tau gmn sedihnya kalo asma kambuh. dari pihak adit juga ada tantenya yg asma.

kalo kantong mata, gw ga tau nya apakah ada hubungannya sama asma... tapi gw juga berkantong mata gpp kok ;) ga asma.

tapi yg pasti sih pas baby itu alde udah banyak banget milia di pipinya... itu loh yg kayak jerawat2 putih. dan itu ciri2nya ada alergi.

sidta,
tks sidta... iya nih lg banyak yg sakit yaa... tks tipsnya sit! :)
ternyata dulu PMR nih ;)

elel
iyaa benar. dari debu memang. di rumah udah dibersihin tiap hari dan pake air purifier juga... tapi kmrn emang maen ke tempat yg banyak orang ngerokok :( huhu... sejak itu jadi batuk2 deh.

tks ya semua...

tapi teteeep penasaran sama propolis. blm ada yg nyoba ya?

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

6

Topic: Anak Asma

Semoga Alde cepet sembuh ya teh...*hugs

Adek2ku dua2nya asma alergi...dari kecil...untuk pencegahan memang pemicu harus amat sangat dihindari, seperti debu, snack2 berMSG tinggi (kaya ciki2 and the gank itu), gk boleh terlalu senang, gk boleh terlalu sedih (beneran ini...kalo ketawa2 mpe ngakak2 gk karuan gitu dipastikan gk lama kemudian kumat...begitu juga kalo sedih ato stres)...terus usahain rajin berenang deh teh...pagi2..sekitar jam 8an gitu, jadi air kolamnya juga udah gak terlalu dingin dan cuaca belum terlalu panas. Tapi beneran berenang, jangan yg cibang-cibung berendam gitu hehehe, berenang di laut lebih bagus...dulu mamaku ngakalinnya ya mereka diikutin les berenang. Adekku yg cowo karena rajin olahraga yang bisa dibilang gk pernah kumat...cuma kalo adekku yg cewe karena jarang olahraga dan beban kuliahnya lumayan berat yaaa jadilah dia sekarang harus sedia inhaler hehee...

Kalau propolis aku pernah nyoba untuk Aira, hummm apa ya...sepertinya ini lebih untuk daya tahan tubuh kayanya...tapi monggo teh dicoba aja...:)

coffee is one of my best friend...

7

Topic: Anak Asma

ninit - katanya sih emang berenang manjur. tapi alde ga suka berenang ya? gue pake propolis (beli dari ingke, hehe). tapi bukan buat asma, buat sinus gue yang sering kambuh. mungkin bisa dicoba, untuk bikin daya tahan tubuh lebih kuat jadi ga allergian, nit...

nyanya - kayaknya yang kantung mata itu myth aja deh... ari kantung matanya gede banget dari bayi, dan ga asma tuh, hihihi.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

8

Topic: Anak Asma

Owww kang alde gk suka berenang ya....hummm...apa ada jenis olahraga lain yang dia suka?

Soale untuk asma ini olahraga tuh cukup membantu...tapi jangan berlebihan...semoga alde dah sembuh yaaa

coffee is one of my best friend...

9

Topic: Anak Asma

thalia, mommyaira...

alhamdulillah sejak di jkt alde udah suka berenang :) sekarang malah dia semangat kok kalo renang. cuma gw-nya aja yg suka kurang semangat ihhihi.

sip deh kalo gitu.

thal, iya gw barusan udah liat ke mama's mall-nya ingke. tks ya thal.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

10

Topic: Anak Asma

Semoga Alde lekas sehat ya teh Nit,suka sedih kalo denger anak sakit :(
btw untuk propolis emang udah terbukti kemanjurannya teh, dari mulai diminumin sampe diolesin ke bekas luka juga bisa.
Waktu kena DB akupun minumin propolis itu boost trombositnya asli cepet banget! yang sabar ya teh Nit, *peluk Alde peluk teh nit*

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

11

Topic: Anak Asma

semoga Alde cepet sehat ya teh ninit :)
ehm.. kalo ibuku bilang, anak asma sering2 dibawa ke pantai, katanya udara pantai bagus. jaman dulu sih adikku sering diajak ke ancol. skrg udah gedenya ngga pernah kambuh samsek. terus sempet baca sekilasan katanya selain spirulina, jeli gamat jg ampuh utk treatment asma.

nyanya,
Nay juga ada kantung matanya dan aku pernah nanya pas kunjungan ke DSA. sebenernya nanya iseng, eh malah dijawab serius katanya si Nay bakat asma/alergi. tp kantung mata itu bukan satu-satunya ciri, masih banyak ciri lainnya yg harus ada. dan kalopun punya ciri2nya, belum berarti anaknya memang asma/alergi... tp baru potensi/bakat. yg penting, seperti dibilang eLeL dan mommyaira, gimana pinter2nya kita menghindari pencetus supaya asma/alerginya ga muncul beneran.. :)

ciri2 lainnya pernah ada yg post di thread Alergi deh kalo ngga salah..

12

Topic: Anak Asma

kata dsa gw kalau anak ada riwayat turunan asma (sodara atau apalagi kalau dari ortu nya) kalau sakit batpil memang harus segera ditangani.mudah2an sih alde jagan sampe kenal inhaler ya teh... repot kayak suami seumur2 dari sejak dapet serangan asma pertamanya (pas sd) ampe skrg di saku nya selalu ada inhaler. malah kalau gw perhatiin dari gak sesek pun bisa jadi sesek gr2 gak bawa inhaler (serangan panik).

yang aku tau sih selain berenang itu katanya ampela kambing (eh atau apa nya kambing gitu) tapi lihat om yang pernah makan tuh sesuatunya kambing kayaknya gak ngaruh. ada yang bilang juga makan hati onta.

Bussy life...happy life...

13

Topic: Anak Asma

menyimak dengan tekun. dulu adik saya asma, emg turunan dr keluarga bokap. bokap carrier, tapi yg kena adik saya yg bungsu. ketauan asma umur 1 tahun.. kasiaaaaann bgt, karena napasnya ngik2 gitu. jadi harus pk inhaler dan obat asma kl pas kambuh. alhamdulillaah asmanya ilang pas dia umur 4 tahun. menuruti anjuran dokter untuk berenang, tapinya di air yg ga dingin. setelah renangnya rutin gak pernah kambuh samsek(skrg adik saya 25th). makanan yg perlu dihindari yg bergetah2 gitu, misal nangka--> langsung memicu asma, dan makanan lain yg memicu alergi. unfortunately walau sy gak asma, tp dapet gen alerginya. termasuk yg lingkaran hitam sekitar mata -not kantung, ya, nyanya, cmiiw moms namanya kt adik say yg dokter allergic shimmer gak selalu manifestasinya asma, yg jelas alergi, gitu:(

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

14

Topic: Anak Asma

@Ninit Teh, di terapi dengan menghirup udara pagi di pantai bisa membantu meringankan asma :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

15

Topic: Anak Asma

mom mau tanya dong, ciri-ciri anak asma apa yaa? soalnya anak aku kalo kena udara dingin sedkit langsung batuk-batuk

16

Topic: Anak Asma

halo...baru baca thread ini jadi kepengen ikut sharing. mudah2an ngebantu ya :)

teh ninit alde gimana kabarnya sekarang teh? semoga ga keterusan ya *peluk*

anak aku dari umur 2tahunan emang sering batuk (ga disertai pilek) & kalo cuaca mendadak dingin banget/panas banget langsung ruam2 di seluruh badan..kebeneran aku & papadino emang sama2 ada riwayat alergi. kalo aku alergi kulit, mamanya papadino asma. kata dokter, alergi turunnya ga selalu sama. misal mamanya alergi kulit, anaknya bisa jadi ga alergi kulit tapi prone asma dan sebaliknya. nah kalo di anip kasusnya dua2nya ada riwayat alergi. jadi anip positif alergi juga.

dari umur 2th anip udah bolak-balik ke dokter. dari mulai dikasih obat aja sampe uap setiap pagi-sore, tetep batuknya ini kambuhan terus. Asal dingin/makan gorengan sedikit pasti kambuh & dahaknya banyak.

Terakhir waktu anip umur 6th kita bawa ke dokter spesialis paru di daerah kosambi, Bandung. Dokter ini ternyata udah lama banget nanganin mamanya papadino (aku tau dari kartu berobatnya yang sengaja dibikin per-keluarga instead per-orang. kata dokternya sih krn riwayat penyakit keluarga biasanya saling berkaitan). Nah waktu konsul sama dokter ini kita dikasi banyak masukan, intinya anak-anak harus dibiarin kuat tubuhnya. dibiarin ter-ekspos macem2 cuaca, kotor2 dan sebagainya biar daya tahan tubuhnya kebentuk.

Setelah rontgen ketauan kalo di paru2 anip banyak fleknya. makanya anip males makan & cepet capek. Untung kata dokternya lagi, anak2 dgn gejala asma kaya anip bisa 'tidur' asma-nya alias ga kambuh2 lagi asal treatmentnya dimulai sejak usia dibawah 7th. Pas usia segitu daya tahan tubuh anak masih berkembang.

Terus anip dikasi obat dari empedu kelelawar apa ya kalo ga salah. pokonya item2 gitu deh, kaya nyanya bilang. harus diminum sehari 2x, vitamin 1x sehari, obat bronchitis utk fleknya selama 6bln & stamino 2x sehari. treatment ini berangsur2 dikurangi. 3bln pertama tiap 2minggu sekali kontrol, trs lama2 2bulan sekali, sampe sekarang malah ga pernah sama sekali. jd yang diterusin cm vitaminnya aja.

Dokternya juga nambahin jadwal kegiatan baru buat anip. katanya kalo dgn obat aja treatment-nya gaakan sempurna & asma tetep bisa kambuh. justru yang penting treatment fisiknya..waktu itu anip dikasih tambahan kegiatan kaya gini kalo ga salah:
-renang 2x seminggu
-main bola/basket/olahraga outdoor 3x seminggu
-main sepeda
-menghirup udara pagi

Tujuannya biar itu tadi, tubuhnya terbiasa beraktifitas & jadi kuat. Terus paru2nya terlatih menghirup oksigen banyak2 lewat renang & kegiatan hirup2 udara itu.

Begitu pulang, aku masukin anip les renang & obat2 dari dokter aku lengkapi lagi dengan clover honey & bee propolis utk anak. Eh ajaiib, 2minggu kemudian pas kontrol berat badannya naik 2kg. 3 bulan kemudian batuk2nya berenti & pas di rontgen fleknya udah tinggal sedikit. obat2nya masih diterusin sampe 6bln. habis itu obat kelelawarnya diminum cuma kalo sesek napas aja. stamino juga diberentiin. vitamin + madu aja yang rutin.

sekarang uda 2tahun sejak berobat ke dokter, anip asma-nya ga pernah kambuh lagi. malahan batuk2 doang juga jarang, padahal sering berenang pas lagi ujan. jadwal kegiatan anip masih sama, kadang aku tambah kegiatan lain pas weekend..seneng banget :)

mama mod maap ya kalo kepanjangan postingnya..

"Yes you can't be the real Ultraman, dear. But you will always be my hero..."
twitter @ngiuphobia | www.LittleHouseofRena.com

17

Topic: Anak Asma

aku mau sharing, karena aku py asma turunan dari bokap.
dari 4 bersaudara cuma aku yg diturunkan asma + alergi aneh2... iya udah ga aneh kalo yg punya asma mungkin punya alergi juga.

waktu aku kecil alerginya macem2: udang ebi, debu, dingin, obat (sulfa)..kalo alergi ini muncul, ga lama asmanya juga kambuh. Dulu DSA aku dr. nurachim, sekarang prakteknya di antapani. dokter dari awal nggak pernah ngasih obat asma (suer..aku pertama kali makan salbutamol beberapa bulan lalu dikasih dsog). dr. nurachim dulu keukeuh ga mau ngasih obat inhaler karena nanti malah ketergantungan...bener jg sih.

waktu kecil emang rada bt juga sih jogging dikit terus ngik2, ketawa2 heboh eh ngik2 lagi..
dulu nyokap rajin banget ngajak berenang seminggu sekali ke cipaku, pokonya berenang di air dingin dibawah jam 9 pagi..ga lama kok kecipak-kecipuknya..paling 10 menit..itu melatih paru2. alhasil emang jadi jarang kambuh :)
nyokap juga rajin perhatiin pencetus asmanya:
- bantal kapuk diganti jadi bantal busa. karena tungau (sejenis serangga yg betah bgt di bantal/kasur) itu bisa jadi pencetus alergi yg ujung2nya bikin ngik2. kalo sekarang sih udah busa semua ya..
- tiap pagi buka jendela & pintu biar udara pagi masuk (kalo ini ampe sekarang)
- kalo beres2 rumah selalu nunggu aku ga ada di rumah, takut debunya bikin ngik2
- selalu nyuruh untuk maen/aktif di luar rumah...biarin lari2 trs ngik2 juga..eh lama2 malah kebiasaan, trs berkurang ngik2nya
- memperhatikan menu makanan, karena rumusnya: makanan alergen = asma kambuh.
- faktor stress, kalo lagi kesel dipendem..nangis ditahan..eh malah ngik2 >_< (ini juga ampe sekarang)

nah, kalo ternyata asmanya alhamdulillah sembuh..jangan kaget kalo pas udah gede eh lho kambuh lagi.
karena asma itu ga bisa total sembuh, hanya frekuensinya berkurang...ini aku alami sendiri, selama SD kelas 3-6 kok ga pernah kambuh lagii...eh pas SMP kok tiba2 ngik2..ga separah waktu kecil, cuma kaget juga..hehe.
kalo sekarang paling 3x setahun, itu juga gara2 stress :P

ada tips yg suka aku pake ampe sekarang, terapi uap.
jadi aer panas ditaro di baskom, terus aku nunduk hirup uapnya, kepala ditutupin handuk..jadi uapnya ga kemana2..cuma di dalem handuk aja. buatku ini bantu banget. dapet tipsnya dari dokter di ugd pas asma aku kambuh gara2 alergi obat.

hehe bisa panjang nih ceritanya..mudah2an segitu juga bisa bantu ya teh ninit :)

@winigunn

18

Topic: Anak Asma

dear mamadino , boleh minta nama dokter dan alamat prakteknya yang di Kosambi ga ? Thankyou.