1

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

Mamas..

Sharing pengalaman atau tips naek motor dengan membonceng anak.

Please share :
[list=*]

  • Pengaman apa yang kita gunakan? apakah duduk diapit orangtua sudah cukup aman? Atau masukkan ke dalam gendongan?[/*]
  • Baju/kelengkapan apa yang kita kenakan ke anak. Mulai umur berapa anak menggunakan Helm.[/*]
  • Mamas disini setuju tidak membonceng anak dengan motor? atau sebaiknya kita menggunakan transportasi lainnya[/*]



    Kalau saya :
    [list=*]
  • Kemana2 memang selalu berboncengan motor dengan suami dan anak kami dudukkan di tengah. Atau jika anak sudah mengantuk baru kami menggunakan babywrap/babycarrier, atau ketika anak ingin menyusui di tengah perjalanan (biasa nyusuin sambil naik motor, hehe).[/*]
  • Kupluk, Jaket, Sepatu. Helm belum cukup dikepala anak :( [/*]
  • Setuju berpegian naik motor dengan anak jika jarak tempuh <2 jam, lebih dari itu kami lebih memilih armada transportasi lainnya yang lebih nyaman.[/*]


    Makasih sharingnya....

    @emaknyahazel
  • 2

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    hai mama dinda permata

    gw karena baru punya nya motor... yah bermotor-ria lah kita.
    tapi bapaknya hafidz yg lebih sering ngelarang hafidz ikut kemana2. alesannya debu dan panas. jarak tempuh yang diijinin itu 15-20 menit aja. selebihnya kalau bawa hafidz kita naik taxi.

    hafidz (2minggu lg 2th) emang belum bisa diem kalau naik motor. tangannya suka di angkat ke samping buat ngerasain angin (gw yg ajarin & menyesal ngajarinnya di atas motor hahaha) dan pengen lihat jalan (jadi doyong ke kanan atau kiri) tapi dah gak mau pakai gendongan apapun. jadinya badannya gw tahan pake tangan & kaki. selama ini (dan mudah2an seterusnya) masih aman.

    gw belom nemu helm yg pas di kepalanya jadi selama ini pake jaket yg ada hoody nya dan selalu di sleting penuh. kecuali kalau ke ruko deket rumah (dalem komplek) paling pake topi aja.

    Bussy life...happy life...

    3

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    Hi dinda permata.. :) , kl pergi sama Nendra biasanya pake mobil atau taxi, tp berhubung tahun ajaran baru nanti pd saat usia Nendra sekitar 1,5 tahun mau coba kudaftarin ke play group (atau baby class ya?) deket rumah yg jaraknya cm 2 Km, nanggung bgt deh kl naek taxi, tp kl naek sepeda onthel Emaknya males siang2 nggowes kepanasan :p , kemungkinan ya naek sepeda motor berdua doang krn suami ngantor.

    Nah, bingung boncenginnya ntar pegimana atuh? pake baby wrap posisi nempel di dadaku (kuatir Nendra byk polah bikin aku sulit jaga keseimbangan), trus kasihan jg kl posisi anak di depan jd kayak tameng kita menahan angin :( atau kl dibonceng belakang pake sabuk boncengan kayak gini, tp sayangnya baru bisa dipake usia 2-5 tahun :

    http://4.bp.blogspot.com/_ky4S81Picqw/TN0bM93dWKI/AAAAAAAAACU/c7j12r3_Vro/S1600-R/pentingnya%2B%2Bpakai%2Bbelt3.jpg

    rosalia8hans.wordpress.com | @RosaliaHans
    Rosalia Surya Budi
    Architect, Interior Furnishings Designer, Free Thinker, Full Time Mom & Wife.. :)
    (Non Scholae Sed Vitae Discimus)

    4

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    dewiamel
    Bener memang salah satu resiko anak naik motor ya panas, debu, dll. Kadang ada keadaan dimana ga da alternatif lain ;))
    Tangan model "Titanic"? untung Hazel ga ngeliat ya, bisa2 ditiruin juga. hihihi.. Kayaknya si Helm anak ini muat umur brp ya, knp ga diciptain yang mungil ?!!
    hehe

    Rosalia
    Hazel sering naik motor pake babywrap, didouble lagi aku pake jaket yang gede (jaket2 cowok)---jadi anak masuk ke dalam jaket kita. 2 Km lumayan deket mbak, ga jauh. Atau naik becak (kayaknya ga da disana ya).
    Boncengan diatas pernah aku liat juga, minimal memang 2 tahun tapiii Nendra kan bongsoorr..jadi ga masalah ;))
    Ada lagi boncengan yang lebih kokoh bentuknya kaya kursi dan ada sabuk pengaman. Dipasang pake mur ke jok motor kita. Aku liat diliputan tv mbak, sayang ga nemu gambar penampakannya.

    @emaknyahazel

    5

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    dinda permata, ada sih becak motor tp mrk ngetem di Aloha, jd kl mau naik ya dr sana, gak beredar di perumahanku.. :(

    dinda permata wrote:

    Ada lagi boncengan yang lebih kokoh bentuknya kaya kursi dan ada sabuk pengaman. Dipasang pake mur ke jok motor kita. Aku liat diliputan tv mbak, sayang ga nemu gambar penampakannya.


    Maksudmu boncengan seperti ini bukan?
    http://alonrider.files.wordpress.com/2009/08/helmiat-bonceng-bocah.jpg?w=450&h=338
    http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2008/07/14/030914p.jpg

    Harganya sekitar IDR 300 ribuan, tp menurutku rasanya kok rada berbahaya “mengikat” anak di boncengan, krn jika motor jatuh si bocah akan ikut terseret bersama motornya. Kalo boncengannya nempel di pengemudi depan & bukan nempel di motor, mungkin lebih aman.. :)

    rosalia8hans.wordpress.com | @RosaliaHans
    Rosalia Surya Budi
    Architect, Interior Furnishings Designer, Free Thinker, Full Time Mom & Wife.. :)
    (Non Scholae Sed Vitae Discimus)

    6

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    IYaa makasih mbak, bener boncengan itu yang kumaksud. Resiko naik motor jeleknya memang kalau pengendara jatuh, yang dibonceng juga jatuh. Setuju mbak, memang lebih aman kalau anak nempel ke Ibu, kalau ada apa2 *knock knock on the wood* Ibu refleks ngelindungin anak.

    Kok jadi serem ya. Itu sebabnya aku ga diizinin naik sepeda motor sendiri ma suami apalagi bonceng anak (karena memang ga terbiasa motoran). Walaupun kalau kita perhatiin banyak ibu2 yang biasa bonceng anaknya n tetep aman. Jadi bisa2nya kita aja kali yaa..

    @emaknyahazel

    7

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    dinda permata, sejauh ini sih yang diterapkan ke Asa (22 bulan) :


    • selalu boncengan sama ayah, soalnya Asa suka nunjuk2 bis dll. jadi harus ada orang untuk megangin tangannya. kecuali cuma motoran puter2 komplek.[/*]
    • pake gendongan depan. karena kalo samping bahaya kesenggol kendaraan. kalo cuaca lagi mendung n asanya capek, pake wrap .. bisa bobo dengan nyaman.[/*]
    • kalau jaraknya jauh, misalnya tanjung duren-sawangan, berangkat sepagi mungkin n pulang sore. kedinginan bisa ditangkis pake jaket dan kaus kaki+wrap+kupluk, tapi kalo kepanasan kan susah :P[/*]
    • kalau lebih dari 3 tahun, pakai helm. Asa udah dibeliin tapi masih kegedean .. n dia malah pusing kalo pake helm.[/*]
    • wajib ada di tas : baju ganti, kaus kaki, minyak telon. jadi kalau ketemu hujan langsung berteduh n gosok minyak/ganti baju kalo ada yg basah.[/*]
    • siapkan minum di tempat yg mudah terjangkau di tas. jadi kalau di jalan tiba2 asa minta minum, gak heboh bongkar2.[/*]
    • kalau memang kondisi Asa, cuaca, jarak dan rutenya gak memungkinkan,, Asa gak usah diajak/pakai taksi.[/*]
    • gak usah buru2. istirahat bila perlu, bisa di masjid/mushola pom bensin. ini ada foto Asa bobo d masjid, sementara mamah n ayahnya gantian sholat.[/*]

    http://dlilsidta.files.wordpress.com/2010/02/masjid.jpg?w=180&h=240
    tentunya yang bonceng juga mesti ati2. no nyelip2, pakai sepatu, pakai helm dll.

    Rosalia, namanya Helmiat bonceng bocah, emang rada serem ya nampaknya .. :( , kalau yg diikat ke pengendara nampak lebih aman daripada diikat pake jarik, kan suka ada tuh ..

    less ego, more heart

    8

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    wah ada trit ini ya...
    aku juga baru berani neh bermotor ria sama maliq (20 m). Karena bapaknya biker sejati, jadi dia pengen banget ngajak anaknya naek motor. Kalo jalan2 keliling komplek maliq sukanya berdiri di depan (motor matic kan ada tempat di depan ya) tangannya pegangan ke spion, ini udah otomatis karena dari awal udah di ajarin. Berdiri di depan cuma berlaku kalo keliling komplek aja kalo keluar komplek emaknya parno dan ga safe juga ya. Kalo aga jauh dikit biasanya seh di taro ditengah, dan Maliq pegangan sama papihnya untungnya selama di motor maliq anteng seh ga macem2. Aksesoris yang laen tentu saja jaket yang ada kupluknya, sepatu kaos kaki lengkap. Dulu suka gue gendong pake jarik tapi sekarang udah engga lagi karena bocahnya udah ga mau.
    Rosalia, iya ya aga serem malah takut jatoh, setuju kalo di iket ke pengemudi depan mungkin lebih safe ya. Ato bisa pake gendongan model boba gitu kali ya.

    kangen teyuuus sama maliq paha montoq :)
    www.mypetitefamilia.blogspot.com

    9

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    Sidta wrote:

    pake gendongan depan. karena kalo samping bahaya kesenggol kendaraan. kalo cuaca lagi mendung n asanya capek, pake wrap .. bisa bobo dengan nyaman.


    betul mbak, suka gemes kalau ada ibu yang bonceng anak pake jarik gendong samping, tangan anak yang jatuh kebawah n kaki yang menjutai berbahaya

    Sidta wrote:
    kalau jaraknya jauh, misalnya tanjung duren-sawangan, berangkat sepagi mungkin n pulang sore. kedinginan bisa ditangkis pake jaket dan kaus kaki+wrap+kupluk, tapi kalo kepanasan kan susah


    mungkin ada hubungannya juga ma faktor kebiasaan, anakku dah dari awal naik motor ke mana2, jadi biar kepanasan (surabaya euyy), dia tetep lempeengg aja tidur di Wrap yang dilapis lagi aku pake jaket besar. Tapi tetep, sbg orangtua yang baik, berusaha pergi dengan timing cuaca yang tepat.

    Sidta wrote:
    kalau memang kondisi Asa, cuaca, jarak dan rutenya gak memungkinkan,, Asa gak usah diajak/pakai taksi


    setuju, memilih untuk mencancel acara berpergian saja

    Sidta wrote:
    gak usah buru2. istirahat bila perlu, bisa di masjid/mushola pom bensin. ini ada foto Asa bobo d masjid, sementara mamah n ayahnya gantian sholat


    pengen banget nih nyoba mudik surabaya - malang naek motor, masih maju mundur. Trayek 2,5 jam n cuaca yan belum menentu. Nanti pake cara mbak Sidta, berhenti di SPBU/Masjid buat istirahat. Syukur2 ada yang jual es degan atau makanan lainnya (hihihi)

    Sidta wrote:

    http://dlilsidta.files.wordpress.com/2010/02/masjid.jpg?w=180&h=240


    sukaa ini, Asa kelihatan nyenyakk sekali tiduurnya. Oia, Asa biasanya kalau tidur gini ditunggu sampai anaknya bangun atau dibangunin aja buat berangkat lagi ya?

    TFS =)

    @emaknyahazel

    10

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    dinda, kalau tidur sih tetep diangkut dalam kondisi tidur, gak usah dibangunin. Asa kalau gak tidur bahaya banget manuvernya di motor ..

    oke ngaku .. mamahnya ini yg enggak kuat panas-panasan hehehe ..:P .

    tapi tetep kalo di jakarta agak gak tega kalau mesti kena panas terik+macet pulak. jam 9 aja disini udah panas banget. kemarin, dari pasar baru sampai roxy aja Asa sambil nyedot minum, ngabisin air putih 1 gelas besar.

    kadang pakai busway juga sih. kalau lagi sepi ... :P . kalau gak ya taksi kemana-mana ...

    oya kalau cuma ke pasar gitu, Asa gak digendong. duduk aja di tengah. kadang sambil ngemilin kue .. :)

    eh btw, mampir tempat makan itu enak juga lho. kemarin di Ngawi dari tempat mertua di gunung, ke Padas hampir 2,5 jam juga. soalnya pake acara mampir maem bakso lesehan di Paron. Hujan2 maem bakso, minum teh anget .. yummy ..

    less ego, more heart

    11

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    [list=*]

  • Pengaman apa yang kita gunakan? apakah duduk diapit orangtua sudah cukup aman? Atau masukkan ke dalam gendongan?
    Kalau saya sering naik motor bareng anak ke rumah orangtua saya. Dikarenakan tempat parkir mobil yg terbatas sehingga saya terpaksa naik motor ke rumah ortu. Darren biasanya duduk ditengah lengkap dengan helm, jaket, celana panjang dan sepatu. Kalau kira- kira dia akan tertidur, saya gendong dengan kain jarik ditambah penutup hidung (helm, jaket dibuka kalau dia sdh tertidur), ditambah dengan nursing cover supaya tidak kena debu.[/*]
  • Baju/kelengkapan apa yang kita kenakan ke anak. Mulai umur berapa anak menggunakan Helm.
    helm, jaket, celana panjang dan sepatu[/*]
  • Mamas disini setuju tidak membonceng anak dengan motor? atau sebaiknya kita menggunakan transportasi lainnya
    Setuju asal memperhatikan keamanan anak. Soalnya saya suka bete liat anak kecil naik motor berdiri di belakang walaupun ada ibunya yg megangin tapi kan bahaya[/*]

    ... a counselor, a role model and often a friend to her children
    Twitter & Instagram: @honeyjt

    www.honey-scrapbook.blogspot.com
  • 12

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    ikut sharing yaa... aku juga seringnya kemana-mana naik motor. n biasanya anak2 di ajak. kadang abinya anak2 ngajak mereka jalan-jalan sore keliling kompleks.

    Pengaman apa yang kita gunakan? apakah duduk diapit orangtua sudah cukup aman? Atau masukkan ke dalam gendongan?
    kalo dah bisa jalan, anakku dah ga pake gendongan. perjalanan jauh di jagain pake tangan aja. biasanya kan tidur tuh, di peluk dari belakang gitu deh.

    Baju/kelengkapan apa yang kita kenakan ke anak. Mulai umur berapa anak menggunakan Helm.
    kalo cuma keliling kompleks aja sie enggek pake helm, tapi kalo udah ke jalan raya wajib hukumnya. walopun ke pasar yang cuma 5 menit dari rumah.

    Mamas disini setuju tidak membonceng anak dengan motor? atau sebaiknya kita menggunakan transportasi lainnya
    setuju, karena baru bisa naik motor, nyupir mobil masih belajar :D
    yang jelas keamana harus di jaga n liat2 cuaca juga. kalo mendung, mending tunda pergi aja deh.

    o ya, kan ada tuh kaca tambahan yang di pasang di bagian depan motor. kayanya lumayan melindungi anak dari terpaan angin terpaan angin.
    aku sendiri lagi dalam proses belajar motor, jadi kalo mo ke warung yang agak jauh ga usah jalan. tapi kayanya ga berani bawa anak yang masih kecil deh, minimal 2 tahun kali ya. udah bisa di bilangin, n dah mantep duduk di depan kita.

    paling serem deh liat orang yang bonceng anak kecil n ga ada orang gede lagi di belakangnya. sekalipun diiket pake jarik, kan rawan jatuh banget.

    13

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    raafi (3y) dari msh setaun kalo di bonceng, adem ayem,, anteng banget,, yg penting waktu dibonceng pake topi, yang nutupin telinga juga,, setelah udah gede,, malah lbih seneng naek speda drpd naek mobil,, klo mau ke day care,, tapi diusahain gak duduk di depan, kasian kena angin langsung,, walopun sdh pake jaket, helm,,
    nahhh,, kalo yg niar (11m), gak di mobil, gak di sepeda gak bsa anteng,, pernah waktu aku ajak naik ojek,, pak ojeknya ditendang2,, aku malah yg jd kerepotan,, jadi takut klo jatuh,, :( baru kmaren naek speda lagi,, dia malah seneng posisi berdiri,,, *hadduhhhhh* padahal dulu2 waktu liat anak kecil yg dibonceng d tengah sambil berdiri2,, ngikut ngeri sambil komat kamit doain smoga gak ada apa2 ,, lhaa,, kok trnyata skarang ngalamin sendiri,, :(

    14

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    mamas,sekedar cerita aja,anak tetanggaku dulu klo naik motor sukanya duduk di depan.tiap pagi kalo sekolah(TK) pasti duduk depan.pulangnya juga.pergi agak jauh juga duduk di depan.lama2 ini anak kok batuk2 terus n badannya ga nambah2 BBnya.eh ternyata di paru-parunya ada flek.katanya sih gara2 kena angin terus itu.aduh kasian banget,dia jadi harus minum obat terus.tp untungnya setelah obat rutin itu dia bs sembuh n malah jd gemuk banget.
    gara2 itu aku jd agak2 anti ngajak zayyan naik motor.eh tapi lama2 tergoda juga walopun cuman yg deket2 aja.
    pokoknya sih sebisa mungkin jgn sering2 naruh anak duduk di depan.sekali2 mgkn gpp tapi jgn sering2 deh..

    eh tapi ibu2 di indonesia ini jago2 lho kalo naik motor.sering liat ga sih ibu2 didepan gendong anak yg kecil,belakang bonceng anak yg gedean.tgn kanan megang setir.tangan kiri megang kresek dagangan.beehhh,multitasking abis pokoknya...:D

    15

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    mamanyaZayyan wrote:
    mamas,sekedar cerita aja,anak tetanggaku dulu klo naik motor sukanya duduk di depan.tiap pagi kalo sekolah(TK) pasti duduk depan.pulangnya juga.pergi agak jauh juga duduk di depan.lama2 ini anak kok batuk2 terus n badannya ga nambah2 BBnya.eh ternyata di paru-parunya ada flek.katanya sih gara2 kena angin terus itu.aduh kasian banget,dia jadi harus minum obat terus.tp untungnya setelah obat rutin itu dia bs sembuh n malah jd gemuk banget.

    sama seperti anaknya temen, seneng banget klo d taruh depan, dipikir ortunya gak ada masalah apa2, anaknya happy2 saja, badan keringetan, jd sperti anak sehat saja, tpi trnyata penyakitnya numpuk, udah segala macem pnyakit numpuk jd satu,, kasian liatnya,, spertinya anak ditaruh di depan itu hal sepele tapi wajib diwaspadai,,
    tpi kadang masalahnya klo yang dibonceng cuman anaknya saja, dan gak pnya boncengan yang sperti kursi, jd ya otomatis taru depan yaa,, walopun prna tau, anaknya taruh belakang kmudian diikat ke tubuh yang bonceng pake kain gendongan, tpi ya tetep rawan juga, kebanyakan anak ngantuk waktu di jalan, jadi kepalanya sampe miring-miring,,, nah lhooo,,,

    16

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    Soal naek motor waduh anakku mah udah jadi rutinitas tiap hari kudu keliling kompleks.
    Biasa Sha(19 mths) duduknya di tengah diapit mama dan papa. Dan kalo cuma keliling kompleks ya ga pake atribut apapun kecuali topi. Nah kalo agak jauh ya wajib pake jaket, topi n celana panjang. Yang penting kalo dah agak jauh ya istirahat. Sha pernah lho naik motor dari Jakarta - Tangerang. Sampe tidur dijalan. Ya aku pegangin aja d. Makanya penting buat mamas supaya juga jangan pake atribut yang ribet ketika naik motor sama si kecil.

    17

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    LittleSha, setuju banget untuk jangan pake atribut yang ribet. jangan sampe ada bagian yg nglewer2 supaya gak nyangkut roda/kendaraan lain. istirahat sebentar, sekedar untuk minum juga penting biar gak dehidrasi :)

    mamas, share dong yg udah dibeliin helm, helm yg recommended apa ya ?
    dulu pas ke toko helm, Asa langsung megang helm BMC kecil gambar doraemon. dan gak boleh diminta. brubung nggak mahal juga ya akhirnya dibeli lah ..
    masalahnya ini helm agak berat, kasian aja kayanya klo asa make itu. kayanya penuh perjuangan banget, mukanya sampe kaya gini :
    http://farm3.static.flickr.com/2738/5862969514_a3ae2f256b_m.jpg

    anehnya dia cinta bener sama helm itu. marah2 klo dicopot. tapi tetep kepikiran, ga papa yah ? maunya helm yg ringan .. eh apa dibeliin thudguard aja kali yah, harganya gak jauh beda :D

    share dong mama ...

    less ego, more heart

    18

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    Sidta, masa sih harganya gak jauh beda? setauku harga thudguard hampir 400rb, berarti helm BMC-nya juga segitu ya? wih mahaall :( beberapa minggu lalu, kami (aku, suami dan si kakak) nyari helm anak, tapi gak merhatiin merknya, cuma menurutku masih kegedean banget, harganya murmer sih gak nyampe 100rb. Akhirnya gak jadi beli karena kasian aja liat dia kayak terhuyung-huyung keberatan helm, tunggu ntar umur 3th aja deh.
    Kami juga ke mana2 naik motor, kalo sama aku n suami, kakak diapit di tengah, tapi seringnya ama papinya doang, jadi kakak duduk di depan, kacamata, jaket dan kupluk gak pernah ketinggalan. Kalo cuma sama aku, biasanya kugendong pake wrap, biar tangan ga perlu megangin.Pernah dua2nya kuboncengin, kakak duduk di depan, adik kugendong pake wrap, alhasil badan adik malah jadi senderan si kakak, untung cuma jarak deket banget, jangan dicontoh ya moms, kayaknya juga ga bakal diulangin kok, ngeri kalo si kakak ngantuk. Ohya, so far naik motor cuma keliling2 kompleks aja, kalo jarak jauh dan lama, kami prefer naik bus atau taxi.

    19

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    nadned, habisnya kemaren ada yg ngasih harga thudguard 150rb :P tapi ternyata beneran buat infant yah. mana Asa kepalanya gede. itu helm yg dipake ukuran 4 tahun, pas difoto keliatan agak kegedean yah, soalnya abis sakit jadi pipinya tirus. sebenernya itu helm udah pas sama Asa. cuma iya, berat :(

    less ego, more heart

    20

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    Sidta, wah kayaknya kalo segitu bukan thudguard ori deh, masa jauh banget selisihnya? oops, jadi OOT, maaf ya :)

    21

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    nadned, gak tau juga ya .. kan aku belum pegang barangnya. eh tapi helm yang bagusan harganya juga mungkin sekitar 300-400 gitu ya ..
    *masih penasaran soal helm anak*

    less ego, more heart

    22

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    fifi wicaksono wrote:
    [quote=mamanyaZayyan]mamas,sekedar cerita aja,anak tetanggaku dulu klo naik motor sukanya duduk di depan.tiap pagi kalo sekolah(TK) pasti duduk depan.pulangnya juga.pergi agak jauh juga duduk di depan.lama2 ini anak kok batuk2 terus n badannya ga nambah2 BBnya.eh ternyata di paru-parunya ada flek.katanya sih gara2 kena angin terus itu.aduh kasian banget,dia jadi harus minum obat terus.tp untungnya setelah obat rutin itu dia bs sembuh n malah jd gemuk banget.

    sama seperti anaknya temen, seneng banget klo d taruh depan, dipikir ortunya gak ada masalah apa2, anaknya happy2 saja, badan keringetan, jd sperti anak sehat saja, tpi trnyata penyakitnya numpuk, udah segala macem pnyakit numpuk jd satu,, kasian liatnya,, spertinya anak ditaruh di depan itu hal sepele tapi wajib diwaspadai,,
    tpi kadang masalahnya klo yang dibonceng cuman anaknya saja, dan gak pnya boncengan yang sperti kursi, jd ya otomatis taru depan yaa,, walopun prna tau, anaknya taruh belakang kmudian diikat ke tubuh yang bonceng pake kain gendongan, tpi ya tetep rawan juga, kebanyakan anak ngantuk waktu di jalan, jadi kepalanya sampe miring-miring,,, nah lhooo,,,[/quote]

    sereeeeemmm.... soalnya anakku senangnya duduk di depan, soalnya kalo di tengah suka dempet2an sama adiknya, jadi kesian liatnya...
    ternyata serem yaaaa..... enaknya gimana ya mamas ???? secara anakku dua2nya suka banget naik motor sama papanya....

    23

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    mama kumbang, memang serbasalah ya. kan orang dewasa juga harusnya kalo naik motor, pake pelindung dada atau minimal jaket. klo anaknya didepan ya kena angin duluan kn.

    mungkin klo naik motor, dipakaikan jaket+celana panjang+kupluk. kalo masih seumur asa, pake wrap lumayan anget lho. sengaja cari wrapnya yg tebel juga sih.

    usahakan duduk di tengah aja, trus klo jaraknya jauh mending dibelain cari alternatif kendaraan lain. yang mana susah juga soalnya di jakarta, transportasi umumnya belum sempurna.

    emang mesti tricky ya klo sarana transportasinya motor. tapi insyaAllah nanti jadi lebih ngerti, jadi klo lagi nyetir mobil trus didepan ada motor gendong bayi, bakalan mikir 1000kali klo mau klakson atau nyalip kenceng2.

    less ego, more heart

    24

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

    sidta

    iya moms, anakku sih kalo mau naik motor agak jauh, peralatan perangnya komplit banget... pake hoodie (abis casenya sama kayak moms yg lain... belom ada helm yg pas sama kepala mungilnya :p ), kacamata item kesayangan dia, celana panjang. baju dalemnya pun aku kasih yang lengan panjang sekalian. adiknya juga gitu sih...
    taaappiiii.... kalo di taro di tengah, kadang2 adiknya ga bisa diem... mau diri lah, suka ganti2 posisi lah (pegel kali ya dia) jadi kadang2 kakaknya suka kesian digempet sama adiknya...

    untungnya sih hubby udah dikasih rejeki punya kendaraan lain selain motor, tapi kadang2 tetep aja anakku maunya naik motor sama papinya... hihihihihihi :)

    kadang2 suka ngeri kalo liat di jalan, naik motor bawa anak, bawa buntelan, tapi tetep aja serasa michael schumacer.... salip2 kiri kanan.... ga mikir apa ya dia bawa istri & anaknya... :mad:

    25

    Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)


    Persiapannya :

    1. Boba is a must.
    Ga sanggup klo sm faiz tanpa boba.belum pernah pake gendongan lain selain boba klo naik motor.Berasa kurang aman aja..*parno*

    2. Pakein kaos tipis,celana panjang,sm kaos kaki.

    3. Klo jalannya mayan jauh,hood boba harus dipasang untuk melindungi kepala dr angin.

    4. Sebagai pengganti jaketnya,klo faiz dah tidur di boba kerudung ku yang lebar dan besar aku gunakan sbg tutup nya faiz *beh,ribet ya bahasanya
    Faiz ga mau pake jaket jd ya solusinya begitu heheh

    Apalagi ya..ntar ditambah deh sambil nyimak tips mamas yang lain :D

    Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?