1

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

jujur gw baru dgr sama yg namanya metode ini *tutupmuka, malu*.
taunya gara2 kemarin waktu ngeliat adek gw nerapin metode ini ke anaknya. n ternyata ada juga di nanny 911.
selama ini gw cuma ngasih pengertian aja klo alvin bikin salah. n so far sih alhamdulillah alvinnya nurut.

yang bikin gw bertanya2 apa mesti setiap kali dia berbuat salah terus langsung dikasih timeout? kok ya gw ngeliatnya jadi menghambat kreativitasnya si anak. contoh kasusnya ponakan gw itu ceritanya main air tuang dari gelas satu ke gelas lain. ya klo gw bilang sih kaya lagi main bikin es2an. menurut mamanya jangan main air. akhirnya kena timeout lah dia. seharian dia bisa kena berapa kali. n seharian itu pula dia sering nangis. klo dah kaya gini bukannya malah bikin si anak jadi keras ya?

mungkin ada mamas yg udah nyoba nerapin n bisa share ttg efektifnya metode ini? TIA :)

ps : klo dah ada topik ini, dipindah aja ya, bu mod.. nyari2 g nemu

".. addicted to my two beloved boys A.."

2

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

aveev gue pake time-out method ke anak gue sejak dia berumur 1.5thn, pokoknya pas tantrum nya mulai keluar. tapi timeoutnya hanya kalau dikasih tau berkali2 gak diturutin. jadi gak sedikit2 di time out ya. yang pasti si anak mesti tau kenapa dia di time-out. dan lamanya di time out itu juga berdasarkan umur. misalnya umur 1thn, ya 30s-1menit aja cukup. karena di umur segitu kan belom ngerti2 amat.

tapi sekarang anak gue umur 3thn, dan tantrumnya makin parah, gue malah jarang kasih time out. karena menurut gue time out itu gak selalu efektif. di umur sekarang yang lebih rebellious, justru disuruh time-out dia malah makin galak. jadi intinya time-out itu akan efektif kalo kita pun ngajak dia ngomong dan ngejelasin apa salahnya dan kenapa dia kena hukuman time out.

keseringan ngasih time-out pun sebenernya ga efektif. jadi sebaiknya benar2 dipake kalo si anak udah kelewatan banget, jadi kayak the last punishment kalo masih ga nurut juga. biasanya sih, selaen time out buat anaknya, dipake juga time out buat orang tuanya biar ga marah2. karena again, akan sangat efektif kalo pas dikasih tau ke anak, diajakin ngomong dengan baik2, dengan bahasa yang simple, gak teriak2, gak ngancem. jadi si anak juga nangkep maksud kenapa dia di time-out.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

sLesTa gw juga setuju kalo kaya gitu, ta. g tiap hal yg dia lakuin salah trus qt hukum. yg ada karena dia takut bikin salah, jadi serba takut mo ngapa2in.

iya ya.. bisa juga diterapin bwt qt-nya bwt ngeredam marah. biar g stres juga.. thanks, ta..

".. addicted to my two beloved boys A.."

4

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

sLesTa, aveev, asa udah diterapin timeout sejak 1,5 taunan juga (kira2, gak inget persisnya). tapi sebelumnya kami ngasih batesan dulu. dia juga suka banget main air. tapi selalu dibilangin, main air ada waktunya, nggak seharian basah2an, n ada tempatnya.
klo dia bener bener yg sehari sampe ganti baju berkali2 karena basah kuyup (rekornya ampe 12 kali), padahal udah kena warning, pasti kena timeout dan jadinya nangis kejer emang. tapi setelah tangisnya berhenti dia jadi lega n biasanya jadi anak baik, paling gak selama beberapa hari .. hehe. timeout membantu banget karena klo kami gak 'dipisah' bentar, kemungkinannya antara aku meledak atau 'nyerah' ngebiarin tingkah dia.

di supernanny selalu ditekankan klo timeout, kalau anaknya 'kabur' cukup dibalikin ketempatnya tanpa kita perlu banyak bicara. ini sebenarnya buat apa ya? apakah klo kita ngucapin sesuatu, sama artinya ngebiarin anak untuk 'nawar' ?

less ego, more heart

5

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

"Sidta" wrote:

di supernanny selalu ditekankan klo timeout, kalau anaknya 'kabur' cukup dibalikin ketempatnya tanpa kita perlu banyak bicara. ini sebenarnya buat apa ya? apakah klo kita ngucapin sesuatu, sama artinya ngebiarin anak untuk 'nawar' ?


sebenernya ini maksudnya that you mean business. soalnya kadang anak itu kabur2 gitu untuk ngeliat reaksi kita. kalo kita makin marah2, somehow, mereka ngerasa itu adalah perhatian kita. jadi makanya disuruh ngebalikin tapi kita diem aja, gak ngomong apa2. makin kita bereaksi, malah dianggep ngajak maen kadang2.. apalagi untuk anak2 yang masih kecil banget.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

aveev
gue dulu pakai time out kalau si anak udah bener2 gak bisa dibilangin atau tantrum, bukan setiap dia berbuat salah. mnrt gue, anak justru gak boleh takut berbuat salah, makanya jangan langsung dihukum. Jadi hukuman baru bener2 diberikan kalau dia udah kelewatan kayak kata slesta.

satu hal mnrt gue juga penting saat ngasih time out adalah, gue sepakat sama suami, siapa yg ngehukum dia juga yg akan menyudahi hukuman. maksudnya, kalau suami gue ksh time out, maka gue gak boleh nolongin alyssa. saat waktu hukuman selesai, suami jemput alyssa (dengan catatan alyssa sudah tenang dan gak tantrum lagi, kalau masih tantrum hukuman diperpanjang), terus suami akan ngomong sama dia, eye level, minta alyssa untuk minta maaf sama papa mama. biasanya alyssa langsung minta maaf sih terus berpelukan. makanya gue anggep metode ini lumayan efektif! :p

oya, mnrt teori, waktu time out adalah 1 menit untuk setiap tahun umur anak. jadi kl 2 th = 2 mnt...
kalau gue sendiri, biasanya nunggu Al selesain nangis, dia tenang, trus bbrp saat kmdn kita jemput deh.

Sekarang Al udah 7 tahun, dan keliatan banget kalau dia bete atau gundah gulana, dia akan 'mentime out' dirinya sendiri..
malah kadan dia pamit dulu mo nangis 'huhuhu aku mo nangis dulu.. huhuhu'
trus ya udah, kita biarin dia dulu, sampai tenang, abis gitu biasanya dia ngedeket lagi, peluk-pelukan trus ketawa lagi kayak gada apa2.. hihihihi

7

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

kalo buat gue, time-out session itu lebih buat gue biar gak marah2 meledak2 sih. jadi kalo anaknya lagi tantrum ya (definisi tantrum buat gue: minta/berbuat macem2 tanpa alasan yg jelas ato dengan alasan absurd) gue diemin aja ato gue tinggalin bentar di kamar. ini gue lakuin karena gue punya tendensi ngomong dgn suara tinggi atau bisa bahkan teriak kalo gue lagi emosi.

abisnya sih selalu gue samperin dan gue ajak ngomong baik2 anaknya mau apa. bener kata fanny, siapa yg ngasih time-out, dia pula yg harus ngejemput. soalnya kalo orang lain yg jemput kesannya anaknya 'ditolongin' sama orang lain dan gak akan efektif metode time-out kita.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

8

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

fanny
haha.. alyssa lucu banget siiihh.. dah tau2an men'timeout' diri sendiri. pake ngomong dulu segala lagi..

".. addicted to my two beloved boys A.."

9

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

fanny, sLesTa, SidTa.. berarti timeout udah bisa diterapkan kalo anak udah umur 1 tahun dengan 1 menit timeout ya mamas?
saya WAHM, jd seharian terus sama Almira (1y2w). ART pulang jam12 siang. nah Almira lagi dlm masa separation anxiety-nya lumayan gede. jd ditinggal ke kamar mandi sebentar aja (padahal udah pamit) nangisnya jerit2. sampe kalo pas jam sholat dia nangis2 dan ngga bisa diminta diem ato dialihkan perhatiannya, akhirnya saya tegain sholat sambil dengerin dia nangis jerit2. nah kalo kayak gitu.. berarti timeoutnya selama saya sholat dong ya Moms? ato harusnya gimana? kadang saya solat sambil gendong. tp kadang ngrasa bersalah juga karna ngga pengen jd kebiasaan.
FYI, Almira tipe bayi yg nangisnya keras minta ampun dan kadang2 lebay pake jerit2 segala.

*aduh maaf ini ngebahas separation anxiety sekaligus disambung2in sama timeout ya. moga2 ga OOT. please CMIIW*

10

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

adhya hihi itu bukan time out, tapi ngediemin si anak nangis aja.. . kalo time out itu, berarti ada spot yang dikhususkan jadi tempat dia "dihukum", namanya time out spot. kalo misalnya gue selalu naro naia di kamarnya, di dudukin di sebelah tempat tidur. tapi bisa aja misalnya milih satu pojokan. nah pada saat dia kena time out, dia mesti duduk disitu, diem gak boleh pergi dari spot itu sampe dia diem. kadang gak terima, jadinya pas kita tinggalin ikutan pergi, ya mesti dibalikin lagi. jadi dia tau kalo dia itu kena "time out".

tapi imo, kalo masih umur 1thn gitu masih susah sih nangkep konsep time out ini. malah disangka maen2 dan gak bisa ditinggal. jadi dulu gue biasanya tetep nungguin di depan time out spotnya, tapi gue diem aja. paling cuma bilang, naia diem dulu. ato ngeliatin aja dia nangis, yang penting dia ga boleh pergi dari spotnya. stelah beberapa lama, baru gue pelan2 kasih tau kenapa dia di time out.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

Untuk umur 1.5 thn itu kelakuan bandel apa yah yang boleh di time out it. Karena kaya Aizka, anaknya sangat amat iseng. Contohnya, nonton TV tuh suka deket2. Dia udah tau kita gak bolehin, dan yang ada dia malah jail. Sengaja deket, trus pas di panggil 3 kali, dia mundur. Trus balik lagi. Bisa di ulang2 terus. Nah kaya perilaku gini apakah perlu di kasih time out?

Soalnya ya skarang ini Aizka bandelnya yang model begini2 aja. Paling tantrum keluar kalo udah waktu makan, tapi itu kayanya cerita lain lagi yah...:)

12

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

mrshandsumH kalo gue sih dulu kalo cuma ngasih tau tapi ga didengerin gitu, ya gue tetep ngasih tau aja. gue hanya time out kalo dia sampe keterlaluan banget yang mengakibatkan dia nangis2 gak jelas, dan jelas2 salah tapi tetep dilakuin.

misalnya: nyoret2 tembok. dia tau itu salah, tapi tetep nyoret. dikasih tau tetep dilakuin trus kayak menentang gitu. atau kalo di umur segitu mungkin biasanya kayak mukul. tapi bukan cuma sekali, berkali2 dan setelah dikasih tau gak didengerin tapi terus dikerjain. baru deh di time out.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

13

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

hehe..kirain kalo ngediemin anak umur 1taun utk nangis stelah dikasi tau utk diem tp nggak diem tu jg bsa disebut time out.hehe.brarti spertinya time out ini lebih cocok utk toddler yg dah masuk masa rebellion mungkin ya?

14

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

adhya iya benar, menurut gue pantes nya sih justru di umur 2thn ke atas. di saat si anak emang udah bisa diajak komunikasi dengan baik. kalo masih umur 1-2thn itu, masih belom bisa berkomunikasi dengan baik, jadinya suka tantrum karena masalah dia belom bisa menyampaikan maksudnya dengan benar. jadinya malah kasian dia frustrated sendiri, kita ga ngerti, jadi tantrum.. eh malah di time out.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

15

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

aveev,
Kalo di gw metode time out ini lumayan efektif. Diberlakukan saat enzo/dante melakukan hal2 yg bahaya, merusak dan gak sopan. Mereka tuh kadang suka 'ngetest' sih. Misalnya udah dikasih tau kalo manjat2 lemari itu bahaya, tp keukeuh main terjun2an dari atas rak lemari *sigh*
Atau, teriak2 sama mama/papa. Pokonya ngelakuin sesuatu yg 'ngga banget' dan bikin gw emosi.
Biasanya gw bilang dulu dgn nada rendah & serius: enzo, berhenti. Mama kesel nih liat kakak enzo spt itu. Mama ga pengen marah2 & pukul kk enzo. Mama taruh kk enzo di ruang mesin cuci ya sampe kk enzo tenang & jd anak manis lg.
ya kira2 bgitu deh.
Biasanya enzo nurut.
Tapi krn kita sepakat u/ rutin men-time out enzo setiap dia bikin 'kenakalan' yg sama, jdnya nakalnya terminimasi :)
Malah sekarang suka ngasih tau-in dante biar gak nakal.
'dede dante tidak teriak2 sama mama ya. Ayo de, minta maaf.' :)
Kalo skrg, 'nakal'nya enzo biasanya krn dibuat2. Caper gitu, apalagi kalo lg ada papa-nya.
Kalo badan lg fit sih, punya byk energi buat 'ngasih tau'in tp kalo lg capek, time out ini ngebantu gw banget biar ga 'ikut meledak' #mamagalak

Adhya,
Kalo solat/ ke toilet biasanya gw ngasih tau dulu kalo mama mau solat/ke toilet sebentar. Dante tunggu di sini, duduk deket2 gw. Gw suruh duduk di sajadah sebelah gw. Atau suruh tunggu di dpn pintu toilet. Tar dr dalem toilet gw ajak ngobrol. Kadang nangis, tp bentar koq. Belanda masih jawuh hihi..
Kalo gw lg solat kadang dia naik2 ke punggung gw juga. Tp gpp ditungguin aja sampe dia puas. Kalo bbrp bln lalu wkt masih ringan gw solat sambil gendong, skrg berat sih, ngos2an tar solatnya :)
Kadang dia cuma tidur2an di sajadah dowang koq.

Mrshandsumh,
Haha sama.. Enzo dante jg suka nonton tv deket2, sengaja gt.
Kalo gw sih lsg gw angkat mundur aja.
Tar kalo maju lagi, gw angkat lg.
Kuat2an. Tp pasang wajah serius dan gak ngomong apa2.
Kalo gw capek, gw tanya masih mau deket2 nonton tv-nya? Mama capek nih, mama matiin aja ya, tv-nya. Klik, gw matiin tv-nya.
biasanya kl udah rese gitu anak2 gw udah pd ngantuk ato bosen, jd udah ga jelas kelakuannya. Dibawa masuk kamar dan dibacain cerita juga lsg zzz...
Ga perlu time out sih kalo gt doang.

Kalo gw ngasih time out hanya utk perilaku mrk yg bahaya, merusak & gak sopan doang. Yg bikin gw & suami kessseeelll :D
Biar kita ga teriak/mukul, dan biar anak2 ada shock therapy-nya jg. mungkin skrg mrk gak ngerti, tp setidaknya mereka terbiasa/ tau kalo yg mrk lakuin itu hal2 yg dilarang.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

16

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

okey sLesTa+eKa.. thanks penjelasannya :)

17

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

baca cerita mam disini jadi angguk2 sendiri,,,dalm hati *owww gitu,

avevmungkin dikasih liat thread ini aj buw adikmu hehe, maksudnya frekuensi time out jgn keseringan kasian anaknya juga
slestajadi inget di thread mana gitu, yg naia bisikin, janji ap "janji palsu" hahay
fannyhihihi al, drama queen bgt, "aq mau nangis dulu":P, tapi aq ngefans nih m al baca blognya, al dewasa euy
sidta12x basah kuyup :D dirimuh sabarsekali buw:D
ekakayakny anak kecil demen y ngeledek klo lagi ntn TV, klo qilla dicium ciumin tvnya, tapi metode "klik" kayaknya pas bgt deh klo dibilangin dah g mau
adhya kasih sajadah disebelahnya aj , jadi nti dia anteng maenan di sajadahnya disamping kita

qilla baru 13bl, biasanya kalo lagi makan, dilepeh2 and sembur abis itu langsung nyamber piringnya diacak-acak sengaja dan nangis g jelas, nah abis itu aq taroh dulu dikamar, pintunya separoh bisa ngintip, jejeritan si dia, tapi aq sambil ngmg, pokoknya mama g mau makannya dilepeh2in lagi and ngacak2 kayak tadi, baru mama buka, and bener biasanya abis gitu, dia nurut makan manis
*5 menit doang(dengan dia makan sendiri, selesainya tetepp lantai kotor)*tepokjidat, tapi intinya dia mau makan :D

udah bener g tuh ya metode aq gitu,

--- nyanyian qilla sebelum tidur : nyanayyuunyununana" ---

18

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

Mamaqilla, pinter banget siih umur 13 bulan di kasih time out langsung ngerti. Soalnya 2 minggu ini aizka juga lagi susah banget makannya. Masuk mulut trus langsung di lepeh2. Apa gw kasih time out juga yah, untuk ngobatin ini?

19

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

ah iya Rhan, time out juga berguna buat nenangin anak DAN ortunya hihi..
mamaqilla
embyeeer.. drama queen abis.. hehe

20

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

mrshandsumh, tapi bener juga kata slesta, namanya dibawah 2th timeoutnya kadang kena kadang engga,
lagi di TO gitu, karena aqunya ngintip pernah malah lagi nangis teriak2 langsung diem karena disangka diciluk bai'n, dia engeh ada mata nyempil pintu g rapet, malah aqunya yg kaget tau2 nih anak jogrog BAKK,:)) karna kan masih piyik y, jadi sebisa mgkin kita liat sikonnya,
atau kalo lagi ogah makan gitu, aq baeinya dengan bilang g kasih eskrim, atau a dulu nti dikasih es(upss maaf OOT dikit):D

Fannypernah baca di blogmu, ujung-ujungnya kalian berpelukan love u mama gitu,pas al ulah berantakin kalo g salah trus di TOin(duh lupa kapan bacanya*)aq jadi nyengir sendiri tuh pas baca itu

--- nyanyian qilla sebelum tidur : nyanayyuunyununana" ---

21

Topic: Seberapa efektif metode timeout?

Kalo aku, men-TO-kan fra (22 m) pas dia mukul2 mukaku pas becanda2 (gemes kali ya liat bundanya chubby)
krn aku anggap ini tindakan ga sopan, aku pegang tangannya, liat matanya sambil bilang "bunda ga suka Fra kayak gini, ini ga sopan sayang" trus aku tinggal 2 menit (krn dibawah 2 thn)
biasanya sih Fra lgsg nangis, tp tetep ga aku samperin sampe 2 menit, trus setelah itu aku ask dia untuk minta maaf, biasanya dia lgsg nyamperin aku, meluk & nepuk2 punggungku sambil bilang "oi (sorry)"
habis itu, dia ga pernah mukul2 wajahku/ayahnya/eyangnya lagi :)