1

Topic: Bayi terkilir/keseleo tolong sarannya moms

Hai moms..slama ini saya silent reader tum..saya lg kebingungan gr2 kmarin siang babyku 6m6d tangannya keseleo pas dia lg main2 d kasur.kejadiannya dia lg brusaha manjat guling trs meleng jd duduk trs badannya jatuh ke depan.posisi tangan ditindih badan. Dia nangis kejer ga brenti dan tangannya g bisa gerak. Saran ortu di bawa ke sinshe, jd kmarin langsung bawa ke 2 sinshe.krn abis dr yg pertama dia masih nangis kejer, jd cari alternatif lain.abis dr sinshe yg ke 2 lebih bisa genggam. 2 sinshe blg gpp tangannya g usah dikasi apa2 gosok minyak tawon aja 3-4 hari. Tp koq malam hari malah jd bengkak. Skrg dia memang ga nangis dan bisa bobok ,tp klo tangannya d pegang masih nangis.apa perlu di bawa ke dokter untuk foto patah tulang atau ada kemungkinan dilokasi tulang kah?
Share plz moms mungkin ada yg pernah ngalamin kejadian yg mirip..
Td udah baca spertinya blm ada yg bahas jd buka topic baru,klo salah tlg kasi tau y.
Thx before moms..

2

Topic: Bayi terkilir/keseleo tolong sarannya moms

uprit - yaaa, kasiaaaan! sebenernya sih terserah mama papanya... kalo aku, karena bengkak bakal aku bawa ke dokter buat diperiksa ulang. buat jaga2 aja, soalnya malah bengkak.

moga2 sekarang udah mendingan ya...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

3

Topic: Bayi terkilir/keseleo tolong sarannya moms

Thalia thx bgt ya sarannya..iya ada rencana mo ke dokter ntar sore tunggu suami plg kerja.aku lg liat perkembangan nih skrg.masih blm 24 jam sih dari tmpt sinshe, si uprit udah mulai bisa angkat tangannya meski jarang bgt..

4

Topic: Bayi terkilir/keseleo tolong sarannya moms

Mending difoto roentgen aja mam buat make sure. Hope for the best prepare for the worst. Kalo udah foto n ga ada apa2 kan tenang. Semoga baik2 aja yaahhh...

5

Topic: Bayi terkilir/keseleo tolong sarannya moms

Hai moms..

Mau sharing aja..babyku dah ku bawa ke dokter..trs DSA nya blg gpp ga perlu foto, cm dikasih vitamin b1 n b6 buat ototnya..

oya buat yg domisili di surabaya yg mungkin suatu saat perlu ke sinshe buat babynya, babyku kmarin kubawa ke sinshe wang di dharmahusada regency. Tny aja ama satpamnya ntar d tunjukin rumahnya. (sorry bukan promosi lho bu mod) kmarin saya kebingungan mo dibawa ke mana krn DSA langgangan saya udah pada abis jam prakteknya n babyku nangis kejer selama sejam gr2 keseleo jd cari pertolongan pertama ke sinshe.
setelah 3 hari dari keseleo tangan kiri babyku udah bisa gerak lagi meski belum berapa kuat.skrg babyku udah aktif seperti semula, dah bisa manjat bantal guling lagi. Tp kali ini aku pegangin manjat2nya biar g keseleo lagi..hehe..

Thx ya moms buat yg udah kasih saran.. (^_^)

6

Topic: Bayi terkilir/keseleo tolong sarannya moms

Sekedar berbagi pengalaman+pengetahuan karena susah sekali mencari pengalaman nyata tentang anak keseleo. Hal ini kualami satu hari yang lalu, saat dimall baby sitter pegang tangan alysia (1,7thn) dan alysia terjatuh kemudian ditariklah satu tangan sebelah kiri oleh baby sitter ku. Akibatnya alysia nangis kencang, saat itu saya dan suami tidak melihat kejadian secara langsung.Hanya mama mertua melihat kok cucunya digendong baby sitter sambil nangis teriak2x. Seketika itu, saya lari menghampiri dan suami menggendong alysia. Sesaat diam tapi tiba2x nangis dengan kencang dan diketahui selama dimobil sampai tiba dirumah kok tangan tidak gerak,jaripun tak mau menggenggam,tangan lemas, anak menangis meraung2x. Seketika itu paniklah saya sambil berurai air mata ke UGD. Kondisi saat itu sudah pukul 22.30 (saya sedang hamil 7 bulan), hanya ada dokter jaga, disuruh rontgen+diberi paracetamol lewat dubur untuk pereda nyeri.Setelah menunggu hasilnya agak kecewa, krn kok cuma bahu saja yg difoto?harusnya kan satu tangan. Dan dokter juga tidak bisa memberikan banyak komentar apapun krn disuruh kembali besok pagi ke spesialis orthopedi. Pulang jam 12.00 malam tanpa hasil.
Malam alysia sangat rewel karena satu tangan terasa nyeri dan tdk bisa digerakkan. Ditambah lagi aksi lebay ibu hamil yang ikut2xan nangis. Pedih rasanya hati ini melihat anak nya yg masih kecil mengalami seperti ini (banyak pikiran melanda, bagaimana kalau anakku sampai cacat?). Kenapa kok begini tangannya?tidak bisa gerak,setiap gerak dikit nangis.
Siang hari ke dokter orthopedi dan mengulang hasil rontgen. Tidak ditemukan adanya patah/retak tulang, puji Tuhan. Akan tetapi mengarah pada otot (kemungkinan cedera otot akibat tertarik, seperti streching). Pengobatannya: kata dokter: di diamkan saja bu... Krn saya lihat anak ibu bisa menggenggam tangannya walau lemas dan dipaksa, yg artinya tdk mengenai area bahu. Beda apabila jari tangan sangat kaku atau ada area memar,berarti bisa kemungkinan patah/retak.
Disuruh observasi saja.
1. Tidak boleh diurut (jika diurut menyebabkan luka pada jaringan otot sekitar yg menyebabkan luka semakin sulit sembuh)
2. Waktu penyembuhan alami anak 3-7 hari relatif lebih cepat drpd dewasa yang membutuhkan waktu 2 minggu.
3. Boleh diberikan salep voltaren, minyak kayu putih/minyak tawon tipis-tipis saja.
4. Hindari melakukan aktivitas yang menarik tangan anak.
5. Usahakan jari tangan anak dilatih motoriknya dengan latihan menggenggam&membuka tangan.
Dokter tidak memberikan obat apapun.
Ok saya ikuti saja persis+observasi.
Setelah selang setengah hari memang menunjukkan progess yang baik, anak mulai mengangkat tangan, dan jari mulai menggenggam erat tangan saya. Walau pun masih ada yang terasa sakit.Yang artinya memang kita harus sabar menunggu untuk memastikan penyembuhan alami berjalan dengan baik.
Selang dua jam berikutnya alysia menjadi ceria tangan yg semula tidak bisa digerakkan sama sekali, bisa bergerak sedia kala. Alangkah senang nya hati ini.
Oleh sebab itu bunda, apabila anak kecetit/keseleo memang baiknya jangan terburu2x mengambil tindakan non medis. Diusahakan setenang mungkin, jika punya salep voltaren segera oleskan pada bagian yang sakit tipis2x saja.
Lakukan langkah awal sedini mungkin seperti yang diuraikan oleh dokter orthopedi tersebut.Semoga pengalaman pribadi ini membantu bunda.