1

Topic: Otitis Media (Infeksi Telinga Tengah)

Dear Moms....
Satu bulan setelah anakku lahir (lahir 24/11/2013), telinga sebelah kanannya kalau dicium baunya nggak enak (kayak bau terasi), aku pikir karena telinganya kotor dan seperti biasanya aku nggak pernah bersihin lubang telinga tengah, hanya daun telinganya aja, karena biasanya kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya.

Tetapi saat umur 4mo, setiap bangun pagi, dilubang telinga kanannya keluar kotoran warna kuning kecoklatan dan mengering tetapi tidak berbau, aku coba bersihin aja bagian luarnya, tapi kok setiap hari...aku jadi kuatir.

Minggu lalu saat jadwal imunisasi, aku laporin ke DSA-nya, trus diperiksalah telinganya. Kata DSA, telinga kanan anakku terkena OTITIS MEDIA (infeksi telinga tengah). Di dalam rongga teliganya ada kotoran telinga yang cair dan menggenang dan kemungkinan gendang telinganya lubang. Aku jadi panik dan sedih banget...gendang telinga lubang kan artinya tuli ....

Untung DSA kasih penjelasan yang membuat hati ini sedikit adem, katanya gendang telinga yang lubangnya kecil bisa normal/menutup saat usia 1 thn. Dan untuk pengobatan OTITIS, perlu minum antibiotik (5 hari), karena aku ASIX jadi aku nggak boleh sembarangan makan (cuma boleh nasi, sayur, buah, daging, tahu, tempe), setiap hari 3x telinga harus dibersihkan pake kapas yang dipilin dan dimasukan ke lubang telinga, anaknya juga nggak boleh pilek, telinga nggak boleh kemasukan air (tidak boleh berenang, saat mandi telinga ditutup kapas, dan klo menyusu malam hrs diliat trus supaya nggak smp netes ke telinganya).

Kemarin saat kontrol, Puji Tuhan, ternyata telinga dah kering tapi ternyata ada 5 lubang kecil-kecil di gendang telinga dan semoga bisa menutup saat umurnya 1 thn, tetapi treatment untuk telinganya termasuk diet untukku masih harus dijalani sampai sembuh total (lubang menutup).

Kalau Mommy TUM yang punya pengalaman sama, please share ya Mom, terutama untuk treatment hariannya.
Thnaks.

2

Topic: Otitis Media (Infeksi Telinga Tengah)

Elisa_sby smg babynya cpt sehat n slalu d jaga ya..Jangan sampe sperti aku, telinga kananku tuli dr kecil.g tau sebabnya apa.aku jg takut babyku ngalamin hal yg sama.aku dah tny ke beberapa DSA ktnya sih ga bisa nurun ke baby.oya boleh tau lokasinya dmana? Apa di surabaya? Kalau iya DSAnya siapa mom?apa spesialis tht?soalnya aku mo periksain babyku tp ga tau dokter tht spesialis anak.sorry bknnya bantu tp malah balik nanya.

3

Topic: Otitis Media (Infeksi Telinga Tengah)

uprit aku juga di sby, DSA anakku dr. Maria Theresia di RKZ, dia sangat teliti, nggak heran klo 1 pasien bisa 10 menit bahkan lebih klo periksa, dia juga terbuka kalo kita minta saran/konsultasi. Jadi kayaknya belum perlu ke THT anak.

4

Topic: Otitis Media (Infeksi Telinga Tengah)

Elisa_sby thx infonya..
Smoga babymu selalu sehat..