1

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

Dearests,

Mohon maaf kalau ada yang sudah bikin topik yang sama ataupun serupa ya...

Intinya pengen sharing dan belajar sama para Mummys yang biasa menjadwal acara masak / belanja / mengatur menu masakan rumahan hingga bisa menghindar dari mubazir, sekaligus menghemat waktu, tenaga, dan tentunyaaaa...uang belanja! :D

2

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

sharing ya....

kalo belanja dibagi dua ada yg di beli bulanan dan ada yang di beli harian. kalo yg di beli bulanan wajib catat pada saat belanja dan sudah di perhitungkan jumlah pemakaian setiap bulanya. supaya lebih murah kita selalu belanja di gerai wholesale gitu (makin banyak makin murah gitu atau pembelian min 3)

belanja harian terkait dengan jadwal masak sehari2 nih berhubung masaknya malem jadi abis masak malam yang bisa tahan bisa sampe besok langsung catat belanja buat masak malam berikutnya. kasih uang ke ART secukupnya kemudian kasih instruksi apa aja yh harus di olah spt potong cabe, bawang, kentang dll. jadi pulang kerja tinggal sreng-sreng and cemplung2.

Jadwal masak ada juga yg setiap minggu spt ungkep ayam, tempe tahu, atau bacem bikin nuget, daging patty perkedel. dikejain hari jumat.

controlling uang belanja adalah pake sistem budget walau itu blanja harian maupun belanja bulanan.... sama biasakan ART/TK sayur langganan mencatat seluruh belanja harian....

agak ribet and detail sih tapi lama2 akan biasa

Mamonya demya
"teman hidup" papo demy
Finance & Accounting manager FUCHS Indonesia
Dimana bumi kupijak, Disitu langit kujunjung

3

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

oh my God ! ada thread nya ! alhamdulilah !

paling rempong bli sayur mayur tiap 3 hari sekali, kayaknya baru beli eh sudah habis lagi bwahahah

ga bisa distock lama keburu layu hiqs8 untuk buah, lebih stres lagi...susah dicari dan mahal *curcol*

senang banget nge stock perdagingan, lebih tahan lama hehe

Mommy bebe D & baby K
Nothing beats your smile!

4

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

Gw biasa belanja bulanan untuk bahan2 kering dan tahan lama, mingguan untuk sayur, buah dan daging2an.
Biasanya kalau mau belanja bulanan gw bikin catatan barang2 apa saja yang gak perlu dibeli. Kenapa? Karena ini lebih efektif menurut gw, pastinya di supermarket gw memasuki hampir setiap lorong. Kalau catatan yg gw bawa itu isinya barang2 yg mesti dibeli, gw suka ragu, yg ini masih ada gak ya, jgn2 lupa dicatat. Beda saat gw bawa catatan barang2 yg masih ada di rumah. Kalau gak ada di catatan ya berarti harus beli.

Belanja mingguan di pasar biasanya gw batasi pakai budget. Kalau belanja di pasar gw bikin catatan apa saja yg harus dibeli. Sepulang dari pasar gw bikin list apa saja isi kulkas (sayuran dan daging apa saja yg gw punya). Gw gak bikin menu krn suka udah bikin menu trus barangnya gak ada di pasar, bikin gw jd bete... hihi. Jadi tiap mo masak gw tinggal lihat list yg ada di kulkas, dan masak sesuai ketersediaan bahan. Dari list itu gw jg bikin prioritas, sayur berdaun duluan, sayur yg keras spt labu siam bisa tahan lbh lama.
Bumbu2 dapur biasa gw cuci bersih, trus gw potong2 dan masuk freezer. Tahan lama dan gak buang2 bumbu yg membusuk.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

5

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

kalo aku. belanja bulanan bahan kering itu jadwalnya ayah kinan:) kalo belanja harian itu tugas aku sama ART.

belabja bulanan mulai dari pembersih, pewangi, deterjen susu cair, susu kalengan, diaper, gula, garam, kecap, terigu, mentega, telur, dan yg lainnya . soalnya belanja bulanan pastio banyak dan berat jadi ayahnya kinan aja yg belanja. biasanya sih di kantong belanjaan ada kejutan kejutan kecil gitu. selain yg ada di daftar belanja. haha.. contohnya es krim gitu....:D

kalo belanja harian. itu aku yg ngurus. belanja sayuran, ikan, ayam daging ddisesuaikan sama keinginan makan apa para penghuni rumah :)
atau bahan makanan apa yg lagi murmer hehe

6

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

gabriella Bumbu2 dapur biasa gw cuci bersih, trus gw potong2 dan masuk freezer. Tahan lama dan gak buang2 bumbu yg membusuk.

bumbu yg d maksud apa ya??

7

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

klo saya belanja sayur dan lauk2an itu seminggu sekali...klo untuk yg belanja sabun,deterjen dll sebulan sekali.
klo untuk ikan ato lauk2n lah...sehabis plg dr pasar (saya kepasar hr jumat) saya bersihin trus saya potong2 sesuai selera lalu saya masukin plastik trus masuk frezer.
klo sayur sebisa mungkin saya bersihin jg (sayuran hijau) trus masukin plastik jg trus masuk kulkas bawah.
klo bumbu ky bawang merah atau bawang putih biasanya saya blender trus saya masak br deh dibagi ke wadah kecil(atau plastik) trus masuk frezer jg. untuk bumbu2 lain ky jahe,merica dll saya pake yg bubuk aja.
saya kerja dan ga punya ART maupun BS,anak cuma titip tmpt ortu jd plg masak yg simpel2 aja atau klo ga smpt masak ya beli..
klo masak jdwlny gini, istirahat siang saya plg kerumah ngeluarin ikan/daging di frezer sm bumbunya,trus sayurnya saya siapin (ptg2). sore plg kerja ikan kan udh ga beku lagi,,jd tinggal dimasak aja lg...
abis t br deh jemput anak...
anak saya tidur sekitar jam 7 atau 7.30 mlm..jd setelah dia tidur br saya dan suami makan.heeee

8

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

selly_03 semua bumbu dapur: jahe, laos, kunyit, dll juga serai, daun jeruk, salam, dll... belajar dari salah satu thread d tum jg kog.

Satu tips lg, krn gw d rmh cm bertiga, jd sekali masak sedikit, padahal kl bikin bumbu kan d resep biasanya u 1 kg ayam misalnya. Gw tetap bikin sesuai resep, pas mo masak setengah bumbunya gw simpan freezer u kl masak berikutnya.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

9

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

sama kaya mama nizam, aku belanja kebutuhan rumah biasanya sebulan atau 2 bulan sekali sekaligus di supermarket. menurutku beli kebutuhan kaya detergen, sabun, dll bisa sekaligus banyak, kan ga ada masa expired.

paling yang harus agak sering bikin bolak balik seminggu sekali adalah beli susu uht, roti sama buah, nah ini belinya macam di total gt, karena praktis tokonya kecil, sekali puteran dapet, kalo ke supermarket capek jalannya.. :D

kalo belanja bahan masaknya mingguan, tiap sabtu biasanya. untuk belanja bahan masak ini, biasanya aku udah bikin list menu untuk seminggu, jadi tinggal beli bahan yang dibutuhin sesuai menu. kalo nanti ada yang kurang2 pas mau masak, bisa beli di tukang sayur keliling. sayur disiangi, masuk plastik ke kulkas bawah. daging, ayam, atau ikan dibersihin atau sekalian diungkep lalu masuk wadah.

tapi tetep bikin jadwal libur masak sekali-kali (biasanya wiken), supaya ada selingan libur buat mba ART, sambil ngabisin makanan yang belum abis.

a happy wife & mom always defines me best! :)
@mamaaltair

10

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

oya dengan metode terjadwal gitu, udah tergambar banget tu abisnya uang belanja berapa. buat belanja bulanan udah keliatan abisnya berapa, mingguan abis berapa, sama tambahan kalo ada belanja2 dikit di tukang sayur sama refil galon aqua dan gas. setelah diliat rinciannya, ternyata belanja buah tu lumayan juga ya, tapi itung2 untuk investasi hidup sehat :D

a happy wife & mom always defines me best! :)
@mamaaltair

11

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

banget kayaknya dibandingin makanan ringan dan minuman
belanja buah paling tinggi deh. secaranya kinan suka banget buah.

selama ramadan ini buah semangka udah berapa belas kilo deh habis. biasanya beli semangka mungil. ukuran sekilon and itu bisa ludes 1/3 kilo di maemin kinan. and 1/3 x buat es buah berbuka. 1/3 buat sahur. jadi kira kira ya sekiloan sehari.

12

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

wah mom jessti kalo dijadwal gitu akunya yg sering kagok deh . habis sering tidak sesuai rencana. and malah buet jadi sebel. hihi. soalnya di rumah ymtuk ayam 1 kg bisa jadi macem2. dapet kaldunya di stock. sayap buat sup. dada +paha diungkep. punggung jadi soto. kulitnya di goreng kering jadiin sambel. ayam ungkepan bisa di goreng bisa di bakar. hehe. jadi kadang kadang 2 hari menunya ayam. cuma rasanya beda beda. haha :D

13

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

Ikutan sharing aahh kayaknya seru deh thread ini :) Kalo aq belanja keperluan rumah itu bulanan termasuk beli susu, pampers, dll. Jadi udh diperhitungkan sebulan kira2 habisnya brp. Kalo bahan makanan masih bisa seminggu 2x gt.

Dulu aq sempat juga punya daftar menu makanan selama seminggu, jadi tiap sabtu pagi ke pasar beli stok makanan utk seminggu ke depan... rempongg ya booo :D Tapi skr semenjak udah ada anak 2 + kerja juga jadi jarang masak, palingan weekend ajha. Jadi seringan beli makanan jadi trus diangetin gt. Jadi pagi cuma masak utk anak2 ajha, sisanya ya angetin makanan yg udah jadi itu.

Pengen sih bisa masak lagi tiap weekdays cuma waktu yg ga bisa, blm bisa max memanage waktu dgn baik hehee... Soalnya aq sblm ngantor harus rapiin anak2 dulu, walopun ada pengasuhnya tapi koq ga enak yah ninggalin mereka kalo blm pd rapi hehehe.....

14

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

ashwindhiwa
saya jg sering kok beli yg jadi,heee..
saya sih beli stok makanan klo saya sempet masak aja..atau klo lg ga bisa keluar rmh (bisa ujan seharian atau panas bgt jd mles keluar)

ya seminggu itu kira2 separony masak separo beli,,,heheeee

15

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

mamah_nizam
wahhh ternyata ada temen juga nih hehee... Iya pdahal msh pengen masak2, tapi koq ya sll kekurangan waktu, sll kejar2an gtu... hadehhh....

Gak papa deh, yg pnting utk anak2 msh homemade kita sndiri hehe...

16

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

aku parno kalo beli masakan jadi. :( soalnya dirumah sebisa mungkin gak pake bumbu penyedap. lumayan gak percaya sama produk produk penyedap. maupun kaldu . soalnya aku pernah baca majalah tua. duluu pas masih kecil gitu . lupa majalah apa. udah rusak tu majalah. tapi artikel soal penyedapnya masuk bgt kekepala. makanya jadi gimana gitu. diiklan katanya sedikikit aja yg masuk eh. hampir sebungkus gitu masuknya. gimana coba?

jadi sebisa mungkin masak sendiri atau Art yg masak.

pokoknya enak gak enak. gosong atau nggak. masakan sendiri deh. hihi...
secaranya aku masuk dapur dan dunia perdapuran itu setelah menikah jadi masih newbiee bgt. selama ini pas masih lajang aku masaknya cuma seafood aja. rebus rebus. panggang panggang selesai.

17

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

Halo mama semua.. samaaa banget.. saban pagi sebelum ke kantor saya sama embaknya sama-sama bingung, mau masak apa yaaa hari ini..
saya tiap ke toku buku, selalu koleksi segala macem buku-buku menu untuk sebulanan atau setahunan atau kitab-kitab masakan yang setebel kamus, tapi prakteknya susah..
cuma emang bener banget, kl bikin menu itu lebih terarah, terkontrol dan irit belanjanya. ada sih waktu-waktu tertentu dimana saya rajin bikin menu seminggu, baik buat anak2 saya ataupun buat yg para dewasa.
Memang ya, mikirnya lamaaaa banget bikin menu ini, dan kadang2 pun ga dilaksanakan dgn seksama, ya karena bahan ga ada lah, atau lagi maunya makan ini, apalagi punya anak balita yang udah bisa milih makan apa dan minta ganti lauk saban makan.. repooooot, tapi apapun lah yang penting bergizi dan dia mau makan :)
Ini ya saya coba share salah satu menu mingguan yang pernah saya buat, emang tampak repot dan riweuh, secara banyak masakan yang berbeda karena perbedaan umur :)


Senin
Sayur asem + balado tongkol + bakwan jagung
Nasi tim ayam jagung, pisang + apel kukus (Farza = 9bln)
Sup jagung udang + ayam goreng + tempe goreng (Ina = 24bln)

Selasa
Sayur bening bayam + orek tempe kecap + cumi digoreng tepung
Nasi tim toma ikan mujaer, pepaya + perasan jeruk
Sayur bening bayam + telur dadar keju + udang goreng tepung

Rabu
Soto ayam sederhana (pake soun, toge dan kol) + tempe goreng tepung + ayam goreng (kalau menu ini, Ina suka banget, jadi sekalian buat dia juga)
Nasi tim kaldu ayam brokoli mujaer keju, pir kukus

Kamis
Capcay (wortel, sawi hijau, bakso, telur puyuh) + filet ayam di masak kecap cabe ijo
Nasi tim ati ayam wortel kuah kaldu, alpukat susu
Sup wortel telur puyuh + udang goreng tepung + nugget ayam (bikinan sendiri)

Jumat
Urap (kacang panjang, toge, wortel, kangkung) + kering tempe manis pedas (yg dicampur teri dan kacang) + pepes tahu daging (yg pake santan dan daun salam)
nasi tim labu (kuning) daging cincang kuah tomat, apel kukus
sup bakso daging cincang (bikin sendiri) + tempe goreng

Nah kl sabtu minggu, free style deh saya, kadang masak, kadang engga, pokoknya yang penting menu anak-anak sih.. biasanya sabtu minggu saya selalu masak sendiri. Hari biasa kadang cuma sempat masakin buat anak-anak pagi-pagi banget pas masih pada tidur.

Semoga sedikit bermanfaat buat para mama sekalian. Ini ada tips nya loh sebenarnya, supaya praktis dan cepat, ntar ya menyusul :)

-ibu'e inafarza-

18

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

mama arinta makasih banget contohnya. pengen dicontek ah. ditunggu tips selanjutnya.

You complete me...

19

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

wowo resepnya arinta . mantep. jadi di meja ada 9 macem makanan?
24 bulan bukannya udah table foood?

20

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

Dear all,

aku anggota baru, dan baru juga merid...
udah berapa bulan ini selalu pusing memikirkan,"gw harus masak apa ya malam ini, yang simple dan bahannya ada dirumah" atau yang gampang didapat...cause pulang kantor jam setengah lima dan sampai di Rumah setelah bermacet-macet ria jam setengah 6 atau 6 sore,,badan cape tapi harus masak pula..no pembantu..waduhhh...
please kalau ada saran buat saya,,,

21

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

pake cara masak paketan aja. ada di blog nya otty.
jadi masak untuk seminggu terus di freeze atau di deep freeze.

and masaknya pas weekend. atau bisa juga coba pesen catering. atau kalo aku pake slow cooker. jadi buat yg simpel simpel. semur. rendang. sop pake itu pagi pagi masukin. sore sore udah bisa di nikmatin . hehe

sori gak membantu...

22

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

mom bisa bantu resep sayuran tanpa di tumis?
soalnya dah mentok di lodeh. bening. asem. capcay.

bantuin dong. soalnya suami ogah makan tumisan.

23

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

hary
Masukan ide buat sayur non tumis
- gado2, pecel, asinan
- urap sayuran
- aneka salad
- lodeh buncis+tahu
- sayur labu siam kuah santan
- sayur menir (mirip sayur bening, tapi pake kangkung + labu siam)
- aneka sop (sop kacang merah, sop ayam thailand, sop tom yam, sop ayam wortel jamur, dll)
- sayur oyong + telur (makannya pake misoa)
- sayur cabe (buncis + cabe hijau + kuah santan plus kecap manis)
- sayur nangka kuah santan (campurin sama ayam, tahu, telor ayam rebus; jadi deh sayur persatuan hihihi)

Link kumpulan resep sayuran aku PM aja ya :)

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

24

Topic: Scheduled Cooking & Grocery Shopping

winda.reds thank ya :)

aku cobain masukin ke jadwal masak hehe :)