1

Topic: Hamil dan melahirkan normal bagi ibu penderita HNP

Mom, saya mau nanya ada atau engga ya disini yang menderita HNP (Hernia Nucleus Pulposus)? Sebelumnya untuk yang belum tahu HNP ini adalah penyakit yang sering dikenal dengan nyeri tulang belakang. saya sudah kena HNP sejak tahun 2000. sakitnya hilang timbul beberapa kali. tapi sejak berat badan turun sudah jarang sekali kambuh. terlama saya pernah anfal selama 2 minggu dan hanya berbaring di rumah sakit selama itu. saya tidak pernah operasi hanya fisioterapi saja.

yang jadi pertanyaan saya, aman atau enggak ya minum obat penghilang nyeri seperti natrium diklofenak saat nyeri kambuh. kalau dokter sih pasti nyaranin minum saja, tapi jika mereda dihentikan.

yang kedua, waktu saya melahirkan anak pertama saat bukaan 6, HNP saya kambuh, dan akhirnya dioperasi karena dokter khawatir bantalan tulang lepas saat mengejan.

sekarang saya sedang hamil 8 minggu anak kedua, dan HNP sempat kambuh karena saya terlalu capek saat itu, karena sangat sulit bergerak akhirnya saya minum natrium diklofenak dan langsung membaik. so far aman saja. saat konsul ke obgyn katanya saya bisa saja melahirkan normal untuk anak kedua ini, karena bobot saya sudah jauh turun dibanding saat melahirkan anak pertama. ada yang punya pengalaman melahirkan normal dengan HNP gak ya?

dan saat hamil anak pertama saya sama sekali tidak ada keluhan HNP kecuali saat akan melahirkan seperti yg saya ceritakan sebelumnya. Mungkin karena saat itu perut saya tidak terlalu membesar, saya hanya naik 6kg, tapi kehamilan ini baru 8minggu tapi perut saya sudah cukup besar. saya khawatir akan kambuh-kambuh lagi.

mohon infonya ya mom... TIA

Mama Mod..monggo dipindah thread ini ya kalau sudah ada..tadi cari-cari sepertinya belum ada

a mom with one daughter.snail runner.blog writer.a wife. http://lailaubais.blogspot.com/

2

Topic: Hamil dan melahirkan normal bagi ibu penderita HNP

kayaknya harus segera periksa ke dokter kandungan dan dokter spesialis sebelum masa melahirkannya semakin dekat mom.

3

Topic: Hamil dan melahirkan normal bagi ibu penderita HNP

waah, sepi ya di thread ini.. padahal pengen liat sharenya temen2.. kebetulan sy ad riwayat hnp. baru saja membaik, dan langsung dikasih hamil ;) sy juga belum pernah operasi, tp sempet fisioterapi lumayan lama.

kebayang pas hamil besar ntr. apalagi selama hamil sy punya prinsip mencoba menghindari obat2an. ini hamil ke 2 sy. sy kena hnp baru2 ini, jd memang ga pernah tau klo riwayat hnp dpt hamil. obat2an pereda nyeri hnp yg sy konsumsi dl bikin asam lambung sy jd lebih parah. jd drpada nambah penyakit, sy lebih bertahan dengan baring ganjel atau kompres buli2 air hangat.

selama hamil perlu ga ya pake korset hamil. karena saat menderita hnp kemaren, sy pake korset lumbal khusus sakit hnp cukup membantu mengurangi rasa nyeri.

perlukah sy beritahu dokter kandungan riwayat hnp saya? atau jika setelah merasa sakit baru ditanyakan?

jadi bingung jg nih...

i love family, book, and everything is beautiful :)

Topic: Hamil dan melahirkan normal bagi ibu penderita HNP

duuuhhh jadi pengen tahu juga komenant yang sudah pernah ngalamin, soalnya saya sudah 4-5 tahun kena hnp, 1 tahun kebelakang saya teraphi dan alhamdulillah sudah tidak terasa sakit, tapi sekarang saya sedang hamil 5 Bulan dan kemudian nyerinya terasa lagi, saya mau lanjut teraphi tapi ada kekhawatiran soalnya teraphi listrik, takut kenapa2 ke bayi yang ada dalam kandungan saya.

5

Topic: Hamil dan melahirkan normal bagi ibu penderita HNP

Halo moms, soal minum obat-obatan saat hamil mending langsung konsultasi ke dokternya ya. Soalnya kan rawan banget, daripada pengaruh ke janinnya. 

6

Topic: Hamil dan melahirkan normal bagi ibu penderita HNP

saya juga mengalaminya mbak , mgkn ini yg namanya hnp jg . rasanya nyeri tulang belakang , saat ini saya hamil anak kedua . usia sy skrg 30 th  kehamilan saya yg pertama jg mengalami nyeri tulang belakang dan tulang ekor . tidak bisa jalan saat memasuki usia kehamilan 7 bulan . saya harus memakai kruk untuk berjalan .  saya ada riwayat kecelakaan , jatuhnya duduk tp saat itu tidak apa2 ,kecelakaan saat usia 14 th . kehamilan pertama saya lahir sesar, Berat saya naik 16 kg , sy melahirkan bayi 2.900 gram . alhamdulillah sehat smua setelah nifas 40 hari . 

tp skrg kehamilan kedua baru masuk usia 5 bulan , rasanya sudah tidak karuan lg nyeri saat jalan , rasanya panggul mau lepas . keadaan ini semakin memburuk ketika saya full aktivitas dalam seharian . apalagi kalau pas ngajar dikampus seharian , naik tangga lantai 4 . remuk dan ngos2an rasanya. jadi ya memang utk mengurangi nyeri hnp itu ya harus rebahan , bed rest , ga ngapa2in , gaboleh banyak aktifitas. doakan saya besok mei 2020 melahirkan dengan lancar dan sehat smuanya . semoga rasa nyeri dan sakit ini akan tergantikan dengan kelahiran anak yg sholeh / sholehah . 

7

Topic: Hamil dan melahirkan normal bagi ibu penderita HNP

Assalamu'alaikum
Halloo mama-mama ✨
Mau sharing dikit nih soal HNP ya
Sy kebetulan pernah jatuh dr tangga dg posisi duduk di thn 2014, dan lgsg di bawa ke RS krn gk bs jalan. Ternyata di diagnosa HNP.
Singkat cerita, skrg sy hamil anak kedua, hr ini 35minggu. HNP semakin buruk seperti biasa :')
Sering baal kaki kanan, apalagi kesemutan + panas2 gitu, udh jadi makanan sehari2 :')
Krn emang bener2 pengen ngurangin obat2an bgt selama hamil, jd yaa gitu cm bedrest, ganjel2 bantal cari posisi yg enak dan kompres air anget. Tp itu gak banyak membantu :'))
Akhirnya kmren sy masuk RS, krn dokter saraf dari hamil anak pertama udh bilang, kalo sampai sy hamil gak boleh ditunggu sampe atterm, jd anak pertama sy lahir di minggu ke 35 lebih 4hr, dg BB cm 2208 :')
Dan anak kedua pun ini spt nya akan sama, akan maju jg. Masih pantau2 bb janin. Mohon doanya yaa mama-mama yang baik hati. Semoga bb janin nya sudah naik, dan bisa lahir tanpa ada drama BBLR :') krn ngurus bayi prematur dg BBLR sendiri tanpa nanny no helper itu berrrraaaat :')