1

Topic: Cry Baby

dulu waktu gue masih belom punya anak, suka sebel gitu kalo ngeliat ada anak kecil nangis2, trus ama ibunya didiemin aja.

tapi setelah gue punya anak, gue justru jadi si ibu itu. yang masih bisa dengan muka lempeng dan nyantai2 aja waktu si anak nangis. kenapa? karena gue tau nangis anak itu adalah cara dia untuk minta perhatian bapak ibunya. dan kadang dijadiin senjata untuk supaya kemauannya diturutin. dan setelah ada Naia gue jadi ngerti banget deh.

kalo Naia nangis (even wktu dia masih baby), gue ga bakal langsung angkat. justru gue biarin sampe dia diem, baru gue angkat. pas dia udah mulai gede, gue bakal nyuruh dia diem dan kadang dengan muka lempeng, kayak ga dengerin dia nangis. akhirnya emang naia tumbuh sebagai anak yang jarang banget nangis. dan kalo ada kemauannya yang ga diturutin, kita bisa ngalihin perhatiannya supaya gak nangis2.

even pas kalo dia maen dan jatoh, gue bisa tetep dengan muka lempeng aja ngeliatin dia. walopun hati gue deg2an. kaena kalo kita malah langsung loncat, Naia malah kaget dan nangis beneran.. kadang nangis lebay minta perhatian aja. jadi biasanya kalo dia jatoh, kita semua diem aja.. trus bilang.. "ayoo bangun lagii.. " dan Naia biasanya bangun dan ga pake nangis. unless kalo jatohnya di kepala, ini sih pasti langsung ditanggapi.

share dong pengalaman mamas & papas ttg anak yang suka nangis. gimana treatment nya dan apakah si anak jadi menggunakan tangisan untuk meminta sesuatu?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Cry Baby

Wah mba... Sama banget... dulu gw juga suka sebel kalo liat Ibu yang cuek aja kalo anaknya nangis.

Skarang, walau masih baruuu banget.. Gw d mulai bisa bedain mana nangis Kana yang memang nangis manja dan mana yang nangis karena memang dia perlu susu, ganti popok, dll..

Jadi kalo dia nangis manja cari perhatian gitu biasanya gw diemin aja. Cuma masalahnya, kalo pergi ke rumah neneknya, dia nangis g nangis slalu digendong. Sampai tidurpun digendong terus. Akibatnya setelah nginep disana 1 minggu lebih dan rutin ketemu sama neneknya tiap weekend, skarang dia jadi nangis terus kalo g digendong.. Ditaro sebentar langsung nangis. Nah skarang jadinya kalo dia nangisnya nangis manja gw diemin aja..

Rasanya gak tega banget ngeliat dia nangis terus gitu.. Tapi gw mau Kana bisa tumbuh besar jarang nangis dan g manja. Jadi mau gak mau harus melewati tahap ini. So far baru mau 1 minggu Kana kalo nangis manja aku diemin. Pelan2 mulai berkurang nangisnya. Insyaallah bisa berhasil..

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

3

Topic: Cry Baby

hi Slesta,
share aja ya.

waktu bayi: ngga nunggu sampe berenti, biasanya gue akan langsung cek dan gendong. mungkin pipis atau mau main atau lapar.. jadi langsung gue perhatiin. alasannya ya karena Raka belum bisa ngomong, IMO menangisnya adalah cara komunikasi aja.

udah gede gini: kalau dia nangis bukan gue gendong sih. tapi gue tanya kenapa. apakah sakit, sedih, takut atau apa? mungkin karena laki, ambang rasa sakitnya lebih tinggi, jadi kalo jatoh jarang nangis.

tapi Raka udah ngerti bahwa kalau dia nangis, dia akan dapat perhatian dari ortunya. biasanya gue bisa tau sih yang mana nangis manipulatif atau yang beneran sakit/ sedih/ takut. Nangis manipulatif biasanya karena gue larang sesuatu, atau gue ngomong keras --> maksudnya supaya gue melunak kali ya? padahal sih ngga.. lempeng aja. Skrg karena tau mamahnya kalo bilang 'no' ya 'no', dia jadi ngga menggunakan tangisan untuk memaksa.

kalau di tempat umum Raka jarang nangis sih jadi ngga pernah juga ngadepin dia nangis di depan umum. Raka itu paling sering nangis di rumah, sebelum tidur malam.

And thelilsolder is back. Fire!

4

Topic: Cry Baby

rachanlie ah iya, emang grandparents itu suka 'merusak' ajaran kita deh. sama lah, bokap nyokap gue juga suka gitu. naia di stroller enak2.. trus pengen sesuatu, sambil nunjuk2.. langsung dibuka dan diturunin. lagi makan juga gitu. gemes banget deh!

inga oiya kalo baby itu maksudnya udah di atas 6 bulan sih. dan yang gue tunggu sampe dia diem itu biasanya kalo gue tau dia ga mungkin karena pipis ato pup. tapi emang pengen minta diangkat aja. biasanya nih kejadiannya kalo dia gue taro di crib nya, trus minta diangkat supaya ditaro di tempat tidur gue aja. hehe..

sekarang pun kalo naia nangis ditanya kenapa, kadang dia bisa jawab kadang enggak. dan guess what, mostly jawaban dia adalah.. "mimiiikk.. " ketauan deh emang manja aja. heheh..

alesan gue bikin thread ini juga karena minggu ini minggu pertama gue taro naia di daycare. dan tiap gue ninggalin dia untuk pergi ke kantor (gak ditungguin yah), ama gurunya emang dibilang supaya gue mesti lepas naia, biar bisa bond ama gurunya. dan itu naia pasti nangis2 tereak2. kayaknya she cried the most during this week than in her entire life deh. kasian banget, ga tega dengernya.. tapi gue ya tetep dengan muka lempeng dan dadah2an aja. walopun dia brontak nangis2 gak mau ditinggal.

menurut gurunya sih ini part of separation anxiety, tapi mesti dibiasain, soalnya dia juga di stage mesti tau kalo ditinggalin ama mama sekolah, ada guru yang dia bisa percaya, dan mama akan balik lagi. at this age, she thinks that when mama's gone, mama will never be back. makanya takut banget!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Cry Baby

Shinta

sama *toss*

kalau gue yakin neng al gpp dan 'cuma nangis' doang, gue juga cuekin. Jadi lama2 dia belajar untuk dapet perhatian dengan bersikap manis, bukan dengan tangisan.
seandainya tangisannya menjurus ke tantrum, gue biasanya tanya 'kamu kenapa? kamu marah?' trus biasanya gue taruh dia di pojokan sampai dia tenang.
akhirnya sampai sekarang kalau neng al lagi bete dia udah tau sendiri dan langsung misahin diri dari kita.
malah kadang dia pake acara pamitan dulu. 'aku.. huhuhu.. mau nangis dulu yah.. huhuhu'
kalau udah puas dia balik lagi ceria kayak gak ada apa2. kalau kita tanya, tadi kenape bete? mostly dia juga lupa.. hihihi... such a drama queen (yeah yeah, like mother like daughter) :)

6

Topic: Cry Baby

@fanny lucu banget ya neng al pake pamitan dulu heheheh

kalo gw merhatiin akhir2 ini akasyah cengeng banget, dikit2 nangis - tapi terutama klo bukan ama gw sih.
pas gw perhatiin, karena gw serumah dgn inlaws, kakeknya tuh kan suka gemes dan suka ngisengin dia, baik itu cubit2 pelan atau
ganggu2 dikit - nah si akang udah keliatan mukanya ga mau diusilin, tapi kakeknya suka ga ngeh sampe ahirnya akang rewel2 nangis nangis
.. rudet klo kt orang sunda sih hehe *roaming*
nah yg gw bingung, klo udah nangis aja, kakek neneknya pada negur - ga boleh cengeng dong dsb dsb
padahal pemicunya juga karena dia ga mau diusilin
haduuuhh suka jadi gemes deh

My little xerox's is waiting home for me

7

Topic: Cry Baby

fanny wrote:
Shinta

sama *toss*

kalau gue yakin neng al gpp dan 'cuma nangis' doang, gue juga cuekin. Jadi lama2 dia belajar untuk dapet perhatian dengan bersikap manis, bukan dengan tangisan.
seandainya tangisannya menjurus ke tantrum, gue biasanya tanya 'kamu kenapa? kamu marah?' trus biasanya gue taruh dia di pojokan sampai dia tenang.
akhirnya sampai sekarang kalau neng al lagi bete dia udah tau sendiri dan langsung misahin diri dari kita.
malah kadang dia pake acara pamitan dulu. 'aku.. huhuhu.. mau nangis dulu yah.. huhuhu'
kalau udah puas dia balik lagi ceria kayak gak ada apa2. kalau kita tanya, tadi kenape bete? mostly dia juga lupa.. hihihi... such a drama queen (yeah yeah, like mother like daughter) :)


Fan, TFS. I sld totally try this with Aldebaran.

Before I have kids I have 2 parenting theories.
I have 2 kids now. And I have no theory.

8

Topic: Cry Baby

Toss sama inga
Wkt rasya masih kecil...setiap nangis aku lgs perhatiin dia kenapa..
Cek apa yg buat dia ga nyaman..kl emang ga ada apa2 dan rasya msh nangis
biasanya aku gendong2 utk nenangin..

Pas rasya udah agak gedean, kl nangis2 ga jelas kutanya abang kenapa
Kl ga jelas biasanya dicuekin aja..
Skrg akhirnya udah bisa ngebaca arti tangisannya..
Kl nangis krn jatuh...brarti emang sakit bgt..
Itu pun dengan metode "Sinii bun tiup yaa" atau malah rasya yg minta "Bun akit, tiup bunda"
Biasanya stlh ditiup lgs ceria lagi..

Selebihnya hampir ga pernah dia nangis..kecuali kl laper sama ngantuk
Skrg malah dah bisa ngomong kl laper atau ngantuk..
"Bun abang laper (sambil gosok2 perut)"
atau "Nguap2 nih..abang ngantuuk"..

slesta
Nah pas kmrn trial sekolah, rasya sempet nangis juga tuh kyk naia.
Cuma dicuekin sama ayah nya (yg nganter ayah nya)
Akhirnya malah anteng main sama temen2 nya.
Lgpl dia sempet liat kl ayahnya nungguin dia di luar kelas
Tp itu br trial sekali..
Sekolahnya br mulai bulan juli..jd msh agak deg2an juga kl rasya sampe nangis jejeritan..

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

9

Topic: Cry Baby

dulu pas masih bayi kalo Reena nangis juga langsung saya angkat, sekarang kalo nangis trus mukul-mukul gitu sama menghempas-hempaskan badan, padahal udah langsung saya gendong :(
pernah sekali pas nangis saya taroh dipojok, eh malah ngejar saya, jadinya saya gendong lagi deh. bener gak sih cara saya?

10

Topic: Cry Baby

ysee alhamdulillah sih sekarang naia udah happy kalo ke sekolah. malah dia yang semangat pagi2 kalo mau ke sekolah. di mobil dia yang nyanyi2 gitu trus pas sampe sekolah langsung lari sambil loncat2 pengen masuk. dan karena udah disapih juga, udah makin berkurang manjanya. tapi sekarang malah suka teriak2 dia.. nangis juga masih tetep jarang (kecuali kalo malem2 bangun trus ga ada sapa2 di sekitarnya.. soalnya lagi dibiasain tidur sendiri nih)

dini reena sekarang udah umur berapa? kalo udah gede gitu, imo, jangan langsung diangkat kalo nangis. in my experience yang masih cemen gini sih, kayaknya lebih bagusan ditanyain aja. kenapa nangis? apa ada yang sakit? kalo udah bisa ngomong ya. kalo belom bisa ngomong ya disamperin tapi ga usah digendong. tetep ditanya, walopun ga bisa jawab. yang penting biar dia tau, kalo mau minta gendong tinggal bilang, gak perlu pake nangis2 dan penuh drama.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: Cry Baby

udah 2 tahun, ngomong udah lancar, kayaknya karena saya gak konsekuen juga sih, jadinya dia pikir nangis aja ah, ntar pasti disamperin mama..
jadi emang harus ditega2in ya?

12

Topic: Cry Baby

sLesTa share yaaa...

sama anakku pas baru lahir sampe umur 2 bulan sering banget nangis kadang2 tanpa alasan yang jelas awalnya si selalu diperhatiin, tapi lama lama kita biasain untuk ngebiarin dy nangis sampe berenti.

Dan sama emang yaa neneknya (masih tinggal sama mama soalnya) yang ntar heboh nyamperin terus bilang aduh kenapa,, bla bla bla dan berakhir di gendongan tapi lama lama neneknya ngerti jg kalo ghiffari ga usah digendong terus.

Jadi sekarang ghiffari lebih prefer maen di bouncernya dibanding di gendong, Kalo ngantuk pun kadang tidur sendiri tapi yaa masih suka lah digendong dulu atau ga ghiffari prefer nenen.

13

Topic: Cry Baby

moms minta saran ya :) baby ku kenzie hari ini tepat 8bln, klo ngantuk dan mau tidur kadang suka nangis keras banget di gendong nangis di taruh nangis kadang aku sampai bingung dan nggak tau harus berbuat apa, jadinya skr klo dia mau tdr nangis aku taruh aja ditempat tdr aku kasih guling kesayanganya sambil nangis aku biarain aja sambil aku nyanyi2 dan berhasil.
nah sekarang ada lagi dia klo dia ajak kumpul2 ato ke temuan ama teman lain di mall atao pergi kerumah teman trus di kudang , sering nangis aku ampe heran gimana nih caranya biar dia bisa ber sosialisasi dan tidak takut
ama orang, herannya klo dilingkungan rumah dia nggak nagis, dan yang paranh dia klo nagis pasti sampai muntah, oya padahan hampir tiap weeken aku ajak keluar ke mall ato ke rmh teman,

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

14

Topic: Cry Baby

tari quennell wrote:
,

Mom, senasib sama saya. Dulu kembar saya KIRA-KARA juga suka nangis kalo ngantuk. karena ribet menghadapi 2 anak yg tantrum sekaligus, akhirnya tiap menjelang tidur, sblm mereka ngantuk, sudah saya ajak naik ke tempat tidur, main diatas tempat tidur, membaca, cerita, menyanyi yg membuat mereka comfort diatas tempat tidur. Kalau sudah mulai menunjukkan tanda-tanda ngantuk, garuk2 telinga, ngucek2 mata, garuk2 kepala, saya kasih susu. selesai minum saya kasih guling sambil saya dendangin pelan (tanpa tepuk2 punggung, krn ribet nepuk 2 anak. hehe), sampe ketiduran. Awalnya butuh waktu lama sampe mereka benar2 tertidur, 30mnt'an baru tidur. lama2 gak sampe capek nyanyi, begitu peluk guling sudah langsung tidur. hehe... hanya butuh rutinitas dan konsekuen.

Kalo ketemu orang langsung nangis, saya juga mengalami dulu. terutama baby KARA begitu lihat orang yg dia tdk pernah temui langsung nangis kejer. Saya membiasakannya dengan, awal ketemu saya perkenalkan "ini teman bunda/ini teman ayah/ini pakdhe/ini siapa.." lalu salim cium tangan. Kalo sama yg usia sebaya atau anak2 ya cukup jabat tangan. Lalu saya ajari berkomunikasi sambil saya gendong "apa kabar pak dhe?/ drmn tadi tante?" dengan bahasanya. lawan bicara tentu akan menjawab sambil lihat anak kita, seolah memang sedang bicara dengan anak kita. Saya hanya ingin memperkenalkan bahwa berkomunikasi dengan orang yg sudah dikenalkan ke dia itu aman. Jadi sekarang kalo ada orang baru dia gak langsung nangis kejer.
Tapi masih suka nangis kejer kalo tiba2 saya ajak jalan ke hypermarket belanja bulanan dan tiba2 ditowel orang yg gemes liat anak kembar. pasti langsung nangis karena kaget. hahaha...

Kalo ada yg punya pengalaman lebih jitu tentang mengajarkan bersosialisasi saya pasti senang. ribet kalo si kembar nangis kejer. hihihihi...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

15

Topic: Cry Baby

Fofo dari bayi emang udah suka nangis yang sampe heboh gitu,sempet berhenti umur 1th an,nah pas mau 2th tuh mulai lagi rewel nya,dikit2 nangis ngga jelas,ditanya kenapa malah jerit2 padahal udah lumayan ngomongnya. Pernah pas nakalin adeknya dia aku suruh minta maaf ngga mau aku tegasin dia nangis terys aku taruh di pojokan balik ngikutin aku taruh balik lagi gitu terus selama 15menit sambil nangis2. Ngga lama pengasuhnya dateng langsung nge gendong fofo aja gitu padahal aku udah bilang biar aja. Emang si fofo ini kalo sama mbak nya manja nya kelewatan,karna apa2 diturutin,kayak kalo sama aku tidur tanpa botol bisa sama mbak nya kayak anak bayi gitu. Untung sekarang udah lumayan berkurang rewel nya. Beda sama adeknya yang emang dari bayi aja jarang nangis,pernah kemarin herbie nangis karna mau sesuatu tp ngga dibolehin nangis pas dipegangin diem padahal barang nya gampang rusak,aku tegasin tetep nangis,kayaknya emang belum ngerti banget ya? Herbie mau 11mos.

Jadi kepanjangan gini..hehe

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

16

Topic: Cry Baby

tari quennel

Itu teknik detailnya gimana mom?
Kilan (6 bulan) selalu nangis teriak kalo ngantuk dan diboboin sambil digendong2 trus sampe dia tidur lelap pun dia masih nangis walaupun nggak keluar air mata.

Lagunya yang buat nyanyiin apa ya? Soalnya kalo lagu fave nya dia "Topi saya Bundar" Dia ga jadi ngantuk malah konsen dengerin..

Btw dia juga nangis teriak kalo habis mandi en dpakein baju, terutama pas tangannya "dipinjem" buat dimasukin ke lengan baju.. udah dinyanyiin, di nyalain mainan yang ada lagunya .. tetep aja.. Ada saran?

Mother of Universe

17

Topic: Cry Baby

koeliz wah sama ken 10 mo klo habis mandi dipakein baju mesti guling2 dan nangis mana tenaga dia kuat banget meraih semua barang yang dilihat, jadinya aku kadang sampai gobyos ( bhs jawa he..he..) kayak orang habis lari, biasanya aku bilang ken mana daunnya yang goyang2, ato ken tunjukin mama mana lampunya, langsung deh dia diem dan matanya mengarah ke jendela ato ke atas lampu,ato ken mana cicaknya biasanya matanya langsung mengarah ke diding mencari cicak he...he... trus aku dengan gerak cepat ken mama pinjam tangannya ya, makanya baju ken kebayakan kancing depan klo kaos biaasanya dia marah saat masukin kepala he..he.. oya klo nagis mau tdr krn ken kayaknya mencari posisi tidur yang enak,jd klo ngantuk tdk aku gendong aku taruh aja di tempat tidur walaupun nangis sampil aku tepuk2 pantatnya he..he.. (heran juga kenapa dia suka) dan yang pasti nyanyi walupun lagunya diulang2 krn perbendaharaanku cuma 5 lagu :P dia nggak begitu suka di dengerkan lagu lewat cd jadi papanya ato mamanya yang nyanyi kadang juga pengasuhnya he..he..

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

18

Topic: Cry Baby

moms..babyZ 1m selalu nangis klo ditaro, maunya digendong trus. setiap udah terlelap saat digendong begitu ditaro lsg bangun dan nangis.gmn ya cara jarain dia bs tidur sendiri, ga selalu digendong? maunya sih jg ajarin dia bs tidur sendiri di cribnya?

19

Topic: Cry Baby

sLesTa dan para buibuk, tanya dong

sebelumnya babyL tuh type bayi yang ga rewel dan cengeng. tapi sejak kira-kira umur 8bln (itu 3bln yang lalu) lycka tuh cracky banget. jadi suka ga ngerti dia nangis mau apa. sampe akhirnya aku diemin dulu, sambil kadang di gendong sambil di pok-pok (atau indung-indung gt deh) trus aku taruh sendiri lagi sambil bilang 'iyu ga ngerti apa maunya lycka, udah nangis aja dulu sendiri'
apalagi kalo pas jam tidur, suka susah banget untuk di taruh tidur. padahal sebelumnya gampang banget nidurin atau nen-in di tengah tidurnya dia.

kalo anaknya udah bisa komunikasi (baca: ngomong) mungkin bisa lebih mudah ya. cuman kalo anaknya belum bisa ngomong gimana dong?

mohon saran dong moms

20

Topic: Cry Baby

bedanya cry baby sama thread tantrum apa ya??

ini arza lagi masa terrible ONE.. nangis kalo nenen dilepas, nangis kalo liat temen lewat di dpn rmh dan ngga ikut nimbrung, nangis kalo jauh dari si mbak, nangis kalo oma pulang..

nangisnya anak umur 14 bln lebih kpada : "aku mau ini/itu" kalo ga diturutin nangis. diturutin kebiasaan.

sumpah.. ini masa-masa paling sulit jadi ibu. karena masa seperti ini bisa mempengaruhi pribadi masa kecilnya.

biasanya aku ga langsung turutin.. biasanya dia nurut kalo aku alihin perhatiannya. tapi 10 menit kmudian dia inget lagi sama misi dia sebelumnya.. OMG....................................