1

Topic: Menghentikan Kebiasaan Ngempeng

Empat tahun yang lalu, anak pertama kami, Naila, lahir dengan berat 3,2 Kg dan panjang 47 cm. Naila ini sangat suka ngempeng, awalnya dia dikasih empeng pas dirawat di rumah sakit , karena waktu itu naila sangat rewel n ga mau tidur, disisi lain saya udah capek banget trus ada yang menyarankan untuk memberi empeng biar anteng n ga rewel. memang sih cara itu berhasil, Naila anteng banget n asik dengan empengnya tapi kebiasaan itu terbawa sampe sekarang berumur 4 taun, emang ga sepanjang hari ngempeng, biasanya dia ngempeng klo pas mau tidur tapi tetep aja bikin khawatir kebiasaannya itu kebawa sampe sekolah nanti, selain itu empengnya ga boleh diganti so..empeng yang udah beladus itu tetep jadi empeng favoritnya n ga mau diganti yg baru. sempet juga disapih n cukup berhasil sampe sore hari tapi pas malam hari dia nangis terus-terusan sampe sesegukan nyari empengnya,saya ga tega liatnya jadi dikasih lagi deh.
so..mom ada yang bisa bantu saya untuk menghentikan kebiasaan empeng naila? makasih sebelumnya ya :)

2

Topic: Menghentikan Kebiasaan Ngempeng

hi Feny,
sama.. neng al dulu juga ngempeng sampe umur 4 tahunan. karena di sini ngempeng tuh hal yg biasa banget (sampe 4-5 tahun masih dianggap wajar), jadi aku gak terlalu kuatir. bagusnya si alyssa nggak cuma doyan satu empeng jadi kita punya stok empeng dimana2. selusin ada kali :-)

waktu itu kita ajak neng al 'bicara baik2' sebelum sinterklaas.

mama : al, nanti kalau al ketemu sinterklaas, kita kasih empengnya ke sinterklaas yah?
al: kenapa?
mama: supaya sinterklaas bisa kasih empeng al ke anak bayi lain di dunia. mereka kan lebih butuh empeng itu daripada al. al kan sudah besar?
al: *mulai cemberut* tapi... kenapa bukan mama mereka yg beliin empeng?
mama: *mulai pusing* yah.. kan kadang mama mereka tidak punya uang
al: *makin cemberut* kalau tidak punya uang, ambil dong ke bank.
mama: yah gak bisa, kalau gak punya uang, di bank juga gak bisa ambil uang
al: kalau gitu kenapa mama mereka nggak disuruh kerja aja? huhuuuu *mulai terisak*
mama: *nggak tega* ya udah dehh gak papa kalau al gak mau kasih empeng.. *pasrah*

tapi saat ketemu sinterklaas, al mau juga menyerahkan empengnya walaupun dengan beraaat hati. setelah itu dia cuma sekali nanyain empeng dan kita jawab 'loh kan tadi udah dikasih sinterklaas?' dia ngambeg dikit tapi habis itu lupa dan gak pernah nanya lagi.
kita juga kaget kok semudah itu :)

tapi ada juga teman yang bilang kalau anaknya mengalami sedikit 'guncangan jiwa' pas empengnya dihentikan. tapi biasanya sih gak lama. 2-3 hari.. max seminggu lah!

Good luck FEN!!!!

3

Topic: Menghentikan Kebiasaan Ngempeng

fan, waaa, lucu banget percakapan untuk ngasih empengnya... hebat ya bisa secepet itu. emang udah direncanain untuk "ngasih empeng ke sinterklaas" apa itu spur of the moment aja? apa anak2 disana emang pada ngasih empeng ke sinterklaas?

oh btw, sori ga bisa bantu, fen... soalnya ga punya pengalaman ama empeng.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

4

Topic: Menghentikan Kebiasaan Ngempeng

thal
pernah baca di majalah, salah satu trik melepas empeng :)
tapi ternyata malah jadi diskusi yg panjaaan bener. wakaka
atau bisa juga kasih sama orang hamil/yg baru ngelahirin. atau kalau si kakak mau punya adik..
intinya, biar anak ngerasa udah gede dan rela mengorbankan itu empeng untuk baby yang lebih membutuhkan lah.. halah!

5

Topic: Menghentikan Kebiasaan Ngempeng

fanny - *lagi terkagum2 ama konsepnya*... iya ya, bener juga nih. boleh banget dicoba untuk persapihan2 lain...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

6

Topic: Menghentikan Kebiasaan Ngempeng

kayanya lebih gampang lepasin empeng dot ya?
klo qilla dr 4m ampe skr 12m,,ngempeng nya jempol
gw takut nya gigi ma jempolnya jelek,,,
gmn caranya ya?
klo umur 12m gt boleh d kasih jamu2 pait ga biar bs tersapih?

7

Topic: Menghentikan Kebiasaan Ngempeng

shahiamom, dulu gw juga mikirnya gitu, makanya gw kasih empeng buat Yofel...eh nggak taunya, setelah beberapa bulan, empeng dilepeh, dia beralih ke jempol, huhu...mungkin lebih enak kali ya?

soalnya pengalaman gw dulu, (karna gw ngempeng nih hehe) gw lebih gampang lepas empeng, dibanding ade gw yang ngisep jempol. (pas ade gw, nyokap sampe ngoles-ngolesin bratawali di jempolnya supaya dia kepaitan, hehe)

oiya, dulu gw lepas empeng umur 5 taunan, dibikin kaya ceremony gitu sama nyokap, buang empengnya ke sungai deket rumah (jaman dulu belum ada green movement kayanya, haha)...kalo sekarang sih mungkin bikin semacam ceremony tapi cukup dibuang ke tempat sampah aja kali ya.

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

8

Topic: Menghentikan Kebiasaan Ngempeng

feny samaan niy, migueL juga lagi mulai doyan emut2 jempolnya.. dan ga gue kasi empeng juga siy.. selama ini ya dibiarin tapi kalo lg inget ya dilarang juga hehehe *ga konsisten*

fanny
aL baekkk bgt hihihi lucu, haru dan masi agak bengong bisa ''segitu-mudahnya'' perasaan denger cerita temen2 gue susaaah bgt lepasin anak dr empeng... tfs

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

9

Topic: Menghentikan Kebiasaan Ngempeng

Fenny, sebenarnya ini masalah tega gak tega ya. Saya termasuk ibu yg tega, dulu Lana juga sempat ngempeng pas umur 3-4bulanan, dan ngempengnya kalo mo tidur. Pernah kejadian Lana menangis histeris gak mau tidur (mau ngempeng), tapi gak saya kasih. Saya gendong, saya nenenin sampe tidur. Sejak malam itu, saya gak pernah kasi empeng lagi.

10

Topic: Menghentikan Kebiasaan Ngempeng

ShahiaMom, samaaa, Arifah juga senengnya ngemut jari. ga cuma pas mau tidur, tp juga klo lagi bosen atau ga suka sama sesuatu. lebih sering 2 jari sekaligus: telunjuk n jari tengah. kadang jempol aja tapi kadang bisa masuk ampe 4 jari selain jempol!
nah orang2 bilang sih ini krn dia ga dikasi empeng..berhubung arifah masih 5 bulan, blom numbuh gigi, aku sih masih tenang2 aja sm kebiasaannya. paling klo pas lagi ngemut gitu diajak main2 sambil pelan2 jarinya ditarik keluar terus aku pegang atau disuruh pegang mainan.

mau pake teether, tp dia ga suka tuh..knp ya??

11

Topic: Menghentikan Kebiasaan Ngempeng

Moms..kalau ngempengnya itu ngempeng ama (sorry) payudara kita gmn?
abis mulai keliatan nih..mimiknya Maira cuma karena "kebiasaan" aja..tapi bukan karena dia haus atau butuh :(

12

Topic: Menghentikan Kebiasaan Ngempeng

Hehehe... Saya mau cerita sedikit niy...

Adik ipar saya dulu suka ngempeng jempol, dan kebiasaan itu terus berlanjut sampai dia kelas 4 SD. Pdhl sudah berbagai cara ditempuh, mulai dr oles yg pait2, balsem, sampai obat merah. Tp krn semakin gede, anaknya semakin pintar... Jd tiap kali mau ngempeng, jempolnya dilap dulu ama dia, hehehe....

Sedangkan mama saya, waktu beliau msh kecil suka ngempeng dot, dan sama bgt ama pengalaman fen, empeng dotnya cuma satu, dan pernah dibuang ama eyang saya. Tp mama saya nangis jejeritan, jd akhirnya dicari dan dibersihkan kembali lah itu empeng.

Jadi... waktu Bagas (1y7mo) berumur 3 bulan, dia mulai menunjukkan tanda2 ngempeng jempol, terutama klo dia mau bobok. Krn yg membantu mengasuh Bagas mulai kecil adalah mama saya, jd beliau tidak menyarankan untuk membelikan empeng dot. Mmmm... waktu itu siy saya ga ambil pusing ya, karena saya pikir itu bagian dr perkembangan reflek bayi (memasukkan jari ke mulut). Saya baru keluarin jempol dr mulutnya klo dia udh bener2 tidur.

Tapi kebiasaan itu berlanjut sampai Bagas umur 9 bulan. Jadi wkt lg imunisasi ke dsa, sekalian lah saya tanya gmana caranya ngelepasin empeng jempol. Saya tanya, apa harus diolesin yg pait2. Eee... tp sy malah ditegur ama dsa-nya. Beliau bilang, sebaiknya saya tidak menghalangi anak saya untuk menjadi dirinya sendiri.

Ya sudah, sejak itu saya tidak prnh menghalangi Bagas klo dia lg ngempeng. Cuma saya selalu bilang ama dia klo dia udh gede, giginya udh 6 (wktu itu udh ada 2 gigi seri atas, 4 gigi seri bawah), nanti klo ngempeng terus., giginya jd jelek... Bagas jgn ngempeng lagi yaaa... Saya selalu ulangi kata2 ini sewaktu dia lg ngempeng dan ketika dia tidur.

Saya lupa kapan persisnya, ketika dia mau bobok. Dia tidur2an di kasur, pandangannya kosong (kyk jauuhhh kmana gituu... ;)) trus tiba2 aja dia bobok, tanpa ngempeng!!! Dan kebiasaan itu berlanjut sampai dengan sekarang, Alhamdulillah....

Hahaha... jd kepanjangan niy ceritanya... :p
Tp intinya, mgkn disesuaikan dgn karakter anak ya mom. Tp kita jg jgn bosen utk kasih tau ke anak bahwa itu bukan kebiasaan yg bagus, nanti giginya rusak, dll. Percaya deh mom, walopun msh kecil, anak2 kita itu pinter kok.

Smoga sukses ya menyapih empeng.... :)

Love,
Dian

13

Topic: Menghentikan Kebiasaan Ngempeng

Fanny, hahaha lucu banget ceritanya, tapi bener juga, anak musti diajak diskusi biar gampang ngasih tahunya, hehe.

Kalo Mika Alhamdulillah sampe sekarang ga ngempeng baik pake empengan atau tangan, karena ga dibiasin sama gw dari kecil. pernah iseng beli empeng terus kasih ke MIka, tapi Mikanya ga mau, hehe syukurlah, malah dilepehin sama dia. jadi ampe sekaarang ga ngempeng.

feny,maaf ga bisa bantu ngasih tahu cara ngilangin ngempeng, soalnya ga punya pengalaman. tapi bener kata bundanyalana, kita musti tega, kalo anaknya dah gede dan dah bisa diajak ngomong mending diajak diskusi aja, hehe.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

14

Topic: Menghentikan Kebiasaan Ngempeng

Ikutan sharing ya...

Kebetulan Kei-ku (5th) dulunya ngempeng. Tapi aku coba lepas sebelum dia bisa ngomong, jadi kira2 usia 13 bulanan aku lepas empengnya. Ini sih ngeliat pengalaman Kakak ku yg anaknya ngempeng sampe usia 6 tahun, berawal dari keenakan dan kelupaan ngelepas. Pas mau lepas empeng si anak dah mulai pinter ngomong yg klo dibilangin ilang jawabnya beli lagi. Jadi aku buat kesimpulan sebelum anak ngomong dah lepas empeng hehehe...
Tapi ada yg lupa, aku lepas empeng gak lepas botol jadi sering kali nemuin Kei lagi ngemutin tutup botolnya hehehe... untungnya cepet ketauan jadi aku berentiin juga si botol karena untungnya langsung pindah UHT:) Jadi...klo mau lepas empeng sekalian botol juga ya;) owiya pastinya bakalan rewel tapi gak lama koq...paling 3 hari si anak dah terbiasa lagi...

Nah klo ponakanku ini emang susah ngelepasnya, dan gak cuma 1 empeng hampir disetiap ruangan, di mobil pun tersedia empeng bahkan si empeng dah bukan pake gantungan empeng lagi (krn kurang panjang) tapi pake gantungan HP wkwkwk... Mulai lepasnya gara2 dia sakit perut yg sakiiiiittt bgt, pas ke dokter si dokter bilang krn empengnya kan gak steril hampir disemua tempat ada tuh si empeng. Dari situ dia mulai ngerti...*yaiyalah 6 taon gituloh* tersiksanya sakit perut:(

Maaf klo kurang membantu...

::emaknya Kei & Zee::
follow me @trulysyarif | IG & line : trulysyarif

http://rocktobermom.wordpress.com

15

Topic: Menghentikan Kebiasaan Ngempeng

kalo anakku (skrg 4 taun) waktu itu lepas empeng waktu umur 2.5 taun... pas banget dia mulai sekolah.. disekolah sih ga pernah minta, tp pas pulang sampe mobil langsung nyari empengnya... biasanya dia pake empeng untuk pengantar tidur & kalo pas lagi nonton tv... Pokoknya dia empeng mania banget deh...

waktu itu karna mungkin udah bergigi, empengnya sering banget sobek.. akhirnya setelah bolak balik beli karna sobek, iseng pas dia liat empengnya sobek, aku bilang "yaahhh.. empengnya digigit tikus" .
Trus dia langsung ilfil ama empengnya itu.. ya udah aku pikir kesempatan bagus nih.. akhirnya aku gunting2 aja semua empeng dia biar keliatannya digigit tikus semua (pdhal masih aku keep satu biji, incase dia histeris):p .
Emang sih pas malem pertama dia tidur tanpa empeng keliatan gelisah.. tapi Alhamdulillah cuma sehari aja gelisahnya.. malem2 berikutnya dia tidur tenang...

sebenernya kalo aku pikir, kayanya yang terlalu khawatir & under estimate akunya sendiri... Ternyata setelah dijalanin Alhamdulillah anakku bisa kok lepas dari empeng...
Sebenernya selain niat, kitanya juga harus "tega" & yakin kalo anak kita bisa lepas dari empengnya itu... :)

- Loving my Keisha & Khiara -

16

Topic: Menghentikan Kebiasaan Ngempeng

ikutan sharing y...sama neh punya pengalaman yg mirip soal lepas melepas empeng sm dianfitriyani..awalnya Kei dikasih empeng biar tenang bobonya,tp emang dr kecil ga dibiasain tergantung,jd empengnya dipake klo mo bobo,abis itu lepas sndr klo dh nyenyak,ato klo lg 'ngelilir' mlm2 dikash,sebntr langsung lepas sendiri..
skrg Kei dh almost 13m,dh hampir seminggu ga pk empeng,yaaa itu,gara2 dh ngantuk bgt,ga sempet pk empeng trus tidur d..sempet dia ngerasa keilangan,baru ngeh kali y,klo mo bobo rewelnya minta ampun,bantal semua dibuangin nyariin empengnya,tp tetep ga kita kasih,alihin aja perhatiannya sm apa gt,alhamdulillah berhasil...karna emang dr 2m ga asi lg jd pake botol nyusunya,klo malem lg 'ngelilir' suka kita kasih air putih di dotnya,'nyot2' bentar ee tidur lg...
insya Allah seh ga inget lg sm si empeng,soalnya takut ketergantungan..sempet suka mut jempol,tp langsung sy lepas klo dia dh mulai2 'nyot2',takut ky mamanya,hahaha...curcol dikit gpp kn y..

17

Topic: Menghentikan Kebiasaan Ngempeng

Moms,
Anakku 2.5y sedang proses sapih empeng. Sudah hari ke-4 n masih histeris klo tidur siang & malem. Masalahnya selama proses sapih empeng ini, jadwal tidurnya jadi berubah. Tidur malam biasanya jam 9 sekarang jadi jam 12 mlm, tidur siang biasanya jam 12-an, sekarang bisa jam 4 sore. Bisa balik lagi ke jadwal tidur semula gak ya n gimana caranya?
Thx moms..

18

Topic: Menghentikan Kebiasaan Ngempeng

Sama sprti mom amel1, aku juga lagi proses sapih empeng buat Stanley. Mulainya bru semalam, aku en daddy nya ksi penjelasan kalo uda gak bole ngempeng lagi krn uda besar ,uda mau sekolah, giginya dah jelek skrg , diledekin mulu sm daddy nya, reaksi awal stanley ngambek smbil ngempeng trus ngumpet di bwh bantal..pura2 bobo gt. ... Hasilnya : GAGAL. krn malam mau bobo, teriak" n nangis *mommy nya gak tega ...

Ntar mau coba dhe caranya mom superpippo ( acara buang empeng ke tong sampah )
Doain smoga berhasil ya moms :)