1

Topic: Bayi yang suka memukul

Wah ini kejadian baru nih buat saya. Apa ada moms atau dads disana yang punya pengalaman dengan saya??

Ada yang bilang ini karena anak cowok, tapi I think this is more than usual. KDRT dirumah, saya digebugin sama anak saya yang paling kecil. Dari nampar, nonjok, sampai gigit, waduh, cara konvensional saying "No" tidak berfungsi, because he does it over and over again, dan karena dia memang belum ngerti kali ya. Kadang ke mamahnya, tapi paling sering ke saya.

Dia datang ngajak bermain, tapi ujung-ujungnya sound effect kartun batman semua: "POW" "SLAP" "BITE". Ini gemes atau gimana? Bikin bete kalau lagi capek dan tau-tau dia ngegampar pake mainan, haduuuh...

Kita amat takut dia berkelakuan sama dengan anak lain, saat ini aja kita sudah amat berhati-hati, karena dia suka ngeremes muka anak sebayanya.

Anyone have a tip to stop this?

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

2

Topic: Bayi yang suka memukul

chan, arkan umur brp sih?

gue ada tuh sepupu yang kayak gitu. tapi penanganan gue pada saat itu ya, bukan seperti orang tua, tapi seperti sepupu yang dipukulin: gue gigit balik (dia umur 2 taunan, gue umur 19 taun). anehnya dia ga nangis. tapi sejak saat itu dia ga mukul/gigit gue lagi sih... sepupu gue yang lain sempet ada yang nabok balik (gara2 ditabok), trus dia uga berenti pukul/gigit sepupu gue yang itu... hehe. it worked at that time.

tapi kayaknya sebagai orang tua, gigit balik is the worst thing to do... mungkin mesti dikasih tau aja?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

3

Topic: Bayi yang suka memukul

Thal, Arkan sekarang 16 bulan. Kalau dia sudah umur 2 tahun mungkin gue gigit balik kayak lo, secara dia sudah mulai ngerti verbal commands & reaction, tapi masih 16 bulan begini, wah pusing gue.

Tadi jam 4 pagi dia bangunin gue lebih santer dari weker, by biting my cheeks. I have 2 red bite marks now on my face from his 2 buck teeths.

Gue dah coba time out, bahkan show and tell, don't work. kudu sabar aja kali ya??

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

4

Topic: Bayi yang suka memukul

waduh mak.. galak kali.
hmm gue belum pernah ngalamin sih, tapi bisa dicoba dengan memberi hukuman (eh udah ya time out?). *garuk2 pala*

Arkan udah bisa ngomong dengan lancar? Kalau belum dia mungkin frustasi ngga bisa menyampaikan maksud hatinya (apakah bosan, marah, sedih) jadinya mukul.

And thelilsolder is back. Fire!

5

Topic: Bayi yang suka memukul

chan, gue juga blum pernah ngalamin ini sebagai ortu sih... tapi menurut teori... (hehe, teori):

mungkin arkan ngerjain itu (gigit, pukul, etc) untuk provoking reaction yang dia suka. misalnya, dia suka waktu orang bilang NO, atau menjerit. he finds it amusing, atau entertaining, atau apa kek. pokoknya buat dia itu positif reaction. elo mesti liat sih, kira2 reaksi apa yang dia cari... misalnya abis dia pukul, trus elo bilang aduh, trus dia ketawa. nah, itu tandanya dia cari reaksi "aduh" itu.

kalo bener gitu, mungkin cara untuk mencegah ini adalah deprive dia dari reaksi yang dia cari. misalnya, kalo dipukul, semua orang di rumah itu berenti main ama dia, trus dia ditinggal selama 1 menit. ga usah dimarahin. ditinggal aja, soalnya mungkin banget reaksi marahin atau bilang no itulah yang dia tunggu...

btw, this worked for aina waktu dia sekitar umurnya arkan (rada lebih tua), dan lagi demen teriakin orang. sebel diteriakin, kita tinggal.

ga tau ya, kerja apa engga buar arkan... moga2 bisa berenti ya chan...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

6

Topic: Bayi yang suka memukul

Di daycarenya celia jg dulu saling gigit menggigit. Dan celia jg jadi Hobi gigitin ortunya. Kalo arkan berarti ngga belajar dr siapa kan?
Mungkin dia sakit giginya? Tapi kalo nampar ?
Kalo kita, begitu celia mau gigit, kita sodorin tangannya biar dia merasakan kalo gigit org itu sakit.
Skg lagi jamannya ngeludahin orang (belajar dr tk juga). Pertama gué bilangin pelan2, kali dua gue peringatin, kalo masih ngga nurut juga malah tambah nantangin, biasanya gué centil mulutnya tapi ngga keras2.

Coba aja terus Time outnya Chan, it Will work krn arkan kan blm ngerti bener kalo diperingatin pake kata2

@LizCherie

7

Topic: Bayi yang suka memukul

Thalia.. ya olo.. gigit balik.. hihihi :D

Chandra, gue pernah baca, anak mukul tanda sayang
hehe.. no seriously, katanya anak lebih berani mukul ortu, as a sign of trust. dia tau ortunya bakal tetep sayang biar udah digebukin kayak apa juga (they're smart arent they :-)?)
karena anak belom punya kontrol diri, mukul adalah salah satu cara mengekspresikan amarahnya.
gue setuju sama yg lain. time out and nyuekin are the best. bilang dengan tegas mukul itu gak baik terus kasih time out atau dicuekin deh sampai dia behave.
yah emang mesti sabar.. namanya juga jadi ortu. wong sabar disayang gusti Allah:)

8

Topic: Bayi yang suka memukul

wah sama banget sama ponakan gue, cowo juga. umur setaunan gitu dia seneng bgt menyiksa orang lain. temen mainnya lah pernah digrauk mukanya..sampe2 orang tua si anak takut kalo anaknya ketemu ponakan gue itu. paling sering sih yg kena kakaknya. sebenernya gue liat kalo dia itu gemes tapi belom bisa nyampein perasaannya atau ngontrol motorik dia. it just happen. sekarang sih udah gak pernah lagi gigit, mukul, grauk orang lain. udah 2 taon. tapi kayaknya sekali2 kalo berantem sama kakaknya (cewe, 9 taon) masih suka ada kekerasan gitu.

Leica and Lucca in the sky with diamonds

9

Topic: Bayi yang suka memukul

waduh walau gak segahar Arkan, anak gue Andjani juga agak2 fisik gitu kalau lagi sebel. Dia kan udah gede yah (4) tapi kalau dibilangin tuh susaaaaaah minta ampun. Kadang nabok lah, ngelempar mainannya lah, adaaa aja yg dia lakuin buat ekspresikan rasa gak sukanya (dan ini seringkali terjadi)
pernah coba ditinggal gak mempan, dia diem aja asik main sendiri. Saking keselnya waktu itu (mungkin pengaruh PMS juga) dia ngeludah dan gue naik pitam, kunci di kamarnya. Gak sampe 5 menit sih tapi bukannya kapok, anaknya malah tambah ngamuk.
Dan pernah satu kali dia marah dan ngancem gue dengan hukuman 'kunci di kamar'. Nyesss....
Di saat itu gue nyeseeeel udah nunjukin kemarahan depan anak dan ngehukum anak sampai segitunya...disitu gue belajar gak bisa ngadepin emosi anak yg masih labil itu dengan emosi juga. Semakin kita keras peringatannya, semakin dia nyerap hal negatif itu dan one day dia akan ekspresikan balik ke kita. Jadi kalau udah sampai ubun2 nih sikap kasarnya, paling kita pasang muka sedih, kecewa, dan karena dia udah gede diajak ngomong kalau emosinya udah tenang.
Kalau kata temenku yg psikolog, kadang anak kasar itu juga salah satu cara dia nyari perhatian orang tuanya. Kalau dengan cara biasa atau baik2 gak mempan, dia akan coba cara2 luar biasa supaya orang tuanya merhatiin. Whether it is good attention or bad, doesn't matter. It is still attention nontheless...Jadi ya bener juga tuh thalia mungkin begitu anak kasar, kita diem aja dulu. Blank. Begitu tenang baru deh pelan2 diarahkan ke jalan yang benar. Kalau Arkan mungkin karena gemes ya beda kasus dikit sama andjani.
Hehehe kok jadi rambling gini yah gue, maaf maaf. mau sharing aja sekalian curhat juga

full time mom, freelance writer, food lover

10

Topic: Bayi yang suka memukul

fanny - nyam! hihihi, iya maklum... masih teenager. anak nyolot, gue nyolot balik :p

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

11

Topic: Bayi yang suka memukul

hai urban papa, thalia, inga, liz, fanny, fantasticrhea, nikstri, gabung ya di forum ini...

Urban Papa mungin gak sih Arkan nyari perhatian gitu krn dia abis nonton kartun yang berantem2...? kan sound effect-nya keren tuh... jadi mungkin dia mau expresikan itu dengan ngasih liat ke papanya?
tapi gak tau juga ya, krn jujur sih gue blm pengalaman dlm hal ini. anak gue masih 9 bulan dan belom mukul2 mama papanya.

tapi ya gue juga heran tuh sama si gilby, dia seneng bgt kalo dibercandain yang heboh2, misalnya dengan sengaja gue ambil kakinya dan tendang2in muka gue, pasti dia langsung ngakak bgt...
cara ini gak bagus ya buat perkembangannya?
setelah gue cermati, takutnya kebawa sampe gede ya...?

share ya moms, sorry malah balik nanya...

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

12

Topic: Bayi yang suka memukul

Susah juga ya. Dari semua tips diatas aku coba decode: Arkan gak pernah nonton TV selain Cebebees dan BabyFirst, paling banter Playhouse Disney. Walau punya sepupu lelaki yang ketemu tiap hari, kelas 1 SD dan rada bandel, cuman dia gak cukup sabar untuk main sama Arkan dan milih main ke tetangga kalau gue perhatiin.

Awalnya sih memang kayak gemes. Kalau gigit karena gemes ya gue dah paham deh, tapi ini...

Biasa pulang anak-anak salam dan cium tangan, pas ke gue disambut dengan tonjok dan tonjok. Kadang lari-lari peluk, lalu nampar. Kalau lagi bercanda sama, pasti nampar, nonjok, gigit. Kalau marah dia malah gak begitu. And most of the time, semua itu directed at me, jarang banget dia mukul mamahnya. Its either me atau anak seumurnya, which cause me to stress. Not ready to be called "that parent with the fierce kid" people avoid.

Is this a phase? apa ini awal dari manja? apa ada cara memberhentikannya? apa gue terlalu serius?

I'm not in favor of spanking nor hitting, and he's still a baby. Sama kayak Meralda, takut kebawa sampai gede.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

13

Topic: Bayi yang suka memukul

Halo om Chandra, ihihihihi dipanggil om karena udah beruban :D

Anyways, kayanya theori Thalia oke tuh. Berdasarkan pengalaman aja sih, anak2nya temen gue yang BUANDEL2 kaya anak setan lah istilahnya, itu mereka buandel karena emak nya baweeeeeeel banget dan cereweeeet banget, jadi hal2 yang kecil aja di bawelin trus dikit2 ngomel jadi chain reaction nya ke si anak mungkin ya that's the only way he knows to get attention from their parents, karena kalo lagi ngga bandel kesannya malah di cuekin gituuu. Weird eh?

Kalo pengalaman gue, disaat2 Ayla ngga nice, diomongin ngga nurut, gue selalu nyuekin dia dan ninggalin dia, gue bilang, "fine, if that's what you want, have it your way, but I won't talk to you or play with you before you listen." dia mau ngomong sampe nangis2 juga ngga akan gue tanggepin before she says sorry and knows that it's wrong and promise not to do it again. Even though later on she sometimes forget :), tapi itu sekarang karena dia udah ngerti bahasa dan kalimat. Waktu dia masih 1 taunan justru dia lebih behave, jadi gue ngga inget pernah marah ke dia. Mungkin pas dia kecil, gue cuma bisa bilang, "stop..", "that's not nice..", "I don't like it..", "behave..", dan ngeduduk'in dia against the wall while saying this so that she understands. Tapi ini bukan perkara mukul sih, dan Ayla lumayan nurut karena cewek juga maybe? Hahah. Yaaa gitu deh kira2 :D

Rock 'n Roll Momma

14

Topic: Bayi yang suka memukul

urban papa, doh bisa bayangin pulang kerja capek berat digebukin anak, bayi lagi! aiih kacian banget (mau marah ama siapa?). apa dulunya si arka sering diuyel2 gemes ama dirimu kah? saya harus lebih lembut uyel2 anak ah, who knows bisa ngefek hehehe...

Is this a phase? apa ini awal dari manja? apa ada cara memberhentikannya? apa gue terlalu serius?
wrote:


i think it's just a phase, sampe arka ngerti it's a big no no.

bisa jadi mau manja2 ama bapaknya, tapi cara nunjukinnya agresif haha.

cara memberhentikan: trial and error sih. coba, waktu ditampar, langsung dipegang tangannya, show him, "jangan nampar ya, tapi elus2 gini..." diulang at least 10 kali hehehe...

terlalu serius? oit, nggak lah, selama itu sudah ngganggu kenyamanan, it's quite serious.

kalo nurut buku2 yang dulu saya sempet baca, kayaknya it's a way to show his affection to YOU, khan niatannya bukan nyakitin, rite?

semoga membantu dikiiiit. cepetan make peace ama arka dah hihi...

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

15

Topic: Bayi yang suka memukul

toto wow kewl! mudah2an bisa diterapin buat gilby suatu saat nanti...
eniwei, mama toto, kita kan sama2 punya anak bayi, ada saran nggak untuk saya untuk ngebercandain gilby biar dia ngakak tanpa harus dipancing secara 'heboh' (spt yg saya ulas diatas) ?
tfs! :)

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

16

Topic: Bayi yang suka memukul

Chandra:
I think it's his expression to say love and play with you --> kalo ternyata bukan karena dia marah. Jadi yah memang konsisten aja bilang jangan karena itu bikin sakit.
Tapi untung ke papanya ya, bukan ke kakaknya :)

Cerita aja, dulu di kelas Raka (Kakak-Kakak 2-3 tahun) ada anak yang suka mukul sampe Raka ogah sekolah. Anak ini, namanya L, belum bisa ngomong dengan jelas, apalagi dibandingan dengan teman-temannya dan yang dia lakukan sebenarnya ngajak main. Jadi gurunya secara konsisten bilang ke L bahwa itu tidak baik, dan bilang ke Raka & teman lain bahwa yang dilakukan L adalah tidak baik.

And thelilsolder is back. Fire!

17

Topic: Bayi yang suka memukul

Lho... Djemima kok tau saya dah beruban?? Penyakit dari SMA tuh, sekarang aja udah acceptance, gak beli hair dye lagi :-D
I make the grey look good, hehehehe...

Toto, I've done that. setiap kali selalu begitu, dikasih tau begitu terus, tapi hasilnya belum keluar. Kudu terus aja kali ya? *fingers crossed*

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

18

Topic: Bayi yang suka memukul

meralda,

mama toto, kita kan sama2 punya anak bayi, ada saran nggak untuk saya untuk ngebercandain gilby biar dia ngakak tanpa harus dipancing secara 'heboh' (spt yg saya ulas diatas) ?

wrote:


semoga gilby bisa ngakak pake cara ini ya: 1. main ciluk ba! (he he classic sekali) pake sapu tangan ato selimut (misal pake tangan kurang seru), ato ngumpet2 dikit. selama ini saya jarang nemuin bayi and toddler yang nggak tertarik ciluk ba, pake sound effect mainin our own voice tambah seru.

2. main2 suara: bayi bisa terhibur bener ama suara high pitch yang enak (bukan nyempreng hehe). toto bisa ngakak berat kalo ketemu calon ipar saya, cuman disapa," tot-tooo " (suaranya dikecil2in ala chipmunks), eh gitu aja udah cracking up. giliran saya nyoba, toto cuma senyum sopan.

oh ya satu lagi yang selalu sukses bikin toto ngakak (harus 2 adults), kalo toto bete di stroller, padahal baru 10 menit, saya main kejer2an, toto didorong tantenya ngejer saya (lari2 ala slow motion), terus ngerem "cciiiit" and saya noleh "BA!", ngakak deh. sekali nyoba saya jadi demen lari2 di mall, apalagi dimaklumin karena bawa bayi, korban dikit lah nggak usah gaya2 pake high heels yang penting toto bisa ngakak! :)

sorry ya kalo "saran" nya nggak membantu. selain ini saya nggak ada jurus lain *mati gaya*, kalo yang rough saya lebih kreatif :(.

urban papa, tolong diupdate terus ya, setelah seminggu dibilangin no no terus apa ada efeknya. penasaran nih.

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

19

Topic: Bayi yang suka memukul

mama toto, udah sering pake cara 1, bermain ci-luk-ba sampe bosen anaknya dengan permainan old skool ini :) sukanya yang heboh2 gt...
cara 3 : mempan! seneng bgt.. ini termasuk heboh bukan? pernah saya dan papanya di mall, lari2 pas di "BA" gilby lsg ngakak sembari kaget.. hahaha...

mungkin gak ya, krn dr kecil dibercandain yg heboh2, jd kebawa sampe besar, kayak Arkan, maksudnya kan bercanda? CMIIW ya urban papa...

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

20

Topic: Bayi yang suka memukul

Hi all,

Dulu annisa juga suka gigit, siapa aja pasti digigit, ayahnya, ibunya, mbaknya, kakek neneknya. Tapi ini lebih ke dia gemes sama kita. Awalnya sempet kita biarin, malah pas digigit kita mengaduh2 sambil ketawa. Jadinya malah berlanjut kebiasaan ngegigitnya itu. Dipikirnya lucu dan bikin kita seneng kali ya...

Sampe akhirnya badan kita pada biru2 digigitin akhirnya kita larang Nisa untuk gigit2 lagi. Sempet ga bisa, tapi setelah kita semua kompakan bilang, "NO" dengan nada yang agak tegas, atau bilang, "Nisa, ibu gak suka Nisa gigit ibu, soalnya sakit." baru deh bisa direm. Trus, pernah dialihin ke teether juga, jadi dia suruh gigit2 theeter aja kalo lagi gemes... Cuma karna jadinya barang lain juga digigit2, dan sempet kena KTM, jadinya pelan2 distop juga, dialihin ke yang lain...

Abis periode gigit, muncul periode cubit, ini juga penanganannya sama kaya yang gigit...

Nah, kalo sekarang lagi di periode pukul dan lempar barang. Tapi ini bukan karna gemes, melainkan marah atau nunjukin dia gak suka... Selama ini metode gue sih ngalihin perhatiannya dia. Pas Nisa angkat tangannya mau mukul gue, gue langsung ajak TOS, biasanya selalu jadi lupa mau mukul... Kalo lempar2 barang karena marah, gue byasanya meluk dulu, trus tanya baik2 kenapa marah, baru dinasehatin...

Ada kalanya lempar barangnya karna iseng atau cuma ngetest reaksi kita, biasanya gue diem dulu ga bereaksi, baru abis itu ajak main 'Ngeberesin mainan' sambil nyanyi lagunya Barney yang :"Clean-up...clean-up... everybody...everywhere..."

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

21

Topic: Bayi yang suka memukul

Bener kata Dina, kita harus merelativitaskan.
Urban papa bisa mastiin ngga kalo arkan itu lagi marah ato lagi ngajak main?
Sering kalo celia lagi marah dan aku balas dg pelukan malah bisa menenangkan dan meredakan amarahnya

@LizCherie

22

Topic: Bayi yang suka memukul

meralda, heboh kalo cuma fun lari-lari kenapa enggak, heboh yang rough itu yang mesti waspada hehe... misal gebuk2an pake bantal, asik banget hehe, tapi bisa kebawa, kuatirnya.

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

23

Topic: Bayi yang suka memukul

Liz, gak pernah dalam keadaan marah, itu dia kan masalahnya, kita gak bisa bilangin dan dia belum ngerti, takut jadi kebiasaan.

Sedikit update. Setelah kekeuh ngasih time out di pojok ngadep tembok selama 30 detik setiap dia mukul muka, sekarang sudah berkurang memukulnya, walau belum hilang.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

24

Topic: Bayi yang suka memukul

Urban Papa - wah, lumayan dong! it's getting there! horeee!

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

25

Topic: Bayi yang suka memukul

wah, chan ini rada mirip ama naia sekarang nih. naia lagi seneng banget, nampar & nampol plus tereak2.. tapi hanya ke papanya. gue juga ga ngerti kenapa. kayaknya sih karena dia ngerasa di provoke kalo sama papanya. tiap begitu ke papanya, si papa langsung marah (mencoba mendisiplinkan sih sebenernya) tapi naianya malah tambah rebel. sementara kalo ke gue, kalo udah gitu, biasanya gue bilang ga boleh tapi gue diemin aja. trus act like nothing happen. jadi dianya juga mikir ga seru kali ya?

gue udah bilang ke suami, mendingan kalo gitu jangan teriak ato bernada tinggi. cuekin aja. it works a bit, tapi ternyata untuk suami mungkin mesti rada sabar untuk gak bereaksi. apalagi dia kan play time ama naia lebih dikit, jadi langsung bete duluan kalo naia udah gitu.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta