1

Topic: Jendolan misterius di plasenta

temans.. aku lagi gundah gulana nih..

sekarang aku lagi hamil kedua (jalan 28 weeks), sejak bulan pertama kehamilan rajin USG tiap sebulan sekali dan hasilnya alhamdulillah normal dan janin terus bertumbuh sesuai "chart pertumbuhan"nya..

Namun di minggu ke 20, pas di USG (teridentifikasi pertama kali oleh dr. Damar spOg , RS. Asri) terlihat ada jendolan sebesar 6cmx 3 cm di plasenta, dan pertumbuhan beyi berada di batas bawah "chart pertumbuhan"nya..
sontak, aku dan suami langsung tegang sendiri.. dan di minggu ke 22 , kami memutuskan untuk USG lagi di tempat lain ( dr. Ridwan spOg, Kemang Medical Center), dan hasilnya sama.. ada jendolan dan pertumbuhan bayi berada di batas bawah chart pertumbuhannya..

masih belum puas dengan second opinion, pergilah kami mencari third opinion, dan di USG lagi lah aku sama dr. Azen Salim, Pondok Indah di minggu ke 23..
hasil USG tetap sama, tapi dr . Azen mengatakan agar kami tidak perlu kuatir berlebihan mengenai jendolan ini, karena menurut beliau, jendolan ini tidak bertumbuh (a.k.a mengambil aliran makanan dr tali pusat ke janin), sehingga mudah2an tidak mengganggu pertumbuhan janin.

Tp dari ketiga dokter di atas, nda ada yg bisa menjelaskan , jendolan tersebut itu apa..

Ada moms/ dads, atau mudah2an dokter kandungan, yg bisa sharing sama aku?...

2

Topic: Jendolan misterius di plasenta

Ayiebrandon, hi Ayie..sama2 nih gue jg lagi hamil. Btw,gue mo sharing aja ya sori kalo OOT dikit..dulu gue pnh test darah dan urine,kalo ga salah pas kehamilan bulan ke-4. Nah ternyata kadar protein gue di atas batas normal..gue khawatir bgt.Tp dokter ngeyakinin gapapa.Nah,menurut gue selama dokter yakin itu ga berbahaya buat si baby dan ibunya..ga ada salahnya lo percayain ama analisa dokter saat ini.Soalnya,buat ibu hamil kaya kita..stress dan khawatir yg berlebihan itu BIG NO NO loh,walaupun jujur aja gue parnoan ama kehamilan pertama gue ini.Sorry ga bisa bantu banyak,soalnya gue awam bgt soal ini. Mudah2an benjolannya itu bukan sesuatu yg serius ya seperti yg dokter bilang ya ;)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

3

Topic: Jendolan misterius di plasenta

@ nyanya...

Hai nyanya... salam kenal yaaa.. waw!!! congrats buat kehamilannya.. moga semua lancar yaa... pasti nyanya lg seru2nya deh nyiap2in perlengkapan baby?.. perkiraannya cewek ya?? sama niiih, aku juga cewek kata dokter.. hihihi...
Iya juga ya.. bumil memang pantangan terbesarnya ialah..stress..
Mungkin juga karena ini kehamilan kedua kali yaaaa buat aku, jadi aku rada "cool" ngadepinnya.. (gak kebayang deh, kalau aku ngalamin di kehamilan pertama.. hehehe)

4

Topic: Jendolan misterius di plasenta

ayiebrandon - wah, blum pernah tuh didiagnosa dengan jendolan di plasenta. moga2 bukan hal yang serius, dan sebenernya ga berpengaruh ama pertumbuhan si bayi... tapi kayaknya yang nyanya bilang bener deh... jangan dibawa stres aja, kemungkinan besar, kata om dokter bener...

kalo sempet, keep us updated ya. jadi pengen tau juga kok bisa ada benjolan di plasenta.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Jendolan misterius di plasenta

ayiebrandon
Duuuh belum pernah denger ada kejadian begini...
Kudoain semoga ga ada yang serius ya mom..
Betul kata semua...jgn dibw stress
emang susah sih utk ga mikirin.
Tp tetep berusaha berpikiran positif dan byk2 berdoa ya mom
InsyaAllah ga ada apa2 yaa..

Smoga selalu sehat mommy dan baby nya...:)

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

6

Topic: Jendolan misterius di plasenta

@ mba thalia and @ mba Ysee...

Haii mommy2 cantiiik... salam kenal yaaa...

Iyah, makanya aku kasih judul "jendolan misterius".. hehehe.. karena gak ketauan apaan sih sebenernya tuh jendolan.. ^__^
kista bukan, penumpukan kalsium juga bukan,.. masa jerawat sih???? ^_^

yap!! aku gak akan stress berlarut2 mikirin si jendolan aneh ini.. ntar malah bayinya ikut stress..

7

Topic: Jendolan misterius di plasenta

Semangat moms ya, jadi kalau dokternya udah bilang jangan khawatir jangan stress berlebihan karena memang kan pas hamil kondisi dan hormon tubuh jadi berubah, makanya mungkin bisa sampai tumbuh jendolan misterius ini. moms juga sebenarnya bisa konsultasi ke dokter.