1

Topic: Sleeping Arrangement

moms,

share dong, sleeping arrangement antara si kecil ama mama papanya gimana?

i'm a working mom and i've been providing my daughter breastmilk until now (she's 20mos old) so co-sleeping has always been an answer so i can get my sleep while she gets her milk (latch on dengan posisi tidur). tapi makin kesini, berbarengan dengan niat untuk weaning, gue pengen ngajarin naia untuk mulai tidur sendiri.

pastinya rada susah karena dia masih suka kebangun tengah malem which means, disturbing my 'beauty sleep'.. heheh..
kebetulan kita baru pindahan rumah, dan emang dari awal udah di plan untuk bikinin naia kamar/play room biar dia mulai mau tidur di kamarnya sendiri, paling gak dibiasain.

ini udah 2 hari gue cobain, so far dia bisa tidur sendiri dari jam 10 sampe jam 3 malem. abis itu bangun, nangis dan gue pindahin ke kamar gue biar gue bisa tidur & dia nenen.

eventually, she will get used to stay in her own room that when she wakes up in the middle of the night she can go back to sleep by herself. well, if that's too much to ask, at least she doesn't need to cry, just cross to my room will do :)

so, moms.. share dong buat yang masih co-sleeping nih. gimana cara ngelepasin sleeping arrangement itu? am i doing the right thing so far?

thanks!!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Sleeping Arrangement

same question here! Noe is now 4 year old.. and we want it to be his voluntary action..

kita bikin dia janji "When you're 5 year old, you sleep in your own room"

mudah2an berhasil.. we'll see in march

a frantic housewife :p

3

Topic: Sleeping Arrangement

wah, kalo aina udah "dipindahkan" ke kamar sendiri dari 6 bulan sih... malah, dia ga suka tidur di kamar kita. tapi, ada bbrp phase yang dia minta kita temenin tidur di kamarnya sampai pagi. kan ga convenient banget buat kita.

mungkin ini bisa membantu: terakhir kalinya dia kena bug "temenin ampe pagi", tiap malem kebangun 3-4 kali nangis. trus kita mesti nemenin ampe dia ketiduran lagi... kan cape tuh.

jadi, gue bikin "mantra/janji" yang gue bilang ke dia sebelum bobo, biasanya sehabis gue melakukan ritual sebelum bobonya dia (sikat gigi, ganti baju, bacain buku, trus nyanyi lullaby):
- aina bobo sendiri ya. mama ada di kamar mama. ga jauh2 kok, tuh pintunya kebuka.
- kalo aina perlu apa2, tinggal panggil atau ke kamar mama aja.
- kalo aina mo pipis, panggil mama.
- kalo udah bangun, panggil mama juga.
trus, gue tinggal, ngebiarin dia untuk bobo sendiri.

nah, waktu awal, tiap malem kebangun 3-4 kali, trus dia nangis. gue tidurin sambil bilang gitu. hari ke 3, dia ga nangis, tapi jalan ke kamar gue, trus ngajak minta ditidurin lagi... kadang2 alesannya "kangen".

setelah seminggu, dia ga kebangun2 tengah malem lagi. tapi ampir setiap mo bobo dia tanya, "mama ga jauh2 kan?" trus, gue jawab ama janji2 gue itu.

semoga inspiring, siapa tau ada yang bisa dicoba :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

4

Topic: Sleeping Arrangement

hi all...

kalo gue, sampe hari ini... alde masih tidur bareng :) ya! bayangin, di tempat tidur ukuran queen. malah kadang-kadang berempat sama arza. haha jadi 'seru' banget deh.

waktu di apartemen lama, alde sempet tidur sendiri di kamarnya. di apartemen lama ada 2 kamar. trus, sodara kita numpang tinggal. jadi alde hanya tidur sendiri, beberapa bulan aja. waktu pertama tidur sendiri, alde nangis-nangis meski udah kita kasih penjelasan bahwa alde is a big boy, jadi kalo tidur di kamar sendiri yaaa...
dan kembaliii... gue ini orangnya tegaan :) jadi pas pisah kamar alde nangis-nangis... ngga dibukain pintunya. tapi di kamar udah disediain susu & air minum in case dia haus.

acara nangis-nangis pisah kamar ini ngga lama kok moms, cuma 3 hari (paling lama seminggu). gue tega karena gue yakin, anak itu cepet banget kok belajar. kadang kita aja yg under estimate pada anak-anak, padahal mereka sebenarnya mampu.

tapiii...
udah pindah ke apartemen kontrakan yang baru, alde tidur bareng lagi sama kita. nah kalo ini karena gue. *duh maaf ya labil, gemini soalnya hehe*. jadi, alde lama-lama kan udah bawel banget... jadi gue seneeeng banget ngobrol2 sama dia sebelum tidur. udah gitu dia suka ngelucu. trus dia itu bisa banget meluluhkan hati ibunya dengan mudah.

pernah, suami bilang... alde harus pisah kamar. malem itu juga, tanpa diskusi malem sebelumnya. nah gue yang merasa kehilangan... dan jujur, sampe nangis huhuhu. yang lucu gue ke kamar alde, meluk dia (waktu itu dia belum tidur)... trus alde malah yg menenangkan gue...

"it's okay, mama... now go to your room." :)

akhirnya, berdasarkan request gue... alde tidur bareng kita lagi. ga tau deh, gue mikirnya ntar juga dia minta pindah kamar sendiri... dan gue selaluuu mikir, mumpung masih bisa tidur bareng sama dia... nanti-nanti dia kan minta pindah sendiri. maklum gue selalu ngerasa, anak itu tumbuh dengan cepat (kayaknya perasaan sejuta ibu di dunia ini ya). *huhuhu*

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

5

Topic: Sleeping Arrangement

niniiiitt - i feel you! gue juga mikirnya sebenernya gitu nit. gak mungkin lah anak itu bakal tidur bareng kita terus. pasti tar ada masanya dia yang malu dan pengen di kamar sendiri. dulu pun waktu kecil gue gitu. tau2 gue ga mau lagi tidur ama bokap nyokap. plus gue pengen enjoy the time bisa tidur bareng gitu.. kapan lagiii??

tapi suami yang maksa2 kalo naia mesti dibiasain tidur sendiri. makanya sampe sekarang pun gue cuma teganya nidurin sendiri di kamarnya, trus gue pindah ke kamar gue. tar malem2 kalo naia bangun, gue ajak balik ke kamar gue deh.. ehheheh..

btw, itu alde yang nangis2 disuruh tidur di kamarnya sendiri itu, dia udah lepas breastfeeding kan yah? naahh, gue pun mikirnya selama gue masih breastfeeding, rada susah ngebayangin kalo mesti tidur pisah. too tiring for me! *alesan*

tapi in a way ya ada baeknya emang kalo naia dah bisa tidur sendiri. jadi sekarang gue yang penting bisa memperkenalkan kamarnya dan tempat tidurnya. tapi kalo malem2 dia mau tidur ama gue aja ya gapapa.. papa nya ngalah deh! :P

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Sleeping Arrangement

ninit wrote:
yang lucu gue ke kamar alde, meluk dia (waktu itu dia belum tidur)... trus alde malah yg menenangkan gue...

"it's okay, mama... now go to your room." :)


hahahaha, lucunya... soooo sweeeet!

tapi sama, nit. gue (dan ari) juga malem2 suka kangen ama aina, trus masuk kamarnya, tidur di sebelahnya sambil peluk2 dia... kadang2 ampe dianya kebangun.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

7

Topic: Sleeping Arrangement

Mustinya pisah tidur itu dari umur berapa ya?

Gw masih tinggal di rumah kontrakan yang kamarnya ada 2. Rencananya satu kamar buat Nara tapi berhubung sekarang adek gw ikut tinggal sama gw, jadi kamar itu untuk dia dan Nara masih tidur bareng gw dan ayahnya. Waktu masih bayi, Nara tidur di boksnya, tapi tambah gede, boksnya terasa makin kecil...akhirnya Nara naik ke tempat tidur kita. Rencananya taun depan ketika calon rumah kita udah selesai dibangun, Nara baru dapet kamar sendiri :)

setuju sama ninit , selama masih mau bobo sama kita...puas-puasin dulu karena anak itu cepet banget gedenya. *sekarang baru ngerasain arti kalimat yang sering banget diucapin sama orangtua dulu*

metariza.com | mother of two |@metariza

8

Topic: Sleeping Arrangement

metariza, IMHO, ga ada bates umurnya sih... gue waktu masih kecil tidur sendiri dari bayi... eh, pas SD, bokap kerja di luar kota, jadi gue malah mengungsi ke kamar nyokap... tidur ama nyokap ampe SMP!! pas bokap udah tinggal satu kota lagi, bisa tuh balik tidur di kamar sendiri... kayaknya ga ada bates waktunya deh.

kalo aina, dibikin tidur di kamar sendiri dari masih 6 bulan karena convenient orang tuanya... gue dan suami kerja dari rumah sebagai designer. nah, kalo siang, kita ga punya waktu 100% buat kerja, soalnya mesti ngurusin aina dan rumah (ga ada pembantu). jadi, kita berdua kerjanya setelah aina tidur sampai kira2 jam 3-4 pagi.

kalo mesti co-sleeping, takut jatuh dari ranjang karena ga ada yang jagain. apa lagi waktu masih kecil. jadilah dia tidur di box sendiri dari bayi. pas 6 bulan, dipindahin ke kamar sendiri, jadi gue dan suami bisa keluar masuk kamar dan nyalain lampu dengan bebas malem2... ga usah takut ngebangunin dia.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

9

Topic: Sleeping Arrangement

Belum punya luxury untuk memberikan kamar bagi anak2ku, tapi so far anak yang pertama walau masih sekamar tidur di kasur sendiri (dan kalau bangun jam 4 pagi suka naik kasur papa-mama-nya dan ngegeser papahnya hingga papanya jatuh dari tempat tidur). Tapi kita biasain anak yang pertama ini nginep dirumah kakek-nenek atau dirumah budhe dan pakdhenya any chance we get sejak Vira umur 2 tahun. Awal-awal sih jam 12 malem bangun dan minta dijemput, tapi sekarang sih dah biasa, dan biasanya dia tidur di kamar sendiri kalau disana.

Hopefully soon kita bisa dapet rumah di daerah Cempaka Putih yang sesuai budget supaya anak2 bisa punya kamar sendiri. Amin...

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

10

Topic: Sleeping Arrangement

ninit, alde lucu bangettt!! dan dewasa sekali dia yah, menenangkan ibunya :) sweet
gw sejauh ini belum misahin tidur sama langit. bahkan masih seranjang :p
kamar buat langit sih udah ada, tapi pengen sekalian renovasi rumah biar kamarnya lebih rapi. mudah2an pas 2 tahun, by the time dia ga nenen lagi bisa misah kamar..
atau kalo masih belum juga ya gpp lah, ntar juga dia pasti akan minta sendiri :D

11

Topic: Sleeping Arrangement

Urban Papa wrote:
(dan kalau bangun jam 4 pagi suka naik kasur papa-mama-nya dan ngegeser papahnya hingga papanya jatuh dari tempat tidur). ...


sama banget nih, vanya tidurnya seperti latihan kungfu. dan selalu yang menjadi target kakinya cuma satu: muka daddy-nya

sampai sekarang masih menikmati tidur dengan dua cewek, mumpung mereka berdua belum bosen juga :D

bapak dari vanya sekaligus baby assistant di nenen baby shop

12

Topic: Sleeping Arrangement

yudhis wrote:
...vanya tidurnya seperti latihan kungfu.


Hahaha... ngalamin juga tuh, bangun pagi dengan jempol kaki dihidung. Untung gak nyulek mata.
Herannya, baru setelah punya anak dan istri saya ini ngorok tidurnya, padahal sebelumnya gak pernah ada yang bilang kalo saya tidurnya ngorok, hehehe :-p

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

13

Topic: Sleeping Arrangement

seru juga baca pengalaman ortu2 lain ya.....Vanya kayaknya gayanya sama banget ama Diba, tidurnya ke mana2 posisinya, dan hobi naro kakinya di muka ortunya heheheh

sampai saat ini Diba masih tidur sama bundanya, alasannya sih karena Diba masih nyusu (tgl 5 besok Diba 26 bulan), plus lagi sementara ini ayahnya di Jakarta habis nyelesein S2nya dan kerja, sementara kita di sini......niatnya sih nanti kalau udah berhasil weaning with love (btw, udah ada thread ttg weaning ini blm ya?...mau dong dibahas), maunya Diba pindah ke kamarnya sendiri.....alasan lainnya sih, masih belum rela pisah tidur ama Diba sambil peluk2 dan nyium2 dia....bener banget kalau masanya anak mau tidur dengan kita kan cuma bentar....heheheh

~ Diba's Bunda ~ Living by the shores of Matano Lake ~ Occassionally attempt to bake ~ Book lover
@annsjamsu

14

Topic: Sleeping Arrangement

bundadiba wrote:
(btw, udah ada thread ttg weaning ini blm ya?...mau dong dibahas)


bunda diba ;) ada threadnya di sini http://theurbanmama.com/forum/topic23-weaning-from-breastfeeding-share-your-tips.html

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

15

Topic: Sleeping Arrangement

thx tante ninit.....

lucu ya foto Diba dengan don't worrynya hehehhe

~ Diba's Bunda ~ Living by the shores of Matano Lake ~ Occassionally attempt to bake ~ Book lover
@annsjamsu

16

Topic: Sleeping Arrangement

ninit: alde is so sweet
thalia: wow some kids and parents can really do this ya! bravo! gue kayaknya antara tega dan gak tega :D

Rencananya, begitu Lil Soldier menginjak usia 4 tahun, which means big milestones for him... (boleh ikutan tae kwon do, masuk TK, termasuk boleh punya kamar sendiri!).

I want to ask him to paint, decorate his own room with all those Transformers and Army accessories. I want him to think it as the reward of being a big kid. Hope this will work!
Idenya sih hampir sama dengan proses menyapih ASI dia. Bisa loh tiba-tiba pas ultah dia ngga mau sama sekali karena merasa sudah terlalu besar.

And thelilsolder is back. Fire!

17

Topic: Sleeping Arrangement

Zhaf dulu disapih umur 2taun, dan beberapa minggu sebelum itu kita pisahin tidurnya, di kamar sebelah tapi ga sendiri, soalnya itu kamar si mbak pengasuhnya (hehe curang). jadi dari bayi zhaf tidur sama kita, biar gampang nyusuinnya. trus setelah disapih dia jadi ga mau tidur sama kita lagi, mau sama mbaknya aja....

setelah adeknya lahir, dan banyak keluarga dateng ke rumah, zhaf jadi balik tidur di kamar ortunya, tapi di playpen jaman dia bayi dulu! muat loh, dan dia suka... eh cuma bertahan beberapa minggu dan skrg udah pindah ke kasur ortunya lagi, bareng adeknya juga jadi ber-4 hehe...

ntar insya Allah kalo udah ada rumah sendiri deh, disiapin kamar buat zhafran, sapa tau dia emang udah pengen tidur sendiri di kamarnya.

18

Topic: Sleeping Arrangement

thelilsoldier wrote:
wow some kids and parents can really do this ya! bravo! gue kayaknya antara tega dan gak tega :D


hehe, kalo yang ini mau/ga mau mesti ditegain, soalnya ga ada jalan lain. kalo ga gini, ga bisa beli popok dan susu karena ga bisa kerja... yah, kayak mo brangkat kerja aja :)

ibudhea - aina juga masih pake crib bayinya... cuma udah pas2an banget. sekarang lagi liat2 mo beli ranjang beneran....

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

19

Topic: Sleeping Arrangement

Mulai malem ini gue dan suami cobain cara thalia dengan janji bahwa klo Ywa (3,5 tahun) malem kebangun, tinggal panggil, kita pasti dateng, karena kamar nya kan sebelahan juga.
Gue optimis dia bisa, karena udah hampir sebulanan ini dia tidurnya uninterrupted. Jadi dia udah bisa ditinggal tidur sndirian semalaman dan kita sbagai ortunya juga udah ga terlalu sulit karena dia ga perlu bangun bolak balik dalam semalam. Menurut gue faktor ini juga penting ya, karena kalau dipaksa perjuangannya bakal lebih berat, hehehe.

Nah, anyway sepertinya gue bakal kayak Ninit juga deh, bakal kangen. Tapi yah, emang udah saatnya lah. Udah besar dan biar gue dan suami jg bisa lebih mesra2an :P

Urban papa, dibanding suami, gue yang lebih sering kena serangan Ywa deh. Kakinya itu loh, sering nendang perut gueee! mpe kebangun dan susah tidur lagi saking sakitnyaaa

Visit My Lapak at Mama's mall : Young Living Essential Oil.
*Special discount for TUM member, mention your ID.
*Lots of my personal tips : tried and tested using YL EO
Link : http://theurbanmama.com/forum/topic3133-essential-oils-young-living.html

20

Topic: Sleeping Arrangement

yardian, good luck yaaa :) pas lagi nidurin Ywa, sempetin "kangen2an" dulu aja... peluk2 dan cium2 yang banyak. itu udah termasuk ritual bobo aina, hehehe.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

21

Topic: Sleeping Arrangement

Wahh, kalo soal yang satu ini kayanya tekanannya lebih di gue deh. Gue kangenan!!! Kalo ngga ngendus2 bau mulut nya Ayla tiap tidur kayanya gue yang ngga bisa tidur :(

Mungkin ntar deh. Tapi sekarang ini masih ngga bisa lepas, aahahaha. She'll be a big girl soon and I won't have the chance to sniff her every so often.

Rock 'n Roll Momma

22

Topic: Sleeping Arrangement

Yup, Djemima betul. When they reach 4 itu bau mulut berubah jadi morning breath dan bau asem jadi bau yang sungguh lebih asem, jadi enjoy it while you can.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

23

Topic: Sleeping Arrangement

huahuahua... urban papa! you are so right! hihihi ;)

iya djem, beneran deh... nikmati sebelum menjadi asem (LOL masih ketawa baca yg urban papa chandra)...

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

24

Topic: Sleeping Arrangement

haha.. baca komennya urban papa jadi ngakak nih pagi2. untung belom sampe kesitu, jadi mau enjoy it while i can.

and jem emang paling enak yah nyium bau mulut anak kecil..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

25

Topic: Sleeping Arrangement

iya ya kenapa kalo udah umur 4 taon jadi acem?

a frantic housewife :p