1

Topic: Antibiotik untuk Bayi

Moms... Aku lagi resah ni..Faiz (6 bln) kan diare rawat di rumah pake obat herbal karena suami lumayan hati2 dg obat2 kimia resep dr dokter.
nah stelah 2 kali uji feses rutin hasilnya amuba, parasit, dll negatif hanya lekositnya agak tinggi yaitu 10-12.
Karena 2 minggu masih diare akhirnya kami ke dokter. Nah sama dr dikasih resep puyer dan sirup antibiotik.Padahal kalau penyebabnya virus kan nggak mempan ya antibiotiknya.
sampai hari ini (1 hari setelah ke dr) obat masih belum kuminumkan.Pupnya Faiz masih agak cair sih tapi udah 2 kali sehari, dan aku raguuu banget mo ngasih antibiotik.
dulu Faiz umur 2 minggu demam,juga pernah diminumin antibiotik sama dr di rumah sakit,krn nggak tau aku manut aja,eh ternyata belakangan baru denger kalo bayi sebaiknya jangan sering diobati pake antibiotik.

Yang jadi pertanyaan, sebenarnya apa perlu sih tiap bayi sakit diobati AB?
Ada efek sampingnya nggak AB buat baby?


Mama mods..maaf kalo salah kamar monggo dipindahkan ya.

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

2

Topic: Antibiotik untuk Bayi

CNAP wrote:
Yang jadi pertanyaan, sebenarnya apa perlu sih tiap bayi sakit diobati AB? Ada efek sampingnya nggak AB buat baby?


Jawabannya bisa dibantu dari sini CNAP, "Mari kita ambil contoh, bayi diare. Penyebab utamanya adalah infeksi virus dan obatnya adalah cairan rehidrasi oral (oralit) untuk mencegah dehidrasi."

Penggunaan antibiotik untuk diare dalam kasus Faiz sebetulnya ga perlu, yang perlu dijaga adalah jangan sampai Faiz dehidrasi, jadi dibanyakin aja asupan ASInya. HTH ya.. :)

a happy wife & mom always defines me best! :)
@mamaaltair

3

Topic: Antibiotik untuk Bayi

CNAP,

Kl soal efek samping antibiotik unt bayi (maxudnya kajian ilmiahnya) aku ga tau..
sekedar sharing waktu anakku msh bayi dan kena diare sama DSA ku ga dikasi AB krn mnrt dia bayi ga perlu di obati dg AB apalagi yg full ASI. jd anakku cm di kasi lacto B, minumnya jg cm seperempat bungkus lacto B-nya sama disuruh ASI banyak2..

Sorry kl ga ngebantu..dan semoga si kecil cepet sembuh yaaaaa :)

mother | wife | baker wanna be

4

Topic: Antibiotik untuk Bayi

CNAP, hai..ini bundanegara to? Blm sembuhkan Faiz? Link yg dikasi Jessti ttg antibiotik udh bagus tu..coba aja baca2 dari situ.. IMO Antibiotik bkn musuh asal tepat penggunaannya. Jadi dipakai utk penyakit tertentu yg emang membutuhkan.

Btw obat herbal apa yg diminumkan? Hati2 ya..tktnya malah ada efek neg ke perutnya Faiz. Kalo ragu coba cari second opinion dari dokter lain. Again..saran gw sih yg RUM ya.. Leukosit tinggi kmungkinan emg ada infeksi..Semoga Faiz cpt pulih..

@medyratri

5

Topic: Antibiotik untuk Bayi

jessti, thank u so much,link nya membantu sekali.

mami Yo, aku ada sih Lacto B..tp ga berani ngasih secara itu obat Faiz wkt masuk RS dulu,dan dia muntah tiap dimimumin Lacto B.

Medy, thank youu :) iyaa aku bundanegara :)
obat herbalny tu minyak But but namanya.dr Malaysia. Emg terbukti ngefek buat mcm2 pnykit,jd suami milih itu.temen yg dokter jg saranin pake itu kalo ga mw diresepin obat kimia.

Eh,dokter yg aku dtangi kemaren tuh udah yg paling RUM di kotaku..dpt info dari DSOG ku.
Huff..lets see aja akhirny ini.kalau hari ini msh mencri2 ya apa boleh buat..AB nya dminum *berdoa smg Faiz udah sembuh*

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

6

Topic: Antibiotik untuk Bayi

CNAP wrote:

dulu Faiz umur 2 minggu demam,juga pernah diminumin antibiotik sama dr di rumah sakit,krn nggak tau aku manut aja,eh ternyata belakangan baru denger kalo bayi sebaiknya jangan sering diobati pake antibiotik.

Yang jadi pertanyaan, sebenarnya apa perlu sih tiap bayi sakit diobati AB?
Ada efek sampingnya nggak AB buat baby?



CNAP, BAB-nya sudah 2x sehari ya. Sebenarnya sudah normal yah. Semoga cepat sembuh.

Setahuku memang antibiotik bisa untuk mengobati demam, tapi ya tidak sembarang demam lalu dikasih antibiotik, apalagi untuk bayi yang masih di bawah 1 tahun. Antibiotik diberikan untuk penyakit infeksi karena bakteri, a.l. diare dan radang tenggokan, dll. (Walaupun diare dan radang bisa juga diakibatkan karena virus). Antibiotik harus dihabiskan, soalnya kalau tidak malah akan membikin bakteri kebal, sehingga kalau sakit lagi (yang sama) si pasien akan butuh antibiotik dengan dosis yang lebih tinggi. Pemberian antibiotik yang tidak tepat sasaran bisa membunuh bakteri lain yang diperlukan (in case antibiotik untuk diare). Atau juga malah bisa menimbulkan reaksi alergi. Moms, yang ini bisa dibaca2 untuk menambah pengetahuan

Just for sharing tentang diare, dulu waktu anakku masih di bawah 1 tahun, kalau aku makan yang pedes2 anakku suka jadi mencret, tapi biasanya aku langsung minum air perasan kunyit (dia masih ASI), dan biasanya langsung sembuh. Tapi pernah juga waktu dia umur 14an bulan kena diare, aku kasih perasan kunyit ga sembuh juga, ternyata setelah cek feses, ada bakteri coli. Sama dokter dikasih antibiotik dan lacto-B untuk normalisasi ususnya. Waktu itu malah sampai rawat inap di RS 4 hari. BAB-nya sehari bisa lebih dr 5X, sampai anakku lemes. Akhirnya setelah hari ke-4 BAB masih juga 5X, dokter memberi obat pamungkas, Kaolin (yang kalau berdasar ini tidak boleh diberikan untuk anak yang ada bakteri coli). Tapi alhamdulillah langsung mampet diarenya. Tapi obat cuma boleh diberikan sehari, kalau diarenya sudah mampet, obatnya juga harus di-stop. Tapi beberapa hari setelahnya, walaupun BAB-nya sudah 2 atau 3x, BAB-nya tetep lembek terus. Akhirnya kita konsultasi lagi ke dokter dan diberi tahu untuk beberapa lama anakku jangan dikasih makanan yg berkaldu/daging2an/ikan. Jadi ada hampir 2 minggu lauknya cuma tempe dan telur.

Sebenarnya aku juga termasuk type ibu yang suka paranoid sama antibiotik. Soalnya di keluargaku ada sejarah alergi antibiotik. Alm kakek pernah dirawat di RS, 3 hari pertama bukannya makin membaik malah makin memburuk. Timbul bentol2 merah di sekujur tubuh, ternyata kakekku alergi dengan antibiotik jenis amoxylin. Sejak saat ibuku kalau ke dokter selalu bilang kalau ada riwayat alergi antibiotik di keluarga. Tapi ada satu kejadian dimana ibuku lupa bilang ke dokter, jadilah ibuku tidak tahu kalau obatnya mengandung amoxilyn (ibuku sakit flu, batuk, demam). Dari malam sampai subuh ibuku muntah2, br berhenti muntahnya setelah muntah butiran darah berwarna hitam. Bener2 unforgettable deh :(. Sekarang aku kalau ke dokter (untuk aku/anakku), kalau dokter sudah kelihatan mau nulis resep, langsung deh buru2 bilang kalau ada riwayat alergi amoxilyn di keluargaku. Untuk jaga2 saja, tidak ingin saja hal yang sama terulang lagi.

Back to cerita awal ya, saking paranoidnya dulu pernah juga aku tidak memberikan antibiotik yang diresepkan dokter ke anakku. Waktu itu anakku lagi tumbuh gigi gerahamnya, 4 gigi tumbuhnya bareng semuanya. Kebiasaan anakku kalau tumbuh gigi suka gampang muntah dan rada susah makan. Sama dokter diberi obat anti muntah dan diperiksa gusinya. Aku masih ingat betul dokter bilang begini "Bu, ini gusinya radang, karena anaknya kalau makan diemut". Hari kedua, anakku mulai demam tinggi dan tidak mau makan sama sekali. Akhirnya balik ke dokter lagi dan mengaku dosa kalau antibiotiknya tidak kuminumkan. Akhirnya setelah itu antibiotiknya kuminumkan. Alhamdulillah sehari kemudian demam tingginya sudah nggak ada, tapi hampir seminggu anakku bener2 tidak mau makan sama sekali, walaupun makanannya sudah diencerkan seencer susu. Ya, memang penyesalan selalu datang terlambat.

Maaf ya moms, kalau kepanjangan. Intinya sih aku pingin cerita kalau kadang memang kita perlu antibiotik, dan jika ada riwayat alergi antibiotik di keluarga, jangan lupa untuk memberi tahu dokter, walaupun dokternya tidak bertanya :).

7

Topic: Antibiotik untuk Bayi

CNAP I feel u.. Nata juga pernah diare waktu umur 10 bulan, waktu itu pas liburan sekolah dan sepupu2nya kumpul semua. Ada sepupunya diare, langsung merembet semua anak2 di rumah diare semua, 2 diantaranya dirawat. Gw trauma bgt sama diare bikin BB turun dan anak terlihat lemas ya..

Setau gw diare krn amoeba atau disebut amoebiasis/disentri memang harus pakai antibiotik, misalnya metronidazole. Coba dicek antibiotik dari doktenya apa? Kalo gw selalu minta copy resep dari dokter, untuk cek kandungan puyernya apa aja. Yang penting cairan masuk terus, kalau nggak mau lacto-B, coba pedialyte / renalyte, dan jangan berhenti kasih ASI.

Ohya efek samping antibiotik tergantung, obat tsb dimetabolisme di mana, paling banyak di hati. Tp jangan khawatir, gak semenakutkan itu kok. Kalau memang perlu dikasih, IMHO kasih aja. Semoga Faiz cepet sembuh ya..

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

8

Topic: Antibiotik untuk Bayi

intan,
imo, kalo udah 2x sehari sih normal ya..
Dan memang gak bisa langsung normal, pasti bertahap dari yg encer, terus lembek dan back to normal. Dan seharusnya memang harus keluar kotorannya, biar panasnya turun.

Setuju sama vania,
Kalo emang dirasa perlu gpp koq kasih AB. RUM/RUD itu kan penggunaan obat secara rasional, bukan berarti anti terhadap obat2an.
Setelah dikasih lacto b, Asal banyak minum air putih, ASI dan cairan pengganti spt pedialyte insya Allah cepet sembuh :)
*hugs*

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

9

Topic: Antibiotik untuk Bayi

CNAP

coba deh link nya bunda wati diubek pelan2..asik bacanya.
jd ngeh nt banyak obat2an yg ga perlu tp sayangnya sering kita ksi ke anak cm krna panik atau ga tahan liat anak sakit.
kalo BAB udh 2x sehari mudah2an udh msk masa recovery ya.
kalo leukosit tinggi wajar koq. bagusnya ga patokan ke angka leukosit aja, tp ke klinis anak.
klo anaknya msh lari sana sini, msh mau asi/sufor (klo udh sapih) msh mau mkn dikit2, mngkn obat2an bs dipending dl.

beside obat diare itu cuma cairan, ORS (oralit) dan parasetamol.
utk obat2an herbal jg bener tuh kata MEDY jgn sembarangan ksi. kita kan ga tau bagaimana proses pengolahannya.
begitu jg dengan penggunaan puyer, polifarmasi namanya.
di link td jg dibahas tuntas soal ini.

Bunnia imo jg nih, antibiotik ga cm ke hati efek sampingnya, tp juga menyerang bakteri baik dlm usus kalo penggunaannya ga tepat.
akibatnya bs ciptain kuman superbugs. yg pd akhirnya ga mempan lg ama AB spektrum luas sekalipun.
bkn anti AB seh tp being wise aja thdp AB.

iiihh sori jd sok teu nih..

-nia-
ibunya razan & ragha
follow me @nieafardina

10

Topic: Antibiotik untuk Bayi

Eh tunggu, bahasanya CNAP agak ambigu deh.. Maksudnya amoeba (+), parasit (+), trus dll (-), atau amoeba (-), parasit (-), dll (-)? Pokonya kalo yg tinggi cuma leukosit emang gak perlu AB, soalnya alergi juga bisa meningkatkan leukosit, sama banget sama Nata waktu gw kebanyakan makan coklat, hasil uji faeces rutinnya leukositnya tinggi. Tapi kalo amoeba (+), parasit (+) harus pake AB.

Kalo superbugs setau gw terjadi kalo penggunaan AB irrasional, tp kalo emang ada indikasi, penggunaan AB perlu. Jadi AB bukan musuh, tapi harus rasional aja penggunaannya. Puyer pun kalo isinya rasional masih gpp kok. Asal ditanya aja isinya apa / minta copy resepnya. Kasian dong yg pada ke puskesmas kalo puyer gak boleh. Hehehe..

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

11

Topic: Antibiotik untuk Bayi

bunia..aq bukan anti ama AB koq. cuma emang ga semua diare butuh AB.
tapi aq juga msh belajar2 koq..
kalo soal puyer disebut polifarmasi krna meamng penyiapan obat dgn cara ng ga bener. kalo cuma demam dan rewel ada parasetamol sediaan drop dan sirup. kalo obat batuk pilek sbnrnya kan ga blh utk bayi..
soal puyer cb baca disini http://purnamawati.wordpress.com/2009/02/13/obat-puyer-sudah-ditinggalkan-di-negara-miskin/ (boleh ga mskin link begini?)

di web who ada dijelasin tp td aq ga bs buka web who.

semoga berkenan ya bun

-nia-
ibunya razan & ragha
follow me @nieafardina

12

Topic: Antibiotik untuk Bayi

Hai nia.. Nama kita sama yaaa.. :D

TFS ya.. Jadi2 gw luruskan nih maksudnya.. Gw juga anggota milisnya bunda Wati.. Nah tahun 2009 kan heboh tuh soal puyer, dan beliau emang anti puyer banget. Sampe akhirnya gw tanya ke beliau, gimana nasib dokter2 di puskesmas terpencil yang persediaan obatnya terbatas? Menurut jawaban beliau, puyer bisa digunakan selama isinya memang rasional, dan memang nggak boleh lebih dari 2 obat, di mana obat yg boleh dicampur adalah obat tertentu untuk menghindari interaksi antar obatnya. Tapi kalo di jakarta di mana persediaan obat memadai, apalagi untuk masyarakat menengah ke atas, kayanya mereka gak butuh puyer, kecuali mungkin special case.

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

13

Topic: Antibiotik untuk Bayi

bunnia, noted, g boleh lebih dari 2 jenis. thanks atas pencerahannya ya ...
dokternya Asa kebetulan emg g pernah kasi puyer. tapi pernah pas Asa batpil parah ampe 2 minggu n dsa-ny keluar kota dia kubawa ke klinik lain n dapet puyer yg terdiri dari banyak jenis obat (seingatku lebih dari 4). setelah dicek per jenis obat n tanya ke temen2 yg dokter akhirnya diputuskan g dikasih.
share lagi ya bu dokter, soal penggunaan antibiotik yg aman untuk bayi ...

less ego, more heart

14

Topic: Antibiotik untuk Bayi

bunnia tosssss...seneng de ketemu teman sekampung..hoho apa coba..nah gt lbh berimbang infonya..udh kuduga dr awal ini kaya'a anak asuh bunda deh..xixi

sidta kaya kata bunnia permisifnya cm buat yg dipedalaman bgt.dmn obat2an rada susah.
kalo cuma batpil mustinya ga pake ab dan obat batuk. yg diperlukan cm obat sabar de hehehe...kalo batpil bnykin mnm air putih anget aja.
mom sidta hebat deh ga lgsg kasi ke anaknya tp kroscek dl kandungan puyernya

-nia-
ibunya razan & ragha
follow me @nieafardina

15

Topic: Antibiotik untuk Bayi

Hai moms.....terima kasiiiih sekaliiii saran,doa,dan bantuan link nya.
Very helpfull..maaf nggak langsung bales post satu satu karena kalau online sebentar2 banget sambil ngurus lain lain :)
Alhamdulillah Faiz sudah sembuh, sehari pup udah 1x tapi seperti kata eka, masih encer dan lembek.it's okay,insyaAllah segera berbentuk normal seperti seharusnya *praying*
thank you.. :D berasa lebih tenang saat itu baca post dari mama enzo-dante

bunnia, semua hasilnya negatif..cuma, lekosit tinggi.itu aja..
makanya raguuu banget mau kasih AB ke Faiz. Memang Faiz punya kecenderungan alergi juga,baru tau itu bisa bikin lekosit tinggi yah.thank you so much bu dokter :)

nia triwijanarko, yes mom, salah satu alasan juga keukeuh nggak kasih obat dulu karena anaknya cerah ceria dan aktif,kucek tanda2 dehidrasi apa nggak,nggak juga..
link nya dr wati emang nggak bikin pusing ya bacanya.thank you
(btw, dokter juga kh kaya bunnia?just curious :P )
oia, dari apotek kemarin aku juga mnta copy resepnya, dan kandungan puyernya lebih dari 2 macam :(

Sidta, memang sebagai orangtua kita harus teliti dengan obat yang akan dikonsumsi/masuk ke tubuh anak kita.smart mama!

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

16

Topic: Antibiotik untuk Bayi

aiihh...aq bukan dokter..cm seneng aja bljr dr milisnya bunda wati..iya sayang ya puyernya :(
kalo aq dl pas bw rzn konsul biasa pas dokter mulai nulis resep nanya baik2 obatnya apa aja. kalo ada puyer sehalus mngkn aq tolak. alasannya rzn susah mnm puyer. atau kalo ga bs jg, pulang dl brosing kandungan dan eso obat. seringnya ga pernah ditebus.
kecuali kalo parasetamol ga ada dirmh.

-nia-
ibunya razan & ragha
follow me @nieafardina

17

Topic: Antibiotik untuk Bayi

Nia,ah iya, bagus tuh ga langsung nebus obatnya,tp cr info dl tt resep obat.thanks ya,aku catet :)

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

18

Topic: Antibiotik untuk Bayi

Kalo dokter ngasih pilihan, jd lebih milih drop dibanding puyer alesannya sih biar ga ribet pas ngasihnya,, :D ternyata memang puyer g recomended yah mom,, thx infonya,, :)

19

Topic: Antibiotik untuk Bayi

Mengenai AB, Queen pernah diresepin 2 kali, pertama pas cacar api, dan kedua pas batuk, ga demam, tapi kata dokternya sih udah radang, yo weis meskipun ragu akhirnya percaya aja, dikasih juga AB nya,,
Nah yg saya khawatirin skrg,, AB itu kan harus habis yah mom?? waktu AB yg pertama, ga saya kasih sampe habis,,
Obatnya sejenis suspensi hasil pencairan dan ada tulisan "maksimum penggunaan 7 hari" kira2 gitu tulisannya
setelah 7 hari dikasih, ga ada yg kelewat, obatnya masih ada, dan saya berhenti kasih ke Queen karena takut kadaluarsa dan Queen juga udah sembuh dari sebelum hari ke7 itu. kalo seperti ini harusnya gmn mom??

20

Topic: Antibiotik untuk Bayi

suskia alasan stop ab kalo memang tidak ada indikasi yg tepat.
kalo diblg radang tenggorakan musti uji usap tenggorok utk tau ada kuman atau ga. kalo tipus musti tes gal culture utk mastiin. kalo positip ya ab lah obatnya.
kalo isk musti tes urin rutin utk mastiin ada tdknya kuman, kalo ada pengobatan ab lini pertama udh bs diberikan sambil menunggu hsl urin kultur.
kalo cacar api kan nama medisnya impetigo.
ga selalu seh impetigo butuh ab oral cb baca disini http://www.mayoclinic.com/health/impetigo/DS00464/DSECTION=treatments-and-drugs

nah kalo batuk memang ga perlu ab samsek..even obat batuk jg ga perlu.
jd kalo udh terlanjur dibeli obatnya dibuang ke kloset aja trus botolnya dipake utk simpen pernak pernik. kalo ga takutnya dipake org2 nakal utk dipalsuin

-nia-
ibunya razan & ragha
follow me @nieafardina

21

Topic: Antibiotik untuk Bayi

Aq jg sedih bgt klo anakq dikasih ab.Jd dulu pernah wkt ngantarkan ayahku(72thn)berobat ke SP.Pd.Jd beliau nyarankan ayahku minum norit.Krn ktx orang tua&bayi g boleh dikasih sembarang obat.Jd norit itu adalah arang aktif yg bisa menyerap racun dan logam.Memang g langsung menyembuhkan sih.Tp klo menurutq hasil sampingan dr virus atau anak salah makan(anak kecil kan suka semuax kedalam mulut)jd terserap gitu sm norit tsb.Anakq kan usia 1tahun.Aq tanya butuh brp.Ktx kasih aja 1/2 tablet.&norit g ada efek sampingx.Semoga membantu.Maaf klo g nyambung dgn topik

22

Topic: Antibiotik untuk Bayi

mami Yo wrote:
CNAP,

Kl soal efek samping antibiotik unt bayi (maxudnya kajian ilmiahnya) aku ga tau..
sekedar sharing waktu anakku msh bayi dan kena diare sama DSA ku ga dikasi AB krn mnrt dia bayi ga perlu di obati dg AB apalagi yg full ASI. jd anakku cm di kasi lacto B, minumnya jg cm seperempat bungkus lacto B-nya sama disuruh ASI banyak2..

Sorry kl ga ngebantu..dan semoga si kecil cepet sembuh yaaaaa :)


stauku juga klo masih baby gak diberi AB, anakku klo kedokter juga cuma diksh Lacto B (1/2 bungkus campur susu/pake air jg bisa) sama disruh minum ASI yg banyak..soalna smpt baca2 klo dari baby dah kbiasaan dberi AB, maka nanti akan kebal akan obat2an (tidak ampuh obtnya).

I ? being a mother
?keep the fight to give our children the best life (??-)

23

Topic: Antibiotik untuk Bayi

feti wrote:
Aq jg sedih bgt klo anakq dikasih ab.Jd dulu pernah wkt ngantarkan ayahku(72thn)berobat ke SP.Pd.Jd beliau nyarankan ayahku minum norit.Krn ktx orang tua&bayi g boleh dikasih sembarang obat.Jd norit itu adalah arang aktif yg bisa menyerap racun dan logam.Memang g langsung menyembuhkan sih.Tp klo menurutq hasil sampingan dr virus atau anak salah makan(anak kecil kan suka semuax kedalam mulut)jd terserap gitu sm norit tsb.Anakq kan usia 1tahun.Aq tanya butuh brp.Ktx kasih aja 1/2 tablet.&norit g ada efek sampingx.Semoga membantu.Maaf klo g nyambung dgn topik


aku jg minum norit bun klo lg diare n slama ini ampuh :), tp baru tau klo ank kcl jg boleh y..thnx info na :)

I ? being a mother
?keep the fight to give our children the best life (??-)

24

Topic: Antibiotik untuk Bayi

hi buns..imho ya..
kalo anak diare baiknya jgn dikasi norit atau vometa atau obat pemampet apapun. krna ketika diare atau muntah tubuh sedang proses keluarin racun.
bantu dgn asupan oralit (it's a must), asi, susu, buah, apapun yg anak mau.
ksi dikit2 tp sering..
kalo dimampetin kita kira penyakit udh selesai, pdhl intinya msh ngendon dibadan.
lg coba brosing soal norit, tp lemot inet nih..kalo ada link yg kredibel aq posting lagi ya

-nia-
ibunya razan & ragha
follow me @nieafardina

25

Topic: Antibiotik untuk Bayi

Irsyad 5bln radang tenggorokan sempet demam 38 semaleman sampe siang, batuk" muntah sama keluar dahak.. Td tegang akhirny k dsa dikasi AB tp dimuntahin lg sm irsyad akhirny g ku kasi lg. Banyakin minum asi td sore bangun keringetan udah sehat lg.. Ternyata g perlu y AB ini tp kok dokter" langsung kasi resep aja.. Linkny bagus jessti :) bnr ABnya dibuang aja klo gt y? Thx y CNAP udah buka thread ini ;)