Apakah Susu UHT Menggunakan Pengawet?

cindy

Untuk lebih banyak membahas tentang aspek pengemasan, pengolahan, dan penyimpanan susu UHT, beberapa waktu lalu The Urban Mama bekerja sama dengan Tetra Pak mengadakan live-chat di sini bersama Prof. Dr. Ir. Purwiyatno Hariyadi, MSc (guru besar dan pakar teknologi pangan yang juga menjabat sebagai Direktur SEAFAST IPB). Apakah susu UHT menggunakan pengawet? Apa benar susu UHT aman untuk diminum? Berikut kami ringkaskan penjelasan dari Prof. Purwiyatno:

  • Prof. Purwiyatno menjelaskan bahwa UHT dan pasteurisasi adalah teknik pemanasan dengan tujuan untuk menjamin keamanan pangan. UHT (Ultra High Temperature) adalah pemanasan pada suhu tinggi (140°C) tetapi dengan waktu yang sangat singkat (2-4 detik). Teknik pemanasan UHT efektif sekali membunuh mikroorganisme dan kuman penyebab penyakit dalam susu, tetapi tetap menjaga keutuhan zat gizi susu. Proses pemanasan itulah yang membuat susu menjadi steril, bukan karena adanya bahan pengawet.

  • Proses pasteurisasi adalah proses pemanasan dengan tujuan membunuh mikroorganisme penyebab penyakit, tetapi panasnya tidak cukup untuk membunuh semua bakteri pembusuk. Susu pasteurisasi umumnya hanya bertahan sekitar 2 minggu dan perlu disimpan dalam kulkas (sekitar 8 – 10°C).
  • Susu UHT seharusnya bisa tahan lama asalkan diperlakukan dengan baik selama distribusi dan penyimpanan sehingga kemasannya tetap utuh, tidak bocor, atau rusak. Masa simpan susu UHT pada suhu ruang bisa mencapai 1 tahun. Setelah dibuka, susu menjadi tidak tahan lama, karena sudah tercemar dengan udara sekitar. Sebaiknya segera dihabiskan atau disimpan di kulkas dan hanya bisa bertahan sekitar 2-3 hari.
  • Sebelum dibuka, susu UHT bisa disimpan pada suhu kamar (sekitar 30-36°C). Jika disimpan pada suhu yang terlalu tinggi, bisa saja mengakibatkan kerusakan. Penyimpanan susu UHT juga perlu dilakukan pada tempat yang bersih.
  • Salah satu keunggulan susu UHT dalam kemasan Tetra Pak adalah bisa dibawa ke mana-mana secara praktis. Tidak perlu perlakuan khusus, Urban mama hanya perlu memastikan jangan sampai kemasannya rusak, misalnya tergores atau tertindih.
  • Mengenai kualitas produk susu dalam kemasan Tetra Pak, kemasan yang terbuat dari beberapa lapisan ini bisa saja bocor, jika tidak diperlakukan dengan benar. Mungkin akibat terkena benda tajam atau karena tertekan (tertindih) secara berlebihan sehingga sambungannya rusak.
  • Seharusnya kotak susu tidak perlu dicuci dahulu, cukup ditusuk dengan menggunakan sedotan pada bagian yang telah disediakan. Perhatikan kebersihan sedotannya. Susu sebaiknya disimpan di ruangan yang bersih dan tidak lembap, serta tidak bercampur dengan produk bukan makanan atau alat rumah tangga yang tajam.
  • Konsumsi susu bisa disesuaikan dengan kebiasaan atau selera. Perlu diingat untuk tidak memanaskan susu dengan mencelupkan kotaknya ke air panas karena bisa merusak kemasan dan kualitas susu. Lebih baik tuang dulu susunya ke gelas baru dipanaskan.
  • Susu UHT bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk aneka kue dan puding atau masakan lain yang memerlukan susu sebagai salah satu bahannya. Hilangnya gizi susu yang ditambahkan ke masakan tersebut tergantung dari proses pengolahan lanjut yang dilakukannya.
  • Salah satu mitos tentang susu UHT yang kerap beredar adalah bisa menyebabkan sakit gondongan. Secara teknologi, baik UHT dan pasteurisasi adalah teknik pengolahan yang baik dan aman untuk susu, sehingga susu menjadi steril, tahan lama, dan aman untuk dikonsumsi. Jadi seharusnya tidak ada hubungan dengan gondongan.
  • Beberapa kali di pasaran pernah ditemukan produk susu yang menggumpal. Jika proses sterilisasi susu, distribusi dan penyimpanannya dilakukan dengan baik sesuai prosedur, penggumpalan produk susu umumnya jarang terjadi. Kalau konsumen menemukan atau mengalami hal seperti ini, disarankan untuk mengadukannya kepada produsen, atau melaporkannya kepada BPOM.
  • UHT dan pasteurisasi adalah jenis teknologi pemanasan yang bisa digunakan untuk menjamin keamanan dan memperpanjang masa simpan produk pangan. Teknologi UHT dan pasteurisasi bisa diaplikasikan pada berbagai produk seperti sari buah, santan maupun susu.

Jadi berkat pengemasan menggunakan teknologi aseptik dengan kemasan enam-lapis, susu UHT dalam kemasan aseptik tahan disimpan dalam suhu ruang selama berbulan-bulan. Tetra Pak adalah pionir teknologi aseptik yang menjadi salah satu temuan ilmiah terpenting dalam bidang inovasi pangan pada abad ke-20. Satu tips penting saat membeli susu UHT, periksa terlebih dulu tanggal kedaluwarsanya dan pastikan susu itu tidak berada di ruangan yang panas atau terkena sinar matahari secara langsung. Semoga berguna bagi Urban Mama!

14 Comments

  1. enjimagetsari
    Enji Magetsari November 6, 2014 at 9:50 am

    Terimakasih rangkumannya Mom Cindy, jadi lebih banyak tau dan paham tentang susu UHT dan kemasan Tetra Pak-nya :)

  2. ninit
    ninit yunita November 6, 2014 at 11:06 am

    yey thanks cindy, udah bikinin ringkasannya… jadi nambah lagi deh pengetahuan ttg susu UHT.

  3. ipeh
    Musdalifa Anas November 6, 2014 at 11:16 am

    Thanks cindy summary-nya.

  4. Kira Kara
    Bunda Wiwit November 7, 2014 at 5:24 am

    cindy, thanks rangkumannya yaaa.. Jadi gak ragu lagi buat stock susu UHT buat Kira & Kara. Jadi tenang deeh… :)

  5. gabriella
    Gabriella Felicia November 7, 2014 at 9:55 am

    Wah makasih ya Cindy udah merangkum hasil chat dengan Prof Pur. Jadi selain tambah pengetahuan, sekarang juga lebih mudah kalau ada teman yg bertanya2 ttg susu uht.

  6. heniek
    heniek November 7, 2014 at 11:42 am

    terimakasih banyak infonya ^_^ sering banget dapet pertanyaan, kok anaknya minum susu kotak kan banyak pengawetnya hmmzzz…kadang suka males jawab langsung aja bilang, iya anaknya suka sih ^_^

  7. satriandra
    satriandra November 7, 2014 at 12:32 pm

    Terima kasih sudah menambah pengetahuan susu UHT :)

  8. cindy
    cindy vania November 7, 2014 at 11:17 pm

    mbak Enji,teh ninit,kak ipeh,mbak wiwit,kak ella,mbak heniek dan mba satriandra : Sama2 yaa mamas..
    supaya ngga bingung buat jawab ke orang-orang yang kurang informasi tentang susu uht ini :)

  9. PinK_VatrA
    PinK_VatrA November 9, 2014 at 7:30 am

    Ahh, jadi ngerti deh tentang susu UHT. Anak2ku udah minum UHT bertahun-tahun, dan selalu dapat pertanyaan dar orang sekitar, “emang susu UHT bagus? Kan bisa tahan sampe setahun lebih tuh susunya!” Dan aku selalu bingung gimana jelasinnya. Berkat artikel ini jadi lebih jelas deh!

  10. elzahra
    elzahra November 10, 2014 at 12:35 pm

    Thanks cindy atas rangkumannya

  11. Liana2201
    Liana2201 November 10, 2014 at 3:08 pm

    Kemarin aku baru aja rekomendasi ke kakakku untuk ganti susu formula anaknya jadi susu UHT..dampaknya memang keponakanku yang umurnya 1.6tahun jadi lebih berisi yang tadinya agak kurus..dan kata kakakku lagi siiih, lebih irit dari susu formula ya.

  12. nafta
    nafta November 14, 2014 at 10:33 am

    kurang cpat saya bergabung dgn forum seperti ini….jadi kalau anak sudah besar tidak perlu beli susu formula kan.dgn uht cukup..terima kasih infonya……

  13. Nunky
    Nunky November 22, 2014 at 8:56 pm

    Cerita sdkt yaa..
    Wkt itu ngbrl sm slh satu dokter SpA, beliau ga merekomendasikan susu uht ke anak loh.. Wkt itu usia anak sy 2thn & sy br ngasi uht selama 1mggu. Beliau nyuruh sy ganti ke sufor yg (katanya) kandungannya memang ditujukan utk bayi.
    Ktnya kandungan di susu uht itu umum.. Lbh cocok utk org dewasa.

    Tp sy ga pcaya begitu aja. Sy bnyk tny sana-sini & googling. Alhamdulillah dpt penjelasan yg ok. Makasi jg utk mb cindy udh bikin sy makin percaya sm uht :)

  14. Tyaa
    Tyaa September 4, 2015 at 12:33 pm

    Nanya dong moms,
    klo susu uht atau pasteurisasi blh diangetin ga ya?
    Kaya asip gitu, diangetin..
    bole ga?

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.