Ayam BaRica alias Balado Rica

Kali ini saya mau berbagi resep favorit abang dan kaka (si bungsu belum suka pedas). Namanya ayam BaRica yang diambil dari kata balado dan rica-rica. Anak-anak sangat suka dengan ayam rica-rica buatan oma mereka dan ayam balado buatan opungnya. Saat saya mencoba menggabungkan keduanya ternyata mereka suka sekali dan sering minta dibuatkan. Bangga sekali rasanya karena pada dasarnya saya kurang bisa memasak. 

Ini resepnya, mudah dibuat, kok. Selamat mencoba. 

Bahan Utama:

  • 1 ekor ayam segar, potong sesuai selera
  • 3 buah kentang, iris bulat-bulat
  • 150 g cabai merah campur rawit merah (atau sesuai selera)
  • 15 butir bawang merah
  • Garam, lada, penyedap rasa secukupnya

 

Bahan rendaman ayam:

  • 2 buah bawang putih, memarkan
  • 2 buah bawang merah, memarkan
  • 1 cm jahe, memarkan
  • Lada, ketumbar, garam, penyedap rasa dihaluskan sesuai selera

Cara membuat:

  1. Rendam ayam dengan bahan rendaman di atas, rebus dengan sedikit air dan api kecil, jangan buang sisa air rebusannya.
  2. Kupas dan iris kentang dengan bentuk oval. Cuci dengan air garam, lalu goreng kentang sampai berwarna kecokelatan, sisihkan.
  3. Ulek kasar atau blender cabai dan bawang. Saya menggunakan hand blender dan rasanya sama seperti diulek, cepat dan praktis. Sebelum diulek atau diblender, aduk cabai bawang dengan garam dan sedikit minyak.
  4. Masukan dua sendok makan minyak goreng ke pan dan masukan cabai serta bawang merah yang sudah dihaluskan, masak sampai matang, tambahkan penyedap rasa sesuai selera.
  5. Masukan ayam yang sudah direndam, aduk. Masukan kentang yang sudah digoreng, aduk rata lagi.
  6. Masukan sebagian air bekas rendaman ayam, sedikit demi sedikit, aduk-aduk sampai kering. Angkat.
  7. Taburi bawang goreng dan siap dihidangkan.

19 Comments

  1. avatar
    Aini Hanafiah March 23, 2017 6:26 pm

    udah balado, rica-rica pula... dua makanan favoriiitt xD aduh wajib dicoba ini resepnya Zata, dulu nyoba resep woku dari Zata aja sukses beraatttss di rumah. Thanks ya Zata bagi2 resepnya :D

    1. avatar
      zata ligouw March 23, 2017 9:47 pm

      waaa mudah2an yang ini juga sakses ya Aiiii...

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    Gabriella Felicia March 20, 2017 2:58 pm

    Waaah lagi laper lihat foto ini. Langsung pengin bikiiiin!!! Makasih ya Zata buat resepnya...

    1. avatar
      zata ligouw March 20, 2017 3:17 pm

      wii kalo ella yang bikin pasti lebih enak nih hehehe...

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Woro Indriyani March 20, 2017 2:09 pm

    Waaaaaah thanks banget mba Zata resepnya, ternyata gampil ya *sotoy* ahahaha cuuuus dicoba :)

    1. avatar
      zata ligouw March 20, 2017 2:42 pm

      beneran gampillll kok, yukkk cobaa :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    dieta hadi March 20, 2017 10:25 am

    Ngilerrr, jadi langsung pengen bikin buat makan siang nih, tfs ya zata.

    1. avatar
      zata ligouw March 20, 2017 1:44 pm

      sama-samaaa Diettt...

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    Eka Gobel March 20, 2017 10:04 am

    Yummm..lejat dan bergijiii...favorit deh ini. Mau bikin ah. Makasih zata resepnya!

    1. avatar
      zata ligouw March 20, 2017 1:44 pm

      bikinnn Kaaa... tapi hati2 bikin nambah nasi muluuu ;p

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.