Ayo Memancing!

ninaKriya

Belum lama ini Neng Alit betah bermain cukup lama di wahana pancing pada sebuah taman bermain di Bandung. Padahal yang ia lakukan berulang kali adalah memancing, lalu ambil ikannya, dan buang ikannya. Saya jadi berpikir untuk membuat sendiri permainan memancing ini di rumah.

Alat dan bahan:

  • Kertas yang cukup tebal (bisa karton putih atau HVS 100 g)
  • Magnet (saya pakai magnet lembaran yang beli di toko serbaada. Bisa juga pakai magnet kulkas)
  • Paperclips
  • Alat mewarnai (pinsil warna/spidol/crayon/cat air/cat poster)
  • Pita sebagai tali pancing
  • Gantungan baju sebagai alat pancing
  • Gunting
  • Batu utk pemberat magnet (bila magnet yang akan digunakan sudah cukup berat dan bisa membuat pita turun ke bawah, bahan ini bisa dilewati)
  • Kain tipis/tile untuk membungkus magnet dengan batu

Caranya membuat:

  • Gambar ikan sesuai keinginan pada kertas. Ajak anak untuk membantu menggambar dan mewarnai ikan-ikan ini.
  • Saya menambahkan warna berbeda dan huruf-huruf pada ikan agar bisa sekalian memperkenalkan huruf dan warna kepada si kecil. Nantinya saya bisa meminta agar ia memancing ikan dengan huruf A, atau ikan berwarna merah.
  • Gunting ikan sesuai bentuknya.
  • Sisipkan paperclips di mulut ikan agar ikan bisa menempel pada magnet di alat pancingnya.
  • Buat alat pancingnya: ambil kain tile, lalu letakkan magnet dan batu (di atas magnet). Ikat dengan pita.
  • Potong pita sekitar 60 cm. Ikatkan pada gantungan baju, lalu sambungkan pita dengan bungkusan magnet.

Ikan- ikan siap dipancing!

Memancing dengan Kesabaran

Selamat memancing!

7 Comments

  1. diazdiaztyyy
    diazdiaztyyy December 20, 2013 at 2:41 pm

    Subhanallah mbak Nina kreatif sekali, idenya bs saya coba nih buat kegiatan liburan Arkan (16m) yang lagi suka eksplor macem-macem. TFS ya mbak dan izin copas idenya yaaa.. ^^

  2. yanasaphira
    Yana Saphira December 20, 2013 at 5:57 pm

    wow keren mom, sukaaa idenyaaa

  3. ZataLigouw
    Zata Ligouw December 22, 2013 at 10:41 am

    Nina kreatiff banget. Bener tuh, dulu Caca juga sukaa bgt main pancing ikan kalo ada pasar malam, coba dulu gw bikinin ya, gak perlu terlalu sering merogoh kantong untuk bayar permainan itu ;p

    Selamat main pancing ikan Neng Alittt…

  4. anggiabonyta
    Anggi December 23, 2013 at 12:22 pm

    huaa suka takjub liat mama yg kreatif :) keren!!!

  5. Niniek Rofiani
    niniek rofiani December 24, 2013 at 11:12 am

    wah boleh ditiru nih.. TFS

  6. gabe1981
    Seymour Magabe December 27, 2013 at 10:06 am

    keren banget mom! inspiratif :)

  7. amaliarahmah
    Amalia Rahmah July 26, 2014 at 7:47 am

    wiii baru baca tante.. keren keren.. bisa dicontoh niih :D

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.