Baking Playdate

Di hari Minggu pagi, saya dan dua orang teman (Mbak Shinta dan Rika) janjian untuk Baking Playdate.  Ini sebenarnya pertama kali kami menjalankan playdate ini, walaupun saya dan Mbak Shinta sudah termasuk sering ketemu untuk playdate atau sekedar kongkow-kongkow bertemu sambil mengajak anak-anak bermain, terkadang ada Thalia & Aina ikut bergabung.  Kali ini, karena percakapan di twitter dan "fever" baking mulai tertular di antara kami, jadilah kami memutuskan untuk membuat Baking Playdate.

Tujuan baking playdate kali ini simpel sekali, kami ingin membuat resep yang belum pernah kami buat, makan siang buat kami dan anak-anak, dan satu aktivitas memasak yang akan dijalankan anak-anak.  Setelah email yang cukup panjang, kami akhirnya memutuskan untuk mencoba resep "Blueberry Mascarpone Tart" yang di share oleh teman kami, Cynthia, sebagai resep utama kami.  Untuk makan siang, kami membuat macaroni schotel & baked lemon pepper chicken wings, lalu dilanjutkan dengan anak-anak yang akan berkreasi membuat mini pizza.


Sebagai seorang Mama, saya bukanlah Mama yang kreatif dan bisa mengajarkan tentang crafts atau melakukan DIY activity dengan Naia.  I tried but I'm not very good at it, jadinya kurang sukses deh aktivitasnya.  Karena saya termasuk wanita yang senang ngoprek-ngoprek di dapur, akhirnya saya pun mulai masuk dapur untuk acara baking session dengan Naia.  Biasanya saya lebih sering memasak masakan untuk keluarga (dan Naia ketika masih MPASI), tapi karena ART saya pintar memasak, saya lumayan lega untuk menyerahkan urusan memasak ke ART, tentunya dengan panduan dari saya ya, praktiknya tinggal dikerjakan mbak ART.  Nah, karena ide ingin mengajak Naia mempunyai aktivitas khusus dengan saya, akhirnya saya memutuskan untuk mengadakan baking session tiap minggu bersama Naia.  Dari yang simpel seperti membuat cookies, muffins sampai cake yang seru.  Kadang Naia akan benar-benar membantu dari awal sampai akhir, kadang dia hanya membantu ketika mulai menghiasi kue, tapi yang pasti dia akan sangat excited untuk membantu saya di dapur (dan yang paling dulu ingin mencoba kue hasil buatannya!).

Acara baking session ini menjadi quality time khusus yang saya luangkan bersama Naia, yang jadi faktor utama kenapa saya memulai session ini tiap akhir pekan.  Selain itu, menurut artikel parenting yang pernah saya baca, mengajak si kecil baking juga mengajarkan si kecil untuk belajar measurement dan tentunya menjadi kreatif.  Walaupun Naia masih terlalu kecil untuk belajar ini, tapi saya berharap dengan mengajaknya beraktivitas di dapur akan memperkenalkannya dengan kegiatan masak memasak dan tentunya jadi lebih appreciative dengan masakan yang dihidangkan di meja, jadi gak sembarangan untuk buang-buang makanan.

Kembali ke acara baking playdate kami, kami memulai memasak dengan menyiapkan bahan-bahan untuk macaroni schotel.  Karena mbak Shinta sudah memberi bumbu chicken wings dari rumah, jadi tinggal di panggang saja.  Di pojokan lain, saya dan Rika sibuk mengukur bahan-bahan untuk membuat pie crust-nya berry tart.  Sementara para mama sibuk menyiapkan makan siang dan dessert, anak-anak pergi berenang.  Sebaliknya anak-anak dari berenang, macaroni schotel & chicken wings sudah siap.  Sementara crust untuk pie nya sedang dipanggang.


Kami pun memanggil anak-anak yang sudah selesai berpakaian untuk ke dapur dan mengajak mereka membuat mini pizzas dengan kreasi masing-masing.  Resep mini pizza diambil dari SINI, dan saya memakai mini pita bread kali ini.  Lalu saya keluarkan cookie cutter supaya Naia & Aidan bisa berkreasi untuk menghiasi topping pizza mereka.  Mereka pun langsung sibuk mencetak pastrami, turkey ham & chicken bacon dengan bentuk-bentuk kesukaan.  Naia memilih yang berbentuk Mickey Mouse, sementara Aidan mencetak bintang & ginger bread man.  Lalu ada cetakan-cetakan binatang yang kecil-kecil berbentuk pinguin, kucing, gajah, dan babi.  Lucu sekali deh melihat mereka sibuk mencetak!


Sementara mereka sibuk mencetak, saya siapkan pita bread yang sudah diberi tomato sauce diatasnya.  Saya kasih potongan kecil pastrami supaya ada rasa daging di dalam pizza.  Lalu Aidan dan Naia menaburi mozzarella cheese di atasnya dan di top off dengan potongan daging yang sudah berbentuk tadi.  Kita masukkan pizza ke dalam oven selama kurang lebih 10-15 menit, dan voila, they are ready to eat!

Kami pun berkumpul di ruang makan untuk makan siang bersama.  Chicken wings & pizza jadi favorit anak-anak.  Setelah para Mama selesai makan siang, anak-anak masih menyelesaikan makanan mereka, kami pun kembali ke dapur untuk menyelesaikan resep dessert kami.  And tadaaaa.. inilah hasil baking playdate kami..  "Berry Mascarpone Tart".  Yummy sekali deh.. rasanya ringan dan refreshing sekali.  Anak-anak pun suka sekali memakan kue ini, apalagi ada buah-buahan segar di atasnya.

Setelah beres makan yang dilanjutkan dengan para mama saling bertukar cerita dan anak-anak yang lanjut bermain, waktu sudah menunjukkan pukul 4 sore.  Aidan dan Mbak Shinta pun akhirnya pamit pulang, Rika sudah pulang duluan karena ada janji dengan suaminya.  Tentunya susah sekali nih memisahkan Aidan dan Naia yang masih ingin terus bermain, tapi akhirnya mereka pun dadah-dadahan dengan senang setelah dijanjikan akan mengadakan playdate lagi di lain hari.

What a productive and fun Sunday!!

Buat para urban Mama, mungkin bisa nih mencoba melakukan baking playdate atau playdate yang bertema seperti ini.  Pastikan ada aktivitas buat si kecil untuk ikut serta dalam aktivitasnya.  Seru dan menyenangkan sekali deh. Terbukti juga dengan serunya Urban Mama di Surabaya yang mengangkat tema yang sama untuk acara kopdaran di awal bulan ini. Seru sekali!

40 Comments

  1. avatar
    Siska Knoch March 28, 2011 6:07 pm

    Awww serunyaaa.. *telat komen* mama Shinta emang jagonya urusan baking deh ;)

    1. avatar
      shinta lestari April 6, 2011 10:56 pm

      aih, gue mah ga jago, beneran deh! yang dibikin juga simpel2 aja kok, yang penting quality time ama naia :P

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    effie netta March 25, 2011 12:30 pm

    seru yaaaa.... jadi pengen juga :)

    1. avatar
      shinta lestari April 6, 2011 10:56 pm

      cobain deh, pasti seneng banget.. it's so much fun loh!

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Shinta Sutono March 25, 2011 10:21 am

    Shiin.. Thx postingannya.
    Iyaa, seru ya!! Kapan lagi nih? Seru juga kalo bareng sama Thalia juga. Aina pasti seneng. Aidan diapit 2 cewek deh! Hihihi..

    Utk resep ayamnya ada tambahan dikit.. Dikasih cinnamon powder. Ayam itu judul sebenernya lemon cinnamon. Mungkin kmrn kurang kerasa ya kayumanisnya. Tp resepnya udah bener kok.

    @astrid lim, iya 100!! Kok bisa jitu gitu ya tebakannya? Astrid tinggal di new york juga? Salam kenal yaa..
    Kalo mo blajar masak, sama mba shanty tuh.. Dia jagooo masak macem2! :)

    1. avatar
      shinta lestari April 6, 2011 10:55 pm

      hayuukk, kapan dong nih? mbak, kirim resepnya dong ke TUM :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Chrisye Wenas March 24, 2011 5:13 pm

    seru banget baking playdatenya :D
    shin, tertohok baca ini: "Sebagai seorang Mama, saya bukanlah Mama yang kreatif dan bisa mengajarkan tentang crafts atau melakukan DIY activity dengan Naia. I tried but I’m not very good at it, jadinya kurang sukses deh aktivitasnya. Karena saya termasuk wanita yang senang ngoprek-ngoprek di dapur, akhirnya saya pun mulai masuk dapur untuk acara baking session dengan Naia."
    hiks, i'm not good at both, maluuu... *melipir ke pojokan*

    1. avatar
      shinta lestari March 24, 2011 5:25 pm

      ah crey.. jangan gituuu!! i'm sure you're good at something. tinggal di aplikasiin aja untuk jadi kegiatan bareng anak. misalnya, kalo dirimu suka travelling, nah gunain deh waktu di akhir pekan untuk jalan2 bersama El ke tempat2 seru. why not? biar ada kegiatan seru dan ga mesti hanya ke mall, ya gak?

      gue pun sebenernya gak suka baking loh. lebih suka masak. tapi paling pas aktivitas ama anak itu baking, jadi lah gue mulai 'merajinkan' diri untuk masuk dapur untuk baking, dan nyari2 resep yang simple ato ngutak ngatik resep supaya bisa dibikin bareng naia. gak masalah jadinya enak ato engga, yang penting ngerjainnya bareng2 dan fun!

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    Anya Alwin March 24, 2011 12:17 pm

    Ih seru! next gathering kita jadiin yang baking session yuuukk...

    1. avatar
      shinta lestari March 24, 2011 12:25 pm

      hayuuuukkkk!!!!

      1. avatar
        thalia kamarga March 24, 2011 1:14 pm

        stujuuuu! kapan lagi nih? :D

        trus, sama kayak yang lain, nunggu postingan resep :D

      2. avatar

        As .



    2. avatar

      As .