Cilok Daging (ala Malang)

izmazizima

Beda dengan yang di Bandung, cilok Malang lebih mirip bakso tapi tepung kanjinya lebih banyak, jadinya rasanya gurih-gurih kenyal. Biasa dimakan bersama saus tomat and sambal kacang.

Mengingat saya sedang hamil, jadi saya mencoba untuk membuatnya sendiri. Resep ini saya dapatkan dari teman saya, dengan sedikit modifikasi dan tanpa memakai MSG.

Bahan Cilok:

  • 500 gr daging rawon (yang ada lemak dan sedikit uratnya), iris kecil-kecil sebelum diblender
  • 150 gr es batu, hancurkan
  • 400 gr tepung kanji
  • 100 gr tepung terigu
  • garam
  • merica bubuk

Bahan Saus:

  • Sambal pecel siap saji
  • Saus sambal
  • Kecap manis

Cara membuat:

  1. Blender daging dan es batu sampe setengah halus
  2. Masukkan garam, blender lagi sampe agak kenyal adonannya
  3. Tuang ke dalam baskom, campur sedikit-sedikit dengan tepung kanji dan terigu. Tambahkan merica plus garam. Dikira-kira saja sampai pas takaran garam dan mericanya.
  4. Didihkan 1,5 lt air, lalu kecilkan apinya (air tetap panas tapi tidak mendidih)
  5. Bulatkan cilok kecil-kecil dan langsung masukkan ke panci
  6. Begitu cilok sudah mengapung, angkat dan tiriskan.
  7. Santap dengan sambal kacang and saus + kecap. Sesuai selera saja.

Saus Sambal Homemade

Rebus 3 buah tomat sampai kulit mengelupas. Tumis bawang bombay/bawang putih + cabai rawit halus dengan mentega. Blender tomat lalu didihkan kembali di panci dengan tumisan bumbu + garam + gula. Tambahkan larutan tepung maizena agar struktur saus agak kental seperti yang instan.

Sambal Kacang Modifikasi

Didihkan 150 ml air, masukkan bumbu pecel siap pakai. Masukkan 2 daun jeruk purut, sedikit asam jawa plus cabai kalau masih kurang pedas. Tunggu hingga saus meletup-letup.

Jadi saya masih bisa makan cilok daging tanpa khawatir karena buatan sendiri. Selamat mencoba!

19 Comments

  1. Kira Kara
    Bunda Wiwit May 10, 2013 at 12:09 pm

    Fotonya sukses membuat perut saya meronta-ronta disaat jam makan siang niih. Saya penggemar berat cilok.. dan ini wajib dicatat! Ayoo, sapa yang mau share resep cilok Bandung juga? hehe… TFS Izma! :)

  2. izmazizima
    izmazizima May 10, 2013 at 12:54 pm

    Wah sama-sama penggemar cilok juga ya, Bunda Wiwit? Gak bisa habis dikit kalo makan ini mah… :D

  3. ZataLigouw
    Zata Ligouw May 11, 2013 at 2:11 am

    langsung pengen bikin buat anak perempuan saya yang doyan ngemil hihi..makasih lho resepnya izma..

  4. izmazizima
    izmazizima May 11, 2013 at 8:07 am

    Nanti kalo uda dicoba di share juga hasilnya yak… Mumpung weekend nih, buat cemil2 sore :D

  5. soRella
    Rella Shaliha May 11, 2013 at 11:23 am

    Wah biasa beli di mas-mas yang lewat, ternyata gak susah ya bikinnya…mau coba aahh. tfs yaa :)

  6. raficka
    rafika widyaningrum May 12, 2013 at 2:34 pm

    Barusan nyoba bikin ini…. Gampang, plus enaaak bgt!
    Dimakannya sama sambel pecel + kecap.. Karena bikin sendiri, jd gak ragu buat ngasih ini ke barra..
    TFS mama izma.. :)

  7. izmazizima
    izmazizima May 13, 2013 at 10:05 am

    Mama Rella: Cobain Mom, gampang dan nagiih. Ga bisa brenti kalo abis :D

    Mama Rafika: Wiih mantaap. Capek ndak ngebuletin adonannya? Proses yang paling bikin “berkeringat” ya ini, apalagi kalo ukurannya kecil2… hehe

  8. MamaAlula
    Rina Aulia May 13, 2013 at 1:34 pm

    ih… bisa dicobain buat anakku nih. Selama ini pake resep cilok yang pake ebi giling. Dan dia alergi seafood :( Makasih nih resepnya izma, bakal segera dicobain

  9. izmazizima
    izmazizima May 15, 2013 at 11:05 am

    Share juga dunk Mama Rina resep ebinya. Kepengen nyobain cilok ayam ama cilok yang ada isinya.. Gimana ya jadinya :)

  10. sLesTa
    shinta lestari May 15, 2013 at 12:19 pm

    serruuu banget ini.. jadi pengeeenn bikin!!

  11. izmazizima
    izmazizima May 15, 2013 at 3:11 pm

    Ayo Mam Shinta buruan dibikin… sapa tau jadi ada tambahan modif ciloknya ^^

  12. endangsusie
    Endang Susie May 17, 2013 at 11:11 am

    Kalau resep baso malang punya ga mba? saya udah coba bikin baso malang tapi gagal aja malah jadi cilok hehehe thanks

  13. adisanita
    adisanita May 17, 2013 at 11:50 am

    wah, kalau pakai daging, pasti lebih enak.Kalau saya suka bikin cilok, tp ga pakai daging, cuma tepung tapioka aja sama tepung terigu,tambahin daun bawang dan masukin telur dadar sedikit ditengah2 cilok sebelum dibulat2in.Kuahnya pakai kuah mpek2.. endang estorendang deh pokoknya…

  14. izmazizima
    izmazizima May 17, 2013 at 2:20 pm

    Mama Endang: kalo bakso malang malah belum pernah nyoba sendiri. Tapi temen bilang, takarannya daging sapi 400gr, daging ayam 100gr, kanjinya 100gr. Prosesnya sama seperti cilok. Fungsi daging ayam untuk tekstur yang lebih kenyal. Monggo dicoba :)

    Mama Adisanita: saya malah pas bikin yang original gini malah jadinya kaya semacam cenil, aloot banget sampe susah ditelan haha. Nanti saya coba ya resepnya. Tfs :)

  15. endangsusie
    Endang Susie May 20, 2013 at 10:08 am

    wah terimakasih ya mba Izma resep baso malang nya ;)

  16. izmazizima
    izmazizima May 23, 2013 at 11:14 am

    Sama2 Mama Endang…. met masak2 yak :)

  17. thearizkia
    thea rizkia July 29, 2013 at 9:56 am

    duh ngiler bacanya. kapan2 pengen nyoba aaah

  18. singgare
    singgare November 26, 2013 at 9:15 am

    Weekend nanti mau coba resep iniii..
    Sepertinya bisa jadi obat kangen sama Cilok SMA8 Malang niiiii..
    Thx Mb Izmaaa..

  19. andyra
    andyra September 20, 2014 at 1:05 am

    Asikk ada resep cilok!! tfs yaa mom izmazizima…praktek ah..

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.