Es Kacang Merah

eka

Salah satu hal yang sering membuat saya kangen alm. Ibu adalah masakannya. Untungnya, masakan ibu selalu mudah untuk dibuat; salah satunya adalah es kacang merah.

Zaman saya kecil dulu di Manado, selain sup kacang merah (brenebon) dan klappertaart, alm. Ibu sering membuatkan es kacang merah untuk saya dan kakak-kakak. Ibu bilang kacang merah ini banyak sekali khasiatnya karena mengandung banyak zat gizi yang sangat penting untuk kesehatan semua usia: vitamin B (terutama asam folat dan vitamin B1), kalsium, fosfor, zat besi, dan protein.

Malah, saat hamil dan setelah melahirkan, kacang merah menjadi menu sehari-hari bagi saya. Sekarang, Enzo dan Dante sering minta dibuatkan es kacang merah; mungkin karena empuk dan resepnya saya modifikasi sedikit. Saya mengganti es serut dengan es krim rasa coklat kesukaan Enzo dan Dante. :)

Untuk mendapatkan kacang merah yang empuk dan agar kacang merah lebih berkhasiat, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam mengolahnya. Setelah dicuci/direndam, kacang merah direbus dan diendapkan selama semalam. Esok harinya, kacang merah siap untuk dimasak menjadi makanan yang lezat. Hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan kemampuan kacang merah untuk memproduksi gas dalam usus yang akan membuat perut terasa kembung.

Bahan:

150 gram kacang merah
2 cm kayumanis
1Ltr air

Bahan Sirup:

100 gram gula merah
125 gram gula pasir
800 ml air

Pelengkap:

1/2 kaleng susu kental manis
Es serut / es krim rasa coklat atau vanilla

Cara Membuat:

Setelah direbus dan diendapkan selama 1 malam, rebus kacang merah dan kayu manis sampai lunak. Tiriskan.
Rebus bahan sirup hingga mendidih, saring, lalu masukkan kacang merah.
Sajikan dengan susu kental manis dan es serut/ es krim.

Untuk: 4 porsi

21 Comments

  1. fanny
    Fanny Hartanti February 11, 2012 at 5:38 am

    Wah enyaaaak.. Besok kl ke jkt aku minta dibikinin yahh.
    Enzo Dante ampe cemongan gitu makannya… Lucuuuu

    1. eka
      Eka Wulandari Gobel February 13, 2012 at 6:52 am

      tar aja aku ajak ke rice bowl di food court mall, aku pesenin ogura :)))

  2. mamaqilla
    sari February 11, 2012 at 12:05 pm

    biasanya klo ke warung empe2, g afdhol kalo ga mesen es kacang merah karena rasanya nampol bgt, mo bikin sendiri bingung ngolah kacang merahnya& pernah pas aq coba bikin masih agak garing,ooh ternyata mesti diendapin yak abis direbus,,tfs ka:)

    siang2 gini bikin ngiler slurrrrppp

    1. eka
      Eka Wulandari Gobel February 13, 2012 at 6:54 am

      iya, sebenernya mantep kalo pake es serut :)
      tapi anak2 biasanya lngsung luka tenggorokannya.
      diendapin dulu biar empuk :)

  3. mamaqilla
    sari February 11, 2012 at 12:06 pm

    *nambah coment ah,,,
    *disini dante mirip bgt kamu ka..hehehe

    1. eka
      Eka Wulandari Gobel February 13, 2012 at 6:55 am

      hihihi..iyaa..dante kalo pake kerudung jadi miriiiip banget sama aku :))) *OOT*

  4. siska.knoch
    Siska Knoch February 11, 2012 at 3:43 pm

    hmmm kaporit gue banget nih kacang merah!!:)

    1. eka
      Eka Wulandari Gobel February 13, 2012 at 6:56 am

      kaporit juga! *toss*

  5. Sidta
    Dian Arsita Kurniawati February 11, 2012 at 7:39 pm

    ah resep mengolah kacang merahnya berguna banget ! nyam2 enak banget kayanya ya ..

    1. eka
      Eka Wulandari Gobel February 13, 2012 at 6:56 am

      selamat mencoba ya, sidta :)

  6. Dina Kartika
    Dina Kartika February 12, 2012 at 1:05 am

    Jadi kacang merahnya dicuci, direndam, direbus, diendapkan semalam trus baru direbus bareng kayu manis gitu ya mom? Perendamannya berapa lama?
    Nice recipe, pengen nyoba nih

    1. eka
      Eka Wulandari Gobel February 13, 2012 at 6:58 am

      direndam semalam aja, tapi kalo pengen cepet sih biasanya direbus berkali2, ditambah2 terus airnya gitu..tapi kl aku sih biasanya diinepin semalem aja di kulkas :)

  7. netta
    netta February 12, 2012 at 5:18 pm

    waaa…gw suka bgt es kacang merah,
    asiiik…bisa cobain bikin sendiri dech :)
    btw pertanyaannya sama dgn dina kertika, berarti ngerebusnya 2x yah?
    makasih resepnya mbak :)

    1. eka
      Eka Wulandari Gobel February 13, 2012 at 6:58 am

      iya, ngerebusnya 2x :)

  8. niarahma
    niarahma February 13, 2012 at 8:43 am

    air rebusan pertamanya dibuang atau dipake lagi pas ngrebus kedua?

    1. eka
      Eka Wulandari Gobel February 15, 2012 at 4:48 pm

      kalo aku sih, dibuang

  9. ninaKriya
    nina kriya June 26, 2012 at 10:29 am

    si kacang merahnya ga usah dihaluskan gitu ya?*sibuk mencatat

  10. hary
    hary augustina August 1, 2012 at 3:09 pm

    kalo pake panci presto bagus gak mom?

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.