Ide Mainan Sederhana dari Stik Es Krim

Siapa yang suka dengan es krim? Saya rasa, hampir semua orang menyukai es krim, ya! Begitu pula dengan kedua anak saya, Enzo dan Dante.

Saya percaya bahwa es krim  tidak seharusnya diberikan secara bebas pada anak-anak, tapi saya juga tidak melarang sama sekali. Pernah suatu saat saya melarang mereka untuk makan manis-manisan (es krim, permen, cokelat, dll), dan hal itu justru mendorong mereka untuk berahasia dan berbohong. Sejak saat itu saya memberi camilan kesukaan mereka, tapi tetap diatur, dan hal itu justru berhasil untuk Enzo dan Dante.

Saya membolehkan mereka makan es krim sebagai alternatif camilan, setelah mereka menghabiskan makanan utamanya, serta harus berkumur dan menyikat gigi setelahnya. Dengan begitu mereka terbantu untuk mengembangkan kebiasaan makan yang baik, pengendalian diri, dan kebersihan mulut. Tidak ada aturan yang mengikat tentang memberikan es krim sebagai alternatif camilan pada anak. Tapi sebaiknya memang harus dipilih camilan yang sesuai kandungannya untuk anak, dan selama anak-anak tahu dan sadar bahwa hal itu hanyalah traktiran sesekali, sama seperti traktiran mereka untuk menonton film, bermain di playground, atau membeli mainan-mainan kecil kesukaannya.

Salah satu es krim kesukaan Enzo dan Dante adalah es krim Paddle Pop. Semua  es krim Paddle Pop sudah diformulasikan khusus untuk anak-anak dengan kandungan kalori lebih kecil, yaitu kurang dari 110 kkal perstik. Selain itu Paddle Pop juga memiliki sertifikasi halal dari MUI, jadi saya tidak perlu khawatir memberikan es krim Paddle Pop ini untuk Enzo dan Dante.

Beberapa waktu lalu saat berbelanja bulanan di supermarket, Enzo dan Dante melihat pengumuman tentang  pemenang stik promo dan hadiah 100.000 botol minum dan 100 iPad Mini dari Paddle Pop. Ternyata grand prize Ipad Mini masih tersimpan sampai akhir Agustus 2016. Mereka langsung semangat mengumpulkan stik Paddle Pop. Apalagi teman-temannya di sekolah juga heboh  membicarakan tentang pengumpulan stik dari PaddlePop ini. Hits banget deh, pokoknya!

“Siapa tahu kita beruntung, Ma!” kata Enzo.

Saya sih hanya tersenyum dan mengiyakan. Setelah saya baca, ternyata caranya cukup mudah. Kita hanya perlu mengumpulkan stik Paddle Pop dan menggabungkannya menjadi sebuah gambar kepala Paddle Pop, lalu pemenangnya bisa mendapatkan hadiah dengan menukarkannya ke Timezone, Carrefour, Giant, Lottemart, atay Hypermart terdekat. Bisa juga dengan mengirimkan stik dan data diri ke PO BOX Paddle Pop Jakarta 10000. Info lengkapnya dapat dilihat di sini.

Karena  Enzo dan Dante belum memiliki koleksi lengkapnya, maka stik yang sudah terkumpul mereka jadikan mainan sederhana, seperti kipas, ular-ularan, dan pesawat. Bahan-bahan dan cara membuatnya mudah  dan praktis, cukup dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Biasanya anak-anak dapat membuatnya sendiri tanpa dibantu, tapi tentu saja tetap dalam pengawasan orang dewasa karena mereka bermain dengan gunting, dan mungkin sesekali perlu bantuan kita.

Bahan-bahan:


  • Kertas untuk menggambar ular (Enzo dan Dante menggunakan bagian belakang kertas bekas yang kosong untuk menggambar)

  • Kertas kado atau karton untuk membuat kipas

  • Kertas origami, biji2an dll untuk pelengkap

  • Stik Es Krim Paddle Pop

  • Jepitan jemuran untuk badan pesawat

  • Spidol, Crayon, Pensil Warna, Pensil untuk menggambar dan mewarnai

  • Lem

  • Benang

  • Gunting

  • Jangka atau tutup kaleng susu untuk membentuk gambar lingkaran


Cara membuat Kipas:



  1. Siapkan 1 Stik Es Krim.

  2. Gambar bentuk yang diinginkan pada kertas karton, beri warna dan tempeli dengan kertas origami.

  3. Gunting sesuai bentuk yang diinginkan.

  4. Lem stik es krim Paddle Pop di tengah.

  5. Kipas pun jadi.


Cara Membuat  Ular-ularan:



  1. Gambar bentuk lingkaran menggunakan jangka atau tutup kaleng susu

  2. Gambar badan ular dengan ekor di bagian lingkaran terluar, dan kepala di bagian terdalam (seperti pola obat nyamuk bakar)

  3. Warnai badan ular, beri mata pada bagian kepala

  4. Gunting ular mengikuti garis yang sudah dibuat

  5. Lubangi bagian kepala ular dan masukkan benang kemudian ikat benang pada stik es krim Paddle Pop

  6. Ular dapat dimainkan dengan menggerakkan stik es krim seperti bermain yoyo.


Cara Membuat Miniatur Pesawat Terbang:



  1. Siapkan 3 Stik Es Krim Paddle Pop dan 1 buah jepitan jemuran sebagai badan pesawat

  2. Atur 2 stik es krim di bagian depan, tempelkan sebagai sayap pesawat pada jepitan jemuran

  3. Tempelkan 1 Stick es krim di bagian belakang pesawat sebagai ekor pesawat

  4. Warnai dengan spidol sesuai kemauan

  5. Pesawat siap terbang!


Mainannya sih, kelihatan biasa saja ya? Tapi Enzo dan Dante bangga sekali dengan mainan buatannya sendiri, menurut mereka, mainan buatan sendiri itu keren sekali. Tapi umumnya anak-anak memang mudah sekali disenangkan hatinya, walaupun hanya dengan traktiran kecil seperti sesekali membolehkan mereka makan es krim dan berkreasi dengan lem dan gunting. Rasanya ikut senang melihat wajah bahagia mereka. Bagaimana Urban Mama, mudah kan, membuat mainan sederhana dari stik es krim ini? Yuk, ajak si Kecil berkreasi dengan stik es krim dan dapatkan hadiah keren dan Ipad Mini dari Paddle Pop!

12 Comments

  1. avatar
    Eka Gobel June 15, 2016 9:42 pm

    Honey - iyaa jadi alesan nih untuk jajan es krim!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel June 15, 2016 9:41 pm

    Yana haha iyaa..mainan kita jaman kecil dulu yaa bikin2 dari stik es krim

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Eka Gobel June 15, 2016 9:40 pm

    Ella beneer..abis kalo ga dibikin jadi sesuatu jadinya cuma numpuk dan kebuang percuma ya

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Eka Gobel June 15, 2016 9:39 pm

    Cindy, iyaa dibikin jadi mainan aja daripada cuma dikumpulin gitu aja :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Eka Gobel June 15, 2016 9:38 pm

    Teh ninit, aduh jadi malu. Ini gampang banget kok. Anak2 bisa bikin sendiri tanpa dibantu :)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.