iMuseum IMERI

Kegiatan mengisi liburan akhir tahun kami adalah mengunjungi tempat-tempat baru dan menarik yang ada di Jakarta. Salah satunya adalah Indonesian Museum of Health and Medicine di lantai dasar gedung IMERI FKUI. Ukuran museum ini tidak besar, tetapi cukup menarik perhatian anak-anak karena kami menghabiskan waktu lebih dari satu jam di sana. Tidak seluruh area bisa dikunjungi oleh umum, karena area medical collection yang menyimpan sebagain koleksi spesimen kedokteren adalah area terbatas yang hanya dapat dikunjungi dengan perjanjian atau kunjungan khusus.

Setelah membeli tiket masuk Rp25.000,- untuk dewasa dan Rp15.000,- untuk anak-anak, kami diminta untuk menitipkan semua tas ke dalam loker. Yang boleh dibawa hanyalah dompet dan ponsel. Area pertama yang kami temui adalah area Edutainment dan anak-anak langsung betah berada di sana.

Pada dinding area ini terdapat informasi tentang mencuci tangan, menyikat gigi, dan penyusun tubuhku. Lalu disediakan juga dua buah komputer, satu berisikan game untuk mengasah area kognitif, dan satu lagi game tentang pentingnya imunisasi. Selain itu ada juga rangka tubuh manusia, puzzle organ tubuh, dan buku cerita.

Lalu pada area berikutnya kita bisa melihat tentang sejarah pendidikan kedokteran di Indonesia, serta informasi tentang siklus kehidupan mulai dari pembuahan hingga lanjut usia.

Alat-alat peraga yang disediakan tentunya menarik perhatian anak-anak, misalnya tentang postur tubuh yang tepat saat mengangkat barang, pembuluh darah yang tersumbat, perbedaan antara paru-paru perokok dan bukan perokok, proses perkembangan janin, atau pakaian untuk merasakan seperti apa perubahan tubuh saat hamil. Ada juga banyak informasi yang bisa kita lihat dari layar sentuh yang tersedia atau video.

 

Indonesia Museum of Health and Medicine (iMuseum)
Lantai dasar Gedung IMERI
Jl. Salemba Raya No. 6
Jakarta 10430

Jam buka:
Selasa - Jumat (09.00 - 17.00)
Sabtu (09.00 - 14.00)
Minggu, Senin, dan hari libur nasional tutup

5 Comments

  1. avatar
    Leila Niwanda February 1, 2018 5:00 pm

    Baru tahu juga padahal tiap hari lewat situ, hehehe. Mau deh ke sana sama anak-anak, makasih infonya, Mama Ella.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Aini Hanafiah January 5, 2018 2:50 pm

    Wow, baru tahu di FKUI ada museum IMERI, ini sih biar kecil tapi keren! Suka deh kalau museum banyak alat peraganya, lebih kena buat anak2 yang rasa ingin tahunya lagi gede2nya kan ya. Ada ruang spesimennya juga ya?

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania January 2, 2018 11:18 am

    Museumnya keren banget ini!
    Nggak besar tapi isinya bermanfaat dan menarik buat anak-anak yaa..

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Imelda Sutarno January 2, 2018 11:13 am

    sama, aku juga baru tau ada museum ini.
    Pengen juga jadinya ke sana. Terima kasih infonya ya mbak Ella.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Eka Gobel January 2, 2018 8:24 am

    Wah baru tau ada museum ini. Keren ya.. mau ah ajak anak2 ke sini, mumpung liburan! Thanks Mama Ella infonya!

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.