Jalan Hemat dan Sehat di Taman Kota

Dina

Kegiatan di hari Sabtu dan Minggu (weekend) bisa kita gunakan untuk berkumpul bersama keluarga, jalan-jalan ke taman. Ada beberapa taman di Jakarta, seperti Taman Menteng, Taman Suropati, dan Taman Kodok, yang letaknya berdekatan. Saya dan keluarga pernah menyempatkan diri untuk menghirup udara segar di sekitar taman-taman tersebut. Jalan-jalan ke taman, bisa menjadi salah satu pilihan kita untuk refreshing bersama teman, keluarga dan juga yang pastinya lebih murah daripada ke mall.

Taman Menteng
Taman Menteng terletak di Jl. HOS Cokroaminoto. Dahulu Menteng adalah Stadion Menteng. Stadion yang berkapasitas 10,000 penonton dibangun oleh arsitek Belanda di Tahun 1921. Rencana Gubernur DKI Sutiyoso mengubah fungsi Stadion Menteng menjadi Taman Menteng berawal sejak 2004. Sekitar bulan September 2004, Dinas Pertamanan DKI Jakarta membuka sayembara desain Taman Menteng, ruang terbuka publik serba-guna. Pada tanggal 28 April 2007, taman ini diresmikan dan dikategorikan sebagai taman publik yang memiliki fasilitas olahraga, 44 sumur resapan, dan lahan parkir. Taman Menteng di hari Minggu sangatlah ramai. Banyak orang dari yang hanya duduk-duduk, jalan-jalan di sekitar taman, berfoto, bermain sepeda, main basket, main bola, anak-anak bermain di playground, makan, dan lain-lain

Taman Kodok
Taman Menteng bersebelahan dengan Taman Kodok. Taman ini lebih kecil daripada Taman Menteng. Meski namanya Taman Kodok, tidak ada kodok di taman itu. Nama kodok melekat pada taman tersebut semata-mata hanya karena disitu terdapat replika kodok. Jumlahnya ada empat. Tidak jelas, siapa dulu yang membuat patung kodok tersebut. Selain replika kodok, di taman ini juga terdapat fosil kayu yang sudah menjadi batu. Fosil kayu yang indah dan sangat langka. Usia fosil itu sudah ratusan tahun.


Taman ini berbentuk bulat dan sekelilingnya dipagari pagar besi. Di depan taman ini, kita bisa melihat beberapa sangkar burung yang lumayan besar. Salah satu isi dari sangkar tersebut adalah burung kakak tua. Pintu masuk taman kodok dihiasi dengan batu-batu besar.Taman ini lebih sepi daripada Taman Menteng. Aktivitas yang dilakukan di dalam taman ini juga tidak terlalu banyak, hanya duduk -duduk atau membaca koran.

Taman Suropati
Dari Taman Kodok ada jalan perumahan menuju Taman Suropati. Letak jalan tersebut berada pas di depan Taman Kodok.

Jalan menuju Taman Suropati dari Taman Kodok.

Peta Taman Suropati.

Taman Suropati, lebih ramai daripada Taman Kodok. Namun tidak seramai Taman Menteng. Kegiatan yang dapat dilakukan di Taman Suropati hampir sama seperti di Taman Menteng. Namun bedanya di sini tidak terdapat playground, lapangan bola dan lapangan basket seperti di Taman Menteng. Tapi ada kelebihannya Taman Suropati daripada Taman Menteng, yaitu di sana terdapat banyak rumah burung sehingga anak-anak bisa bermain di taman bersama burung-burung. Selain itu, setiap hari Minggu biasanya banyak orang yang berlatih biola di sana. Ini juga bisa menjadi satu hiburan untuk para pengunjung taman Suropati.

Aktivitas di Taman Suropati

Tips:

1. Pakailah baju yang menyerap keringat, seperti dari bahan kaos, sandal yang nyaman atau sepatu olahraga.
2. Bawa payung, in case hujan atau panas terik karena lokasinya out door.
3. Disarankan untuk membawa baju ganti untuk anak.
4. Dapat membawa roti, untuk memberikan makan burung-burung di Taman Suropati.
5. Bawa kamera, untuk berfoto.

7 Comments

  1. shinantya
    Shinantya Prijomustiko July 20, 2011 at 7:37 am

    Wah seru bgt ya.. Sayangnya lumayan jauh dr rumah.. Kalau di Depok sih bisa jalan2 di pinggir danau Kampus UI :)

  2. eka
    Eka Wulandari Gobel July 20, 2011 at 9:39 am

    dina,
    samaan deh..sukaa banget jalan2 di taman. Tapi kalo dr cibubur mah kejauhan ya. Oh ya di taman suropati suka banyak yg main musik ya?

    Waktu tinggal di bandung, taman lumayan banyak & deket2. Pas pindah ke cibubur, paling suka main ke taman bunga wiladatika pagi2 ato sore hari. Anak2 seneng, bisa bebas lari2 dan main bola :)
    Pernah juga sih, menyengaja ke Ancol untuk lihat latihan perkusi & jazz Indra Lesmana dkk. Anak2 sukaa..dengerin musik sambil joged2, tepuk tangan & lari2…seru!
    TFS ya, Dina :)

  3. thearizkia
    thea rizkia July 20, 2011 at 10:39 am

    aku paling suka ajak cena ke taman suropati. biasanya aku dan suami jogging trus cena jalan2 sama nanny nya sambil liat burung. enak banget apalagi habis itu mampir ke burcik:D

  4. alaya
    alaya July 20, 2011 at 10:42 am

    2 minggu yang lalu ke taman menteng hari minggu pagi. ga rame loh. jadi enak bisa keliling2 bawa bayi naik stroller.

    buat yg bawa mobil, di taman menteng ada gedung parkirnya :)

  5. cyndewi
    cynthia dewi July 20, 2011 at 11:46 am

    enak ya taman suropati-adem. biasanya kalau hari minggu pas CFD naik sepeda mampir ke situ. anak gw suka banget ngejar burung-burung yg lg makan remahremah roti. rekreasi murah meriah tapi fun :)

  6. neng chika
    Siska Kusumadewi July 21, 2011 at 8:10 am

    Dina, toss ah..
    Gw langganan kesitu klo pagi2 wiken, trs pulangnya skalian sarapan bubum ayam jl. tanjung deh :D yummyyyy

  7. novi
    Novi Nur Asih July 21, 2011 at 1:13 pm

    Taman Surapati depan kantorku, kalo pulang kerja nunggu bis suka iri sama yang lagi jogging disitu.
    Aku sih pernah ngajak Vito main ke Taman Surapati (tamsur) tapi pas jam kerja ceritanya jemput emaknya pulang kerja. Dia senang banget kejar2an sama merpati, duduk2 dekat air mancur oya sama patung Pangeran Diponegoro itu kan ada air mancur juga kita masuknya dari tengah taman ada jalan kecil. Anak kita bisa les biola disitu, hubunginya ke pengurus KOTA SENI, mereka penampilannya ngerock pake baju hitam, gondrong tapi baik2 koq :)
    Kalo pas jam kerja main di tamsur kelaparan bisa cari makannya di sekitaran masjid Sunda Kelapa tuh :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.