Kami Memanggilnya ‘Akachan’

Anita_rahma

Alhamdulillah setelah 5 bulan menikah, kami dipercaya Allah SWT untuk merawat seorang bayi mungil dalam rahim saya. Kami pun memanggilnya akachan

Mengapa ia dipanggil Akachan?

Sekitar 5 bulan yang lalu, saya dan suami masih berada di Jepang, tepatnya di daerah Chiba. Kebetulan, mamah dan adik saya sedang main ke Jepang sebelum saya wisuda dan akhirnya harus meninggalkan negeri Sakura yg indah itu. Pada suatu pagi, tiba-tiba firasat saya bilang sepertinya saya hamil, lagipula sudah terlambat menstruasi 5 hari. Kebetulan saya masih punya testpack dan ternyata muncul dua garis pada testpack itu. Alhamdulillah… positif! Mamah dan Dede yang saat itu sedang masak di dapur, menjadi orang pertama yang mendengar kabar gembira ini. Setelah itu baru saya kasih tahu suami yang masih terlelap dalam futon (kasur tipis berselimut yang digelar di lantai ala Jepang). Suasana haru pun menghangatkan seisi ruang apato (apartemen mungil) di musim semi yang masih terasa dingin hingga ke tulang.

Minggu depannya, saya dan suami pergi ke klinik untuk memeriksakan diri. Kliniknya kecil, namanya Inage Birth Clinic, begitu masuk saya langsung jatuh cinta dengan interiornya yang asri, tenang, dan nyaman.

Pemandangan ruang tunggu menuju taman yang asri membuat suasana sangat nyaman.

Begitu dipanggil, rasanya sangat berdebar-debar. Ini pertama kali saya ketemu dokter kandungan dan lucunya suami tidak boleh ikut masuk. Berbeda sekali dengan di Indonesia. Untung dokter itu bisa bahasa Inggris sedikit-sedikit. Begitu alat USG transvaginal masuk, dokter langsung meminta saya melihat ke arah monitor dan subhanallah, saya melihat segumpal cairan berbentuk kacang merah dan dokter itu berkata, “Itu dia akachan-nya, usianya sudah 5 minggu. Omedetou…” Senyum tidak berhenti menghiasi wajah saya, nama-Nya pun tidak berhenti keluar dari bibirku. It’s so tiny….

Itu akachan, masih berupa gumpalan darah.

Orang Jepang biasa menyebut bayi mereka dengan sebutan “akachan” yang berasal dari kata “akai” dan “chan”. “Akai” berarti “merah” dan “chan” adalah penggilan untuk anak kecil, jadi “akachan” bisa diartikan sebagai “si kecil yang berwarna merah”. Akhirnya sejak saat itu, aku dan suamiku selalu memanggil si mungil dengan sebutan akachan.

Maret 2012, bulan yang indah dengan kado terindah. Bisa menyelesaikan sekolah master dan menghadiri wisuda ditemani suami dan juga akachan di dalam perut.

"Onaka ni akachan ga imasu" yang artinya "there's a baby in you". Sekarang Bunda dan Akachan bisa selalu dapat tempat duduk di kereta karena punya gantungan kunci ini.

 

16 Comments

  1. rikandun
    rikandun September 8, 2012 at 12:48 am

    Selamat Anita atas gelar masternya dan kehadiran Akachan
    sehat terus yaa..
    btw, itu gantungan kuncinya lucu hehe

    1. Anita_rahma
      Anita Rahmatia September 8, 2012 at 1:00 pm

      makasih mama Rika..alhamdulillah skarang dah masuk 7 bulan :D
      gantungan kuncinya masih aku gantung di tas smp sekarang, walopun ga ngaruh apa2 ya kl di Indo :p

  2. marce febriyanto
    marce febriyanto September 8, 2012 at 2:41 am

    Selamat y buuuu…. sehat mom n akachan’y yaa.gantungan’y lucu… d indo cm jd gantungan kunci aja :D

  3. Kira Kara
    Bunda Wiwit September 8, 2012 at 11:43 am

    gantungan kuncinya luccuuuuuuuu… eh iya, congrats ya mama atas kehadiran akachan nya.. Happy Pregnant!

  4. Anita_rahma
    Anita Rahmatia September 8, 2012 at 1:07 pm

    alhamdulillah…..insyaallah akachan sehat, sekarang udah masuk 7 bulan. so excited pgn cepet2 ketemu lgsung sm akachan :p

    gantungan kunci itu di kasih ke semua ibu hamil oleh kecamatan setempat sekaligus sama buku periksa kehamilan dan asuransi kehamilan. perhatian pemerintah terhadap ibu hamil di Jepang mmg luar biasa. biaya persalinan ditanggung lebih dr 90% oleh pemerintah setempat.
    pas si baby udah lahir pun, tiap bulan bakal dapat tunjangan anak walopun bukan warga negara jepang :)

    tapi sayang, karena sekolah udah beres, jd cuma bisa ngerasain hamil di Jepang 5 minggu aja :p

  5. Aurel
    Aurelia Bramiyastie September 10, 2012 at 6:24 pm

    congrats ya mom utk gelar masternya :)

    sama bgt storynya kaya aku thn 2011, ngerjain tesis pas lg hamil 3 bln, dan wisuda ditemenin suami sama akachan yg skrg udh 8,5 bln dan lg aktif2nya

    i feel uuuuu ;p

    1. Anita_rahma
      Anita Rahmatia September 11, 2012 at 12:51 pm

      hihihi….makasih ya mom :)

      sempet ada yg komen waktu itu ” wah hebat akachan, walopun masih dalem perut udah diajak ngerjain thesis dan paper, ikutan bundanya wisuda pula…pasti nanti jd anak pinter ya akachan” amiiiinn…. :D

      salam buat akachannya ya :*

  6. Vibe
    Vibe September 11, 2012 at 3:00 am

    Iiiihh jadi kangen Jepang hehe.. sama banget nih aku juga prnh ngerasain hamil di Jepang, bawa2 gantungan kunci lucu itu sampe ke Indonesia, & manggil ‘akachan’ selama hamil, bahkan ketika lahiran si suami bilang “akachaaan ayo keluaar…”

    Cuma kebalikannya aku & akachan yg nemenin suami wisuda, pengennya abis ini gantian aku yg ditemenin wisuda kayak mom yaah amiiin… congraatt!

    1. Anita_rahma
      Anita Rahmatia September 11, 2012 at 12:57 pm

      suami aku malah bikinin lagu judulnya “lagu untuk akachan” yg kita nyanyiin tiap pagi, tapi pake bahasa indonesia ko bukan jepang :p

      aaah…jadi tambah kangen sm Jepang :p

      semoga tercapai ya mom wisudaan ditemenin suami dan akachannya ;) sama kaya mom @Aurel jg :D

  7. siska.knoch
    Siska Knoch September 12, 2012 at 8:00 am

    Selamat untuk kelulusan dan kehamilannya ya mama Anita :)
    btw lucu banget gantungannya yg sekaligus buat identitas buat bumil :) sehat2 ya mama dan akachan.

    1. Anita_rahma
      Anita Rahmatia September 25, 2012 at 7:00 pm

      makasih mama Siska :D
      salam jg untuk si kecil ;)

  8. rizqa_amalia
    rizqa_amalia September 22, 2012 at 3:03 am

    selamat ya atas wisuda dan kehamilannya Anita :)

    salam kenal, aku rizqa

    waaaa gantungan sakti yg bisa bikin kita selalu dapet duduk di bus dan kereta ya (di jepang..hahaha)

    liat foto gantungan itu jadi keinget masa2 wkt hamil n lahiran Rui… des 2010 aku lahiran anak kedua ku di tokyo
    masih disimpen gantungan itu buat kenang2an Rui nanti kalo udah besar :)

    boschi techo (buku kesehatan ibu dan bayi) masih aku pakai sampai sekarang di indonesia loh ! karena minta bukunya yg versi 2 bahasa..jepang dan indonesia

    genki na akachan ! kawaii ^^

    1. Anita_rahma
      Anita Rahmatia September 25, 2012 at 7:05 pm

      arigatou mama Rizqa :D
      iya ini yg bikin aku sll dpt tmpt duduk waktu naik kereta ato bus, apalagi waktu awal kehamilan pas perutnya masih kecil, useful bgt!
      si boshi techo jg masih ada niy, tp cm punya yg versi bahasa jepang euy :p waktu itu, pas dikasih boshi techo sm petugas kecamatan, dia bilang gini “ini (kupon) boshi techo cuma bisa dipake di jepang ya Anita san, ga bisa di pake di Indo” wkwkkwwkkwk…. enak bangeeett kl kupon diskonnya bisa dipake di Indo :p

      btw, Nama Rui diambil dari bahasa jepang ya ma??? :D
      salam atuh yaaa buat Rui kun :*

  9. Honey Josep
    Honey Josep September 25, 2012 at 4:13 pm

    lucu ya ada gantungan kunci seperti itu.

    Kalau di Jakarta kira- kira disalahgunakan ga ya :D

    TFS, semoga sehat dan lancar sampai persalinan tiba :)

    1. Anita_rahma
      Anita Rahmatia September 25, 2012 at 7:11 pm

      hihihi…bukan disalah gunakan ma, tp mungkin ga berguna sm sekali :p *seudzoonnn

      btw, makasih ya ma doanya,,
      inshaAllah persalinan akachan 1.5 bulan lagi
      so excited pgn cpt2 ketemu sm akachan :”>

  10. Anita_rahma
    Anita Rahmatia September 25, 2012 at 7:10 pm

    hihihi…bukan disalah gunakan, tp mungkin ga berguna sm sekali :p *seudzoonnn

    btw, makasih ya ma doanya,,
    inshaAllah persalinan akachan 1.5 bulan lagi :D
    so excited pgn cpt2 ketemu sm akachan :”>

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.