Menyewa Peralatan Bayi

Indy Natalia

Saat usia kehamilan saya sudah mencapai 32 minggu, proses persalinan sudah di depan mata. Jadi, mau tidak mau, saya dan suami sudah harus mempersiapkan segala perlengkapan dan kebutuhan si kecil. Ketika membuat daftar peralatan dan kebutuhan bayi, kami ingin membeli boks bayi, dengan pertimbangan agar si kecil lebih nyaman dan leluasa, daripada harus berbagi tempat tidur dengan kami.

Lalu di tengah diskusi, saya ingat pernah membaca tentang tempat penyewaan peralatan bayi, mulai dari newborn sampai toddler. Saya mulai melakukan riset kecil-kecilan sambil mencari tempat penyewaan peralatan bayi yang terdekat dengan lokasi rumah. Awalnya kami ragu, tetapi setelah memikirkan kegunaan barang-barang ini setelah si kecil tumbuh dewasa nanti akan semakin berkurang, rasanya memang akan lebih efisien, ya!

Apalagi sekarang makin banyak tempat penyewaan peralatan bayi. Saya menemukan beberapa di antaranya melalui internet. Setiap tempat rata-rata memberikan pilihan yang cukup komplit, kok! Melalui situs mereka, kita bisa melihat di katalog dan menyewa beberapa perlengkapan yang dibutuhkan, seperti: boks bayi, stroller berbagai macam merek, high chair, bouncer, baby pool spa, freezer khusus penyimpan ASIP, sampai mainan seru untuk tumbuh kembang si kecil! Menarik, ya?

Sebelum menyewa peralatan bayi, sebaiknya Urban mama papa memastikan:

  1. Menentukan barang yang akan disewa memang berdasarkan kebutuhan dan tidak berdasarkan keinginan.
  2. Tanyakan apakah kondisi barang yang akan disewa sesuai dengan gambar yang ditampilkan. Tanyakan juga apakah kondisinya masih sempurna untuk digunakan, termasuk soal kebersihannya.
  3. Meskipun ada banyak pilihan situs yang menyewakan peralatan bayi, lebih baik pilih tempat penyewaan yang tidak jauh dari rumah. Lebih dekat lebih baik, kan? Selain tidak ada biaya pengiriman barang, hal ini juga akan memudahkan Urban mama papa untuk melakukan proses pengembalian, mengajukan keluhan, atau pertanyaan tentang kerusakan barang.
  4. Setiap tempat penyewaan akan menerapkan aturan yang berbeda. Langganan kami, misalnya, meminta fotokopi kartu indentitas sebagai data pelengkap untuk menyewa barang, selain membayar uang sewa.
  5. Biasanya, ada paket khusus jika Urban mama papa ingin menyewa barang selama lebih dari 1 bulan. Tidak jarang juga ada yang memberikan bonus sewa alat-alat lain. Misalnya saja, saya menyewa boks bayi untuk 3 bulan, mendapatkan bonus sewa bouncer dan buku. Asyik, kan? Harga sewa dan minimal waktu sewa yang ditawarkan juga berbeda- beda, biasanya sih mereka menentukan harga berdasarkan merek dan modelnya.
  6. Selama waktu penyewaan, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan keutuhan barang sewaan, ya! Posisikan diri sebagai calon penyewa lain yang sudah ada dalam daftar tunggu berikutnya.
  7. Yang terakhir, jangan lupa bahwa tidak semua barang yang kita lihat di katalog (dan yang ingin kita sewa) akan tersedia saat akan disewa.  Banyak juga orang lain yang menghendaki barang yang sama (dan menyewa di waktu yang sama). Kalau sudah mengincar barang tertentu, mintalah pada pemiliknya untuk memasukkan nama Urban mama dalam daftar tunggu mereka!

Kalau sudah begini, kita tidak perlu pusing lagi memikirkan di mana akan menyimpan barang-barang tersebut jika suatu hari sudah tidak digunakan. Kebutuhan si kecil terpenuhi, rumah kita juga tidak akan berubah menjadi gudang penyimpanan stroller dan boks bayi.

Jadi, menyewa perlengkapan bayi, kenapa tidak?

*ilustrasi foto dari Otty

13 Comments

  1. ruuzuly
    Ruliyani Nuzuly January 24, 2013 at 7:55 am

    wah iya memang menyewa barang-barang juga mainan bayi sampe toddler itu bisa meringankan kita yah, hehe..
    dengan barang yang relatif mahal tapi anak masih sering bosenan atau jangka pakainya bentar, aku juga milih sewa..

    dulu saat Lian mulai mpasi juga belajar jalan, aku sewain highchair juga baby walker..

    seiring berjalannya waktu, sekarang aku memilih usaha persewaan mainan anak sendiri deh, ternyata asik :)

  2. eka
    Eka Wulandari Gobel January 24, 2013 at 9:10 am

    tips nya berguna banget, apalagi pada tahun pertama kelahiran bayi kan memang banyak pengeluaran ya.. dengan menyewa peralatan bayi, jadi lebih menghemat. TFS, Indy!

  3. Indy Natalia
    Indy Natalia January 24, 2013 at 10:27 am

    Wah, @ruliyani, asik banget tuh!sambil menyelam minum air ya;)) gw juga setuju sama kegiatan sewa – menyewa ini, selain ngirit dari sisi biaya, ngirit tempat juga lho, kalau barang2nya udah nggak terpakai atau dikembalikan hehe

  4. Indy Natalia
    Indy Natalia January 24, 2013 at 10:29 am

    Yes, Mba Eka!pengeluaran bulan – bulan pertama setelah kelahiran memang nggak terduga, syukurlah ada ide persewaan perlengkapan bayi ini, ya:))

  5. ipeh
    Musdalifa Anas January 24, 2013 at 3:23 pm

    Waktu anak pertama saya lebih milih sewa dibanding beli seperti bouncer, carseat, etc dengan pertimbangan kalau beli dan udah gak kepake bingung mau nyimpen dimana krn rumah kami kecil. Sekarang hamil 28weeks kepikiran untuk rental lagi kayanya daripada beli, kecuali kalo dikadoin ya, hehee…

    TFS Indy, tipsnya berguna banget

  6. ninit
    ninit yunita January 25, 2013 at 6:40 am

    rental peralatan bayi ini solusi yang ok banget!
    pertimbangannya saya juga sama kayak ipeh karena tinggal di tempat yang sempit dimana storage juga terbatas…

    waktu arza masih kecil, karena pas di spore ga tau rental peralatan bayi, jadinya seru juga minjem barang2 aina yang ga kepake spt bumbo.

    tks buat tipsnya yaah indy :) useful banget.

  7. Indy Natalia
    Indy Natalia January 25, 2013 at 9:51 am

    @Mba Ipeh, waah..sekarang lagi nunggu anak ke2 ya,pasti lagi happy banget:) iya, pilihan produk rentalnya sekarang makin banyak pula!
    @Mba Ninit, yes membantu banget..pengeluaran besar jadi bisa dipangkas XD

  8. adhe007
    adhe007 April 11, 2013 at 6:47 pm

    Membeli perlengkapan/mainan bayi sejak anak pertama bisa dijadikan modal usaha juga dengan membuka jasa penyewaaan bila anak sudah tidak memakainya lagi dan bisa juga dipakai untuk anak kedua dan seterusnya ;)

  9. mama_izan
    mama_izan May 23, 2013 at 3:17 pm

    Haloo semua salam kenal ya… :)
    Bagi yg ingin rental perlengkapan bayi seperti bumbo seat, AWG dll bisa hubungi ak ya di pin bb 32DAD365

  10. Lovelyra
    Lovelyra September 19, 2013 at 10:00 pm
  11. Kudille
    Kudille December 2, 2013 at 9:24 am

    Halo… saya saat ini sedang hamil 21 minggu. Kadang suka gasabaran nunggu appointment USG… Mau tanya info, di Jakarta atau Depok ada yang tau tempat sewa doppler detak jantung bayi ga? thanks before … :)

  12. ollie Lubis
    ollie Lubis February 23, 2014 at 1:38 pm

    yang perlu rental untuk daerah JABODETABEK contact ke 083871952295 aja ya…qta juga bsa bantu untuk goodie bags selamatan kelahiran bayi and ultah, thx mommy… ^^,

  13. mei puspita
    mei puspita October 12, 2014 at 8:41 am

    Terima kasih bunda

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.