Nyaman Berkereta ke Bandung

Bandung adalah salah satu destinasi favorit banyak orang untuk menghabiskan akhir pekan, terutama bagi warga Jakarta. Kotanya indah, di sana sini terdapat makanan enak dan tempat makan yang nyaman. Banyak tempat wisata yang bisa membuat anak-anak senang. Jadi, paket lengkap banget deh!

Setelah ada jalan tol Cipularang, perjalanan ke Bandung semakin mudah dan tidak memakan waktu lama. Bila urban Mama Papa lelah menyetir mobil, sudah banyak travel yang menjamur dari Jakarta menuju Bandung. Dulu, Kereta Api adalah alat transportasi yang menjadi favorit, tapi kemudian banyak yang beralih ke mobil pribadi dan travel. Sehingga pergi ke Bandung dengan menggunakan kereta api sudah tidak begitu populer lagi.

Beberapa minggu yang lalu, saya harus sering bolak-balik ke Bandung untuk urusan keluarga. Karena suatu hal, saya memutuskan untuk pergi ke Bandung dengan menggunakan Kereta Api bersama anak-anak. Surprisingly, kini naik Kereta Api ke Bandung sangat nyaman dan menyenangkan. Anak-anak saya bahkan sangat menyukainya!

 

 

1. Beli Tiket Kereta Api secara Online
Saya membeli tiket Kereta Api secara online. Ada beberapa situs pembelian tiket Kereta Api seperti di situs resmi PT KAI, tiket dotcom, blibli dotcom, dan bisa juga dibeli di Indomaret atau Alfamart.

2. Check-In Counter
Sampai di stasiun Gambir, saya melakukan check-in. Ada deretan mesin yang tersedia di stasiun untuk melakukan check-in. Tinggal masukan kode yang diberikan setelah kita membeli tiket Kereta Api dan tiket akan otomatis keluar.


3. Boarding
Petugas akan memeriksa tiket dan harus menggunakan tanda pengenal yang sesuai (saya menggunakan KTP).
Di dalam Kereta Api, petugas melakukan pengecekan secara random dengan menggunakan aplikasi android.

Kereta Api Parahyangan sekarang sangat bersih dan nyaman. Saya merasa kagum dan sangat menghargai kinerja PT KAI yang sangat baik. Di stasiun pun keadaannya baik. Beberapa fasilitas yang dibutuhkan traveler seperti tempat mandi, loker, dan hotel transit pun ada. Untuk tempat makan juga tersedia, seperti Starbucks, Bakmi GM, Dunkin Donut pun ada.

Saya mecoba kelas ekonomi dan eksekutif.

Kelas Ekonomi
Saya ke Bandung menggunakan kelas ekonomi pukul 5 pagi. Meskipun namanya kelas ekonomi, tapi penampilannya bagus. Rapi dan terutama, bersih!
Tidak perlu khawatir akan kepanasan di kelas ekonomi, sebaliknya bila menggunakan kereta pagi, urban Mama harus membawa jaket!
Harga tiket: Rp80.000,-

kereta api ke bandung

kereta api ke bandung



Tips untuk Kelas Ekonomi
Bila ke Bandung, pilih tempat duduk nomor 12-24 karena kursinya menghadap searah dengan jalan Kereta Api.
Sebaliknya, dari Bandung ke Jakarta, pilih kursi 1-11 karena menghadap searah dengan jalan Kereta Api.

Kelas Eksekutif
Secara penampilan, bagi saya kelas ekonomi lebih baik tetapi yang membuat nyaman di kelas eksekutif adalah jarak antar kursi yang lapang yang nyaman untuk kaki. Kalau kelas ekonomi, jaraknya tidak terlalu lebar.
Harga tiket: Rp 100.000 - 120.000

Tips
Bila ke Bandung, pilih kursi C-D karena kita bisa menikmati pemandangan yang lebih bagus. Sebaliknya, dari Bandung menuju Jakarta, pilih kursi A-B.

 


Secara berkala, ada petugas kebersihan yang berjalan untuk mengambil sampah (seingat saya 2-3 kali). Di tempat duduk pun disediakan plastik untuk sampah. Jadi, mohon bantu PT KAI untuk menjaga kebersihan kereta. Saya sangat menyayangkan saat melihat tempat duduk yang lantainya ada bungkus permen dan makanan yang dibuang begitu saja. Semoga kita tidak termasuk golongan orang-orang yang demikian ya.
Di setiap kursi pun ada colokan listrik sehingga bila baterai handphone habis, kita bisa charge dengan segera.

Anak-anak sangat senang bisa naik Kereta Api ke Bandung. Perjalanan selama 3 jam 30 menit menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi mereka.




Traveling Menggunakan Kereta Api bagi Ibu Hamil

  1. Bila kehamilan Mama berjalan normal maka traveling dengan menggunakan Kereta Api tidak akan menjadi masalah bagi Mama. Sebaiknya Mama berkonsultasi pada dokter kandungan Mama bila ada hal-hal yang kurang nyaman terhadap kesehatan ibu hamil dan hindari traveling tanpa ada pendamping. Pergerakan Kereta Api menurut saya cukup nyaman dan tidak membuat mual.
  2. Gunakan tas/koper kecil yang beroda. Minta bantuan pada penumpang lain bila barang bawaan Mama harus disimpan di rak di atas tempat duduk. Atau urban Mama bisa menggunakan jasa porter untuk membawa barang bawaan Mama. Hal ini perlu dilakukan agar punggung Mama tetap nyaman.
  3. Untuk ibu hamil disarankan untuk menggunakan kelas eksekutif untuk kenyamanan Mama. Mama bisa duduk berselonjor.
  4. Selalu gunakan tangga yang tersedia untuk naik ke Kereta Api.

23 Comments

  1. avatar
    Pingkan Elinda February 7, 2017 6:13 pm

    wahh info bagus nihh.. makasii ya mom Ninit :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    tika ibuabhe February 1, 2017 2:28 pm

    waaaaahhhh....bagus yaaaa... walopun kelas ekonomi
    abhe pertama kali naik kereta, dari purwokerto ke semarang waktu msh 16mo ....tapi adanya kelas ekonomi, yg tidak sebagus KA jkt-bandung...
    tapiiii tetaaappp seruuu dan bikin ketagihan...
    minggu ini mau berkereta lagiiiii dari purwokerto ke jogjakartaaaa.... yiheeeee...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Rosa Adelina February 1, 2017 12:57 pm

    seru banget teh ninit, harus dicoba ini opsinya :D

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    LokahittaLover January 22, 2017 11:38 am

    Asiiiik IMLEK ke Rumah AMA bisa Naik kereta...thanks infonya teh

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Aini Hanafiah January 17, 2017 9:53 pm

    Teh Ninit, kan aku jadi kangen ke Banduuuungg xD terutama naik kereta. Sebenarnya lebih suka ngeBandung naik kereta sih, pemandangannya indah. Pokoknya sangat menikmati perjalanan naik kereta deh hehe, apalagi kalo keretanya udab makin bagus & nyaman gini ya..

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.