Pilihan Lain Tempat Wisata di Singapura

wortje
Woro Pradono Was a blogger, now sharing her fun family life through instragram pictures (@wortje). Currently live in Singapore with her dearest Husband, Andri Pradono and their dearest Son, Zlatan A. Pradono. Loves running, and always in search for a great coffee.

Mencari tempat alternatif untuk berlibur bersama anak di Singapura selain ke Universal Studio atau Singapore Zoo? Saya juga sempat ‘bosan’ dengan pilihan tempat wisata di Singapura, terlebih setiap weekend saya dan suami selalu mengusahakan aktivitas outdoor untuk Zee. Kami selalu memberikan pilihan ke Zee tempat mana yang mau ia datangi saat weekend ini. Saya ingin berbagi beberapa tempat wisata lain yang menarik untuk anak-anak di Singapura dan sebagian besar gratis!

1. Museum

Singapura punya banyak sekali museum, semuanya sangat terawat dengan baik. Banyak museum yang tidak memungut biaya masuk, seperti salah satunya yang baru saja saya datangi adalah Singapore Air Force Museum, terletak di daerah Airport Road, daerah pangkalan udara militer Paya Lebar. Museum ini berisi beberapa galeri pesawat yang pernah dipakai oleh Singapura di masa lalu. Ada juga diorama mengenai kegiatan Angkatan Udara Singapura di dua lantai atas museum ini. Sayangnya pada saat saya datang, teaternya sedang direnovasi. Kalau sedang berfungsi normal, kita bisa menonton tentang AU Singapura dan dunia penerbangan pada umumnya.

Di tempat ini tidak ada kafetaria/tempat makan ya, Mama. Pastikan anak-anak sudah makan terlebih dahulu atau sebelum datang ke museum ini. Kita tidak dilarang membawa snack di sini.

Selain itu yang menjadi favorit saya adalah Singapore Art Museum dan National Museum of Singapore dengan agenda atau acara seru yang berganti-ganti setiap bulannya.

2. Playground

Sewaktu baru pindah ke Singapura, saya sangat terkesan sekali dengan banyaknya tempat bermain gratis untuk anak-anak (playground) di ruang terbuka. Paling baru dan paling mengesankan untuk saya adalah Childrens Garden, yang dipersembahkan oleh Far East Organization, terletak di dalam Gardens by The Bay. Ini adalah perpaduan waterplay, di mana terdapat area terpisah untuk infant/toddler dan area lain untuk anak yang lebih dewasa. Petugasnya sangat tegas menjaga wilayah ini, jadi jangan khawatir adik-adik balita bisa bermain-main tanpa takut tersenggol oleh anak yang jauh lebih besar. Kemudian ada juga tree house, dan playground ‘kering’, seperti seluncuran, kemudian panjat-panjat, letaknya sedikit tersembunyi di balik amphitheater. Ada toilet lengkap dengan ruang ganti kering. Kalau mendadak lapar, ada kafetaria kecil yang menjual minuman dan makanan kecil, dan juga Satay by The Bay tepat di sebelah Childrens Garden.

3. Kebun Raya

Jujur saya tidak suka dengan kebun atau taman sebelum saya pindah ke sini, bagi saya tidak ada yang menarik dengan tanaman. Tapi karena bosan sekali dengan daerah pertokoan seperti Orchard Road, lalu suami mengajak pergi ke Singapore Botanic Gardens. Ternyata tempatnya bagus dan luas sekali, serta tipikal Singapura: hampir tidak ada sampah. SBG punya beberapa pintu masuk. Pintu masuk favorit saja di dekat MRT Botanic Gardens, tidak jauh dari situ terdapat Jacob Ballas Children’s Garden, masuknya gratis asal kita membawa anak. Jangan lupa juga untuk bawa baju ganti anak-anak, karena di sana ada waterplay yang tidak mungkin dilewatkan dan juga rumah pohon. Apabila anak-anak mau bermain skuter, tidak jauh dari sana ada Eco Lake, dikelilingi oleh hamparan rumput hijau yang juga bisa dipakai anak-anak untuk berlari-lari. Kemudian, di hari-hari tertentu ada orkestra yang dimainkan di Symphony Lake. Seru sekali!

4. Pantai

Walaupun tidak ada pantai tanpa pemandangan kapal tankernya, tapi pantai di Singapura termasuk bersih dan terawat. Ada dua tempat yang biasa saya datangi, pantai di East Coast Park atau Palawan Beach/Siloso Beach di Sentosa.

East Coast Park termasuk sepi turis, biasanya yang ke sini hanya warga Singapura, karena ECP bukan daerah tujuan wisata seperti Sentosa. Tapi jangan khawatir, pilihan tempat makan banyak, toilet bersih, ada penyewaan sepeda, sepatu roda, dll. Bagi Mama atau Papa yang hobi berlari, di sini juga bisa lari dengan pemandangan pantai. Saya pernah ikut Newton Challenge tahun lalu di sini, dari ujung ke ujung sekitar 10 km.

Palawan atau Siloso Beach sama-sama di Sentosa, kalau senang dengan hiruk pikuk orang/turis, atau masih ada waktu setelah seharian di Universal Studios, Mama Papa bisa ajak anak-anak ke Siloso Beach. Kalau ingin sedikit tenang, bisa ke sisi Palawan Beach. Saya sendiri lebih senang ke Palawan Beach, walaupun lebih sedikit tempat makan, tapi lebih sepi dan tidak terlalu banyak orang.

5. Playground di Mal

Tetap ‘terpaksa’ harus ke mal sewaktu liburan? Berikut daftar mal yang ada playground gratisnya.

  • Changi City Point, waterplay di lantai L2,
  • [email protected], di luar Food Republic L5,
  • The Paragon Orchard, di lantai 5,
  • 112 Katong Mall, waterplay di lantai 4,
  • City Square Mall, di luar pintu utama,
  • IMM Jurong East, rooftop,
  • Vivo City, lantai 2.

Tetap berhati-hati saat menjaga anak-anak kita ya, Mama Papa. Awasi mereka selagi bermain-main, keselamatan mereka tetap yang utama. Selamat berlibur!

11 Comments

  1. cindy
    cindy vania February 24, 2014 at 1:04 am

    Singapore sangat-sangat child friendly ya mbak Wor.
    Seru banget ada banyak pilihan tempat buat ajak anak2 main..

    Faveku SBG.. Mudah-mudahan ada kesempatan ke sg sama anak2 ;)

  2. ninit
    ninit yunita February 24, 2014 at 8:01 am

    woro,
    bener bangeeet!
    singapore itu bener2 bikin iri deh karena banyak taman yang nyaman buat main2 sama keluarga. ga cuma ke mall.

    tamannya bagus2 bersih dan rapi. jadi seneng kalo jalan2 ke taman.

    playgroundnya juga… anak2 pasti seneng kalo main di playground yang bagus2 dan gratis pula.

    museumnya juga bagus2… terawat banget. seneng deh kalo ngajak anak2 ke sana :)

  3. Kira Kara
    Bunda Wiwit February 24, 2014 at 12:21 pm

    woooww.. kereennn.. Bersih dan asri banget. Kapan nih aku diundang ke Singapure??! #lho!

  4. gabriella
    Gabriella Felicia February 25, 2014 at 8:13 am

    Wow, iri berat sama yang tinggal di Singapura deh kalau lihat yang kayak gini… TFS ya Woro, nanti kapan-kapan kalau ajak Albert ke Singapura jadi banyak pilihan tempat yang dikunjungi.

  5. wortje
    Woro Pradono February 25, 2014 at 9:15 am

    Cindy : Iya, sangat child friendly, akses stroller dll pun gampang. Ayuk ke SBG, sambil piknik juga enak :D

    teh Ninit : Jakarta jg mulai banyak ya teh, aku sering denger tempat2 baru dari temen2 disana, seneng sekali dengernya, baru kerasa sekarang soalnya, ternyata taman jauh2 lebih enak daripada ke mall :))

    Bunda Wiwit : Hihihi, mari silahkan nanti bersua2 dengan TUM yang lain disini :D

    Ella : You’re very welcome, supaya ga jenuh anak2 diajakin ke mall terus ya.. *curahan hati Zee sebelum ini* :)) Say hi to Albert! :)

  6. eka
    Eka Wulandari Gobel February 25, 2014 at 11:53 pm

    woro, seneng deh liat foto2nya! serasa ikut jalan2 :)
    pasti zee seneng banget yaa jalan2 di tempat2 yg child friendly kyk di sg.
    tfs ya wor, jd ada referensi kl bawa enzo & dante jalan2 ke sg! toss buat zee dari enzo & dante!

  7. syarach
    syarach February 26, 2014 at 3:16 pm

    jadi pengen family trip kesana.. :)
    btw, mau OOT sedikit.. propic nya Bunda ninit yunita sama Bunda wiwit rada mirip.. hihi v^_^

  8. ZataLigouw
    Zata Ligouw February 27, 2014 at 1:07 pm

    Ahhhh jadi pengen buru2 bawa anak2 ke sanaaa deh..

    Makasih infonya Woroo..

  9. ipeh
    Musdalifa Anas February 27, 2014 at 3:18 pm

    worooo, kalau aku ke Singapore ajakin jalan-jalan ya :)

  10. amie zula
    amie zula March 4, 2014 at 7:54 am

    Tfs woro, jd ada refernsi lebih nih kalau main ke sg :)

  11. WINIDI
    WINIDI March 4, 2014 at 2:03 pm

    Salam kenal.
    Saya jg tinggal di Sin :)
    Thanks mba Woro buat infonya. Bisa ajak anak2 utk yg di mal nih.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.