Roti Gulung Suka-Suka

athirah

Kenapa kakak tidak mau catering sekolah?

Ya ga mau aja,” jawab Yasmin, anak pertama saya yang kini kelas 1 SD.

Ya tapi alasannya kenapa?”

Kakak mau bekal bikinan Ibu saja.

Hah?”

“Karena kakak senang liat Ibu repot tiap pagi!” lanjut Yasmin sambil cekikikan puas.

Jadilah setiap pagi sekitar pukul 5.30 saya pun menyiapkan bekal untuk snack pagi dan makan siang Yasmin, Saya usahakan untuk membuat bekal yang sesimpel mungkin. Ini adalah salah satu bekalnya, Roti Gulung Suka-Suka, saya buatkan untuk bekal sehabis berenang. 

(untuk 2 porsi anak-anak)

Bahan:

  • 4 lembar roti tawar
  • 5-10 kuntum brokoli, iris kecil
  • 1 buah wortel, iris dadu kecil-kecil
  • 50 ml susu cair atau dikira-kira saja
  • 1/5 bagian keju cheddar blok, diparut atau diiris
  • 1 buah sosis, iris kecil
  • ½ sdt tepung maizena
  • 1 butir telur ayam, kocok & beri garam sedikit
  • Air sedikit

 

Cara membuat:

  1. Tumis brokoli, wortel dan sosis, kalau mau pake minyak, sedikit saja ya hanya untuk dioles di wajan saja supaya tidak lengket.
  2. Tambahkan air sedikit saja, untuk melembutkan wortel dan brokoli.
  3. Aduk sebentar dan diamkan agar matang (matangnya sesuai selera).
  4. Masukkan susu dan maizena, aduk sampai maizena mengentalkan tumisan. Agar maizena tidak menggumpal, bisa dilarutkan dulu bersama susu dingin, kemudian dimasukkan ke tumisan.
  5. Masukkan keju. Aduk kemudian angkat.
  6. Siapkan roti tawar, beri kira-kira 2 sendok makan tumisan ke setiap lembar roti tawar lalu gulung.
  7. Celupkan sebentar ke dalam kocokan telur. Angkat
  8. Panaskan wajan, olesi sedikit mentega/minyak. Goreng gulungan roti bolak-balik sampai coklat. Angkat.
  9. Iris gulungan roti jumlahnya sesuai selera.

Anak saya ternyata doyan melahap bekas sesimpel ini. Agar tidak banyak makan waktu di pagi hari, Urban mama bisa menyiapkan bahan-bahannya di malam hari & baru digoreng saat keesokan paginya. Selain itu, snack sederhana ini asyik juga untuk dibuat bersama anak-anak

13 Comments

  1. siska.knoch
    Siska Knoch November 28, 2014 at 5:38 am

    Waaa… simpel tapi kelihata enak! pas bgt lg mau siapin bekal pagi hihi terima kasih mama yasmin.

  2. dari retno
    retnoretno November 28, 2014 at 7:26 am

    sip banget niy, simple, sehat, enak, menyenangkan bisa bikin anak bangga bawa bekal dari mama :D
    Tfs ya….

  3. ZataLigouw
    Zata Ligouw November 28, 2014 at 9:30 am

    wihh ini sih anak2 pasti doyan juga.., harus dicoba! makasih ya artikelnya athirah, salam buat Yasmin ;*

  4. enjimagetsari
    Enji Magetsari November 28, 2014 at 9:38 am

    Wah, simple dan praktis sekali. Cocok nih buat bento2nya Maha. TFS mom Athirah.

  5. ipeh
    Musdalifa Anas November 28, 2014 at 10:25 am

    Simple tapi isinya komplit, ada sayur dan sosis, telur. Thanks mama Yasmin artikelnya.

  6. Marully Handri
    Marully Handri November 28, 2014 at 5:15 pm

    Simple dan dapat disiapin dengan cepat. Thank you mom untuk resepnya

  7. tetehasti
    tetehasti November 28, 2014 at 8:37 pm

    simple tp gizinya lengkap, thanks resepnya :)

  8. deravee03
    deravee03 November 29, 2014 at 9:24 am

    Duh enak bangett :9 Kirim2in gavin donk kk yasmin :p

  9. anggiabonyta
    Anggi November 29, 2014 at 10:18 am

    asiik, mau banget nyobain resep ini..TFS yaa:)

  10. evi_widjaja
    evi_widjaja November 29, 2014 at 9:59 pm

    goreng ini maksudnya goreng deep fried ?

  11. rainiw
    Aini Hanafiah November 30, 2014 at 12:05 am

    aku ngikik2 ketawa baca alasannya Yasmin minta dibuatkan sarapan :)) tfs yaa resepnya, simpel buat bekal & bisa disisipin sayuran *penting bgt ni*

  12. eka
    Eka Wulandari Gobel December 9, 2014 at 6:03 pm

    wah, simpel nih..terima kasih ya mama athirah resepnya! mau coba bikin juga untuk bekal anak-anak!

    hihihi..yasmiin..*ciyum*

  13. Ummu Alfathoni
    Ummu Alfathoni October 30, 2015 at 10:44 am

    Terimakasih sharingnya mom…

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.