Siap Hamil? 5 Hal yang Harus dipertimbangkan Sebelum Hamil

Setelah menjalin hubungan beberapa bulan/tahun dengan pasangan, akhirnya momen pernikahan berlangsung. Tentu ini hal yang sangat membahagiakan, menikah dengan orang yang kita sayangi dan menjadi satu tim dalam membangun rumah tangga. Setelah itu, lalu urban Mama Papa mulai memikirkan untuk memiliki anak. Apakah urban Mama sudah siap untuk hamil? Ada 5 hal yang bisa dipertimbangkan sebelum menjalani proses kehamilan.

[caption id="attachment_117536" align="aligncenter" width="620" caption="(Gambar: www.pixabay.com)"][/caption]

1. Keputusan Bersama
Diskusikan bersama pasangan mengenai keputusan kapan saatnya hamil. Jangan sampai ada tekanan dari luar. Pertanyaan-pertanyaan meski mungkin sifatnya basa basi dari teman atau keluarga tentang kapan punya anak, bisa lama-lama mengganggu. Jangan sampai ini mempengaruhi apa yang diputuskan urban Mama Papa. Setiap pasangan memiliki keputusan yang berbeda. Ada yang memutuskan untuk langsung hamil setelah menikah, ada juga yang menundanya karena beberapa pertimbangan.

2. Tujuan
Saya selalu teringat dengan jargon financial planner Ligwina Hananto, "Tujuan Lo Apa?". Menurut saya, sangat valid untuk mengajukan pertanyaan yang sama pada diri kita sendiri. Dengan ada tujuan, kita akan merancang rencana. Seperti yang dikatakan Pak Gunawan, tokoh fiksi dalam novel Sabtu Bersama Bapak, rencana rencana rencana. Coba berdiskusi dengan pasangan. Tetapkan tujuannya apa. Hamil adalah momen penting dalam hidup yang sebaiknya direncanakan dengan sebaik mungkin. Pikirkan segala kemungkinan termasuk yang tidak diharapkan sekalipun, misalnya bila menghadapi hambatan dalam proses kehamilan.

3. Kesiapan Finansial
Kondisi keuangan juga tidak bisa dipungkiri perlu diperhatikan. Oleh karena itu, coba bersama pasangan berdiskusi. Rezeki memang dari Tuhan tetapi tidak salah bila kita menyiapkannya dengan baik.

4. Bergaya Hidup Sehat
Berolahraga dengan teratur dapat meningkatkan kemungkinan urban Mama untuk hamil. Dengan olahraga, tubuh urban Mama akan bekerja dengan optimal. Apakah urban Mama tahu kalau berolahraga itu melepaskan hormon kebahagiaan (endorfin)? Cobalah untuk beraktivitas fisik dengan teratur selama 30 menit. Bisa jalan kaki, lari, berenang, atau apa saja yang urban Mama sukai. Selain itu, mulailah konsumsi makanan yang sehat dan seimbang.

5. Jauhi Stress!
Lakukan kegiatan yang menyenangkan seperti berolahraga, yang menjauhkan urban Mama Papa dari stress!

Bagaimana urban Mama Papa, siap hamil dan membangun keluarga?

10 Comments

  1. avatar
    Siska Knoch May 23, 2016 7:44 pm

    Waaa cocok banget buat urban mama yang menrencanakan kehamilan ini.
    Setuju banget semuanya, jadi senyum2 sendiri sambil inget2 waktu hamil dua jagoan hihihi

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    nurul lestari May 23, 2016 11:47 am

    sayaa,,sayaa,,,insyaAllah siaapp,,, :D Thankss infonyany teh niniiit

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Musdalifa Anas May 23, 2016 11:03 am

    teh ninit, terima kasih infonya. Benar banget sebelum hamil perlu banget dipertimbangkan dan diputuskan bersama suami. Saya sebenarnya pengen hamil lagi, tetapi setelah diskusi dan dipertimbangkan bersama akhirnya diputuskan untuk 2 saja cukup.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Yanti nuraini fitria May 22, 2016 8:15 am

    Tfs Teh Ninit
    Infonya singkat padat dan pas buatku yang lagi mikir kapan hamil lagi dan terus berfikir pertimbangan dan persiapannya

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Aini Hanafiah May 22, 2016 3:40 am

    Aduh bener banget itu teh yang bagian "tujuan lo apa?", hahahaa! Dan 'keputusan bersama' itu, kadang2 orang kita suka nganggepnya 'keputusan bersama-sama rame-rame' ya sampai semua ikut urun pendapat, hihi. Thanks sharingnya ya teh Ninit :D

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.