Spaghetti Dory Saus Bayam Keju

Yokewulansari

Awalnya masakan ini saya modifikasi coba-coba karena beberapa hal. Pertama, anak saya Josh (3 tahun) belum bisa mengunyah daging-dagingan dan ikan dengan baik. Oleh sebab itu saya menggunakan ikan dori yang teksturnya lembut dan mudah dikunyah. Kalau ada banyak hal yang harus dikerjakan di rumah dan deadline yang harus ditepati, saya masak saja hidangan ini. Selain mudah dibuat, bisa mudah dimakan tanpa harus disuapi.

Yang kedua, semua nutrisi yang diperlukan tubuh bisa dicampur jadi satu di masakan ini; karbohidrat, protein, kalsium, serta vitamin semua ada dalam bahan-bahannya. Jadi tidak perlu masak pisah-pisah. Praktis, bukan?

Bahan-bahan:

  • 50 gr spaghetti
  • Sepotong ikan dori beku (kurang lebih lebarnya dua jari)
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 jumput bayam, diiris tipis-tipis
  • Margarin untuk menumis (pakai mentega lebih enak lagi)
  • 50 gr keju quickmelt, parut
  • Susu cair secukupnya
  • Tepung terigu secukupnya
  • Merica bubuk
  • Oregano

 

Cara membuat:

  1. Rebus spaghetti sampai matang, sisihkan.
  2. Panaskan margarin, tumis bawang putih sampai harum.
  3. Masukkan ikan dori yang sudah dipotong-potong dadu.
  4. Setelah ikan matang, taburi tepung terigu. Aduk-aduk sampai rata dan lengket.
  5. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  6. Kalau sudah cukup kental, masukkan parutan keju.
  7. Aduk-aduk dan masukkan irisan bayam, tambahkan merica bubuk.
  8. Kalau saus sudah mendidih, masukkan spaghetti dan aduk merata.
  9. Supaya harum, beri sedikit oregano lalu aduk.

Resep ini takarannya adalah satu porsi sekali makan anak saya. Urban mama silakan menyesuaikan takarannya untuk anak yang berusia lebih muda atau lebih tua.

12 Comments

  1. sLesTa
    shinta lestari March 21, 2014 at 11:51 am

    looks yummyyy!!! thanks for sharing yah mama Yoke! Josh pinter deh makan sendiri.

  2. ZataLigouw
    Zata Ligouw March 21, 2014 at 5:44 pm

    wuaaa enak kayanyaaa…, cobain ah buat dedek Sabil di rumah. Makasih Yoke dan Josh..

  3. teta
    teta March 21, 2014 at 5:49 pm

    Mau bikin buat Yama ah, makasih ya mama Yoke ;-)

  4. vita sugiarta
    vita sugiarta March 21, 2014 at 9:58 pm

    hmmm,,,boleh ya cobain di rumah. Makasih mama Yoke

  5. Yokewulansari
    Yokewulansari March 22, 2014 at 9:27 am

    Buat semuanya: selamat mencoba yaaaa. Gampang banget :)

  6. rainiw
    Aini Hanafiah March 22, 2014 at 9:46 am

    Tfs yaa Yoke… Suka banget deh makanan yg bikinnya sekaligus, sedap pula isinya! Bener banget, ini trik yg sama juga spt di rumah: anak jadi asik makan sendiri gapake disuapin, hihii!

  7. mamadino
    Angie Renata March 22, 2014 at 10:14 am

    Waah, enak nih kayanya…dan sehat! Pingin buat juga ah di rumah, TFS mama Yoke~ :)

  8. ninit
    ninit yunita March 22, 2014 at 7:57 pm

    yummm banget nihhh… udah praktik resepnya, makasih yaaa mama yoke.
    seneng liat josh! ganteng dan pinter makan sendiriii…

  9. gabriella
    Gabriella Felicia March 23, 2014 at 3:04 pm

    Kelihatan enak banget Yok… jadi pengen nyoba!

  10. hananafajar
    hanana fajar March 24, 2014 at 10:47 am

    enaaak bangettttt jadi pengeen nyobaaa..tfs mom yoke:*

  11. tikatatum
    tikatatum March 25, 2014 at 10:04 am

    asik masih ada stock spageti dirumah..siap bikin nih…hihihihi

  12. niajaden
    niajaden March 9, 2015 at 5:19 pm

    Yummmiii

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.