1

Topic: Memandikan Bayi

dari umur 0 sampai 9 bulan aku pakai 2 tahap, pertama disbunin dan dilap di atas perlak, baru di bilas di muchkin baby bath tub pakai air hangat. Setelah shabrina sudah bisa di bediriin umur 10 bulan hanya satu tahap. langsung kumandiin pakai gayung dan disabunin kemudian baru dech dicemplungin sama mainannya ke muchkin baby bath tub nya.... yang confortable banget buat shabrina yang aktif jadi g kejedot jedot tu kepala maupun bagian tubuh yang lain

MamanyaShabrina
"Yuk berhemat pemakaian Listrik dan Air serta kita pilah sampah organik dan non organik di rumah kita" :D

2

Topic: Memandikan Bayi

memang serem yah kalo bayi hampir tenggelam di bak, mesti bener2 hati-hati meganginnya dan ga boleh terlena sedikit pun, kalo bisa sih semua alat-alat mandi bisa dijangkau oleh tangan kita.
sejak Fazil berumur 7 hari, aku mulai mandiin Fazil di dalam bak mandi bayi 2 kali sehari, jam 7-8 pagi dan jam 3-4 sore..langsung cebur, biar cepet selesai hehe..

dulu aku belajar dari video ini supaya tau cara mandiin bayi,
http://www.babycenter.com/2_bathing-your-newborn_1486858.bc

3

Topic: Memandikan Bayi

hihi ikutan nimbrung ah, dulu pas Ghiffari baru lahir sih gw malah demen mandiin dy andaikata bisa 5x sehari gw mandiin deh soalnya satu2nya dy ga nangis itu pada saat mandi... sisanya nangisssss mlulu *dugaan sih gejala kolik* tapi untungnya gw masih sadar hehe jadi 2x aja pagi sore dan itu tergantung kapan dy bangun tapi biasanya sih jam 7 jg udah mandi terus jam 4-5 sore udah dimandiin lagi..

Nah kalo dulu gw sama ama Pawitra Wijaya taro di perlak terus udah gitu masukin ke puku, setelah umur 6 bulan gw mulai kaya joan tp pas udah selesai disabunin di baby bather terus pindah pake munchkin bt maen aer.. Sekarang, berhubung munchkinnya bocor n gw blm nemu titik bocornya gw pake bathernya doank terus langsung pake gayung tinggal guyur..

Kyanya klo dah bisa jalan gw suruh mandi berdiri aja hihi,, biar ga usah nyiapin apa2 lagi :D *pemalas*

btw nanya yaa mamas, kalo telinganya beberapa saat setelah mandi kotor ada ga si hubungannya ama aer yang masuk ke telinga pas mandi?

4

Topic: Memandikan Bayi

Ini foto Violeta di baknya yang ada tonjolannya, jadi menghindari slip pas mandi.

http://farm5.static.flickr.com/4083/4973509084_44005d511d.jpg

5

Topic: Memandikan Bayi

restya, baru tau kalo bayi bisa dimandiin sambil tengkurep. jibril keliatannya seneng banget ya. kalo posisi begitu yang dipegang cuma bagian dadanya ya? ketiaknya perlu dipegang lagi gak kaya kalo mandiin dengan gaya konvensional?

nyanya, deru (sekarang 4,5 bln) dari lahir mandianya dua kali sehari. sekitar jam 8 pagi dan 4 sore. cara mandinya sampai sekarang belom berubah: pertama dicemplungin ke ember isi air anget, trus langsung diangkat ke perlak buat disabunin. setelah itu dicemplungin lagi untuk bilas sabunnya.

moms, mo nanya dong umur berapa bayi bisa dimandiin pakai air biasa alias bukan air anget? deru mandinya masih pakai air anget tapi dia seminggu sekali suka berenang di kolam tiup dengan air biasa. berenangnya sekitar 10 menit. dia oke-oke aja berenang di air dingin, apa itu tandanya dia udah bisa mandi dengan air biasa?

senang memilikimu lelaki kecilku

6

Topic: Memandikan Bayi

Shaka s/d 8bln ini mandi 2x sehari. Awalnya jam 7-8pagi dan 15.30-16.30sore, lama2 molor jd jam 8-9pagi dan 16.30-17.30sore :p kadang2 malah magrib... Suka ngepasin habis mpasi sore sih, biar sekalian habis mandi bersiih semua... Pa pa nggak sih...

Setiap mandi jg pake 2 tahap, spt mamas yg lain, di perlak, trus cemplungin bak. Tapi belakangan pake munchkin duck tub itu nyaman bgt, rasanya pengen hilangin tahap di perlak krn bayinya udh smakin lasak, serem kpleset pegangan.
Tapi kalo mandi nyemung di tub aja, bilas sabunnya gmn ya... Apa harus pake sabun yg body bath (bukan body wash) biar ga usah dibilas :D ? Mohon masukannya ya mamas... Tqu

*shakashakesmyworld*

7

Topic: Memandikan Bayi

Fifu itu alasannya gw pake baby bather itu gw ud ga sanggup lg pake perlak.. Ud kaya kejar2an gt hehehe..

8

Topic: Memandikan Bayi

rooslain sodaraku sejak anaknya umur 4 hari sudah dimandikan dengan air biasa, tapi tidak terlalu dingin dan katanya berbeda banget dengan anaknya yang dimandikan terus dengan air hangat sampai umur 1 tahun.
Anak yang sudah dimandikan dengan air biasa sejak dini, cenderung lebih tahan dari sakit (Katanya, dari hasil eksperimen dengan anaknya), tapi tetep aq tidak berani, nanti tunggu anakku 1 tahun baru kumandikan dengan air biasa

MamanyaShabrina
"Yuk berhemat pemakaian Listrik dan Air serta kita pilah sampah organik dan non organik di rumah kita" :D

9

Topic: Memandikan Bayi

rooslain, kathleen (2th) smp skr mandi masih pake air hangat hihihi ga tau kenapa ya dia nangis kejer setiap kita mandiin pake air biasa, padahal berenang di kolam renang aja dia jejeritan kesenengan

fifu, klo gue sih prefer mandiin 1 tahap stlh bisa berdiri mantap, jadi sdh bisa berdiri di lantai kamar mandi utk disabunin&dibilas walaupun setelah dibilas kathleen mah tetep ngotot harus nyemplung dulu ke ember 'masuk, mama! Berenang!' ;)
pernah ada kejadian pas kathleen msh mandi 2 tahap (perlak+bilas di ember) tp dia sdh bs berdiri walaupun kurang mantap. Kejadiannya pas dia masih mandi di kamar tidur, gue melenggang ke dapur ambil panci isi air panas buat dituang. Ternyata si kathleen sanking penasarannya ngobok2 air di ember, dia ngebuka sumbat bawah ember puku shg air pun merembes keluar. Kamar udah kaya banjir, dianya kepleset krn bertumpu di ember yg udah kosong huhuhu lesson learnt: bener2 jangan pernah ninggalin bayi dgn air sesedikit apa pun airnya krn naluri bayi ngeliat air tuh dimaiiiinin&diobok2 ;)

mamanya kathleen dan celine,
yang rela jungkir balik demi keluarga kecilnya..

10

Topic: Memandikan Bayi

retnasihombing wah bisa ky gitu ya? selama ini aku emang ga pernah ninggalin sarah sendirian di bak pas mau mandi, soalnya baknya emang aku taro di kamar mandi. tp ga kepikiran juga bs ky gt ceritanya. eh tp akhirnya kathleen gpp kan?

11

Topic: Memandikan Bayi

klo gw dari Aysha lahir sampe skrg mandiinnya udah langsung 2x sehari hehehe..walopun belom puput tp yg penting ga kena air...dan metodenya sama sih..sabunin di perlak dulu baru cemplungin..ktnya sih biar ga kedinginan...kalo kena air dulu kan dingin tuh.. :P
trus sampe skrg masih pake air anget...abisnya pernah coba brenang pake air dingin di kolam tinggi gitu ampe jerit2 ga mau..
skrg udah bisa jalan..disabuninnya sambil berdiri..tp kdg ga mau diem pgn nyemplung..baru dibilasnya di bak puku nya deh...
oia skalian nanya aahh..kalo bersiin sampo abis keramas gitu kan paling enak kalo anaknya nengadah ya...kaya masih bayi gitu..cuma Aysha skrg2 ini berontak mulu kalo ditidurin..apalagi kalo dimandiin gw..susaaaahhh bangeettt...jadi kdg gw sadis gitu maen semprot atw guyur trs dia megap2 :( serba salah..pernah liat ada topi khususnya gitu ky topi tenis..tp blm nemu nih..ataw ada ide lain gimana caranya ya?

~Aysha's mom~

12

Topic: Memandikan Bayi

Mia Septiana aku biasanya juga diguyur aja sambil diusap ke arah belakang. Tapi tetep aja sih ada yg netes2 ke mukanya, cuma ga terlalu banyak.
Oiya, waktu itu pernah liat yg kaya topi tenis itu loh di Mothercare yg di BSM. Tapi harganya ga sempet diliat :D Berhubung Sarah ga masalah dengan metode pengguyuran kepala setelah keramas, jadi belum perlu.

13

Topic: Memandikan Bayi

Mia.. Rayka sih ga mau bgt dipakein topi buat keramas gt.. Yg ada lgsng dilempar.. Hehe.. Kalo gw sih biasanya smbl nyanyi cicak2 di dinding atau nanya lampu mana, jd dia nya nengadah ke atas..Trus tinggal gw siram kepalanya deh.. Hehe..

14

Topic: Memandikan Bayi

anin, oh, maksudnya si kathleen gw tinggalkan di kamar tidur, tepatnya di tempat tidur. Jadi, sambil gw ngambil air panas, dia turun dr tempat tidur, merangkak ke arah bak, merambat-rambat dan blas deh dilepas aja tuh sumbat ember hehe.. She was fine, teriak cuma sekali abis itu jejeritan kesenangan smbl ngobok2 air di lantai, dia pikir lg berenang kali yaaa haha

mamanya kathleen dan celine,
yang rela jungkir balik demi keluarga kecilnya..

15

Topic: Memandikan Bayi

dulu jaman Akila newborn mandi pagi aja, sore waslap (tp waslapnya basah banjir gitu sih sbnrnya). setelah mulai banyak gerak baru mulai mandi pagi dan sore. Mandinya di kamar pake jolang mandi gt. Sama ky aysha-nya Mia, Akila jg disabunin dl di perlak.

Setelah bisa duduk, mandinya di kamar mandi, duduk2 santai di baby bather trus gw-nya duduk di dingklik sambil siram2 n sabun2in. Setelah beres, Akila dicemplungin ke ember dan disuruh berendam aja dl (air setinggi dada) biar relax..biasanya sambil dia berendam, gw sambil ngucek2 clodi atau sikat kuku kaki (pedicure wannabe hihihi..)

Kalo topi sih blum pernah liat mi, tapiii pernah liat gayung yang salah satu bagian ada cekung kedalam utk nempel di jidat baby. Jadi, anaknya bisa tegak aja biasa sementara airnya cuma ngalir ke belakang doang. Gatau deh beneran bisa apa ngga tuh.. liatnya di Mothercare GI :)

16

Topic: Memandikan Bayi

retna mungkin bertahap kali ya mandiin dari panas ke dingin. mulai kurangin proporsi air panasnya aja kali ya dikit2..hi8 (ini baru mau gue coba secara juga punya prblematika yang sama.hehehe )

NisaN
hiya, Rara juga ga mau pake topi2 gituan. belinya 35rb merk tommee tippee di Ocha ITC Kuningan. tapi dari kecil mpe sekarang, dia mau kok diguyur dari kepala. tiap diguyur dia nutupin matanya sendiri. hihi..mpe kakak gue juga heran, soalnya ketiga anaknya kalo disirem air kepalanya pada nagis2 pas seumur Rara..yah namanya anak beda2 ya..
lucu juga ide cicak2nyaa..hahahahah

17

Topic: Memandikan Bayi

lei hai lei! aku following blogmuh;D *OOT deh* oiya, dirimu kenal Endin? (arsitek 01)?*maap OOT lageh*

oiya yang di MC ada gayung itu cuman mahal euy, tidak tega untuk membeli gayung harga segitu,hehe

18

Topic: Memandikan Bayi

Sukie.. Iya, topi nya Rayka jg merk tomtip. Berasa rugi bgt deh beli topi itu :p.. Waah Rara pinter ya ga nangis diguyur air gt.. Rayka sih suka nangis klo ada shampoo masuk ke mata..

Lei.. Wah, sama Lei.. Gw jg kalo males ngeluarin jolang suka nyemplungin Rayka ke ember aja.. Stlh mandi di baby bather.. Hehe.. Praktis.. Tp sjk 10bln-an gt, dia udh ga mau didudukkin di baby bather. Jd biasanya gw dudukkin aja di karet mandi di lantai.. Hehe..

19

Topic: Memandikan Bayi

Emang paling seru mandiin baby..
N kayanya si bebe amara (3m) jg suka banget dimandiin.. Abis di sabun di perlak, cemplung di bak puku jadi super anteng. Tp pas diangkat langsung nangis kejer lagi.hihihi
N baru diem pas abis dianduk di pijet2 kakinya :)
First time mandiin kpalanya kejedot bak! N karna panik hampir aja tenggelem..omg..nangisnya meraung2 deh..jd sempet trauma ga mau mandiin dulu, jd nyokap diimport khusus buat mandiin huehehe.. bbrapa hari kemudian mulai mandiin sendiri lagi..tp sampai skarang blom brani lagi balikin badannya ke posisi tengkurep di bak huhu.. Jd bersihin punggungnya jg tetep di posisi bebe telentang :p

:: tralala trilili slalu hepi hepi ::

20

Topic: Memandikan Bayi

Wah nemuin topic yang berguna banget nih :) Thanks ya moms yg udah sharing :) Aku lg nunggu baby ku lahir nih november nanti, aduh deg-deg an!! Mana gak ngerti cara mandiin baby (maklum anak pertama), dan ortu juga jauh tinggalnya :( Untung nemuin thread ini. hehehe

Moms, mau nanya nih, kalo untuk baby newborn gitu, pake summer bather (bener gak ya namanya? yg dudukan untuk bayi dalem bak itu loh), berguna gak sih? bayi nya bisa duduk disana memangnya kalo baru lahir?
Maaf ya pertanyaannya agak aneh, aku gak ngerti soalnya. huhu

Aku jg pengen beliin Munchkin bathtub kayak liactk dan Pawitra Wijaya habis lucu banget bentuknya. hehehe
Oh ya, kalo bayi nya nyemplung ke bathtub nya gpp tuh? Kalo belum puput gimana? Thanks ya mom, maaf banyak nanya. hihihi :D

Ken's best partner ?

21

Topic: Memandikan Bayi

Emak Corby wrote:
Ini foto Violeta di baknya yang ada tonjolannya, jadi menghindari slip pas mandi.

http://farm5.static.flickr.com/4083/4973509084_44005d511d.jpg


emak corby,baknya bagus bgt yah byk tonjolannya aq br liat yg kyk gini...
hu3X emang klo di t4 terpencil kyk balikpapan nggak byk pilihan barangnya asal ada aja udah untung

Selalu Rindu Gelak Tawa Pawpaw Kecilku

22

Topic: Memandikan Bayi

hm..
waktu baru lahir, Syauqie dimandiin pagi dan sore diseka.. tapi skrg karena aku udah ngantor, kalo pulang kantor udah sore, kasian kalo diseka, jadi mandinya sekali aja pagi sebelum aku ngantor.. setengah 7 udah dibangunin buat mandi.. hihi.. itu kalo ga terlalu dingin ya.. kalo dingin ya diseka aja hihihi..
pertama mandiin pake jolang warisan gitu.. walau temen udah ada yang ngadoin Tummy Tub, tapi masih takut makenya.. Baru mulai pake tummy tub pas Uqie 2 bulanan lah..
Ini pas pake jolang.. ga jelas juga jolangnya ya.. hehe..http://www.flickr.com/photos/81383792@N00/5315798561/

Ini dimandiin bapake pake TummyTub..
http://www.flickr.com/photos/81383792@N00/5316386204/in/photostream/

@krulletjez mawi nya @AhnafSyauqie

..enjoying every second with you..

23

Topic: Memandikan Bayi

anin wrote:

Oya, aku juga mandin Sarah pake 2 tahap, disabunin dulu di atas perlak, abis itu baru dimasukin ke ember mandi buat dibilas n maen2 air.


sama mom, aku juga gitu, disabunin dulu diatas perlak baru deh dicemplungin gitu jd ga licin :)

24

Topic: Memandikan Bayi

hmmm....waktu baby orion lahir, dia udah lngsung diceburin ke bak tuh..awalnya digendong sambil disabunin (badan kita ikut basah dan kena sabun sey tapi puas nyabuninnya daripada di perlak) abis itu langsung ceburin ke bak..eh sampe sekarang dia selalu senang kalo waktunya mandi..malahan kalo belum mandi, pasti ori rewel eh pas kena aer langsung senang...

Orion ganteng karena mamanya juga ganteng

25

Topic: Memandikan Bayi

oia mommy,, mandiin baby itu sampe umur brp sih udah bisa pake air dingin? krna anak pertama skrg 3y masih pake air anget, klo ga air anget bisa teriak sampe 1 RT..
ini anak ke 2 uda 3m mulai aku dikit2 aja pake air angetnya, maksudnya biar ga ky abangnya. boleh ga ya sbenernya? ato terlalu dini?