1

Topic: Induksi Alami

Ijin share ya, ingin berbagi pengalaman melahirkan anak ke2.
Proses persalinan anak pertama (kathleen) bs dibilang tdk terlalu mulus. Dimulai dr diagnosa dokter kandungan saat usia kehamilan 40mgg dikatakan jumlah cairan ketuban mulai berkurang relatif dibandingkan ukuran janin, sehingga diputuskan untuk diinduksi. Induksi per vaginaam menggunakan cytotec tidak mempan untuk memancing pembukaan (tetap bertahan di pembukaan 1 dlm waktu 8 jam). Kontraksi rahim sama sekali blm terasa, masih bisa ketawa2. Saat ketuban pecah spontan, gw mulai merasakan kontraksi tp pembukaan blm juga maju. Akhirnya diputuskan induksi melalui infus. Di sinilah penderitaan berawal. Rasa nyeri kontraksi begitu intens dan minta ampun deh gak bisa didefinisikan dgn kata2. Nyeri kontraksi tidak sebanding dengan pembukaan. Jeritan gw yg msh bertahan di pembukaan 2 bs mengalahkan jeritan ibu2 di sebelah yg pembukaannya nyaris lengkap *okay, itu berlebihan hihi*

Singkat kata, pembukaan lengkap tercapai dlm 5 jam dan itu gw sdh kelelahan luar biasa shg saat harus mengejan, dokter pun memutuskan menggunakan alat bantu vakum.

Nah, selama kehamilan anak ke2, pikiran gw selalu dibayang2i sakitnya diinduksi, sehingga gw pun mulai browse ttg teknik induksi alami di  sini dan di sini.

Proses persalinan anak ke2 lebih lancar. Masuk ke rumah sakit saat sudah keluar vlek dan lendir serta intensitas kontraksi yg makin sering. Ternyata saat di periksa dalam 'hanya' pembukaan 2 dan dari CTG dikatakan kontraksi palsu (oh yeah, sukses suami senyum2 terkulum membenarkan anggapannya bhw toleransi gw thd nyeri rendah sekali). Periksa dalam berikutnya (6 jam kmdn) masih sama gak ada kemajuan. Gemeslah gue, pdhl sempet ijin jalan2 ke taman situ lembang (melahirkan di RSB YPK Menteng) untuk memancing pembukaan dan kontraksi. Kmdn kita coba teknik induksi alami ini. Eh, sukses loh. Hanya dalam 4 jam pembukaan jd lengkap, rasa nyeri kontraksi tidak jauh berbeda dgn rasa nyeri kontraksi palsu, gak pake teriak2.

Di sini, gw pengen share bhw cara ini worth to try tapi dengan catatan perhatikan baik2 persyaratan medisnya mom (mis, hrs yakin usia kandungan sudah term, ukuran janin diperkirakan muat melewati jalan lahir dst), jd ttp diskusi sm dokter..

Rgds.

mamanya kathleen dan celine,
yang rela jungkir balik demi keluarga kecilnya..

2

Re: Induksi Alami

retnasihombing : thanks y bwt sharingny, mdh2xan bisa jg bwt saya.
Saya jg besok usia kandungan udh 40mgg, tp ko kayany blm ada tanda2x mw lahiran (paling br pegel2x punggung n bagian bawah perut aja krasa keteken banget n kaya pengen pipis / anyang2xan). Aga kwatir soalnya takut kelamaan pdhal alhamdulillah wkt selasa tgl 29 jun periksa semuanya bagus n babyny udh siap lahir, berat udh 3,1 kg. Dokter sih kasih waktu 1mgg kdepan cek lg bwt liat perkembangannya, siapa tw cara dr Retna bisa saya pakai.

Btw kl blm ada tanda2x kontraksi boleh d coba?ada efek sampingny g y?

Thx b4

3

Re: Induksi Alami

retna

belum sempet buka link-nya ... di kantor nih

waktu Asa dl, kebetulan lumayan mudah. masuk RS jam 9 pagi baru bukaan 1 (dipaksa2 ibu sruh cepetan brgkt). alhasil cm naruh barang, trus jalan2 ampe keluar RS ampe sore. malem masi ketawa2, jam 11 malem br bukaan 2, setengah 1 malam lahir. waktu itu kuncinya cm rajin komunikasi ama janin aja sih ...aku sering diem, pejamkan mata.. trus 'ngomong' ama Asa, biar bs kerjasama dgn baik ...

trus waktu itu di ruang bersalinnya ada 3 ibu2 uda diinduksi dr kapan belum lahir. setelah asa lahir .. paginya pada nyusul brojolan. kata bidan, emang mesti ada yg 'mbuka jalan' ... ya itu Asa big_smile

Mata mamah melihat proses, saat yang lain fokus pada hasil
tristalogi.com

4

Re: Induksi Alami

MilaBgr, semoga sukses ya persalinannya nanti. Sebenarnya cara ini hanya salah satu alternatif (terutama bagi orang2 spt gw yg udah serem duluan denger kata induksi). Seharusnya kl sdh yakin kehamilan dikatakan sehat oleh obgin, bisa dicoba kok, krn ada titik yg merangsang kontraksi rahim, titik yg melancarkan pembukaan, titik yg mengurangi sugesti nyeri di otak, dll dsb. Spt kata sidta, modalnya pikiran yg tenang&rajin2 komunikasi dgn janin. jgn lupa kabarin ya kl sdh lahiran.

Sidta, itu gw juga nemu link-nya kebetulan, pas googling sambil mikir 'masak sih bisa induksi tanpa obat?' hehe. Wah, senangnya proses persalinannya bisa lancar spt itu. Seharusnya gw dl juga bisa setenang kamu yaa. Abis gimana, horor duluan denger kata induksi. Hehe.

mamanya kathleen dan celine,
yang rela jungkir balik demi keluarga kecilnya..

5

Re: Induksi Alami

retnasihombing.. terimakasih banyak udh share link-nya. persalinanku september kmaren bner2 indah dan ngga sesakit yg banyak ibu2 pernah gambarkan. kolaborasi relaksasi hypnobirthing, pijat endorphin di punggung, accupressure sperti yg ada di link itu dan tentu saja izin dari Allah. aku coba accupressurenya setelah 3hari keluar lendir+darah, bayi udh turun panggul banget tp belum ada kontraksi yg beneran. naah pas kontraksi udh dateng beneran, aku malah ngga tlalu ngrasain karna pake teknik pijat accupressure tapi ngga semua titik ta coba). setelah pecah ketuban, pembukaan juga lebih cepet.

6

Re: Induksi Alami

makasih (sambil nunduk nunduk) atas infonya, aq coba untuk persalinan berikutnya....coba info ini kudapat sebelum aq melahirkan yang pertama......

MamanyaShabrina
"Yuk berhemat pemakaian Listrik dan Air serta kita pilah sampah organik dan non organik di rumah kita" big_smile

7

Re: Induksi Alami

retnasihombing
wah, iya banget tuh! waktu aku belajar akupuntur, titik Hegu itu emang titik yang paling besar pengaruhnya untuk meredakan rasa nyeri karena kalau dirangsang, titik itu akan merangsang pelepasan endorfin, zat yang bisa bikin kita rileks dan mengurangi rasa sakit.
waktu itu dosenku cuma bilang kalau untuk ibu hamil titik itu BIG NO NO, karena takut terjadi kontraksi dalam kehamilan, tapi aku baru nyadar kalau titik itu ternyata justru bisa dimanfaatkan buat merangsang kontraksi untuk yang kehamilannya udah aterm alias due date.
thanks for sharing ya smile

8

Re: Induksi Alami

retnasihombing

Titik pijat yang di tangan (antara ibu jari-telunjuk), mirip titik yang aku pijat kalau aku lagi pilek/pusing... biasanya dgn memijat di titik ini, jadi lumayan reda sakit kepalanya... Apakah ini titik yang sama?

Mother of Universe

9

Re: Induksi Alami

great thread nih! khususnya buat moms yg emang lg nungguin kelahiran anak pertamanya (kyk gw) tongue

tfs ya retnasihombing smile

Mama-nya Keina & Kiandra

www.marchmamas.blogspot.com

10

Re: Induksi Alami

Wah makasih infonya ya..berguna banget...karena aku sedang menunggu due date nih... lagi harap2 cemas karena due date ku dari 2 dokter beda semua..gara2 dulu mens ku ngga teratur.
Kalau menurut usg dokter pertama sih HPL 29 januari...dan dokter kedua HPL 12 februari...
Tips diatas patut dicoba, mengingat si adek nih bawaannya anteng...hehehe..
Thx Retnasihombing...

11

Re: Induksi Alami

baru buka nih linknya, ada teknik yg menggenggam sisir katanya bisa ngurangin sakit ya? kayanya waktu gw melahirkan gak sengaja melakukan hal yang sama d, tapi kalo gw si menggenggam ranjang rumah sakit,hehehe... lumayan si sakitnya jadi "acceptable". next delivery mo coba ah teknik2 lainnya. tfs ya...

12

Re: Induksi Alami

oiya mau share aja nih, induksi alami lainnya yang bisa dicoba adalah berhubungan pasutri..it works for me, gw melahirkan dikehamilan 38 minggu, pagi setelah berhubungan langsung keluar darah, pas ke RS baru bukaan 1, abis itu jalan2 keliling mall ampe sore (ini termasuk induksi juga gak ya? hehehe...), malemnya jam 9an mulai kerasa kontraksi, jam 12 sampe RS udah bukaan 5, akhirnya melahirkan jam 7 kurang.

13

Re: Induksi Alami

Makasih mamas infonya,mau dcoba.scr aq uda 2hr pembukaan 2 & ga ada tanda2 nyeri,dsb wlopun kontraksi srg tjd.aneh ga sih?*bingung*

(◦'⌣'◦) semangat & mendekat (◦'⌣'◦)

14

Re: Induksi Alami

Hai mommies,

Aku hamil 40 minggu, due-nya sabtu kemarin, tapi sampai sekarang belum ada kontraksi sama sekali, udah sering jalan, ngepel, senam hamil, dll.. Tapi ga cukup ngaruh ternyata. Nyobain tehnik akupresur juga, terutama yang diantara telunjuk dan ibu jari, tapi kok ga ada ngaruhhnya ke aku ya??
Kalo sampe minggu depan belum ada kontraksi, aku harus diinduksi nih.. Helppp pengen yg alami-alami aja sad

15

Re: Induksi Alami

Waktu itu nyokap nyuuruh gw minum air di botol aqua.. Katanya air itu udah dibacain yasin..

Bener sihh.. Bukaan lengkap cm 5 jam.. Setelah baby lahir dan seminggu kemudian nyokap baru ngaku : air itu adalah bekas rendaman kakinya yang dibacain yasin.. Wueeekssss.. Gubrak gubrak

Tapi alhamdulillah smua lancar..

16

Re: Induksi Alami

Wah great info niy! Pengen nyoba kalo nanti diberi kepercayaan hamil anak kedua. Amiin.
Waktu melahirkan Talita Oct 2010 kmrn, krn udah lewat 2 hari dari due date, akhirnya DSOGku memutuskan utk mengambil langkah induksi.  Malamn hari sblm melahirkan aku siapin mental & pasrah, dlm hati aku brpikir : mau kt org induksi itu lebih sakit kek, toh aku blm pernah ngerasain melahirkan, jadi mau yg induksi atau ga induksi jg aku blm tau rasanya ky apa. Jadi bismillah, aku siap jadi ibu, mengantarkan anakku lahir ke dunia.
Pagi2 brgkt ke RS jln2 dulu sama suami menikmati masa2 terakhir berdua saja sblm ada anak smile Alhamdulillah bnr2 membuat rileks.
Proses induksi per vaginam mulai jam 9 pagi, menghasilkan bukaan 2 pada jam 2 siang dari yg blm ada bukaan samsek, disambung dgn induksi infus (kt susternya : biar kontraksinya tambah bagus ya bu..) *OMG kontraksi aja dbilang bagus!*
Jam 5 sore udah bukaan 5, jam 6 bukaan 7, maghrib saat2 yg paling "seru" : bukaan 8-9, dan akhirnya Talita lahir jam7 mlm.
Toleransiku thd sakit sbnrnya ga trlalu bgs, tapi byk ajak bicara bayi, tarik napas dgn benar & byk2 berdoa&berdzikir agar dimudahkan oleh Allah.

meizadhania,
Kalo air surat yasin, menurutku sbnrnya balik ke kita yg percaya dgn kekuatan Allah siy, bukan hanya krn minum air itu jadinya lancar/bisa melahirkan normal. Dulu mamaku waktu melahirkan adikku jg dikasih minum air yasin, tapi tetep aja induksi tdk berhasil & dilanjutkan dgn operasi caesar. Memang semua itu sudah ada Yang Maha Mengatur ya.. smile

17

Re: Induksi Alami

Ah sedih campur seneng baca forum ini..

Sedih karna baru liat forum ini setelah ngelahirin anak yang lahir dgn caesar karna ga ada kontraksi sama sekali dan ga kuat diinduksi.. senenga karena lagi hamil lagi.. insya Allah mau dipraktekin big_smile

Thanks for sharing moms smile

18

Re: Induksi Alami

makasih infony..

Alhamdulillah pengalaman 3x lahiran, bukaan ga pernah lama. Yg terakhir, lama nunggu hari H ny aj. Mundur 2hr dr HPL..  #pyuuh

sama dgn bbrp mamas d atas, induksi alami tauny cm hub suami istri..

19

Re: Induksi Alami

Halo mommies, salam kenal...

Mau tanya dong ada yg pernah punya pengalaman induksi alami dgn teknik neuro tendo stimulasi gak?

Usia kandunganku skrg  39w3d..due date 21 april..
Baca dan tanya2 dpt tawaran untuk induksi alami dgn teknik itu.. Tp blm paham bener... Ada yg pernah tau atauprnh ngerasain? smile

Makasih ya mommies...

20

Re: Induksi Alami

Mom Dekania,  pas aku lahiran baby satria jg dari pembukaan pertama selang seminggu, dalam seminggu itu nenekku ngasih air yang katanya sudah di doakan,lha wong babynya belum mau keluar walau di kasih air minum sebanyak apa jg blm waktunya keluar hihihi,  walhasil aku inisiatif jalan2 muterin taman ayodya/taman barito dalam seminggu itu,malam hari muter2 sendirian di taman tanpa alas kaki, suamiku mah duduk aja santai sambil ngopi hihihi, alhamdulillah besok malamnya baby satria lahir secara normal dalam waktu 3 jam dr pembukaan kedua krn ketuban sdh pecah drmh.

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://satrianookaasan.blogspot.com/

21

Re: Induksi Alami

halo mommies salam kenal ya,,
retnasihombing,
thanks ya infonya,, gw lagi hamil usia 35w HPL nya akhir Mei..
mau nya sih normal,,jadi lagi cari info n cara biar bener2 bisa normal seutuhnya, tanpa adanya induksi..
HIH

smile

become a mother is complete my life smile

22

Re: Induksi Alami

aaak, link yg accupressure untuk induksi ga keliatan. ada yg bisa bantu?

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

23

Re: Induksi Alami

mummyhilya link yang pertama bisa,yang kedua mungkin memang sudah dihapus yah,karna ngga bisa keluar

Love my kids

@ndiievania

24

Re: Induksi Alami

Oh ya pas hamil anak ke-2 dokter menyarankan ketika menjelang lahiran untuk goyang inul dan gaya naik turun kaya spiderman gitu sesering mungkin sebisanya, itu termasuk induksi alami g ya? hehehe
tapi untuk melahirkan anak ke-2 ini lebih lancar

25

Re: Induksi Alami

gue juga pake goyang2 gitu lho elzahra,tapi sambil duduk di bola gede yang buat fitness itu

Love my kids

@ndiievania