1

Topic: Deteksi Down Syndrome

Dear mama...
ada yang tau gk test untuk deteksi DS itu di usia kehamilan berapa bulan ya?
Aku bingung niy....di awal kehamilan, aku tanya dsog ku bilangnya ntaran aja di 3 bulanan....lalu dah 3 bulanan dia bilang entaran aja pas 5 bulan juga bisa keliat dari USG biasa.
Sekaranng udah 5 bulanan dia bilang test DS bisa ketauan di usg 3D waktu 3bln...kalau 5bln...itu lewat amniocentesis, yang kudu diambil air ketubannya.
Dulu dia gk rekomen cara itu, karna bisa cukup berbahaya...apalagi aku seing ngeflek pas hamil ini.

Aku cukup concern..soalnya aku termasuk kehamilan diatas usia 35th.

Ada yang tau gak...kira2 diusia 5 bulanan ini apa emang bisa ketauan lewat USG biasa? atau USG 4D?

Sorry mods kalau ternyata threadnya duplikasi mohon di move ya....tadi sih, cek sekilas gak ada....takutnya kelewat mata.

Thanks ya

2

Topic: Deteksi Down Syndrome

Deteksi down syndrome harusnya bisa dari usia kandungan 14 minggu dilihat dari tebalnya NUCHAL TRANSLUCENCY. Kalu d atas 3mm ada kemungkinan janin ada kelainan, selain itu juga bisa lewat screeningnya, aku lupa nama screeningnya,, itu bisa via drh ibu,, kalu amniosintesis emang kadang beresiko (apalagi kl dokternya jrg melakukan), usia kehamilan di ats 35 emang beresiko tinggi kena down syndrome babynya. Kalau posisi di jkt, bisa ke dokter azen salim/noroyono wibowo/dr aria wibawa di fetomaternal RSCM.. Mereka jagonya deteksi kelainan DS di janin

3

Topic: Deteksi Down Syndrome

mama shanice
setauku di usia 4 bulan bisa ketauan deh.. coba cari 2nd opinion dr dokter kandungan lain aja..

4

Topic: Deteksi Down Syndrome

mamashanice - Kebetulan aku waktu USG di bulan 4-5, obgynku udah mulai cek untuk kemungkinan down syndrome. Jadi diukurnya itu dari tebal tulang leher bagian belakang (bahasa awamnya ya, hihi. Kebetulan aku awam, dan dokter juga nunjukinnya kaya gitu.) Ada batas ketebalan tertentu, kalo ga salah.

Aku setuju sama fairymommy; coba cari second opinion di obgyn/rumah sakit lain :)

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

5

Topic: Deteksi Down Syndrome

tebal tulang leher bag belakang itu yg namannya nuchal translucency... ketebalan di atas 3 mm umumnya ada kelainan,, iya, mending cari 2nd/3rd opinion deh..
kl dokternya oke, usg 2d ud keliatan kok...

6

Topic: Deteksi Down Syndrome

mamashanice, kalau cuma krn usia, kurasa indikasinya kok krg sreg ya?? sarannya mama diatas untuk cari 2nd/3rd opinion bener banget. dan kalau bisa cari dsog yg super spesialis FETOMATERNAL. jadi diagnosis bisa lebih pas.
sebenarnya sih selama tidak tampak indikasi kelainan ke arah sana, mama jangan khawatir.. semoga dede bayi sehat2, ya..

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

7

Topic: Deteksi Down Syndrome

thanks ya mama....
Kappachan..., waktu itu kamu dicek usg 2d atau 3d? di rs mana denngan dokter siapa?
kalau 3d aku minggu ini mau test. aku kan lagi 5 bulan, katanya diminta stest 3d-4d buat liat kelainan jantung. Rencana mau test di RSIA Family dengan dr. Johan Wijaya.
boleh minta rekomendasian doktermu?
tks

Lita_uchie
kalau usia kehamilan sudah 24 mgg apa masih keliatan buat di NUCHAL TRANSLUCENCY ? bisa tau gak ya kira2 berapa tarifnya buat periksa itu?
Denger2 dari temen kantor katanya memang yang jago periksa DS itu di RSCM yang punya alatnya...,cuma sekali periksa itu harganya 4 jt atau 8 jt gitu....jadi sereeem denger harganya

8

Topic: Deteksi Down Syndrome

wah...baru aja telp Fetomaternal RSCM, mmmm ternyata mereka specialis di pemeriksaan usg 4D.
dan memang katanya (bagian yang angkat telp) usia kehamilan 5 bulanku, masih bisa ketahuan kog kalao di usg 4d, DS sekalian periksa jantungnya baby.
hny saja sayangnya harus ada surat rujukan dokter, kalau mau periksa kesana. tanpa rujukan dokter tidak bisa.
Problemku saat ini adalah..., bagaimana mendapatkan surat itu ya...?

minta ke dsogku....mmmm takutnya jadi tersinggung, secara dia yang punya rs Family, dan di sana juga ada pemeriksaan 4D...... huaaaa....maaph mods, jadi keterusan oot :p

9

Topic: Deteksi Down Syndrome

@mummyhilya
memang resiko terkena DS semakin tinggi seiring usia ibu, karena kondisi sel telur di rahim, semakin lama makin kurang bagus,, jadi resiko nya meningkat.. memang begitu bun,,

wah, harus minta rujukan bun? bisa BT tu dokternya hehhehe

ga bisa minta/daftar langsung aja ya? dr fetomaternal RSCM itu dr. noroyono wibowo, aria wibawa sama azen salim.. ga bisa gitu ya langsung daftar aja (kya pasien baru)

yg d periksa NT biasanya di bwh 25 w ya.. aku sih tau nya belasan minggu.. itu kalu ga salah pake USG 2d kok (eh tp ini setau aku ya), kalau pun harus 4d, ga bakal sampe 4 juta kok bun.. 1 jtan bkn ya USG 4d itu paling mahal?

prosedur nya biasanya periksa NT, kl di atas 3 mm, biasanya diamniosintesis (diambil cairan ketuban) untuk diperiksa genetiknya nya ( DS itu kelainan genetik ya bun).. nah, kalu ud sampe amniosintesis, siap2 aja deh 1,5- 2 jtan buat biaya periksa gen nya..

tp kalau ga salah, ga harus langsung amniosintesis, ada juga screening down syndrome via darah ibu kok.. kalau pun sampe (amit2) harus amniosintesis, dokter2 fetomaternal ga perlu d ragukan lagi kok skill nya. sehingga resiko knp2 berkurang

aku bukannya promosi, kebetulan aku dulu kerja di lab yg biasa meriksa kelainan DS dr hasil amniosintesis, dan emang umumnya berasal dr RSCM, jd aku tau sedikit :)

semoga membantu ya bun.. en semoga sehat2nya.. yakin bun ibu en babynya sehat :)

10

Topic: Deteksi Down Syndrome

mamashanice - Aku cek 2D :) Kebetulan RS tempat aku check-up itu di Kemang (Kemang Medical Care) dengan dr. Ridwan :)

Soal surat rujukan; coba aja minta, mom :) Gapapa sih aku rasa kalo kita bilang ini untuk second opinion. Biar lebih sreg dan lega aja :) Insya Allah si adek bayi ga kenapa-kenapa dan sehat-sehat ya :)

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

11

Topic: Deteksi Down Syndrome

thanks ya Lita_uchie ama Kappachan

datenng langsung ke fetomaternal rscm? menurut percakapan di telp sih, tidak bisa. mereka hanya menanggapi pasien yang membawa surat rujukan dari dokter kandungannya.
Btw hanya ada dokter Azen dan Aria disana. Sepertinya mereka dokter spesialis USG 4D..., jd gk terima konsul kehamilan biasa.

12

Topic: Deteksi Down Syndrome

dr. azen salim jg praktek di rspi dan dia jg ada klinik pribadinya di jl. sekolah duta pondok indah.

13

Topic: Deteksi Down Syndrome

mia..., klinik pribadinya namanya apa ya?
lalu boleh tau gak kalo 4d di rspi ato di klinik prib-nya dr. azen salim harganya berapaan ya?

tks

14

Topic: Deteksi Down Syndrome

mamashanice Menurut info yg aku kumpulin, Dokter Azen Salim ini emang spesialis deteksi kelainan pada janin. Saking recommended nya banyak banget Ob/Gyn lain yang rekomendasi USG Screening sm dia. Ob/gyn aku juga merekomendasikan aku untuk USG Screening sm Dr. Azen, karena memang dokter yang ahli deteksi kelainan janin seperti beliau (entah apa nama medisnya), gak banyak di Indonesia. Jadi aku rasa gak ada masalah kalo minta surat rekomendasi sm dokter km.

Temenku yang USG Screening 2D sm Dr. Azen habisnya sekitar 500 ribuan. Kalo USG nya 3D/4D sekitar sejutaan lebih lah (tergantung dicetak/gaknya), gak sampe 8 jutaan kok (ini info darimana yah, hehee). Oiya kenapa lebih baik di klinik pribadinya? Soalnya kalo di RSPI konon kabarnya antriannya cukup panjang.

Untuk info lebih lanjut, mending langsung aja hubungi kliniknya :
AZ Associates, Jl. Sekolah Duta V/64 / Pondok Indah. tlp. 7500905. Pastiin bikin appointment sebelum kesana yah. HTH. :D

? Working Mommy I Architect I @yantri_abshar ?
Really fall in love with my little one (?????)
www.lifeofyantri.wordpress.com

15

Topic: Deteksi Down Syndrome

thanks ya ms_Anti

16

Topic: Deteksi Down Syndrome

wah.. pas banget nih.. kemarin baru aja kontrol ke DSOG pas usia kandungan 13 minggu. Dan di check dari ketebalan tulang leher deh kalo gak salah.. DSOG bilang kalo di atas 4mm kemungkinan bisa DS. Dia usg pake usg yang biasa kok. Cuma emang di zoom supaya bisa ukur ketebalannya. :)

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

17

Topic: Deteksi Down Syndrome

Mom,aku dbndung.usia kndunganku dah 10 minggu.usiaku saat ini 28 tahun.klo dibndung rumah sakit / dokter y bsa DS scan tuh dmana yah?.thanks

18

Topic: Deteksi Down Syndrome

duh makasih bgt nih buat thread ini.. aku ga pernah nanya sm Dokter ku ttg DS.. check up berikutnya kynya akan nanya deh.. mudah2an ga telat ya.. kehamilanku udh 24 minggu..

19

Topic: Deteksi Down Syndrome

Moms, kehamilanku sekarang memasuki usia 12 minggu. Tadi pagi aku barusan cek kehamilan di RS Carolus dan menanyakan perihal test untuk deteksi down syndrome. Yang bikin aku agak kaget adalah respon dokternya yang tidak menyarankan untuk melakukan deteksi down syndrome, dan test tersebut bahkan tidak tersedia di RS itu. Katanya, cukup dengan melihat hasil USG 2D saja sudah bisa terlihat adanya kelainan apa-apa. Kalau tidak terlihat adanya kelainan, ya tidak perlu tes darah atau yang lainnya. Yang bikin aku agak penasaran, pas di-USG tadi kok sepertinya tidak ada pengukuran ketebalan tulang leher bagian belakang seperti yang dibicarakan di forum ini yah..

Apa aku perlu cari second opinion mengenai hal ini? FYI, ini kehamilan pertamaku, dan usiaku di bawah 30 tahun (seharusnya tidak terlalu beresiko ya, tapi tetap aja penasaran dan khawatir). Baiknya gimana ya, Moms?

Follow my travel stories with toddlers at www.empatkembara.wordpress.com and instagram @empatkembara

20

Topic: Deteksi Down Syndrome

Alirabinda,
Mnrt dsog-ku jg semua kelainan tuh sbnrnya bs terlihat cukup dg usg 2d yg biasa ajah..
Naaah, kl ada kecurigaan mengarah ke salah satu kelainan, baru utk data pendukungnya dilakukan tindakan lain..
Mis test darah atau usg 4d atau test yg lainnya..
Sama dengan pengukuran ketebalan tulang leher belakang, mgkn baru akan diukur pd saat dokter melihat ada kecurigaan kearah sana saat dilakukan usg 2d atau ada faktor risiko yg besar, misalnya hamil diatas 35y atau faktor risiko yg lain..

21

Topic: Deteksi Down Syndrome

kalo ga salah pas usia kehamilan 16 minggu ada test lab untuk torch , dll termasuk tes diabetes, fungsi ginjal dll.. pokonya test lab lengkap deh... nah trus ada salah satu item (lupa namanya) yang gunanya untuk mendeteksi kemungkinan down syndrome juga.. coba aja tanya dokter atau orang prodia atau labnya :)

22

Topic: Deteksi Down Syndrome

Waktu kehamilan ke 12 weeks jg dirujuk oleh dsog ku untuk usg 4D yang gunanya buat detect DS. Jadi diukurnya dari Nuchal Translucency. Normalnya adalah NT dibawah 3mm.

23

Topic: Deteksi Down Syndrome

waktu kehamilan berapa belas minggu, waktu dokter USG 2D sekalian liat tanda-tanda DS nya mom, saya baru tau waktu dokternya bilang "bagus, ga ada tanda-tanda DS," sambil ukur-ukur lingkar kepala, dll. sebelumnya ga tau DS bisa terdeteksi saat hamil muda, hehe

Mother of Katya and Karim

24

Topic: Deteksi Down Syndrome

Mo sharing dikit nih moms. Saya tmsk hamil beresiko krn sdh umur 37, tp mnrt dsog tdk ada yg hrs dikhawatirkan. krn sy maksa cek DS, akhirnya dsog sy di klinik fertilitas, dr. muharram, membuat rujukan ke fetomaternal di jl.kimia. Sy dijadwalkan dg dr.bambang karsono pd uk 16w & alhamdulillah semua bagus. utk biaya USG 2D rp.600.000 & 4D rp.950.000 sdh tmsk dokter & pendaftaran. Mereka tidak memberi resep obat untuk ditebus. Penjelasan dr.bambang detil bgt sehingga kita merasa puas. Sejak awal sblm hamil mmg dsog sdh sarankan utk tes TORCH, apakah boleh hamil ato tidak. Alhmdlh boleh hamil, wlopun ada sedikit tokso utk disembuhkan.

25

Topic: Deteksi Down Syndrome

Sharing juga ya, kebetulan DSOG ku memang ahli fetomaternal, namanya dr. Noroyono Wibowo di RS Bunda Menteng.
Screening kemungkinan Down Syndrome oleh beliau dilakukan sekaligus dengan USG rutinku, seperti yang dibilang Mamas lain di atas prosedurnya cuma mengukur NT (Nuchal Translucency) atau ketebalan cairan yang ada di tengkuknya. Biasanya dilakuan di minggu 11-13 katanya.
HTH Moms