1

Topic: Deteksi Down Syndrome

Kebetulan aq jg lg hamil anak ke 3 br masuk 6w.hari ini usg katanya indung udah terbentuk tp janin blm terlihat.dan disuruh tunggu 2w lg buat cek usg lg.apakah janinx berkembang atau tdk...aq berharap yg terbaik moms...anak pertama normal.anak ke2 DS..makanya khawatir jg hamil ke3 ini krn ada riwayat anak DS..sharing2 dr para moms bs buat tambahan buat aku.tp ada yg tau gk dokter/RS daerah surabaya yg bisa buat tes/ukur NT??
Mhn bantuannya ya mom's....

2

Topic: Deteksi Down Syndrome

Dear moms,

Apakah ada yang bisa share info mengenai Holoprosencephaly? Saya sedang menjalani kehamilan dengan usia kandungan 5 bulan 8 hari (as today, 9 Juni 2015), ini adalah kehamilan pertama saya setelah penantian 5 tahun. Dan minggu lalu kami baru saja mendapatkan konfirmasi dari Obgyn saya (dr Ridwan - KMC) dan telah di reconfirm pula dengan dokter azen (RSPI). My baby positive diagnosed Holoprosencephaly (HPE) Semilobar. Telah dilakukan uji USG 2d and 4 D, ditemukan beberapa tanda abnormal structures sebagai effect dari HPE ini.

Saya mencoba mencari segala kemungkinan untuk treatment minimal dapat mengurangi tingkat keparahan dari HPE ini. mohon share informasi dari para Moms, mungkin ada yang mengetahui mengenai penanganan terhadap HPE ini, khususnya di indonesia.


Mohon informasi nya Moms terimakasih

3

Topic: Deteksi Down Syndrome

Hi moms,
Kmrn aku baru nyoba test down syndrome, karena hasil screening NT di kehamilan minggu ke-12 diatas 2 namun dibawah 3. Kata dokter ku, Noroyono Wibowo, kalau NT diatas 2 khususnya di Indonesia lebih baik diperiksa saja, walaupun sebenernya dibawah 3 masih terhitung normal.
Aku menjalani test di klinik fetomaternal di jalan kimia (Gulardi Center), nama testnya NIPT. NIPT itu adalah tes non-invasive jadi tidak membahayakan ibu dan janin (sebelum ada tes ini, biasanya dilakukan tes amniocentesis, hanya ada resiko miscarriage walaupun kecil). Tes NIPT ini sbnernya adalah tes kromoson yang bisa mendeteksi pada kelainan kromosom 21, 18, dan 13. Selain itu karena NIPT ini merupakan tes kromoson, NIPT juga bisa mendeteksi kromoson gender janin (XX atau XY). Biayanya cukup mahal, $750 dan hasil keluar setelah 10 hari, nanti hasilnya akan di email & dibacakan oleh petugas klinik :)

Smoga membantu..

4

Topic: Deteksi Down Syndrome

Mam.. Mau info share.. Usia kandunganku 10 minggu.. Berapa ya ukuran normal untuk pemeriksaan NT.. Mohon info ya mam.. Terima kasih