1

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

It willl be a long posting.
Ceritanya hari rabu kemarin, pagi2 gue nge-sale berduaan dg Célia. Di toko pertama, toko baju anak2, Célia masih anteng walau tokonya rame banget. Pinternya yg punya toko nyedian ruang main anak yg ada tv nya. Pada asik n tertib deh anak2 nonton tv. Itu kira2 sudah 2 jam-an dari masuk ke mall sampai keluar dari toko pertama. Skg saatnya makan siang, untuk masuk restoran Célia sempet ngambek 10-15 menitan, akhirnya mau juga dia masuk dan makan dg baik (krn dipangku sama gue). Abis itu sesuai janji gue ajak ke toko buku anak, gue biarin dia milih buku yg dia suka. Terus gue ngeliat toko baju anak yg ke 2, ngga terlalu byk orang dan dlm waktu 30 menit kita udah keluar toko lagi. Di toko tadi dia asik baca buku barunya. Tadinya gue mau pulang, eeeh lewat toko sepatu, ah mampirin deh, kan Célia jg lagi anteng. Nah di sini nih tragedinya. Krn salesnya sibuk, kita sempet nunggu utk dicariin ukuran kaki. Terus Célia jg maunya model sepatu yg lain drpd yg gue pilih. Dia ngga mau coba dan maksa gue utk beli sepatu yg dia suka. Akhirnya gue nyerah, ngga usah dicoba lah, kalo pun ngga cocok, ntar gue tuker aja ke toko lagi. eeeeh Célia "unjuk gigi" ngga mau pake sepatu yg dicopot tadi dan insist mau pake sepatu yg dia suka. Gue terangin baik2 kalo sebelum dipakai, sepatu hrs dibayar dulu... (dan gue pretend utk beli juga sepatu yg dia mau). Masih aja ngambek, teriak2, nangis dan ngga mau gue gendong sampe orang2 pada ngeliat. Gue sih berusaha menjaga kepala dingin, tapi tetep aja malu hati. Terus setelah 2-3 kali gue ancem kalo ngga mau keluar sama gue ya dia tinggal sendirian di toko, akhirnya mau juga dia gue gendong. Kita ke sudut toko yg lain utk make-in sepatunya. Terus karena banyak antrian di kasir, akhirnya sepatunya gue give up aja. Kita pulang deh, tapi dia maunya digendong.... duh gendong anak + belanjaan asik deh :-). Nyeseeeel pake acara mampir ke toko sepatu. Gue tau kalo gue salah, krn Célia pasti ngantuk, seharusnya kalo mau nge sale ntar siang aja abis makan siang + bobok di mobil. Yah pelajaran lah.... tadinya memang mau sebentar sih.

@LizCherie

2

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Wah kalau aku pas ada sedikiiiit aja sinyal kalau anak mo tantrum gue langsung drop everything, gendong tuh anak dan bawa keluar. Biasalah, anak kalo ngantuk itu pasti apa pun dah bete, best thing is to let her/him sleep it off. Kalo lagi belanja kayak tadi, ya bawa aja anak keluar walau kicking & screaming. Kalau di restoran ya menuju restroom.

Its the risk of being a parent, labour of love. Kita gak bisa pergi seenaknya kita lagi, kudu matching sama jam awakenya anak. Kalo kita ke mall ya pilih antara pergi pagi jam 9 s/d jam 1, atau jam 3 sampai jam 6. Jam 12 itu jamnya anak makan dan tidur, kalo dipaksain ya pasti bakal tantrum.

Kalau memang kita kebetulan sendirian, make sure bawa stroller dan mainan atau buku favorit. Habis makan taruh di stroller dan kasih buku, biar dia tidur sendiri. Kuncinya sih ya memang di scheduling kita aja. Mau gak mau harus puas dengan waktu shopping/jalan-jalan yang cuma 1-2 jam, apalagi yang di Jakarta yang macet ini, kadang cuman punya window selama 30 menit. Baru sampai mall dah pulang lagi. Gak kerasa. Hehehe...

Tambahan : Yang paling bikin gue kesel tuh kalau lihat ibu-ibu di Mall yang anaknya tantrum malah ikutan marah-marah dan kadang mukul anaknya. Gemes gue pengen negor. We're the ones who wanted kids, the risk comes with it, so live with it.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

3

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

urban papa, masalahnya skg Célia punya teknik utk "ngga bisa digendong tanpa persetujuan dia". Dia lurusin tangan di atas kepala, jadinya mustahil untuk di"angkut" he he he.
Eeeh begitu masuk mobil, dia langsung cessss. Sampe di rumah (1/2 jam kemudian) gue biarin dia selesai tidurnya di car seat. Abis itu pas lagi snacking gue bisikin ke dia kalo gue minta maaf krn ngebawa dia belanja kelamaan. Eeeeh dia juga minta maaf, langsung ciut hati ku. Memang ini pertama kali gue (niat) pergi syoping berduaan, biasanya kl lagi sale gue selalu beli online. Dan kita memang ngga suka ngajak Célia ke mall ato belanja mingguan di supermarket kalo ngga kepepet banget.

@LizCherie

4

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

bener-bener, harus ngikutin jam biologis anak ya untuk minimalisir tantrum, jadi inget pola asuh mamah dan papah ku, niy anaknya mencoba cara baru..qeqeqe..no wonder kadang-kadang suka tantrum...

5

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Bundashafa, bukan jam biologis sih, tapi kebiasaan atau waktu yang kita biasakan anak kita untuk melakukan sesuatu. Anak-anak pasti tidur siang jam 12.30, karena selain mereka ngantuk, tiap jam segitu pasti kita bawa ke kamar untuk tidur. Akhirnya kan jadi kebiasaan, ya tinggal mematuhi kebiasaannya aja.

Liz, emang suka luluh kalo anak minta maaf dengan sendirinya. Dalam kasus anakku, pasti setelah kalem aku ajak bicara. "gak boleh ya Vira ngamuk kalo lagi jalan-jalan, kan papa/mama malu. Nanti gak ada yang mau temenan sama Vira kalau galak kayak begitu.

Emang sih sebagian waktu memang kita yang salah. Walau sudah ngeset waktu untuk pulang, eh ketemu teman di mall, jadi ngobrol, lupa kalau anak dah bete dan.. eng-ing-eng... tantrum dah dia. Oh well, we're not perfect :-D

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

6

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Wah, klo tantrum di depan Publik c kayaknya Jingga ga pernah d, secara dia emang paling suka jalan-jalan... Tapi yang sering kejadian Tantrum tengah malem buta jam 1 dini hari :( walopun ga didepan publik tapi suaranya bisa kedengeran orang satu komplek (wich is lebih malu plus ga enak sama tetangga). Nah klo udah kayak gini, akunya yang kena panick attack, karena ga tau harus gimana, dan Jingga juga ga jelas maunya apa, dikasih susu ga mau, minum air putih ga mau, di gendong meronta-ronta, paling klo udah kayak gini aku peluk aja sambil dibacain Al Fatihah dan surat-surat pendek dikupingnya itupun sambil di meronta-ronta, biasanya diem krn udah kecapekan dan ngantuk trus bobo lagi... Besok paginya baru deh bundanya ke rumah tetangga kanan kiri minta maaf gara-gara kehebohan semalem:(... Ada yang pernah ngalamin kayak gini juga ga?

7

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Hello Bunda Jingga, pernah kok dan pasti juga banyak yang pernah juga.

Biasanya tantrum malam itu disebabkan oleh fatique atau terlalu capek. Dulu Vira pernah ada masanya sering tantrum malam, dan setelah tanya kiri-kanan ya jawabannya semua karena terlalu capek. Ini akibat terlalu banyak ketawa, bercanda, lari-lari, dan lainnya saat mendekati waktu tidur.

Kita coba introspeksi, awalnya coba atur jam tidur siangnya: Nihil hasil. Lalu kita coba cut back waktu main di malam hari. Ya namanya juga bapak kangen anak, dulu pasti sampai rumah main sama Vira cekakak-cekikik habis-habisan sampai mau tidur. Ternyata disitu masalahnya.

Kita coba cutback. Papa & Mama main sama Vira dari jam 6 s/d jam 7.30, lalu Vira main sendiri beraktivitas seperti mewarnai, nonton TV atau main puzzle, baru deh rutinitas mau tidur dan lalu tidur. It works.

Well itu sih pengalaman kami, hope it works too.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

8

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Bener banget urban papa!! tanda2 anak mulai mau rewel sharusnya ditanggapi 'serius' jangan bilang nanti-nanti biasanya klo chise dicuekin klo dah kasih tanda wah bakal mulai rewel

Chise juga pernah tantrum malam2, jam 2 malam tiba-tiba nangis, dan nangisnya kuenceng bgt jadi ga enak ati en menata esmosi juga karena mendadak bangun. Ternyata kecapean yah..

Klo pengalaman di publik gitu, pernah sih akhirnya cari sudut sepi sambil nungguin dia reda dikit. Walau agak-agak malu juga karena anak tereak2 tapi pengen bilang jg sih ke yg liatin, gpp anak nangis begini jgn diliatin bete dong hehehe...kan lagi diusahain nih biar diem.

Setuju juga urban papa, gemes sama yg maen tangan sama anaknya klo nangis di depan orang banyak, kasiann..

9

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

ikutan nanya dong..
sebenernya ini kejadian seminggu lalu, dan udah aku post di thread yg berbeda krn aku ngga cek lagi kalo ada thread ini. jadi aku re-post di sini yaa..

============================================

dear mamas & papas,
semalem aku & suami bener2 dibikin bingung sama kyra.
cerita dari awal aja deh ya. Kyra (anak pertamaku) umurnya 17 bulan. aku & suami sama2 bekerja, tapi kami selalu usahakan pulang tenggo supaya bisa cepet2 ketemu & main sama Kyra. seperti biasa kalo aku udah di rumah, Kyra langsung aku pegang. Paling aku titip ke mbak-nya kalo aku lagi di kamar mandi atau lagi makan malam. sebelum tidur, sejak newborn memang aku biasakan untuk menyekanya dan mengganti bajunya.

tadi malam, seperti biasa aku menyeka Kyra. setelah diseka, Kyra ngga mau pake baju. agak2 merengek gitu lah. emang kadang2 dia suka gitu sejak umur 1 thn, namun selalu bisa aku alihkan. akhirnya dia mau pake baju, tapi ngga mau dikancing. nah setelah menolak pake kancing ini aku kebingungan membujuknya. kalo aku paksa ngancingin baju, dia langsung tengkurep di lantai dan nangis2 gitu. aku pancing dia ke tempat tidur pake botol susunya, dia ngedeket, tapi ngga mau mimik susu. semakin lama nangisnya tambah hebat. akhirnya aku panggil papanya. setelah berusaha beberapa lama, papanya nyerah juga. digendong, dia minta turun. diturunkan minta digendong lagi. pusing bener deh. hampir sejam dia begitu. kami berdua bener2 bingung dan ngga ngerti kemauan dia. napasnya sampe sesenggukan dan suaranya serak. kami udah coba cuekin dia. tapi dia tetep nangis.

sebenernya gimana ya cara ngatasin tantrum kayak gini? aku ngga pengen ini dijadiin 'senjata' di masa mendatang kalo keinginannya ngga dipenuhi. malu juga kan kalo dia rebahan di lantai mall nangis2 gitu. untung semalem di rumah.

thanks ya mamas & papas sharingnya...

Kyra & Zahra, my lovely princesses..
Twitter: @mamaDedev

10

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

mamadedev, ahh pengalaman sama dengan chise...

Pernah chise pipis ga bilang,tau2 aku perhatiin kok celananya basah, karena dia sehari-hari pake training pant dalemnya jd emang ga kececeran..tp kan tetep basah. Nah itu aku 'interrupt' dia lagi nonton barney tapi kayaknya sih dia ga lagi konsen2 amat sambil main2 gitu...trus awalnya mau tuh ke kamar mandi, bersihin..nah kelar dari kamar mandi mau dipakein celana, mulai lah ga jelas kenapa pemicunya tau-tau ga mau sama sekali pake celana..

Dikejar-kejar, ga mau diturunin. Pakein turunin..akhirnya malah nangis meraung-raung, semua salah. pake celana salah ga pake salah, diajak bobo nangis minta turun tempat tidur, udah turun nyuruh mamanya tidur..wuih pokoknya salah semua...

Akhirnya aku cuma bilang, maaf ya mama tadi ada salah apa sama chise, tapi tetep chise harus pake celana. Agak pemaksaan akhirnya hiks..tetep meraung-raung..aku tungguin aja dia sampe selesai, akhirnya dia tarik aku nenen dan langsung tidur.

Udah kejadian 2x..ga jelas pemicunya..prinsip aku sih, kalo yg dia ga mau atau tolak tapi itu prinsipil kayak pake celana, tetep aku sampein klo itu harus hehe...bener ga ya?? bingung juga..klo dibiarin masa keliling rumah ga pake celana.. :( biasanya aku tungguin dia meraung-raung gitu sampe selesai sendiri, tp klo ditempat umum, bingung juga..

11

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

weendee emang paling stress klo anak udah tantrum ya. Sy juga ngalamin kemaren waktu akasyah baru sembuh sakit. Karena lagi batuk dan pilek, bawaannya emang jadi cranky - pas mau tidur diajak ke kamar ga mau, pgnnya keluar kamar sambil minta digendong. Udah diluar kamar, tetep ngerengek minta keluar. Ga mungkin banget karena udah malem. Trus berubah jadi pgn ke loteng. Trus aku turutin ke loteng, pgn turun sambil nangis2. Ahirnya aku turunin dari gendongan sambil bilang, klo mau digendong berenti nangisnya. Ga mempan,tetep aja ngamuk2 - ampuuuun deh .. tiap malem kaya gt, udah 3 hari nih. Udah dicoba dengan segala cara, mulai dari cara diikutin semua maunya, diajak bicara pelan pelan, sampe cara tegas - plus dicuekin juga.
kesimpulannya yang masih berhasil sih dengan dialihkan perhatiannya. Harus nemu sesuatu yg bikin dia tertarik dulu, trus baru deh ajak ngobrol ngalor ngidul biar lupa sm amukannya. Ahirnya aku nyerah, asalnya prinsipnya kan tiap malem dia harus tidur di kamar, tapi klo kyk gini kayanya mesti lebih fleksibel, jadi aku biarin tidur di ruang tengah, baru dipindah setelah lelap.

Ya masih bingung banget sih, soalnya baru nih dia tantrum kayak gini .. sampe pas kemaren sih pgn ikutan nangis juga kalo dia udah mulai nangis hehehe abisnya kynya ga bisa ngontrol situasi bgt klo dia udah gt .. curhat deh heheheh

My little xerox's is waiting home for me

12

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

mamadev,
sama, aku jg sering banget kejadian spt ini, even sampe umur célia 3,5 thn. Ngga sampe tantrum sih cuma suliiiit utk dipakein baju sampe kejar2an dan akunya juga udah capek n hopeless banget. Kalo tantrum begitu kata buku harus dipindahkan dari TKP: ambil anaknya dan pindahin ke ruangan lain, coba bicara pelan2, bujuk ato spt Kenny bilang, alihkan ke subjek lain. Utk menghadapi anak tantrum, kitanya juga hrs jaga kepala dingin, disconnect dan hitung sampai 5 bisa menenangkan diri sendiri.
Kadang2 anak perlu nangis juga, aku pernah bilang ke Célia yg suatu waktu lagi histeris: kamu ke pojokan deh dan nanti kalo udah kalem baru ke mama lagi. Teknik ini sering berhasil juga, tapi ngga selalu 100%.

weendee
Bener, untuk yg prinsipil kita terpaksa utk menerapkannya. Kalo aku mau makan, kadang dia nolak utk cuci tangan, saya "angkut" aja.

Iya Ken, kadang2 kita hrs bikin konsensus juga, ngga semua teori bisa kita terapkan, kita hrs flexible juga lah.
Ayo ada pengalaman tantrum juga ??? jangan malu2 deh, wajar kok

@LizCherie

13

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Tambahan : Yang paling bikin gue kesel tuh kalau lihat ibu-ibu di Mall yang anaknya tantrum malah ikutan marah-marah dan kadang mukul anaknya. Gemes gue pengen negor. We're the ones who wanted kids, the risk comes with it, so live with it.


hiks.... gw pernah ngelakuin ini, jadi malu...... anak gw tantrum di mall karena gw ga mau beliin dia permen. dia nangis teriak2, gw cuekin, makin jadi, gw marahin, walaupun marahnya pelan2 tetep aja keliatan klo gw lagi marahin dia...
setuju dengan ini... "We're the ones who wanted kids, the risk comes with it, so live with it"

proud to be fullyhousemom :)

14

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Ahahaha, gue sering bgt nih ngalamin ini. Rata2 sih kl anaknya ud ngantuk abis. Biasanya gue gotong anaknya keluar pas jerit2 gt. Gatau saking cueknya ato saking seringnya, gue udah kebal tuh ama pikiran malu-sama-orang-gara-gara-anak-jerit-jerit, biasanya sih kl udah agak kalem anaknya bisa diajak ngobrol baik2 dari hati ke hati.

Yang masih jadi peer, gimana caranya kl anak lg tantrum jgn sampe orangtuanya berantem gara2 panik. gue sering jg ngalamin gini, krn suami suka protes kl gue nyuekin anak nangis, agak ga kuat mental nampaknya, hehehe...

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

15

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Liz wrote:
Abis itu pas lagi snacking gue bisikin ke dia kalo gue minta maaf krn ngebawa dia belanja kelamaan. Eeeeh dia juga minta maaf, langsung ciut hati ku. Memang ini pertama kali gue (niat) pergi syoping berduaan, biasanya kl lagi sale gue selalu beli online.


Ih samaan kayak Raka. Ngga bisa dikerasin. Kalo kita lemah lembut, mencoba untuk mengerti, eh dia juga bisa dan mau ngertiin kita yah..

And thelilsolder is back. Fire!

16

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Seminggu lalu saat sedang makan di Hokben ada kejadian ibu-ibu nempeleng anaknya gak jauh dari gue duduk karena anaknya tantrum. Gue kesel banget ngeliatnya, anaknya baru 3 tahunan. Harusnya tuh emak-emak ikutan urbanmama biar dapet pencerahan. Semoga para moms disini gak akan ada yang seperti itu.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

17

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Chan,
kalo ketemu gue pas lagi hilang kesabaran, jitak aja yah. kadang2 gue suka ilang sabar gitu, tapi ngga sampe nempeleng sih.. paling melotot judesssss banget :D

And thelilsolder is back. Fire!

18

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Urban Papa wrote:
Seminggu lalu saat sedang makan di Hokben ada kejadian ibu-ibu nempeleng anaknya gak jauh dari gue duduk karena anaknya tantrum. Gue kesel banget ngeliatnya, anaknya baru 3 tahunan. Harusnya tuh emak-emak ikutan urbanmama biar dapet pencerahan. Semoga para moms disini gak akan ada yang seperti itu.


Wah sama dad, gw pernah liat di resto
anaknya (4-5thn) cuma rewel minta makanan...ditonjok aja loh muka nya sama ibunya.
Bapak dan 2 anaknya yg lain tetep asik makan.
Trus mereka ngelanjutin makan seakan2 tidak ada apa2...
Pas gw liat anaknya yg ditonjok itu, bibirnya agak jontor sedikit.

Bukan main keselnyaaa ngeliat bgitu..naudzubillahimindzalik
Semoga kita semua jangan sampai seperti itu yaa

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

19

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

hah? ditonjok oleh ibunya? menjurus KDRT kali ya?

And thelilsolder is back. Fire!

20

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

YSee wrote:

Wah sama dad, gw pernah liat di resto
anaknya (4-5thn) cuma rewel minta makanan...ditonjok aja loh muka nya sama ibunya.
Bapak dan 2 anaknya yg lain tetep asik makan.
Trus mereka ngelanjutin makan seakan2 tidak ada apa2...
Pas gw liat anaknya yg ditonjok itu, bibirnya agak jontor sedikit.


Ysee Aih serem ya..beneran ditonjok gitu? ama ibunya pula?kasian banget deh

@medyratri

21

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

dear mamas & papas,
mo ikutan sharing tentang tantrum ini. anakku Zaky umur 5bln, entah kenapa sekarang jadi suka tantrum klo dibawa jalan pas dia lagi ngantuk+pengen nenen. Padahal dulunya sebelum umur 5 bln dia fine2 aja tuh diajak jalan kemanapun dan berapa lamapun. Klo ngantuk dia langsung tidur aja, trus klo mo nenen ya tinggal nyari nursery room ato pake nursing apron deh. Enak banget. Entah kenapa setelah masuk 5 bulan ini zaky jadi ga mau dinenenin di tempat lain, maunya nenen sambil tiduran dan sampe dia ketiduran.
Jadi bingung deh klo mo ngajakin dia kemana2, trus perilaku kaya gini bertahan sampe berapa lama yah..? soalnya bakalan repot banget klo dia homesick'an gitu, secara gue ga ada ART/BS so otomatis harus bawa2 zaky klo gue ada urusan

no matter whether you are a working mom or stay at home mom, every moms are great in their own way

meet me here http://bunzaky.blogspot.com/
follow me @Sindi_Puspita

22

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Hey bundaZaky, si kecil Zaky punya parang favorit gak? Misalnya guling, bantal, boneka atau selimut. Coba deh dibawa dan saat menyusui dikasih pegang/peluk barang favoritnya. Kebetulan ada temanku yang anaknya begitu. Kalo sampai ketinggalan bawa boneka Elmo kesayangan kudu muter balik kerumah dan ambil, soalnya kalo ngga' gak bakalan bisa tidur anaknya dan tantrum.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

23

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

urban papa, kebetulan dari kecil saya ga membiasakan zaky tergantung dengan barang tertentu, jd dia ga ada mainan ato barang yg harus dibawa klo lagi pergi2. mungkin emang saya nih yang harus menyesuaikan diri dengan jam dan mood nya dia. moga2 dengan dia tambah gede dia mulai bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar tempat dia, biar dia ga homesick'an lagi

no matter whether you are a working mom or stay at home mom, every moms are great in their own way

meet me here http://bunzaky.blogspot.com/
follow me @Sindi_Puspita

24

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

bayi 4bln udh bis tantrum blm? nangis yg jerit-jerit ga bisa berenti smp sesenggrukan mukanya merah semua smp yg ngeliat kasian...

isyu ini sdg melanda shaka kalo dibawa ke rumah orang (sodara, temen). lebih parah lagi kalo ada banyak orang (acara kumpul2 gitu loh)... padahal kalo ke pasar/mall/ada di tempat umum yg rame jg sama sekali nggak masalah...

apakah fase ini biasa utk bayi 4bln dan akan terlewati? atau bawaan/karakter anak? saya sendiri masih mau berpikir bahwa itu karena kejadian selalu berlangsung pada jadwal tidur/ngantuknya shaka, yg mana berarti cuma menyisakan siang hari sebelum mandi sore, dan subuh habis bangun tidur :P
soalnya mulai risih disuruhin org2 utk banyak keluar ketemu orang.... :(

*shakashakesmyworld*

25

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

mau share ttg tantrums nih..

selama ini gue gak pernah ngerasa naia anak yang throw tantrums. mayan nurut dan rapi lah.. diajak jalan kemana2 aja mau dan selalu happy. tapi sejak dia kemaren sakit trus mulai sembuh, mulai jadi sering throw tantrums. mau apa2, nangis dan teriak2.. trus marah2. gak tau karena dia masih ga enak badan atau emang masanya dia masuk ke period terrible two nya.

sampe2 kemaren itu dia nangis dari basement di ion orchard (B3) sampe balik ke parkiran di daerah somerset. kalo buat yang pernah ke singapore atau tinggal di spore.. you'll know.. itu jauuhh!! apalagi buat ukuran anak toddler umur 26bln macam naia.

udah gitu karena seharian dia udah marah2 terus, terakhir itu gue udah keseeell banget. mana jadi super duper cranky dan nolak2 makan. katanya mau, tapi abis 5 suap, ngomel2 trus bilang "udaaahh.. gak maauu!!". naia soalnya mayan banyak makannya sebenernya tapi emagn sejak sakit jadi gak mau makan, terlebih kemaren ini sakitnya itu di radang tenggorokan dan batuk berdahak, yang bikin dia muntah tiap dia nelen makanan krn ada dahaknya itu.

nah trus pas dia nangis2 itu dari basement, gue diemin walopun dia minta digendong. akhirnya dari basement 3 ion itu dia jalan sambil megangin baju gue, sampe all the way ke depan mandarin meritus (again, ini jauh, more than 1 block! krn ngelewatin wisma atria, ngee ann city, nyebrang jalan, baru ke mandarin) dan all the way dia nangis & teriak2. orang2 sih pada ngeliatin yaa.. tapi gue udah muka badak. gue diemin aja cuz i think that's the best cure walopun gue sedih banget liatnya (sempet hampir mau nangis juga).. but tough love, gue mesti bikin naia tau what she's doing is wrong. jadi dia mesti diem dulu.

di depan mandarin walopun masih nangis2.. kayaknya udah kecapekan akhirnya gue paksain dia mesti mau duduk di stroller. walopun berontak tapi akhirnya mau. soalnya ya gue ga mau deh mesti gendong dia sampe parkiran, dan yang pasti gak mungkin biarin dia jalan sejauh itu juga.

oh my.. terrible two ini bener2 menyusahkan.. dan gue udah ngeri deh kalo segini aja udah berasa parah, gimana ntar horrible three yaa?? huhuhuuu...

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta