1

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Hai all, gue lagi hamil 36minggu dan baru 2x ikut senam hamil di hermina podomoro. (15rebu sejam latian n dpt snack). ga tau sih gerakannya bakal ngefek apa engga ke lahiran ntar. but at least ada bayangan dikitlah tentang apa yg akan terjadi di ruang bersalin. (surprise pas bidan meragain cara ngangkang-nya. hoaaa, bener2 di kangkangin selebar2nya..wkwkkwkwkwk)

karena kerja, senam hamil cuma bisa sekali seminggu tiap sabtu. pengen siy nyobain senam hamil yg di rs harapan kita. penasaran juga bedanya apa dan kelebihannya apa. soalnya harganya beda jauhhh! untuk awalnya 100rebu dan 50rebu untuk kunjungan berikutnya :( tapi yg lebih dijalanin skrg adlh nasehat dokter utk jalan cepat tiap pagi selama 15menit. kudu tiap hari katanya. kalo engga, ga bakalan ngaruh. if i do that, si dokter guaranteed gue cuma bakal 4 jam doang di ruang bersalin. amiiiiiinnnnn :)))

2

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Iya soal yang muka merah gue juga pernah ngalamin, karena ngga sabar gue ngeden sengeden2nya dan ya gitu deh muka merah2 selama seminggu'an dan yang ngeliat emang ngeri, untung penglihatan dllnya gpp. Ntar kapan2 gue post fotonya deh ahahahah. Tapi soal senam, ikutan cuma sekali trus males. Jadi diganti naik turun tangga dirumah, ngepel dan bersih2, dan latian nafas biasa aja kaya pas mau nyanyi. Hasilnya gue ngga terlalu panik sih pas kontraksi dan breathing exercise nya bisa kepake.

Rock 'n Roll Momma

3

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

gue termasuk yang hobi senam hamil :) tapi ya karena kerja sempetnya cuman hari sabtu doang alias seminggu sekali.. itu juga ikutnya pas udah hamil masuk minggu 28-lah..
menurut gue, senam hamil itu berguna buat gue yang males olah raga ini (hihi).. bisa ngurangin pegel2 juga, stretching2, relaksasi, asikkk lahh.. kebeneran gue ikut senamnya di rs pd indah, karena gue memang melahirkan di rs tersebut.. susternya baik2.. pokoknya gue happy kalo udah waktunya mesti senam :)
untuk yang bilang pada saat melahirkan akan lupa apa yang udah dipelajari, buat gue gak jadi soal.. karena manfaat yang didapet pas melakukan senamnya itu sendiri menurut gue udah berguna.. dan latihan ngeden juga oke (apalagi buat anak pertama).. untuk latihan ngeden cuman boleh buat ibu2 yang udah di atas minggu ke-35/36 hamilnya.. (kl gak salah)
bener mata gak boleh merem, trus diajarin juga untuk tenang, nafas, dll, intinya diusahakan untuk gak perlu teriak2 karena nanti tenaganya akan abis sendiri..
kesimpulan, gue termasuk golongan yang menjawab senam hamil is useful :)
*note: pas anak kedua, karena lahirnya maju, belum sempet latihan ngeden, eh udah kudu brojol.. waduhh.. untung anak kedua :p itu pun, sebelum ngeden, masih sempet wanti2 sama suster yang bantuin: 'suster, nanti saya dikasi tau lagi cara2nya ya..' hihihi..

4

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

meskipun Lana lahirnya C-section, tapi sebelumnya aku termasuk ibu2 yg paling rajin ikutan senam hamil di RS BMC krn emang sebelumnya pengen banget lahir Normal. Menurutku senam hamil bermanfaat loh, lumayan belajar atur nafas, latihaan ngeden dan info2 dari bidan mengenai persalinan nanti, termasuk kalo ngeden gak boleh nutup mata dan mulut sebaiknya tertutup. Pulang kerumah yg latihan sendiri dibantu suami liatin stopwatchnya, alhasil kaki dan badan gak termasuk yg sering pegel2 loh (biasanya kan hamil >28minggu, badan terasa pegel smua). Dan satu lagi bisa mensupport sesama peserta senam ttg kehamilan dan persiapan persalinan,biasanya persertanya kan hamil baby pertama.

Masuk 35 minggu, aku masuk RS karena demam tinggi dan batuk, Dokter nyaranin untuk diopname dan cek darah,ternyata aku kena typhus. Sekitar jam 5pagi pendarahan, dicek oleh bidan belum ada tanda lahiran. Jam 9 pagi dokter periksa dan periksa detak jantung janin ternyata dah *5 (sempat bingung juga maksudnya apa?) ternyata denyut jantung janin sdh lemah, saat itu juga dianterin dokter ke RS (tempat saya dirawat adl Rumah Bersalin, dan belum ada ruang untuk operasinya). Jam 11siang di cesar deh dan gak IMD juga :(, pdahal pengen banget lahiran Normal. Aku dah keluar dari RS, babynya harus masih nginep 3hari lg di RS karena pas lahir, Lana ketubannya sdh hijau.

Pokoknya who wants to be a mom, jaga kesehatan dgn baik, jgn terlalu capek, dan banyak minum air putih. Thanks yak dah bisa sharing :)

5

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

menurut gw berguna ga berguna ya senam hamil...

gw cuma sempet ngikutin 3x..selanjutnya keburu brojol...
tp lumayan jg sih teknik2nya bnyk yg kepake sprti pernafasan+cara ngeden :)
selain itu seneng jg ketemu bumil2 lain yg wkt kelahirannya ga beda jauh...

6

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

dulu ikut senam hamil dari umur kehamilan 7 bulan
tapi senam hamilnya di gabung ama teknik relaksasi hypnobirthing, jadi asik banget sekalian belajar hypnobirthing nya juga *disurabaya blom ada sih dokter yang pake teknik ini tapi dijkt sih ada yaa*
niat banget pengen lahiran dgn hypnobirthing sendiri *belajar dari cd ama buku gitu* tapi akhirnya harus dicaesar karena ketubannya keruh...

7

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

waktu hamil arya gak ikut senam hamil sama sekali (krn d sini gak ada :p). Tp mulai trimester k 2 yoga minimal 2x / minggu & jalan tiap hari minimal 30 menit. Pas lahiran lancar, sktr jam makan siang masih jalan2 k toko art supply, jam 2 ke dokter ternyata udh bukaan 4, masuk RS j 4 sore, j 8 mlm udah lahir. O ya, pas udh dekat2 due date rajin olahraga pakai birth ball, biar baby-nya cepat turun :)

8

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Walopun dulu ngelahirin secara SC, tapi menurut gw senam hamil cukup berguna ya buat gw. Waktu itu gw ikut senam hamil di YPK. Jadi gak cuma diajarin gerakan-gerakan buat ngurangin pegel-pegel pas hamil gede, kram gitu, tapi juga diajarin soal perawatan payudara demi kelancaran ASI.
Bisa sharing lama juga kok sama Bidan yang ngajar senam.

Menjadi Ibu adalah pilihan kerja profesional yang paling tulus...tanggung jawab,memberi kasih dan pelajaran kpd anaknya dengan masa kontrak kerja sepanjang dunia dan akherat..it's a amazing
Our Story Lafamilledewijaya

9

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Sebenarnya selama hamil ga sempet ikut senam hamil di rskia, tapi dari awal kehamilan rutin yoga untuk kehamilan di rumah. Beli buku tentang yoga untuk kehamilan. It helps a lot selama proses kehamilan, terutama untuk tetap punya energi buat beraktivitas selain itu juga untuk menenangkan emosi yang naik turun ngga jelas. Sangat membantu untuk bikin relaks.

Sewaktu kontraksi awal-awal (terjadinya setelah ketuban pecah) latihan pernafasannya lumayan berguna walaupun setelah 2 jam gwe teriak2 XD Sakit bener, abis cepet banget prosesnya. Jam 1/2 2 pagi ketuban pecah di rumah, sebelumnya ga kerasa apa-apa. Langsung ke rs, nyampe sana 1/2 3, udah bukaan satu. Jam 5 udah bukaan 3. tiba2 jam 6.30 langsung bukaan 8. Jam 7.10 si kecil udah lahir. Karena prosesnya cepet banget, aku jadi panik (I was like, what, now???), lupa semua dah tuh, pernafasan dsb. Terus kata susternya ngedennya salah walaupun tenaganya ada (malam itu dinner kalap dengan aneh, ternyata mau melahirkan, maju 2 minggu, hahaha:D). 4 jaitan deh akhirnya...

writer. translator. mother to asabhumy. yoga addict. banci dapur.

10

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

useful indeed :)

dari awal kehamilan aku g abrenti olah raga (walaupun bukan khusus senam hamil ya) karena dari masih sebelum nikah aku emang suka fitnes. Sampe usia 5 bulan aku masih nge-gym, walau cuma kasrdio ringan doang 3x seminggu. Setelah perutku mulai gendut, baru pindah ke yoga (itu pun ikut kelas umum, bukan yoga hamil heheheh...secara gym yg deket kantor cuma ngadain kelas yoga reguler hehehe).usia 8 bulan ampe brojol, aku beli dvd yoga hamil, dan mulai latihan yoga sndr di rumah.
Alhamdulilah manfaat olah raga saat hamil itu banyak banget, selain lancar pas brojolin. Juga cepet buat balik ke berat badan ideal hehehe.. beberapa minggu setelah melahirkan, badan ga gembrot2 amat lah heheehe..

davina biggest fans

11

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

klo aku ga ikutan senam hamil, dulu niatnya mau ikutan stlh 8bln, eh ga taunya 36w3d malah udh brojol duluan, haha.. untungnya Alhamdulillah lancar :)
Tapi aku ikutan kelas Terapi Musik, disitu diajarin teknik pernafasan dan relaksasi juga, aku siy ngerasa berguna bgt ya, jd wkt kontraksi udh tau gmn ngatur nafasnya biar ga terlalu kerasa sakit.

follow me @ulieeel

12

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

urban mamas,
ada yg pernah ikut HypnoBirthing? kalo ada, gimana kesan-kesannya? ;) kayaknya menarik banget...

[a mama who loves POCOYO]

13

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

dina wrote:
Anak kedua kudu fokus ke latihan nafas, nih!


kapan anak keduanya din??...hehe...maap OOT...

saya cuma ikut senam hamil 2 kali sebelum masuk week-36...pas udah deket2 ngelahirin malah ga sempet aja mau senam...agak2 males juga sih...hehe...jadi ga bisa bilang berguna apa ngga...
untungnya pas lahiran lancar...soalnya di water birth yang penting nahan napas...

there's no place like home...

14

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Week end kmrn saya baru pertama ikut senam hamil.Belom terlalu berkesan sih soalnya gerakan yg diajarin kemaren kurang lebih sama ama yg suka saya praktekin drmh,tp lumayan seru soalnya dpt kue,minum,voucher Tumble Tots dan minyak telon.Hehehe.Dan yg paling penting nambah temen..
Alin,aku rencananya mau ikut hypnobirthing ni..tp kmrn nanya temen di kelas senam hamil,ko katanya kebanyakan curhat2an gitu ya?Penasaran si,jd kayanya pgn ikut sekali dulu aja.Nanti kalo jd,aku share di sini deh :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

15

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

nyanya...ikut dimana? kmrn mo ikutan di KMC tapi mba2nya ga nelpon balik,,ntah udah penuh ato lg ga ada,,ga konfirmasi lg juga siy guenya hehe..

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

16

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Pamz,gue tinggal di Bandung.Kemaren gue nanyanya ke ibu hamil yg sekelas di senam hamil RSIA Hermina yg juga ikut hypnobirthing (padahal dia pasien di RSB Tedja).Kebetulan mid-wife yg ngajarin di senam hamil kmrn ngajarin hypnobirthing.Jd gue ga tau jg tempat hypnobirthingnya di Hermina apa di tempat lain.Nanti deh gue tanya2 lg.Soalnya gue pernah baca hypnobirthing ini ga terlalu perlu kalo kita ga stress/depresi.CMIIW.Sori ya mods,kalo sedikit OOT :D Btw,kalo nanti jd ikut hypnobirthing jgn lupa share ke kita ya,Pamz!Diriku sungguh penasaraaan ;)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

17

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Iya....nyanya, jadi penasaran sama hypnobirthing. katanya sih itu disiapin bahkan sejak kehamilan awal dengan cara ngebisikin baby hal-hal yang positif gitu ya? Temen aku juga pernah ngelahirin sendiri tanpa bantuan dokter (katanya dokter cuma ngeliatin doang heheh) karena hypnobirthing dan katanya nggak sakit sama sekali. kalo ada info di share ya... :) thanks....

wish my Shoji will be just fine :)

18

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Aku belajar Hypnobirthing sendiri sih, beli buku dan CDnya, tiap malam sebelum tidur mulai relaksasi. Dulu anakku usia kandungan masuk 9M posisinya masih sungsang, trs aku mulai hypnosis bayi ku dengan musik dan terus diajak bicara supaya mau merubah posisi dan masuk jalan lahir. Alhamdulillah berhasil semuanya, sampai aku melahirkan termasuk yang cepat lancar.
Hypnobirthing selain membuat kita rileks saat kehamilan mempermudah kelahiran, juga membuat anak nantinya jadi mudah diajak kompromi, bukti nyata : Kenzie anakku (18M) Alhamdulillah bgt anaknya gampang diajak diskusi dan negosiasi.

oia banyak yang bilang senam hamil ga berguna, karena pas saatnya nanti malah jadi lupa, tp karena rileks kayanya semua ajaran bidan waktu senam terekam jelas saat kita mulai "ujian" (baca : melahirkan)

PostModern Mama

19

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Nandra, waaa..mudah2an nanti saya jg lancar pas ngelahirin. Udah beli buku+CDnya..dan mulai nerapin teknik relaksasinya. Sempet kepikiran mau ikut kelasnya,tp jadwalnya ga cocok. Untungnya ga kesulitan untuk praktekin sendiri.
Mama_arya, thanks infonya soal birth ball.
Btw,bayi istilahnya udah 'turun' itu biasanya pas minggu ke berapa ya?

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

20

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

nyanya
Wkt dl sih dsog bilangnya pas usia kandungan 35-36 minggu (8bln)
Kebetulan rasya dl sungsang..dsog nya bilang coba terus lakuin posisi utk muterin bayi sebelum usia kandungan 8bln.

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

21

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Proses lahiran gue kemaren termasuk lancar jaya nampaknya berkat sering latihan senam hamil+hypnobirthing. Dokter jg cuman ngeliatin doang sambil blg "wah,itu rambut bayinya udah keliatan".. Dan komentar2 yg ga penting kaya "ini beli sari kurma dimana" haduu..plis deh. Alhamdulillah ga ngerasain rasa sakit yg gue takutin selama ini (mungkin krn dokternya byk becanda),jd ga tegang guenya.Terus pernapasan yg diajarin di senam hamil jg bener2 gue terapin.Untung ga lupa,soalnya itu semua ngebantu bgt :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

22

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Iya nya..untung ga lupa ya pas lg proses lahirannya.
Dulu pas gw lg senam hamil, suka mikirin kl nanti lupa gmn yaa:p
Tp pas dah prosesnya, ngejan pertama gw salah:(
Kata suster nya, gw ngejan nya ke leher *emang bener leher gw jd agak sakit.
Trus susternya bilang "ayo inget2 senam hamilnya gmn"
Nah pas lg jeda ngejan 1 dan ke dua, berusahalah gw utk mengingat senam hamil itu...alhamdulillah ngejan kedua dah bener.
Rasya keluar dengan lancar...:D

*funny story:
Wkt ngejan ke dua selesai..gw siap2 utk ngejan berikutnya.
Tp kok kedengeran suara bayi...dgn oon nya gw nanya "itu bayi saya dok?"
Semua yg di ruangan ketawa..iya ini bayi kamu..:p

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

23

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

YSee
"Tp kok kedengeran suara bayi...dgn oon nya gw nanya "itu bayi saya dok?"
ngakak pas baca ini hahaha

24

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Dini Setyowati
Hehehe..gw juga kl nonton video nya bisa ngakak sendiri:p

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

25

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

mommies, bertanya dong ...ada yg udah pernah ikut senam hamil di RSPI kah ??

@dina_noermadi
== it will be a bumpy ride but I will enjoy it as the way it is ===