1

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

Mbak fitri, mo nanya dunk, aku kan rencana mau buka dana pendidikan, untuk jangka pendek : SD, jangka panjang : kuliah, meskipun agak terlambat karena anakku sekarang sudah 2 th :-) minta sarannya dunk investasi seperti apa yang bagus untuk kondisi sekarang. Saya tertarik dengan reksadana tapi masih awam soal ini, bagaimana saya tahu reksadana jenis apa yang harus saya beli? trus, klo nanti kita pengen jual, gimana caranya?

mommy love ariq

2

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

mba fitri...jangan kelewatan ya jawabin pertanyaan ku.... salah 1 yang nanya pas awal2 soalnya.... :)

3

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

otty wrote:
fitri Oh kalo gitu untuk dana kesehatan pensiun mendingan investasi sendiri ya? Berarti masuk ke RD saham dong? Baru tauuuuu...

Nilai 1M itu untuk 2 orang (suami istri) atau per orang? Trus targetnya berarti after 65 tahun ya (dengan asumsi sekarang masih ikut asuransi kesehatan dan di-cover sampai umur 65 tahun).

Makasih banget :)

diandra Sorry gue nyamber :p Pertanyaannya bagus tuh, gue pun penasaran.



iya, mending kita invest sendiri
biar uang nya bisa lari
karena dana kesehatan pensiun ini jumlahnya besar
asumsi 1M adalah untuk 1 orang
dan ini adalah nilai sekarang ya
nilai nanti dalam jangka waktu 20thn lagi bisa jadi 6,7M
nilai sebesar ini asumsi nya akan cukup untuk kasus ekstrim, seperti masuk rumah sakit kelas kamar 1jt per malam dengan asumsi 3thn berturut2 di RS

tks

4

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

Huaaa,ngaco d gw,.untg shinta kasih tau *tutup muka* maklum nyambi kelonin anak tdr,jd smbil ngintip2 bb xixi..maaap yaaaa :p

5

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

fitri Ah gitu ya, oke thanks banget *buka kalkulator ngitung dana kesehatan pensiun*

yang selalu kangen sama si pipi gembil

6

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

hi all..siang mb fitri.sng bgt ada live q&a n aku br perdana neh ikutan.mbak aku ada bbrp pertanyaan neh,blh ya
1.untuk dana pendidikan anak,yg mana anak aku br 8bln,mending mana asuransi pendidikan or RDS,kalo RDS kbtln aku dah ada,nbg sejak kuliah,jd ada deh dkt2 buat smp SD mah,tp kalo mpe anak kul,blm tau tuh..
2.alhamdulilah suami jg mempercayakan aku untk jd financial manager..berhubung aku dan suami pisah kota,jd aku ada dua "dapur" gt d..n itu krasa bgt berat mbak..gaji jg mpe skrg blm bs buat nbg..gmana ya mb me-manage nya,fyi aku msh tggl brg ortu,jd msh bs hemat,sdgkan suami,gak bs hmt,krn dia tggl sndr n gaya hdp jg susah diubh.
Tks ya mb atas pencerahan nya.

mamanya mas fadhil n dedek nafisa :)

7

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

Hi Mbak Fitri,

mau ikut nanya juga tentang skala prioritas, ada pendapat kalo KPR dalam jangka waktu lama itu dianjurkan, karena nilai properti juga ikut naik seiring berjalannya waktu, bahkan mungkin nilainya lebih bagus dari bunga KPR.
kebetulan kami justru ambil KPR dalam tempo yg relatif singkat karena berpikirnya kita justru ga pengen lama2 punya hutang. trus kami juga pengennya kalo ada dana lebih, mending buat lunasin KPR, supaya net worth keuangan keluarga jadi positif, sehingga untuk selanjutnya, kami bisa lebih fokus pada rencana investasi.
gimana pendapat mbak untuk hal ini? apakah lebih baik dananya dialokasikan untuk investasi?
thanks in advance ya :)

a happy wife & mom always defines me best! :)
@mamaaltair

8

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

hallo mba fitri,

duh masih live ga ya? ingetnya last minute gini :(.

Mau tanya dunk, gmn ya caranya ngerencanain dana jangka panjang (ex. biaya sekolah anak, etc) kalo penghasilan kita (aku FTM jadinya ngandelin gaji suami) ga tau sepanjang apa, maksudnya suami ku kerjanya di offshore, nah, dunia per-offshore-an sangat fleksibel, kadang2 banyak job kadang2 sepi, memang sih dia selalu dapat basic tapi ga tau kantornya last sampe kapan.

So far, pengelolaan keuangan memang jadi tanggung jawab aku, bahkan aku udah bikin rincian utk pengeluaran setahun, krn kl kebutuhan fix bulanan kan udah kebaca. Kalo dari neraca nya sih harusnya kita bs nabung banyak, tp kok rasanya kantong kita bolong gede ya, jdnya duitnya ngalir gitu aja, padahal aku setiap hari nyatet pengeluaran sehari2, tapi kok rasanya catatan sendiri, kitanya sendiri. Kayanya kita kebanyakan memberi excuse buat diri deh dg banyak jalan2 dan makan2 diluar, walhasil tekor akhir bulan. Maklum, kalo misua pulang dr field, bawaannya pgn ngelepasin kepenatan, jadinya hepi2 terus, hehe. Kasih saran dong biar bisa disiplin sama diri sendiri.

Trus mana paling OK pilihan investasi ya? reksa dana, unit link (oya aku pernah baca mba ligwina bilang unit link ga recommend ya?), ato investasi2 lainnya?
Mau mulai bisnis yg serius tp ga PD terus nih.

Thanks ya mbak :)

A happy mommy <3

9

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

gue dan suami sih buka-bukaan, gaji berapa, utang berapa, tabungan berapa. nah ada yang jadi 'milik sendiri' itu terserah mau dibeliin apa.. walaupun gue juga tau sih buat apa aja. kalo gue abisnya biasanya buat dining out, kalo suami abisnya buat hobi dia.

ada lagi uang-uang kaget, bisa dari pihak keluarga gue atau dari pihak keluarga suami. naaaaaaah.. kalo uang kaget (rejeki nomplok ngga disangka-sangka gituh), biasanya sebagian besar ditabungin terus sisanya dibelanjain apa kek. tapi gue ngga pernah ngasih tau berapa dapetnya, suami juga gitu.. pokoknya ada yang buat ditabung, ada yang diabisin (biasanya sih buat sama-sama juga).

nah yang susah dibicarain tuh kalo ada yang mau minjem duit. doh. mestinya gimana ya? boleh ngga sih gue nolak kalo misalnya ada keluarga/temen suami mau minjem duit? soalnya jarang balik sih...

And thelilsolder is back. Fire!

10

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

sama dg thelilsoldier, masalah kl ada yang minjem duit, gmn ya nyiasatinnya, secara sebenarnya keuangan kita udah ada cost center nya masing2, tp krn keluarga, jadinya ga enak jg kl ditolak, masuk cost center mana ya yang begituan?

Trus ikut nanya juga, idealnya sebuah kel kecil (istri, suami, 1 anak) punya brp account ya? (udah ditanya di page 1 tp blm dijawab). Kalo kel kami, ada account gaji suami, acount ku utk belanja bulanan dan account suami buat dia beli keperluan diluar bulanan. Biasanya kalo gajian, aku langsung bagi2 ke account2 td, dan untung utk pengeluaran ttp (listrik, cicilan2) kita pake auto grab, jdnya harus ada duit yg tersedia. Kira2 perlu bikin account lagi ga ya buat dana sekolah anak, buat pensiun, dll? Mohon masukan ya mba ideal jlh account. tks.

A happy mommy <3

11

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

mrshandsumH wrote:
mba fitri..apa kabar?

mau tanya beberapa pertanyaan boleh dong ya mba...

1. Kalo kita sudah set RD untuk beberapa tujuan, pas RDnya itu sudah mencapai tujuan tapi belum pada waktunya, itu sebaiknya kita lanjutin terus RDnya atau kita cairkan sih mba?

2. Diluar untuk investasi, sebaiknya untuk keluarga kecil seperti saya (suami, istri dan anak 1) perlu punya account berapa banyak sih? dan untuk apa aja? i.e: 1 account untuk dana darurat saja, 1 account untuk belanja bulanan etc

mohon advisenya ya mbaaa....

thank you !


kabar baik ... alhamdulilah
maaf bales nya lama
kepotong ama meeting dadakan nih, ampun ..
langsung jawab ya

1. kalau sudah sampai jumlah yg diinginkan, akan lebih aman kita simpan di tabungan / deposito saja. ini untuk tujuan jangka pendek,. kalau untuk tujuan jangka panjang,misal siapkan dana S1 15thn lagi untuk anak kita, sekarang kita simpan di RD saham. jangan terus manteng di sana ya, karena takutnya pada saat market drop, uangnya masih di sana, sementara anak kita udah mau masuk S1. jadi pelan2 harus mulai dipindahkan produk nya. jangka 10thn lagi mau S1, dana di RD saham sudah harus switch ke RD sampuran, jangka 5thn lagi mau S1, dari RD campuran pindah ke RD pasar uang. jadi resiko nya berkurang

2. jumlah account ideal itu ga ada sebenernya. bener2 tergantung sama kebutuhan. klo saya punya kaya gini :
1. account dana darurat
2. account dana tahunan
3. account dana bulanan / daily
4. account investasi

cheers,
fitri

12

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

*mengamati dengan seksama*

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

13

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

mbak, kl invest emas bagus ga ya? secara emas kan ga berpengaruh pada inflasi, tapi baru kerasa 'untung'nya kalo jangka panjaaaaaanngggg bgt.

tks.

A happy mommy <3

14

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

superpippo wrote:
Fitri...jumpa lagi di sini =) hehehe
mau nanya donkss...sehubungan dengan talk about money with our honey...gw sama suami termasuk yg terbuka soal uang (biarpun sekarang yah jadi keliatan ancur2annya keuangan keluarga kita gimana, hehe). termasuk soal penghasilan, utang, cicilan dll.

yg mau gw tanya: if the wife is the breadwinner (alias penghasilannya lebih besar dari suami), how does a family manage the financial? apakah istri jadi punya tanggung jawab lebih, karena pemasukan yg memang lebih besar? atau kelebihan tadi disimpan jd tabungan pribadi? dannnn yg paling penting, gimana mengatur segalanya supaya ego sang lelaki tidak terluka?

thanks a bunch ya, happy valentine!


happy valentine juga ;)
congrats to both of you yg udah terbuka soal uang
if the wife is the breadwinner, ada beberapa tips n trik yg biasa sy inform. ke klien. coz lately sy banyak ketemu klien dgn kondisi ini (sbenernya beberapa orang dekat saya pun mengalaminya). so here's the tips :
1. untuk menjaga ego nya, libatkan dia dalam setiap pembicaraan uang. dan tidak usah membagi2 dia hrs bayar apa, kita harus bayar apa. karena dengan pembagian itu, akan berasa bahwa kontribusi dia lebih kecil.
2. cara nya untuk melibatkan adalah kalian berdua membuat cashflow bulanan bersama. dituliskan income berdua dan pengeluaran berdua berapa. income berdua - pengeluaran berdua = sisa uang dari kalian berdua
3. sisa uang bersama ini, di diskusikan lagi akan dipakai untuk apa. untuk investasi pendidikan anak?pensiun bersama?liburan keluarga? mobil baru?
dengan adanya diskusi ini, suami akan merasa terlibat dan peranan nya sama. krn yg menjadi topik lebih seru adalah me-manage sisa uang kalian bersama. bukan mempermasalahkan gaji. karena buat sy pun yg penting adalah berapa sisa income bukan berapa gaji nya. sering juga ktemu dengna pasangan yg gaji nya 2-2 nya besar sekali, tapi sisa nya kecil sekali. hehe..
4. dengan membuat total sisa income berdua, pasti sisa nya akan lebilh besar daripda income kita sendiri. dan semakin besar sisa nya, semakin banyak yg bisa kita lakukan dgn uang tsb.
5. insyallah dengan cara ini, ego suami akan tetap terjaga. krn dia akan merasakan equal power & responsibility

cheers,
fitri

15

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

sLesTa wrote:
oiya.. aku mau tanya lagi nih. QM sering sekali memberikan advise supaya para keluarga muda ini menutup unit link. kalau boleh lebih jelas, apa alasannya?

soalnya gini, menurut saya tidak ada yang salah dengan unit link. tapi memang ini tergantung dari tujuan investasinya dan lifestyle investasi keluarga itu. yang pasti unit link tidak pas apabila dipake untuk short term, karena gak akan ada hasilnya. imo, at least punya unit link itu untuk tujuan jangka panjang, min 10thn. dan tentunya bukan satu2nya instrument yang dipunyai.

boleh dijelasin lagi, mbak fitri?


soal unitlink ya ..
compare to only saving in a bank (tabungan dan deposito), unitlink is better. karena ada investasi nya. tapi kita sebagai independent financial planner, sudah berhitung. bahwa ada yg lebih baik lagi yaitu memisahkan investasi dengan asuransi. alasannya sederhana : karena itulah yg lebih menguntungkan klien. numbers don't lie. kita soalnya bekerja dan dibayar oleh klien perorangan. bukan oleh institusi mana pun. jadi tugas seorang independent financial planner lah untuk membongkar produk apa pun, berpikir dan bertindak objective. untuk memberikan yg terbaik untuk klien kita. bebrapa alasannya adalah sbb :
1. unitlink adalah produk gabungan antara asuransi + investasi (kebanyakan adalah reksadana). analogi nya kaya kita punya handphone yg ada kameranya. canggih memang, praktis pula. tapi mafaat nya akan lebih ok kalau kita beli kamera doang. pasti hasil jepretan nya akan lebih oke dariapd kamera hp kita. perbandingan lgs nya adalah kasus suami saya sendiri, seorang teman agen unitlink menawarkan untuk UP jiwa suami sy waktu usia 30thn sebesar 2M, premi per thn yg dibayarkan adalah 55jt. karena ada unsur investasi dan uang nya tidak hilang. kalau saya compare dan beli asruansi murni jenis term life yg hangus setiap tahun nya untuk UP asuransi jiwa 2M sy hanya bayar 4,5jt per thn. jauh banget kan bedanya?
banyak orang bilang, kan sayang uang nya hilang, hangus begitu saja. klo buat saya : ga ah, ga sayang. suami sy tersayang msh ada ko, it's more than everything hehe

2. unitlink, krn ada unsur asuransinya maka di 5thn pertama banyak fokus pembayaran premi untuk asuransi, bukan untuk investasi. sehingga baru mulai 100% ke investasi si thn ke-6. sementara kalau kita berinvestasi sendiri bisa mulai dari hari ke-1, dan bunga reksa dana kan bunga berbunga yg dihitung harian. ktia ga perlu nunggu sampai 6thn untuk melihat uang kita tumbuh

3. perbandingan return kalau kita berinvestasi melalui unitlink dan investasi sendiri. angka nya lumayan jauh. kasus nya pada kakak saya. dia buka unitlink yg ternyata beli reksa dana salah satu MI terkenal di Indonesia. setelah saya cek return dari unitlink yg berbasis reksa dana campuran hanya bisa kasi return 16% thn 2007 untuk reksa dana campuran. sementara RD campuran saat itu, untuk MI tersebut bisa kasi return 35%. jauh kan?

4. ada biaya2 yg diminta oleh perusahaan asuransi. karena nothing's free in this world. dan kita sudah berhitung bahwa biaya2 itu kalau diakumulasikan selama jangka waktu 10thn, besar sekali.

ehm .. panjang deh ya sy nulisnya hehe.. kalau mau lebih detail, sebenernya bisa ktemuan n bawa polis asuransinya. saya bisa bedah lebih banyak, dan kita lgs bahas angka nya. berapa yg diperoleh di unitilink, berapa kalau invests sendiri, berapa biaya yg harus dikeluarkan, dan rincian detail lainnya.

tapi kembali lagi ya, produk invetasi itu adalah pilihan bebas untuk semua orang. tugas saya hanya menilai saja, tapi tidak menghakimi ;)

cheers,
fitri

16

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

fitri, thx banget buat tipsnya...selama ini nggak kepikiran kayak gitu. dan setuju banget bahwa sisa income berdua itu jauh lebih penting daripada total pendapatan berdua =)

oiya, yg ttg unitlink juga sangat mencerahkan deh...lagi ngumpulin keberanian buat nutup UL (sebenernya, takutnya bukan gara2 ilang uang, tapi lebih karena agen asuransinya adalah mertua sendiri, takut malah jadi ngga enak hahaha)

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

17

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

eka wrote:
Hi fitri,
Asyik nih bisa ngobrol2 lagi..

selama ini aku dan suami penganut uang suami adalah uang bersama, dan uang istri tetep uang istri hihihi..

Nov tahun lalu aku resign utk jd sahm dan dpt sedikit 'uang pisah', dana pensiun pokok, jamsostek, uang cuti, dan bonus tahunan dari perusahaan. Suami ttp ga ngorek2 uang itu, dan dia bilang simpen aja utk cadangan, siapa tau ada apa2. Untuk keb keluarga, tetep dari penghasilan suami, sedangkan biaya kesehatan keluarga dicover o/ kantor suami.

Masalahnya, uang tsb aku simpan dlm bentuk tabungan di rekening. Yang kalo gak dipake rasanya gateeelll banget pengen dibelanjain macem2.
sarannya dong fit, uang tsb enaknya disimpan dlm bentuk apa saja ya, biar 'berguna' dan gak cepet 'ngagorolong' angka 0-nya? hehehe...
Nuhun ya fit..



wahhh asik dong ;)
uang istri uang istri, uang suami uang istri juga
beruntung lah dirimu ..

nah, mumpung punya uang pesangon dari kantor, dan pasti jumlahnya tidak kecil. memang ama suami sdh di ikhlaskan, silakan disimpen aja. tapi kan sayang ya Ka ..
masa di keep di tabungan + deposito doang
padahal itu bisa kita alokasi kan untuk kebutuhan yg lain, lumayan buat bantu2 suami. krn jgn2 suami hanya simpan uang nya di tabungan juga. ya sama aja dong, klo buat tujuan keluarga yg jangka panjang, ga akan kekejar.
inget, kita tinggal di Indonesia. inflasi tahun ini 6,9%
bunga tabungan di bank hanya 2% per thn, deposito hanya 6% potong pajak lagi jadi hanya 4% per thn.

untuk alokasi produk nya, punten ga bisa jelasin details di sini
krn saya mah ga jualan produk hehe
baru bs kasi rekomendasi produk setelah tahu dulu, tujuan nya uang ini buat dipake apa. kalau mau, yu ktemuan .. biar bisa ada gambaran soal tujuan nya

cheers,
fitri

18

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

fitri thanks buat infonya ttg unit link. gue setuju kalo yang namanya produk emang mendingan yang masing2 aja, jangan gabung2. tapi saya nanya lagi nih, yang dimaksud asji itu benar2 asuransi jiwa kan? apakah termasuk dengan critical illness atau terminal disease? soalnya faktor CI dan TD itu kan yang sebenarnya bikin asuransi juga costnya jadi tinggi.

itung2annya fitri pasti udah oke banget untuk compare UL dan instrumen2 lain yang ada, thanks ya! tapi gue agak concern aja karena banyak yang akhirnya plek bilang kalo UL itu gak bagus, dan setelah tau itu langsung berusaha nutup, padahal dia udah hampir di tahun ke 5 misalnya. dengan nutup UL justru rugi kan? duit ilang jadi banyak banget padahal harusnya di thn ke-6 sudah bisa investasi.

oiya satu lagi, kalo UL itu bukannya bisa bikin option ya dari duit yang di setor tiap bulan, berapa persennya masuk ke investasi dan berapa persennya untuk pembayaran premi?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

19

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

siti wrote:
halo mba fitri??..

seperti yg superpippo tanyain :kebetulan aku n suami sama2 kerja nih, dr penghasilan agak banyak aku sedikit...kita selama ini pake sistem siapa yang masih punya duit dia yg bayar :P. salah ya??? untuk tabungan kita punya rekening tersendiri..tp gk punya rekening dana darurat, n belum punya investasi (cuma punya tabungan rencana)...suami kadang merasa minder sama pengahasilanku..gimana ya baiknya

baiknya untuk awal bulan, uang kita gabung n dibagi per amplop kaya ten ninit or gimana ya mba?? krn selama ini gk efektif pembagiannya

trima kasihh


Alow Bunda Hanif,

untuk tips2 nya, sama kaya yg udah sy jelasin sebelumnya ya ..
krn soal uang dan ego pasangan adalah hal yg sensi banget
harus pinter2 jaga nya

untuk bagi amplop, klo saya,setiap baru terima uang gajian, lgs bagi2 ke amplop untuk kebutuhan daily. misal : masak di rumah, bensin, uang makan buat jajan di kantor, belanja buah mingguan.
sementara untuk byr2 cicilan KPR, KPA, kartu kredit, lgs dibayar dari atm pas terima gaji.
so, uang yg di atm, hanya buat pegangan cadangan aja. sengaja ga mau keep banyak2, suka gatel sih hehe
bebas aja, caranya mau gimana
silakan dicoba semua cara, krn prinsipnya kita yg tahu kondisi kita sendiri. jadi harus cari cara yg paling pas buat kondisi kita

tks,
fitri

20

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

fitri QM wrote:
[quote=siti]halo mba fitri??..

seperti yg superpippo tanyain :kebetulan aku n suami sama2 kerja nih, dr penghasilan agak banyak aku sedikit...kita selama ini pake sistem siapa yang masih punya duit dia yg bayar :P. salah ya??? untuk tabungan kita punya rekening tersendiri..tp gk punya rekening dana darurat, n belum punya investasi (cuma punya tabungan rencana)...suami kadang merasa minder sama pengahasilanku..gimana ya baiknya

baiknya untuk awal bulan, uang kita gabung n dibagi per amplop kaya ten ninit or gimana ya mba?? krn selama ini gk efektif pembagiannya

trima kasihh


Alow Bunda Hanif,

untuk tips2 nya, sama kaya yg udah sy jelasin sebelumnya ya ..
krn soal uang dan ego pasangan adalah hal yg sensi banget
harus pinter2 jaga nya

untuk bagi amplop, klo saya,setiap baru terima uang gajian, lgs bagi2 ke amplop untuk kebutuhan daily. misal : masak di rumah, bensin, uang makan buat jajan di kantor, belanja buah mingguan.
sementara untuk byr2 cicilan KPR, KPA, kartu kredit, lgs dibayar dari atm pas terima gaji.
so, uang yg di atm, hanya buat pegangan cadangan aja. sengaja ga mau keep banyak2, suka gatel sih hehe
bebas aja, caranya mau gimana
silakan dicoba semua cara, krn prinsipnya kita yg tahu kondisi kita sendiri. jadi harus cari cara yg paling pas buat kondisi kita

tks,
fitri[/quote]

ini jwban ku sebelumnya .. bisa dicontek , mud2 berhasil hehe

1. untuk menjaga ego nya, libatkan dia dalam setiap pembicaraan uang. dan tidak usah membagi2 dia hrs bayar apa, kita harus bayar apa. karena dengan pembagian itu, akan berasa bahwa kontribusi dia lebih kecil.
2. cara nya untuk melibatkan adalah kalian berdua membuat cashflow bulanan bersama. dituliskan income berdua dan pengeluaran berdua berapa. income berdua - pengeluaran berdua = sisa uang dari kalian berdua
3. sisa uang bersama ini, di diskusikan lagi akan dipakai untuk apa. untuk investasi pendidikan anak?pensiun bersama?liburan keluarga? mobil baru?
dengan adanya diskusi ini, suami akan merasa terlibat dan peranan nya sama. krn yg menjadi topik lebih seru adalah me-manage sisa uang kalian bersama. bukan mempermasalahkan gaji. karena buat sy pun yg penting adalah berapa sisa income bukan berapa gaji nya. sering juga ktemu dengna pasangan yg gaji nya 2-2 nya besar sekali, tapi sisa nya kecil sekali. hehe..
4. dengan membuat total sisa income berdua, pasti sisa nya akan lebilh besar daripda income kita sendiri. dan semakin besar sisa nya, semakin banyak yg bisa kita lakukan dgn uang tsb.
5. insyallah dengan cara ini, ego suami akan tetap terjaga. krn dia akan merasakan equal power & responsibility

21

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

terima kasih mba fit...

beberapa cara di atas sih alhamdulillah aku dah lakuin, cm kadang aku "bandel" belanja tanpa sepengetahuan dia (takut diomelin :P )

tapi seringnya tetep ketauan, n tetep kena omelan...hihihi

*tetap menyimak

bunda hanif.....

22

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

mulyssa wrote:
dear Mbak Fitri,
jika dibuat skala prioritas, lebh utama mana: dana pendidikan anak, dana darurat atau asuransi utk kami (orangtuanya)?
krn saya kerja kantoran dan suami kerja freelance, jadi penghasilan itu enggak tetap dan terusterang dana investasi yang kami kumpulkan setiap bulannya hanya bisa utk salah satu dr items diatas, sedangkan kl 1 dana itu dibagi menjadi 3 tujuan, nominalnya jadi sedikiiit sekali di masing2nya.
apa sebaiknya saya tetap invest utk ketiga tujuan tersebut berapapun nominalnya? atau sebaiknya fokus kesalah satu?
sedangkan saya tipe yang maunya invest harus langsung keliatan "banyak" :P

terimakasih utk advise nya.


wduhh susah ni, krn semuanya penting hehe
klo sy sebagai financial planner , biasanya bagi2.
dana darurat penting banget, tapi kalau mau dipenuhin semua nya pasti berat. jadi sy bagi dulu tetep dana darurat harus ada, let's say minimum udah kepenuhin 3x pengeluaran bulanan dulu.
langsung mulai berhitung untuk dana pendidikan anak, krn klo ga disiapin, masa iya anak kita ga sekolah. dan kalau ditunda, nti investasi nya akan semakin tinggi. kita berpacu melalwan inflasi pendidikan yg bisa 15-20% per thn.
asuransi jiwa untuk orang tua si pencari nafkah utama dlm keluarga. itu harus banget. krn kalau samapi terjadi apa2, meninggal, uang yg kita kumpulin belum cukup. anak sama istri gimana?
berat kan? bisa hancur berantakan semua PLAN nya
untuk asruansi kesehatan, perlu juga. kalau masih berasa berat bayar premi yg tahunan, bisa coba asuransi kesehatan yg model nya adalah santunan harian. murah kok .. sy punya juga
santunan harian 750rb per malam, premi nya 85rb per bulan

tks,
fitri

23

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

Peypey wrote:
Hai Mbak Fitri, salam kenal :)

Alhamdulillah dalam keluarga kecil kami selalu terbuka dalam masalah keuangan. saya+suami sama2 bekerja, penghasilan dan pengeluaran kita atur bersama.

tetapi yang masih mengganjal masalah investasi. kita belum menemukan cara berinvestasi yang cocok untuk berbagai tujuan kita, jadi ketika ada penghasilan lebih, masih ngendon aja nih di rekening tabungan.

Sebenarnya, saya ingin mencoba berinvestasi dengan menggunakan emas, kemudian suami menolak karena katanya likuiditasnya rendah, lalu saya bilang ingin mencoba investasi jangka panjang untuk tujuan dana pendidikan (kuliah anak) ke reksadana saham, lalu dia menjawab lagi "apakah yakin untuk menyimpan uang dalam jangka waktu lama (bisa belasan tahun)? gak takut perusahaannya bangkrut?" . Jadi suami lebih cenderung investasi yang lebih aman (misal, beli tanah pertanian), sedangkan saya cenderung ingin mencoba investasi yang lebih menantang (misal, reksadana).

Sesuai temanya "Let's Talk About Money With Our Honey"saya ingin bertanya, gimana cara menjelaskan dengan efektif kepada suami mengenai cara berinvestasi.... dan menurut mbak fitri, jenis investasi apakah yang sesuai dengan keinginan saya+suami, (jalan tengahnya deeeh) :)
terimakasih atas jwabannya



Halo ..

emang bener banget, klo berdebat ama suami ga akan abis2 ya ..
itu jadi permasalahan banyak orang, krn untuk menentukan pilihan produk investasi aja, butuh kepala dingin. dan kadang butuh orang lain, pihak ke3 yg lebih netral, untuk bisa bahas bareng. krn masing2 individu punya pandangan masing2. kebanyakan kita sebagai istri, mu udah kasi penjelasan selengkap2 nya ke suami, tetep aja suami suka ga percaya hehe. saya ngalamin juga ko :)
ideal nya : ajak ngobrol suami untuk bisa kenal lebih jauh masing2 produk investasi ini dengan orang yg netral. bisa kenalan, saudara, atau expert di bidang masing2, atau financial planner. silakan dipilih.
seringkali bisa lebih masuk. bukan berarti istri nya ga bs meyakinkan suami,t api krn kita terlalu dekat hubungan nya. jadi agak susah untuk masuk.
mau emas ? reksa dana? or tanah pertanian?
semua produk ada resiko nya
kita harus pandai2 memilih dan membagi resiko itu.
dan inget, semua produk adalah untuk tujuan spesifik.
emas ok untuk dana darurat or dana persiapan nikah anak or kado untuk anak nikah. emas itu likuid banget lho sbenernya, tinggal bawa ke toko emas, jual deh .. yg jd masalah hanya penyimpanan nya, dan harga emas cenderung fluktuatif dalam jangka pendek.
reksa dana ada juga resiko nya, klo soal perusahaan nya kabur, kita harus cermat dan selalu mengikuti perkembangan pasar. klo ada rumor ga enak, ya segeralah pindahkan. tapi ada manajer investasi yg sudah berumur 30thn dan baik2 saja lho sampai sekarang ;)
tanah pertanian? sebenernya ini yg paling tinggi resikonya. krn bisa kena banjir, bisa kena hama, dan harga tanah ga pernah ada yg bisa prediksi.

so, ga ada kata aman dalam berinvestasi. nabung pun ada resikonya, kalah sama inflasi. tp klo kita ga coba & ga mulai, malah lebih tidak aman lagi . uang nya habis buat hal-hal yg ga jelas hehe

coba discuss pelan2 lagi sama pasangan
pelajari lagi produknya, jadi pas ngobrol sama suami, lebih pede, dan bisa berdebat untuk penjelasan detail
kalau masih ga berhasil, ajak orang ke3 yg netral, sehingga suami mau denger

good luck

24

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

melz wrote:
wah..asik ada live Q&A lagi.. Ikut nimbrung ya..
Mba fitri, alhamdulillah kalau soal pasangan dia mempercayakan pengaturan keuangan keluarga pada saya, I'm the fund manager :) ada beberapa hal yang mo saya tanya nih mba,
1. Disarankan max cicilan kan 30% dari pendapatan, gimana kalau terpaksa harus lebih dari itu ya?
2. Kalau tiba2 dapat dana lebih, lebih baik dulukan dana darurat atau dana pendidikan anak?
klo soal pengaturannya, selama ini kami pakai sistem rekening tabungan sih coz klo pake amplop kaya mba ninit bakal gagal kayaknya,hehe..ga tahan liat uang nganggur :D salut buat yang pake amplop
Thnx ya mba fitri...


makasih lho udah ikutan nimbrung
jadi makin rame QnA nya ;)

alhamdulilahhh dong, klo udah terbuka
ikutan senang hehe

1. kalau udah terlanjur lebih dari 30%, misal nya KPR kan berarti ga mungkin dikurangin ya. klo kelebihan nya adalah utang kartu kredit, KPA, or cicilan tas. gampang, tinggal diberesin bertahap. dan berkurang deh angka 30% nya. tp klo KPR, krn itu jangka panjang, berarti harus berusaha mengurangi pengeluaran lainnya. terpaksa berhemat deh.
coba cari dan teliti lagi pengeluaran detail satu per satu, sehingga bisa ada yg berkurang. sehingga sisa income bulanan untuk investasi bs lbh dari minimum dan tujuan investasi bisa tercapai

2. klo ada dana lebih ya? bikin separo2 aja, untuk dana darurat + dana pendidikan. tapi ini sbenernya sy harus liat kondisi nya secara real, krn sy harus tahu seberapa besar dana darurat nya, kekurangannya seberapa banyak, kondisi pekerjaan gimana, dana pendidikan berapa lama lagi, berapa banyak lagi. advice yg awal hanya advice kasar bagnet ya, detail nya sy harus tahu detail jg, sorry

tks,
fitri

25

Topic: Let’s Talk About Money With Our Honey

yustin wrote:
Thank you mbak Fitri buat konfirmasinya untuk asuransi kesehatan di masa pensiun.

Pengen share sekaligus nanya, saya dan suami juga sangat terbuka untuk masalah keuangan, so far sih dana darurat sudah ada, bbrp investasi di reksa dana juga udah ada. Ada yang waktu itu masukin one time dan sekarang juga ikutan yang monthly investment di salah satu bank. Sampai sekarang semuanya ya saya terusin aja, karena belum ada kebutuhan yang mengharuskan RD tersebut dicairkan.
Permasalahannya, saya memang belum bener2 menghitung berapa dana yang dibutuhkan menggunakan hitung2an yang selalu dishare oleh QM, tapi saya emang rutin aja nabung dan investasi dan sebisa mungkin kalau ada tambahan rejeki, porsi investasinya yang diperbesar.
Apakah cara saya ini udah cukup memadai, atau betul2 harus dihitung satu persatu?
Satu lagi, pengen nanya soal asuransi jiwa, ada nggak sih asuransi jiwa yang hangus per tahun saja, sehingga preminya tidak terlalu mahal?


yup, yg paling penting adalah berhitung dulu sblum beli produk sebenernya :)
krn itu yg kita lakukan, berhitung dulu baru cari n pilih produknya
hanya klo emang udah kejadian, ya gpp, dilanjutkan saja. smbl coba2 belajar untuk berhitung.
asuransi jiwa, ada bagnet. masih banyak ko, perusahaan yg jual asruansi jenis term life, yg emang ga ada uagn kembali nya
maaf ga bisa sebutin nama nya