1

Topic: Pindah Dokter & Negara di Tengah2 Kehamilan

Hi smuanya...
ada yg punya pengalaman pindah dokter & negara di tengah2 kehamilan? Saya sekarang ada di Singapore dan berencana pulang Jkt waktu hamil kira2 4-5 bulan, lanjutin kehamilan di sana sampe melahirkan. Kira2 apa ya yang perlu saya perhatiin? Gimana dengan tes2 yang perlu dilakuin, mending di SG aja atau di Jkt?
Thanks all!

-Suzan-

2

Topic: Pindah Dokter & Negara di Tengah2 Kehamilan

halo suzan, sori banget, baru liat thread ini...

kalo kata gue sih, bilang ama dokternya yang di SG, kalo elo mo pindah di bulan ke sekian. mungkin request buat bawa hasil test2nya ke Indonesia pas pindah.

gue blum pernah sih, tapi mestinya sih ga jelimet ya.... :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

3

Topic: Pindah Dokter & Negara di Tengah2 Kehamilan

suzansuzan iya setuju ama thalia, harusnya gak masalah selama semua detail dari dokter disini semuanya ada. dari awal bilang ke dokternya aja kalo mau lanjut kehamilan di indonesia, jadi mereka nyiapin dokumennya.

test sih dimana aja oke, tapi sebaiknya ditanya dulu di dokter sini apa aja yang perlu dijalanin. soalnya denger2 di indonesia suka ada test yang disuruh dijalanin padahal ga perlu2 amat. kan sayang daripada buang2 duit gitu.

temen gue juga ada kok yang tadinya di spore trus pulang ke indonesia untuk lahiran. dan ga masalah, yang pasti di indonesia juga nemu dokter yang ngerti ama keinginan kita (lahir normal ato gak, imd ato gak, dll). jadi biar sehati gitu lah.. :)

semoga lancar2 ya sampe lahiran..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Pindah Dokter & Negara di Tengah2 Kehamilan

hi suzan...
belum pernah ngalamin tapi pernah pindah dokter pas di singapur ini karena dokter kandungan yang pertama ternyata emang hanya sampai 4 bulan kehamilan aja.

jadi mungkin kurang lebih sama ya?

bilang aja mau melahirkan di indonesia. trus nanti hasil test & semua dokumen yang penting, pasti dikasih kok. dan biasanya dikasih surat pengantar juga dari dokter kandungan yang sekarang buat ke dokter kandungan yang baru nanti.

pas hamil pertama, saya juga pindah dokter dan pindah kota. konsultasi dokter segala macem di jakarta, ternyata menjelang melahirkan mendadak berencana melahirkan di bandung. sama juga kok prosesnya :) minta aja semua dokumen & dibutuhkan. dokter kandungan yang lama pasti bantu kok :).

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

5

Topic: Pindah Dokter & Negara di Tengah2 Kehamilan

Thalia, Slesta, & Ninit... thanks ya buat masukannya. Saya masih banyak bingungnya nih karena baru kehamilan pertama. ok deh, sabtu ini baru mau konsul lagi ke dokter di SG sih, ntar saya minta masukan dari dia deh.
Thanks!!

6

Topic: Pindah Dokter & Negara di Tengah2 Kehamilan

hi suzan..
kebetulan saya juga di situasi yg sama nih. malah 3 kali pindah dokter hahah. dokter pertama di jakarta (sampai 16minggu), dokter kedua di surabaya (sampai 28minggu), dan di kehamilan yg 31minggu ini baru aja cek ke dokter di swiss sini.
gak ada masalah kok. yang penting informasiin aja ke dokter dimana qta rencana ngelahirin, jadi dia juga tau&bisa nyiapain smua laporan pemeriksaan, hasil lab &surat pengantar untuk dokter berikutnya. dokter yg baik pasti kooperatif kok kalo masalah ini :)
semoga lancar2 yaa semuanya..

7

Topic: Pindah Dokter & Negara di Tengah2 Kehamilan

Pengen sharing...

Ini mah pindah dokter kandungan aja, ga pake pindah negara.

Yang lucu ternyata di kasus kami pindah dokter kandungan ini kayak mu putus sama pacar hehehe... soalnya dokter kandungan kami sebelumnya sebetulnya nggak ada masalah sama sekali. Kami suka orangnya; cantik, baik, nyenengin deh. Tapi ternyata di trimester terakhir, mulai di minggu ke-35, kita mulai beda opini dan keinginan (tuh kan, kayak pacaran aja kan.... hahaha)

Masalahnya waktu itu menurut dokter pertama, minggu ke-37 beliau ingin kami segera diinduksi karena takut bayinya terlalu besar sehingga rencana lahiran normal gagal punya. Sementara gw dan suami lebih ada di sisi expectant parents yang ingin natural chid birth. Kami pengen nunggu sampe ada tanda-tanda alami muncul dengan catatan kondisi ibu dan bayi sehat. Nah, akhirnya meruncing banget perbedaan kita. Dokter ga nyaman nunggu, kami nggak nyaman buru-buru. Mencoba berempati ke sisi beliau, kami ngerti juga karena beliau kan harus bertanggung jawab sama keselamatan kami.

Nah, inget banget pas mau "putus" gw dan suami sampe latihan ngomong segala hahaha... sampe akhirnya kami sepakat bikin surat aja karena takutnya pas berhadapan sama si dokter nan cantik itu kami malah gagu temporer dan lupa poin-poin penting yang harus diutarakan... intinya sih kami mau bilang, kita udah ga sejalan, but it'not YOU, it's just US :) -->karena kan kami niatnya putus baik-baik hihihi

Sebelum "putus", kami sempet cari second opinion ke dokter lain. Deg-deg an berasa kayak orang selingkuh hihihi. Tapi emang jodoh ya... baru ketemu aja langsung sreg dan percaya sama dokter kedua ini. -->perselingkuhan adalah salah satu jalan menemukan jodoh :)

Alhamdulillah putusnya baik-baik. Malah klo ada yang nyari dokter cewek, kami masih rekomen ke beliau kok. Trus alhamdulillah langsung jodo sama dokter yang baru di minggu ke-37.Minggu ke-39 Rafe lahir, dan kalau di tangan dokter pertama, kami nggak yakin bisa bertahan dengan persalinan selama 38 jam tanpa harus berakhir di ruang operasi. Buat kami pada akhirnya itu keputusan paling terbaik.

Thanks!

"Be a Miracle!"

8

Topic: Pindah Dokter & Negara di Tengah2 Kehamilan

Thanks Mums utk sharingnya. Akhirnya saya udah bilang sm dokternya dan dia akan nyiapin data2 yg diperlukan utk transfer. Kita jg akhirnya mutusin utk tes darah di sini, dan bawa pulang laporannya aja. Untungnya sih saya udah tau dan yakin mau lanjut ke dokter apa di Jkt & lahirin di RS mana. jd smoga gak perlu pindah2 dokter lagi setelah ini :p

9

Topic: Pindah Dokter & Negara di Tengah2 Kehamilan

yay, suzan... good luck ya pindah2annya dan kehemilannya... semoga lancar!

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

10

Topic: Pindah Dokter & Negara di Tengah2 Kehamilan

hi suzan, semoga lancar yaaa segalanya. :)
sehat-sehat yaaa...

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

11

Topic: Pindah Dokter & Negara di Tengah2 Kehamilan

Kehamilan yg pertama ini gw jg ngalamin pindah negara, pindah dsog. Sampe usia 10w gw di Jepang, trus pindah ke Jkt. Bawa aja hasil tes-nya, waktu itu pas 12w, dsog gw yang di Jkt cuman sedikit bingung karena kendala bahasa, tapi namanya medical term, kaya hasil tes darah gitu parameternya universal menurut gw, jadi somehow dia bisa ngerti tanpa harus ditranslate semuanya.