801

Re: Imunisasi

Vibe Sy sih blm prnh imunisasi d puskesmas, tp kata mama sy yg krj d puskesmas ktnya sama aj sih vaksinnya .Paling merk aja yg beda (krn subsidi kali yaa). Tapi kalo mnrt sy kl vaksin BCG better d dokter/RS/bidan yg dah pengalaman aja krn nyuntiknya kan ga sama ma vaksin yg lain yi suntik di bawah kulit & nyuntiknya kudu ati2 bgt  n  ga semua orang bisa.
Semoga m'bantu..:)

802

Re: Imunisasi

sitihajar
saya yg memvaksin anak saya setelah perenungan dan keputusan bersama dg suami. fyi, mayoritas teman saya tdk memvaksin bayinya. it's ok. itu pilihan tiap org tua utk memberi yg terbaik, asix (sampe tandem nursing juga) dan vaksinasi adalah salah duanya.
saya yg satu setengah, cuma kasih yg LIL aja. hehehe...
Semoga anak2 pada sehat, ya.. musim pancaroba nih di surabaya...

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

803

Re: Imunisasi

Permisi, numang nanya...
Sachio (2m) kmrn abis ajah diimunisasi simultan Dpt-Hib sama polio..
Tdnya dokter menganjurkan Pcv dan rotavirus jg,,
Tp, aku gak mau 3x suntik, jdlah itu PCV sama rota dijadwalkan dibulan ke-3 sajaah..

Naah, mau tanya , dulu pernah baca ktnya itu vaksin PCV yg ud beredar yg lumayan lengkap itu kan pcv 13, namun ktnya (ini info bbp bln yg lalu loh yah) di indo yg beredar baru yg PCV-7 atau 10 gitu (lupaa)..
Naah, pertanyaannya PCV yg skrg beredar yg brp yah?? ( kmrn lupa nanya ke dsa)

Trus kl vaksin IPV itu apaan toh? Dibeikan saat baby umur brp? Kok sptnya baru denger & Dsa jg kmrn gak nyinggung2 soal vaksins ini?

Trimikisiiiy...=)

804

Re: Imunisasi

kya
PCV dgn 13 strain sudah beredar di Indo, kok. Setau saya yg beredar merk Prevnar/Prevenar 13.

IPV = inactivated poliovirus vaccine (vaksin polio suntik). Jadwalnya sesuai vaksin polio oral/tetes (OPV). Sebagian DSA memberikan OPV, sebagian lagi IPV yg biasanya udah dikombo dgn DTaP, HIB, atau Hep B.

HTH... smile

805

Re: Imunisasi

Avee,
Thanksss for the info yaah..
Sachio polio-o dan polio-1 nya keduanya yg oral siy..
Berarti kl udah yg oral gak perlu ipv lgy yaah jeng?

806

Re: Imunisasi

kya iyah, ga usah...salah satu aja.. smile

807

Re: Imunisasi

yuppp,,bener kata Mom aVee PVC 13 Strain uda ada di indo koQ..merk nya Prevenar 13..Minggu lalu imunisasi in Raynar PVC.
Pertama sih ditawarin yg 10 strain atao 13 strain,,karena beda harganya lumayan...kalo dismg 10starin 550rb 13 strain 850rb,,kiki pilih 13 strain buat Raynar karena pertimbangannya yg 13 strain kan menangkis lebih banyak virus yaa,,n vaksin nya tentu lebih update dr yg 10.
efeknya abis imunisasi anget gitu raynarnya 37,5 sempet bikin panik sihh,,tapi malem nya turun,,legaaa,,, yg lain gitu juga gak sih,,,anget juga kah abis imunisasi ??? baru kali ini lohh,,sebelumnya imunasasi BCG,DPT maupun Hib gak knapa2...share yaa ^^

808

Re: Imunisasi

bru bsa OL lg nih.
iya thx avee atas infonya
kmarin jdinya cuma combo infanrix DPaT,IPV,Hib. PCVnya dijdwlkan tgl 28 ni.
eka, avee
kmarin q knsul ma dsa q tentang enzim babi di vaksin rotavirus dan bliau blg lo kebanyakan vaksin brsinggungan dg enzim babi(katalisator red.) dan bliau menganalogikan dg qt nanem pohon trz pupuknya pupuk kandang, buahnya halal or haram. q jwb halal.
tetapi itu smua kmbli ke kyakinan tiap personalnya. bliau myarankan klo ragu g usah vaksin apalagi q msh ASIX.
kmrn jg nemu artikel mengenai halal-haram vaksin. ni linknya.
infoimunisasi.com/headline/komposisi-proses-pembuatan-kehalalan-vaksin/
mgkn sbg tmbhan rferensi buibu.
maaf klo ad yg krg brkenan.

mau nanya kmarin khan polio 0 itu OPV nah trz yg prtama pake IPV, itu gpp y? kmrn lupa nanya dsanya. trz mau nanya (lagi) apa bsa Hib tdk combo dg DPT&polio? cz saat ni q blik Cilacap(imun kmrn dSby) & lo imun di RSPC itu hanya yg 'wajib' yg lain hrus diluar.   biar irit kluar uangnya utk 1 vaksin Hib aj. thx

◆◇Keep trying 2be a best mother◆◇ (^.^)

809

Re: Imunisasi

riska
Trims info link-nya! (langsung dari dr. Dirga, nih...mantap!)
Mau coba bantu ttg OPV-IPV, sbenernya ngga pa-pa sih polio I-nya IPV (Indonesia ini emang masih serba nanggung...lha wong kebanyakan orang masih belum mampu beli IPV, eh...udah dimunculin vaksinnya... *maapjadiOOT*). Masing2 ada plus-minusnya. Mau pake yg mana tentunya adalah keputusan ortu + konsul DSA. So far yg saya tahu hanya menerapkan IPV baru di Yogyakarta.

Hib bisa kok ndak kombo dgn DPT-polio. Merk vaksin Hib yg beredar di Indo: Act Hib (dari SanofiPasteur), Hiberix (dari GlaxoSmithKline).

810

Re: Imunisasi

Seru bgt ya mamas diskusinya..
Kalau aku memutuskan untuk memberikan vaksin yang WAJIB saja, kecuali Hib (karena aku minta yg combo dg DPT-Hib)..
Untuk vaksin-vaksin yang dianjurkan pemberiannya lebih baik dikonsultasikan ke dokter anak kita saja. Seberapa pentingnya vaksin tersebut..

Dhira's Ami

To be a wife and a mother is a gift from the god
cool

811

Re: Imunisasi

Mom tanya  yah...
Imunisasi DPT utk yg usia 6 bulan apa bisa diundur ketika usia putri saya 7 bulan yah?
Lalu, putri saya sudah pernah kena diare rotavirus, apa perlu di beri vaksin rotavirus lagi?
Thanks mom sebelumnya smile

:Anugerah itu tidak gratis, diberikan untuk diuji dan dipertanggungjawabkan:

812

Re: Imunisasi

gracenat..

kalau untuk rotavirus cuma efektif kalau diberikan di bawah 6 bulan, kalau udah kena kayanya ga perlu dikasih lagi deh CMIIW ya ibu2

813

Re: Imunisasi

gracenat
Diundur sebetulnya boleh aja kalo emerjensi... walopun sebaiknya siy tepat waktu... smile

Baby J umur brp ya? Ttg vaksin untuk Rotavirus:
"Vaccination should not be initiated for infants age 15 weeks 0 days or older because there are insufficient data on the safety of dose #1 in older infants."
(http://www.immunize.org/askexperts/experts_rota.asp)

Soal sudah pernah kena, IMO kekebalannya parsial ya... karena strain Rotavirus ini banyak...kena yang satu belum tentu imun sama yang lain... Jadi selama umurnya masih sesuai guideline pemberian (di bawah 15minggu), saran saya tetap vaksin.
"Vaccinated and unvaccinated children may develop rotavirus disease more than once because there are many different types of rotavirus and because neither vaccine nor natural infection provide full immunity (protection) from future infections. However, second infection tends to be less severe than the first rotavirus infection."
(http://www.cdc.gov/rotavirus/clinical.html)

814

Re: Imunisasi

Thanks Mba conejita dan Avee,

Jordyn 6m3w. Kena Rota virus umur 3 bulan... Errr... jadi bingung. Kayaknya emang harus tanya dsa aja yah.

O yah setelah baca thread ini saya jadi terpikir untuk memberi vaksin Hib dan PCV. Yang jadi pertanyaan, apakah harga kedua vaksin ini bisa berbeda yah ditiap RS (exclude jasa dsa nya yah)? Ada yang bisa rekomen RS yg menyediakan vaksin ini dgn harga yg agak murah? TIA smile

:Anugerah itu tidak gratis, diberikan untuk diuji dan dipertanggungjawabkan:

815

Re: Imunisasi

gracenat
kalo udah di atas 6 bulan vaksin rotavirusnya udah telat, mom... ya ngga usah lagi... vaksin tsb harus dimulai sebelum usia 15 minggu.
kalo masih di bawah 15 minggu, trus sebelumnya udah kena diare krn rotavirus, ya sebaiknya vaksinnya tetap diberikan. begitulah maksud saya...hehe...

816

Re: Imunisasi

avee,
Ah i see... ehehe... makasih buat penjelasannya smile

:Anugerah itu tidak gratis, diberikan untuk diuji dan dipertanggungjawabkan:

817

Re: Imunisasi

duuuh dilema niiih..baby nisa kata dsa nya ga perlu dikasih pvc...tapi kok kata dsa temenku anaknya dikasih soalnya perlu coz di indonesia uda mulai rawan penyakit paru2...

trus katanya bakal panas ya anaknya?nyokap gw seh blgnya ntar2 aja ngasinya biar klo panas, anaknya uda agak gede...

tapi sebagai ibu yang kuatir anaknya ketularan diluar sana pengen bgt ngasi imunisasi ini..

818

Re: Imunisasi

moms semua mau nanya dong....

lg galau nee, kemaren waktu razqa umur 4 bulan gak di anjurin vaksin rotavirus sama dsa-nya tp tadi abis chat sama temen anaknya di anjurin sama dsa-nya vaksin rotavirus, emang vaksin rotavirus penting banget kah ? kenapa tiap dsa anjurinnya beda-beda yah ?

Oh iya ada gak yg vaksin Hib pas umur 7 bulan ?
kebetulan kemarin razqa gak combo Dpt + Hib jd rencananya umur 7 bulan mau vaksin Hib , sudah telat apa belum yah ?

Mohon infonya bu ibu...makasih

working mom...love my husband and my razqa

819

Re: Imunisasi

psu253
aku sih udah imunisasi anak ku dgn pcv, udah sampe 3 kali (yg 1 pas 5 bulan, ke 2 pas 7 bulan dan ke 3 pas 10 bulan). Nah dr ketiga2nya sih ga panas sama sekali yah, vaksinnya namanya synflorix klo ga salah.

utk ibu2 yg lain share dong mengenai MMR itu penting ga yah..? soalnya ada yg bilang itu bisa menyebabkan anak autis. Walaupun hasil search dr google katanya sih dr penelitian tdk terbukti mmr menyebabkan autis.
Tapi masih tetep parno mau kasih mmr atau ga yah.. jadi share donk klo ada ibu2 yg ud imunisasi anaknya dgn mmr dan anaknya terbukti tidak autis. (sori yah klo mungkin ud dibahas di page sebelumnya, soalnya pagenya banyak bgt, jadi ga keburu bacain satu2)

thx...

820

Re: Imunisasi

psu253
soal panas, kayaknya ngga bergantung sama umur... saya ngga tau faktor pengaruhnya apa, mungkin daya tahan anak pada saat itu ya, CMIIW... karena Kayra waktu bayi vaksin apapun merk apapun ga pernah demam. justru waktu vaksin tifoid (pas umur 4 taun) malah demam. adiknya, vaksin usia 6 minggu langsung demam, tapi bulan-bulan setelahnya nggak panas samsek.
btw kalo demam KIPI biasanya ngga tinggi kok...sedia parasetamol aja udah cukup siy...

detrieciku
Sekarang penting ngga pentingnya dikembalikan pada ortu, krn udah ngga ada vaksin wajib lagi (semuanya "dianjurkan"). wink
Soal vaksin Rotavirus, menurut saya kalo ada dana, silakan diambil saja. Toh vaksin ini memang sudah terbukti mengurangi angka kejadian diare parah akibat Rotavirus di usia 0-5 thn (mostly kena setelah usia 2 thn). Tapi btw, kalo baby-nya sudah 4 bulan ya udah telat sih, ngga perlu lagi divaksin Rotavirus.

Trus tentang HIB, ini HIB yg ke berapakah? Lebih bagus telat drpd ngga samsek. Untuk HIB yg ke-3 belum telat kok. smile

da1syC
Kayra vaksin MMR waktu usia 12 bulan. Tidak menjadi autis kok. Pertumbuhan & perkembangannya normal sampe sekarang (5 tahun).
Sepupu saya juga pernah ragu kasih vaksin ini krn waktu itu anaknya (cowo) belum lancar ngomong. Tapi akhirnya dia vaksin MMR juga pas usia si anak 15 bulan. Sekarang udah 2.5 taun, cerewet dan tidak autis.
Diego (12 bulan) saat ini belum bisa bicara (tapi menurut saya masih bisa komunikasi 2 arah), sempet agak kuatir... tapi saya yakin perkembangan anak beda2 & insyaallah tidak menyurutkan niat untuk vaksin MMR nanti 15 bulan (pinginnya pas 12bulan ini tapi ngikut jadwal IDAI aja deh berdasarkan pertimbangan keuangan). smile

821

Re: Imunisasi

avee
thanks yah buat sharing pengalamannya.

822

Re: Imunisasi

avee


makasih yah infonya

working mom...love my husband and my razqa

823

Re: Imunisasi

eniwei.. mau tanya dong (duh mudah-mudahan bener deh thread nya)..
selama ini kan kita fokus gtu ya sama imunisasi anak., nah untuk kitanya sendiri (sebenernya) perlu gak sih imunisasi macam MMR / Varisella ? dll...

*duh maap ya kalo pertanyaan nya POLOS *

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

824

Re: Imunisasi

Kyknya kalo utk diri qt sendiri (dewasa),ada vaksin khusus. Misal,vaksin influenza,vaksin hepatitis B, vaksin rubella. Kalo khusus perempuan,ada vaksin kanker serviks.
Iseng2 search,,ini linknya
http://www.imunisasi.net/Jenis-Jenis%20 … ewasa.html
http://metrotvnews.com/read/news/2012/0 … -Dewasa/11
Eh,,ini OOT ga yah?

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

825

Re: Imunisasi

klo buat dewasa ada vaksin MMR, TT yg dianjurkan untuk wanita sebelum hamil sama beberapa vaksin lainnya...