1

Topic: Imunisasi

Ah,oke tante ipeh.Tengkyu! :D daripada daripada..

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

2

Topic: Imunisasi

nyanya - stuju ama ipeh. sebaiknya kalo abis imunisasi, langsung ajak istirahat aja, nya... kan dia baru disuntikin kuman (yang udah dilemahkan sih...). biar ga capek aja sih :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

3

Topic: Imunisasi

err.. gue rada kebalikan nih ama thalia & ipeh soalnya dari awal naia kalo abis imunisasi langsung gue ajak jalan2. heheh.. *emak bandel* .. kadang ada imunisasi yang emang bikin badannya jadi rada anget, tapi besoknya udah balik seperti biasa. tapi malah ada yang gak ngaruh samsek di dia. kayak waktu itu pernah abis imunisasi gue ajakin maen aer di water park gitu. gpapa loh!

tapi again, itu balik ke anaknya masing2 sih. gue waktu itu brani ngajak naia ke waterpark karena pengalaman dari pertama imunisasi dia gak pernah sampe demam.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Imunisasi

nyanya wrote:
Ah,oke tante ipeh.Tengkyu! :D daripada daripada..

hm, kalo masih baby banget kayanya mending ga langsung dibawa jalan2.
pernah juga bawa cacha jalan abis imun, tp pas udah di atas setahun, abis MMR kalo ga salah, karena pas tantenya lagi dateng and pengen beli sesuatu, sekalian keluar ceritanya, tp ya bentar doang, ga nyampe 1jam. kalo dari pengalaman cacha, pas abis imun-nya ga rewel, malah biasanya main dulu di playground borromeus, rewelnya itu sekitar 2-3jam setelah imun, mulai berasa kali ya

bunda cacha dan hafidz

5

Topic: Imunisasi

Rosalia,
yang DPT, betul minimal 4 minggu. Tapi itu boleh kita pake klo sistemnya imunisasi catch up, maksudnya uda telanjur telat terus mau ngejar jadwal. kalau masih jadwal normal-normal aja, ikutin jadwal aja, bisa jadwal CDC atau IDAI. DPT HiB dan polio emang bisa banget bareng2 suntik dan tetes, di bulan ke 2, 4,dan 6.
Masalah kalo kurang dari 4 minggu, emm rasanya masalah optimalisasi proteksi vaksinnya deh. Tapi gini aja mikirnya, jadwal ini kan udah dibuat seksama sama para pakarnya, jadi kita sebagai pengguna usahain sebisa mungkin menaati jadwal aja deh ya :D klo alasan ilmiah sesungguhnya, mungkin bisa tanya sama tenaga medis yaaa :)

6

Topic: Imunisasi

Nyanya, mau imunisasi DPT ya?
jangan lupa bekali diri dengan DPT "pake demam" dan "tanpa demam", apa bedanya, apa bener bisa ga demam klo ambil yang tanpa demam. Trus masalah kombo DPT tanpa demam dengan HIB juga lumayan jadi issue. Jadi nanti sama dokternya jangan hooh hooh aja :D

7

Topic: Imunisasi

mbaknyonyik wrote:
Nyanya, mau imunisasi DPT ya?
jangan lupa bekali diri dengan DPT "pake demam" dan "tanpa demam", apa bedanya, apa bener bisa ga demam klo ambil yang tanpa demam. Trus masalah kombo DPT tanpa demam dengan HIB juga lumayan jadi issue. Jadi nanti sama dokternya jangan hooh hooh aja :D

oiya, lupa cerita, hm, DPT Cacha yang III, pas 6bulan ya (duh lupa), satu2nya yang pake vaksin "tanpa panas", tapii, cachanya malah panas, and lebih tinggi daripada pas dia divaksin yang "pakai panas". sempat agak kuatir waktu itu, tapi pernah baca2 ada yang punya pengalaman sama juga

bunda cacha dan hafidz

8

Topic: Imunisasi

bundanegara
baby lyla juga bakal imunisasi DPT tgl 19 ini..
huaaa syeremmm ,krna udah diwanti2 ama mama dan mertua..jgan sampe anak demam tinggi..bisa step....udah horror aja dengernya

nyanya
yg DPT gag pake demam bisa ampe 375ribuan ya?huaaa mahal amitt...tambah biaya dsa+admin bisa500rb juga..*glekk*
tp makasih info nya..jd bisa siap2
soalnya dari kantor g dpet biaya kesehatan kecuali suami..huhuhu dasar perusahaan asing,,kejam

9

Topic: Imunisasi

mbaknyonyik
mbak mbak..emng yg DPT tanpa demam ada efek samping lain selaen mahal y mbak?mohon pencerahan...
*bunda baru yg g tau apa apa*

10

Topic: Imunisasi

Dulu Nara selalu ambil combo DPT Hib yang tanpa demam, 2x sukses ga pake demam tapi yang ke-3 demam dikit. Setelah diinget2, mungkin karena Nara agak cape pas imunisasi ke-3 soalnya baru diajak road trip dari Jakarta. Tapi setelah itu ga ada efek apa2 lagi sih... Demamnya juga ga tinggi banget, anaknya masih ceria n main2 seperti biasa.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

11

Topic: Imunisasi

Dari awal DPT, DSA Ganesh nawarin DPT yang pake demam. Sempat minta yang gak pake demam, tapi kata DSA nya sama aja. tergantung kondisi anaknya juga. Dan Alhamdulillah, 3X DPT pake demam, Ganesh gak pernah demam sih. Malahan ada temen gw yang gak pake demam, anaknya malah demam. Padahal beda yang demam dengan yang gak demam kan lumayan jauh ya.
Dari pengalaman gw sih, semua tergantung kondisi fisik anaknya juga.

Menjadi Ibu adalah pilihan kerja profesional yang paling tulus...tanggung jawab,memberi kasih dan pelajaran kpd anaknya dengan masa kontrak kerja sepanjang dunia dan akherat..it's a amazing
Our Story Lafamilledewijaya

12

Topic: Imunisasi

amelisa
Rasya juga selalu ambil combo DPT Hib yang ga pake deman..
Sukses tanpa demam dan tidak ada efek samping (agak bingung jg maksudnya efek samping apa:p)
IMO selain mahal dan tanpa demam..efek dan fungsi nya sama saja.

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

13

Topic: Imunisasi

Ysee

hehhe sebenarnya baca komen dari mbak nyonyik diatas ..ktanya yg DPT pke demam dan g demam sempat jadi issue..jdi kiraiin ada perbedaan lainnya. aduhhh saya jadi bingung sndiri ama kalimat saya...

G-mom

TFS...jd bahan pertimbangan bgt...secara harganya lumayan beda..
tpi masih tetep takut dengan resiko demam nya

14

Topic: Imunisasi

Amelisa ¤ Yay! Kayanya kita ngerasain deg deg an yang sama...huhhuhu..

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

15

Topic: Imunisasi

nyanya, amelisa, bundanegara,
sepertinya baby kita seumuran ya ? ini mau pd imunisasi usia 2 bln kan ya ?

Setuju sama G-Mom, DPT pake demam/tidak sebenernya sama saja, efeknya ya tergantung masing2 bayi. Cuma biasanya kan ibu2 pengennya mengurangi resiko yg ada (demam), makanya pilih yang DPT yang tidak pake demam.

Baby-ku Reefa (2 bln), sabtu kemaren, sekalian imunisasi combo 1 suntikan DPaT-HIB-Polio (Polio-nya via oral).

salam
-Lilik-

bunda shafa-hafiz-reefa

16

Topic: Imunisasi

bunda negara
hehhe iya..jadi bakalan pake yg mana?

lilik
iya ya...klo yg gpake demam..resiko nya lebih kecil aja sey ya..
TFS. ntar mo diskusi dulu ama ayah nya..ngambil yg mana
just in case..klo kita harus begadang malam habis imunisasi itu*naudzubillah..mudah2an baek2 aja*

17

Topic: Imunisasi

amelisa,
Hihihi, jadi menyesatkan ya comment saya.
Gini maksudnya sebelum dateng ke dokter, bijak dulu memutuskan mau ambil yang mana, jangan sampe kena rayuan dokter :D

Oiya, demam tinggi bikin step? Engga ada korelasinya ah. Ada riwayat step di keluarga? kalo gada, anak kita step saat demam kemungkinannya jadi lebih kecil. Kalo ada? ga perlu demam tinggi juga bisa step.

Aku pernah posting penjelasan di milis ttg DPT DPTan ini, aku copas yah


Coba bantu sharing yah. Ilmunya masi cetek, jd tlg dikoreksi jg klo saya salah.

Pertama,semua vaksin sebenarnya bisa menimbulkan efek demam, hanya saja persentase DPT menimbulkan demam paling tinggi.

Kedua, mengenai DPT pake demam dan anti demam. Sebenarnya bukan itu istilah yang tepat, lebih tepat disebut DPT dengan resiko demam lebih tinggi dan DPT dengan resiko demam lebih rendah (DaPT). Jadi klo mom ambil yang "anti demam" juga belom tentu bebas dari demam. Ini semua tergantung ketahanan tubuh bayinya saat vaksin.

Nah skrg knp bs ada yg resiko demam lebih tinggi dn lebih rendah? DPT dengan resiko demam lebih tinggi virus Pertusisnya (huruf P pada DPT) yang diambil whole cell. Jadi perlindungannya lebih optimal. Sedangkan yang resiko demamnya lebih rendah (DaPT) virus pertusisnya hanya "sebagian" cell. Ini yg menyebabkanresiko demam bs lebih rendah. Tp krn yg diambil jg sebagian cell,maka perlindungannya kurang optimal, walaupun masih pada batas aman untuk digunakan.

Jadiiii, kalo saya, drpd bayar mahal2, belum tentu bebas demam, dan perlindungan kurang optimal, saya lebih milih vaksin DPT biasa yang "pake demam" itu tadi. Demam karena vaksin biasanya akan hilang dalam 1-2 hari.

Selanjutnya mengenai pemberian obat penurun panas. Kalo demam sudah jelas karena imunisasi, sebaiknya observasi behaviour anak. Ketika demamnya sudah sangat mengganggu aktivitas (anak lemas,males main, dll) baru diberi paracetamol sesuai dosisnya. Dan pengulangan pemberian klo tidak salah 6-8 jam sekali ya. Kalo demam,walo sampe 38an dercel tp anak msi ceria, gapapa ga dikasi paracetamol. Yg penting jaga asupan cairan,klo perlu berendam air hangat utk menyamankan anak.

Jadi ga perlu yang namanya dikasi parasetamol sebagai pencegah, biar ga panas stlh imunisasi.

Yuk, kita sama-sama belajar pengobatan yang rasional :) kita mau ngobatin anak kita kan? Bukan ngobatin kepanikan kita atas kondisi anak?

Mudah-mudahan sharingan panjang saya ini berguna ya :)

Rgds,
Nonik, ibunya akino (6m13d)
*DPT akino pas 2 & 6 bulan, tidak menimbulkan demam,pdhl ambil yg "pake demam"*

18

Topic: Imunisasi

Mamamama sekalian,thank you penjelasannyaaaa.
Sebelum memutuskan..mo nanya lagi dong..plus minus yg combo ama yg engga opo toh? Hehehe..
Lilik - iya ya samaaa.. *toos* :D Btw,combo gitu di tempat dsa-nya Reefa brp ya?
Ade - adeee..Cacha diimunisasinya dmn? Dkt2 Antapani kah? Pgn di tempat lain nih..siapa tau lebih murah.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

19

Topic: Imunisasi

mamas,
mo nanya nih. akhir2 ini di tv kan sering banget yah tentang pemberian imunisasi IPD (pneumokokus) buat bayi. Sebenernya seberapa urgent kah imunisasi IPD ini, since yg aku liat di buku imunisasi Zaky imunisasi IPD ini termasuk yang ga diwajibkan. Sama DSA nya Zaky juga ga dijadwalin sih

no matter whether you are a working mom or stay at home mom, every moms are great in their own way

meet me here http://bunzaky.blogspot.com/
follow me @Sindi_Puspita

20

Topic: Imunisasi

nyanya wrote:

Ade - adeee..Cacha diimunisasinya dmn? Dkt2 Antapani kah? Pgn di tempat lain nih..siapa tau lebih murah.

imunisasi seringnya di borromeus Nya, soalnya ehm, partner kantor di situ. tapinyaaa, aku baru nemu dsa yang cucok banget, di medika antapani, deket banget dari rumahmu kan. cobain deh ke sana, sekalian nyoba konsul ama dsa-nya *udah aku tulis di thread list dsa di bandung*

bunda cacha dan hafidz

21

Topic: Imunisasi

bundazaky,kayaknya d awal thread ini udh pernah dibahas ttg ipd coba cek dulu d...ada iklannya ya?he..he..ud jarang nonton tv jd ga tau ni.

@medyratri

22

Topic: Imunisasi

nyanya wrote:
Mamamama sekalian,thank you penjelasannyaaaa.
Sebelum memutuskan..mo nanya lagi dong..plus minus yg combo ama yg engga opo toh? Hehehe..
Lilik - iya ya samaaa.. *toos* :D Btw,combo gitu di tempat dsa-nya Reefa brp ya?
Ade - adeee..Cacha diimunisasinya dmn? Dkt2 Antapani kah? Pgn di tempat lain nih..siapa tau lebih murah.


Nyanya,

copas dari buku Bayiku, Anakku karangan dr Wati ya, keuntungan imunisasi simultan/combo adl :
1. Memberikan perlindungan dini pada anak pada kurun usia yang rentan infeksi, yaitu usia 12 bulan pertama (pada usia itu anak sudah memperoleh semua imunisasi dasar mulai dari polio, hep B, BCG, DPT, HiB)

2. Mengurangi angka kunjungan ke dokter/rumah sakit. Ini berarti menghemat waktu, tenaga, dan uang, serta mengurangi trauma pada si anak dan mengurangi kemungkinan anak terpapar oleh anak lain yang sakit (kalau kata dr Wati: ‘padahal anakmu kan sehat cuma mau imunisasi, bisa-bisa pulang imunisasi anakmu dapat bonus demam, atau pilek, dst dst’)

kemaren combo DPaT+HIB+Polio di dsa-nya Reefa habisnya 500rb-an (beaya dokternya 120rb).

salam
-Lilik-

bunda shafa-hafiz-reefa

23

Topic: Imunisasi

bundanyazaky Yup bener kata medy udah pernah dibahas tentang IPD. Emang masih banyak pro kontranya sih. Gue sendiri ngambil IPD karena toh dibayarin kantor hehehe...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

24

Topic: Imunisasi

medy,
hehehhe iyah..habis posting baru baca2 page sebelumnya :p iya tuh, sering banget di iklanin di tv. Jadi berpikir untuk ngambil sih, mumpung ditalangin kantor *emak pedit* :D

no matter whether you are a working mom or stay at home mom, every moms are great in their own way

meet me here http://bunzaky.blogspot.com/
follow me @Sindi_Puspita

25

Topic: Imunisasi

mbaknyonyik

*glek...tertohokkk* hahhaha
iya mbak aye mo ngobatin anak..g mo sekedar ngobatin kecemasan sya aja. makasiii mbak..sangat sangat terbantu dengan penjelasan nya,,
mo ngapalin dulu...sebelom orasi depan suami