1

Topic: ASI Keluar saat Hamil

Dear moms,
Mau sharing neh. Saat ini saya sedang hamil ke-2 dengan usia kehamilan 20 minggu. Tapi kenapa ya ASI saya sudah mulai keluar sejak usia kehamilan memasuki 20 minggu. Selama seminggu yang lalu ASI saya keluar, meskipun tidak setiap hari dan jumlahnya pun tidak terlalu banyak, tapi setiap kali keluar bisa sampe rembes ke daster/baju.
Moms ada yang punya pengalaman serupa gak?

2

Re: ASI Keluar saat Hamil

aqua_rien judulnya dirubah yah, biar ga terlalu spesifik di umur 20 minggu. 

menjawab pertanyaannya, sebenarnya normal2 aja kok asi keluar di saat masih hamil.  justru malah beruntung karena sudah keluar duluan, walopun emang ga banyak yang begitu, tapi emang pada dasarnya mungkin, artinya produksi asi sudah banyak walopun masih hamil.  yang penting puting tetap dibersihkan dan jangan sampai dipompa atau diperas supaya air susu-nya keluar yah.  karena itu akan memicu kontraksi.

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

3

Re: ASI Keluar saat Hamil

wah.. beruntung banget sampe rembes" gitu ke baju yah.. kalo ga boleh dipompa/ diperas..pake milksaver bantu ga yah? tapi kalo disimpen di freezer kelamaan juga yah? bisa kyk gitu apa karena bukan kehamilan pertama gitu ngaruh ga sih?
waktu saya hamil cuma bintik" putih kyk bubuk gitu yg keluar. tapi pas dibersihin jadi coklat/item.. bisa dibilang asi juga ga sih kyk gitu? apa itu kolostrum?
*eh..koq balik nanyaa*

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

4

Re: ASI Keluar saat Hamil

dear aqua_rien dulu aku waktu hamil juga keluar asinya. malah lebih awal lagi sekitar minggu ke 14, warnanya bening2 agak keruh. aku tanyakan sama dokterku, ga apa2 katanya malah lebih bagus, dan ga boleh diapa2in, karena memicu kontraksi.,
tapi volumenya mmg ga banyak. alhamdulillah pas lahiran aku ngga terlalu masalah dengan breastfeeding, karena asi udah keluar duluan. oia, setelah lahiran, pas awal2 lahiran akan berubah kuning2 begitu warna asinya.

5

Re: ASI Keluar saat Hamil

aqua_rien, aku juga persis masuk 5 bulan, mulai keluar ASI smile kata dsog-ku itu sangat wajar, jadi tenang aja ya..
untuk rembesannya, pastinya rembes ke baju, makanya aku waktu masih hamil udah pake breastpad.

6

Re: ASI Keluar saat Hamil

aku dari usia kandungan 7 bulan kolostrumnya, tapi tetep aja asi yang putih itu keluar di hari ke-3.

i am full time a mother! wink
blog // twit // insta

7

Re: ASI Keluar saat Hamil

Aku sama seperti akupetta.. Seminggu sebelum melahirkan baby, setelah makan sop yg banyak kaldunya tiba2 kaosku di bagian dada basah sedikit. Asiku keluar.

Setelah 6 jam melahirkan dan diajarin suster untuk marmet ternyata asinya warna putih.. Berarti yg keluar sblum melahirkan itu colostrum.. Hikzz.

Alhamdulillah sampai skrg Arza 8m1w Asiku msh memenuhi demand Arza (ngga diperah).

8

Re: ASI Keluar saat Hamil

meizadhania wrote:

Setelah 6 jam melahirkan dan diajarin suster untuk marmet ternyata asinya warna putih.. Berarti yg keluar sblum melahirkan itu colostrum.. Hikzz.

Waktu hamil pertama, ga keluar ASI waktu hamil, krn malas membersihkan nipple dan karena ketidaktahuanku, aku msh sering menyabuni bagian nipple, pdhl beberapa referensi mengatakan sewaktu hamil payudara telah memiliki kelenjar kecil di aureoles. Kelenjar kecil ini mengeluarkan kandungan anti bakteri untuk melindungi payudara dan membuat kedua payudara tetap bersih. Para ahli percaya sabun dan pelembab akan membahayakan zat pelindung alami yang terdapat pada payudara.

Hamil ke-2, sejak hamil 5 bulanan berusaha lbh rajin membersihkan nipple, terutama ketika mandi. Waktu hamil usia 7 bulan, cairan ASI mulai keluar, warnanya bening.

Eh, btw colostrum itu bukannya warnanya kuning ya?. Kalau baca2 dr wikipedia sih colostrum warnanya kuning. Dari pengalamanku waktu habis melahirkan baby 1&2, sewaktu aku pencet2 nipple mau IMD, ASI yang keluar warnanya kuning. Waktu baby ke-2, aku mulai menyimpan ASIP dihari ke-3 setelah melahirkan, dan kuamati warna ASInya masih kuning. Sepertinya setelah lebih dr seminggu br mulai berwarna putih.

9

Re: ASI Keluar saat Hamil

Indriani, oh ga boleh pake sabun ya? Jadi pas mandi juga jangan dikenain sabun gitu? Aku lagi hamil 7 bln, belum keluar apa2, tapi kadang suka ada putih2 di ujung nipple.

Kata temenku putih2nya itu harus dibersihkan ya biar ga menghambat asi keluar nanti? Betulkah begitu para mamas?

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303

10

Re: ASI Keluar saat Hamil

@ningnung
aku sih iya, klo mandi aku gosok agak kenceng pake cotton bud & minyak zaitun

i am full time a mother! wink
blog // twit // insta

11

Re: ASI Keluar saat Hamil

Akupetta, jadi putih2nya itu di bersihin/di korek gitu ya? Linu yaa membayangkan big_smile

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303

12

Re: ASI Keluar saat Hamil

akupetta, abis digosok pake minyak zaitun kan jd lengket2 gitu yah, perlu dibilas lg gak yah?

aku juga dr hamil 6 bln udh ada keluar putih2 kering2 gitu di nipple. kadang2 mandi coba dibersihin, tapi nya gak berani kenceng2 takut lecet soalnya neutral tapi skrg udh mau deket lahiran koq kayanya makin berkurang yah? hmm

13

Re: ASI Keluar saat Hamil

aku biasanya sekalian mandi, ya dibilas lagi smile
pake baby oil jg bisa

i am full time a mother! wink
blog // twit // insta

14

Re: ASI Keluar saat Hamil

Mamas, sekarang aku lagi hamil 34w, beberapa hari ini putih2 di nipple jadi lumayan banyak jadi kadang perlu dibersihkan sampe 2x sehari. Oia aku bersihinnya pake tisu aku basahin sama air galon (air yang tak pake minum) karena kalo air pas mandi kok rasanya kurang steril

Trus nipple tu rasanya sakiit, kenceng, kesenggol dikit aja rasanya linu. Itu normal ya? Apa akunya bersihinnya salah jadi sakit?

Trus (banyak nanya nih jadi tongue) kemaren keluar cairan warnanya kuning, lumayan banyak. Itu kolostrum bukan? Kalo keluar dr sekarang pas lahiran kolostrum nya masih ada ga?

TiA mamas smile

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303

15

Re: ASI Keluar saat Hamil

ningnung gue sih selalu ngebersihin pas mandi.  gapapa kok harusnya.  dan emang yang keluar itu cairan kuning, don't worry, itu tetap akan keluar nantinya.  yang penting nipplenya di bersihin aja.  masalah PD jadi keras dan sensitif, itu mah biasaa banget, krn emang udah mulai produksi.  nanti kalo bayi udah lahir dan asi udah keluar, kalo gak dikeluarin, sakitnya pun sama..

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

16

Re: ASI Keluar saat Hamil

mau tanya biar lebih jelas:
jadi putih2 yang ada di nipple itu harus dibersihin sampe dikorek2 dan ilang gitu ya?? soalnya selama ini ku pikir itu asi yang udah ada di ujung saluran asinya dan tinggal di sedot ama bayinya atau di perah gitu *sotoy
trus kalo ngga sampe ilang itu akan ngehambat ya??

beberapa minggu yang lalu pernah aku message (ngga heboh) keluar sedikit cairan warna kuning.. nah terus kemarin aku message (bukan di bagian PDnya cuma di daerah sekitar PD dan ngga heboh juga) keluarnya cairan bening tapi tetep ada putih2nya, cuma mayoritas bening keruh gitu.. itu normal ngga ya?? kok bukan kuning kayak dulu lagi??
kalo colostrum itu keluar sebelum lahiran, nanti pas lahiran akan keluar kolostrum lagi ngga sih??

prosedur breastcare yang bener itu apa aja ya?? soalnya selama ini aku cuma bersihin nipple pake kapas yang dikasih zaitun setiap habis mandi.. dan ngga dibersihin lagi (hehehe jorok ya??) aku juga sekalian ngasi minyak zaitun di PD dan perut supaya kulitnya ngga kering.. soalnya kalo ngga dikasi suka berasa kering dan gatel gitu.. jadi untuk nglembabin kulitnya gitu.. boleh ngga sih?? perlu kompres juga ngga??

makasi.. maap ya banyak nanya big_smile

regards,
Dian

17

Re: ASI Keluar saat Hamil

dear moms,
mungkin bisa menggunakan tips dari klinik laktasi RS Carolus agar pada saat membersihkan nipple gak jadi luka atau lecet. tips ini sebaiknya dilakukan sejak kehamilan diatas 32 minggu.

1.cuci tangan hingga bersih sebelum membersihkan nipple.

2.sebelum di "congkel2", bagian nipple dikompres dulu dengan kapas yg bersih yg udah dibasahi dgn minyak zaitun selama 5-10 menit.agar kotoran yg nyumbat itu jd lebih lunak dan mudah diangkat. (minyak zaitun bisa diganti dgn minyak kelapa atau baby oil, tp konselornya nyaranin pake minyak zaitun atau minyak kelapa karena kedua minyak itu yg benar2 alami n jarang menimbulkan reaksi alergi)

3. setelah dikompres, bersihkan puting n aerola dgn kapas tersebut. untuk daerah puting, bersihkan dengan teliti dan tekan2 hingga kotoran n sel-sel kulit mati yg putih2 ikut terangkat. gunanya untuk ngebuka pori2 puting jd asi gak mampet n bisa lancar keluarnya.

4.tarik puting,kemudian puntir kearah dalam. lakukan hingga 30kali. gunanya untuk melembutkan puting sehingga pada saat bayi nyusu gak iritasi dgn puting ibu yg masih keras.

5. kompres kedua payudara dgn waslap dan air hangat. diamkan hingga waslap dingin. ulangi 3 kali.

kehamilan saya skrg 38minggu, pd saat kehamilan 36minggu,pernah keluar cairan putih bening yg merembes dari PD saya yg sebelah kanan saja, yg sebelah kiri gak sama skali. bisa gak kompak begitu yaaa...

HTH.

If Better is Possible, Good is not Enough

18

Re: ASI Keluar saat Hamil

Slesta, iya sakitnya kayak kenceng gitu si nipple. Bayanginnya ntar kayak gini juga pas PD lagi penuh ASI, amiinn!

Elrafif, mantab tipsnya. Tapi gw ngiluu baca yang disuruh puntir nipple, ga di puntir aja udah linu gini, huhuhu. Eh samaan banget aku yang kanan keluar lebih banyak dari yang kiri padahal treatment nya sama aja.

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303

19

Re: ASI Keluar saat Hamil

dear all,
share aja, waktu hamil anak kedua, aku sempat keluar cairan dari PD (ada noda cairan di bra) pas usia kehamilan sekitar 4 bulan. di PD yg kiri aja, dan sempat agak parah karena mastitis. ga tau kenapa bisa gitu, tp waktu konsultasi ke konselor laktasi, cairan asi memang diproduksi mulai dari trimester kedua.
saranku, kalo ada ga nyaman(PD terasa keras, nyeri, badan demam), mending segera konsul ke dokter yg juga konselor laktasi. karena dari pengalaman, dokter yg ga tahu (waktu itu ke ugd dulu karena pas libur), langsung didiagnosa mastitis, dikasih antibiotik, dan dirujuk ke dokter bedah. cairan ga boleh dikeluarin dengan breastpump, bisa memicu kontraksi.
setelah konsul ke dokter yg juga konselor laktasi, penanganannya, dipijat PD, dikeluarin itu cairan yang kejebak di dalam, udah infeksi, karena warnanya ga bening spt kolostrum, tapi kuning keruh. alhamdulillah ga perlu dibedah
bukan nakut2in, hehe, tapi biar lbh aware aja kalo ada yg sampe merasa nyeri. dulu pas hamil anak pertama juga sempat keluar, tapi ga sampe nyeri PDnya

bunda cacha dan hafidz

20

Re: ASI Keluar saat Hamil

Ade, wah tengkyu sharingnya. Ternyata mastitis bisa kejadian ama bumil juga ya, kirain sama busui aja sad well gw kadang ada demamnya juga tapi dikiiit, dan gw anggep itu karena nipple yang nyeri jadi kayaknya muncul demam biasa. Pas banget sabtu ini ada kelas ASI jadi bisa sekalian nanya di sana.

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303

21

Re: ASI Keluar saat Hamil

wah,, lega udh baca ini,,  soalnya aku lg hamil 7 bulan juga, dan anak pertama, dan PD kiri udh keluar dikiit bgt cairan aga kuning (kolostrum itu ya),, kmrn2 udh tegang aja,,

tp, kmrn keluar dikit bgt, waktu aku sekali-kalinya nyoba pake nipple puller itu buibu,, jd saran dr sepupu, kalo mau coba pake nipple puller pas hamil 6-7 bulan biar puting mulai keluar, ga puting datar nantinya, soalnya kalo 8 bulan kan takutnya malah micu kontraksi,, jadilah kmrn dicoba,,

tp pas nyoba pertama itu ke PD kiri, dengan tarikan yg ga kenceng2 amat, malah keluar dikiiit banget cairan, udh liat itu langsung aku stop deh takut knp2,,

oia, PD aku juga yg sempet sakit bgt, yg sampe pernah bikin meriang, dan yg udh keluar cairan baru PD yg kiri,, itu gpp? nanti yg kanannya bakal keluar juga ga?

22

Re: ASI Keluar saat Hamil

sarahuzma gapapa... dulu aku juga gitu, aku ga pake nipple puler sih, tp dari usia hamil 6bln rajin bersihin pake minyak zaitun. keluarnya bening agak kuning lengket ky air gula (setelah semua "komedo" bersih, yaa). dan alhamdulillaah gak kontraksi.
PD kanan/kiri kadang produksinya gak bareng. tapi pas nanti diminum anaknya insyaallaah pasti ngucur. smile

It does feel best to be just me! -the Lopshires-
-Mother of warriors-
Hilya -  Nena - Hilmi

23

Re: ASI Keluar saat Hamil

oia,, banyak yg blg kan kalo asi dah keluar waktu hamil dan dipancing keluar bs memacu kontraksi,, nah kontraksi gara2 asi  itu bs kerasa kalo usia kehamilan udh berapa bulan ya? udh usia 7 bulan, masih bingung juga rasanya kontraksi sebenernya gmn,,

24

Re: ASI Keluar saat Hamil

sarahuzma rasanya kontraksi? huahahahahaha, sedep buk. you wouldn't miss it if you have it. lol
secara simpel rasanya: perut tegang, kenceng, kaya cenut2 dan rada mules (yes mules kaya mau mens). tapi itu yg versi palsu, yah. kalau the real deal. you definitely would not miss it! big_smile

It does feel best to be just me! -the Lopshires-
-Mother of warriors-
Hilya -  Nena - Hilmi

25

Re: ASI Keluar saat Hamil

Hwaaa,, gt ya,, oia,ternyata ada thread khusus yg bahas kontraksi smile

Duh, jadi sugesti sendiri nih sejak PD keluar ASI, harus bikin mindset yg menyenangkan kalo skrg keluar asi, nanti mungkin lebih lancar pas menyusui,, amiin,,