1

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

Mods...aku cari-cari sepertinya topik ini belum ada, tapi kalau ada..., maaf ya, mohon dipindahkan ke tempat yang semestinya. Tks

Moms...,
bagi pengalaman donk...
pernah gk ada yang ngalamin anaknya mogok minum susu, dan maunya minum maduuuu..saja

Huhuhu, aku lagi ngalamin niy..., Shanice (1.5th) lagi sakit batuk pilek, dia mogok gak mau lagi minum susu (UHT Fris**.. yang full cream), awalnya dia masih mau minum Pedia**.. yang rasa madu..tapi udah 3 hari ini dia mogok sama sekali minum susu. maunya hanya madu.

Aduuh moms, padahal kalau nidurin dia itu bisa habis susu 1 botol susu yang tinggi (220cc ya kalao gak salah).
Sekarang maunya air madu...hanya madu. Dan kalau nidurin dia bisa habis hampir 2 botol susu yang tinggi itu. Sedangkan 1 botol susu itu isinya 1.5 sdm madu murni yang kental. Jadi sehari aku bisa nngabisin at least 6 sdm madu buat dia.
Kalau dikasih susu, dia jawab "madu aja..." kalau aku ngelak dengan bilang "madunya habis, sayang ...mama belum beli. Shanice minum susu aja ya..." waduuuh...langsung botol susunya dilempar dan nangis kejer.

Aku khawatir, moms....aku denger madu memang baik buat anak...tapi kalau minumnya kebanyakan...apakah itu tetap baik? dan apakah ada side effectnya karna overdosis spt itu?
Lalu aku juga khawatir dia kekurangan kalsium karna gak mau minum susu. FYI, dia minum susu hanya buat pengantar tidur. Baik itu tidur siang maupun tidur malam.

madu yang aku pake sih madu murni import botolan yang biasa dijual di supermarket, kayak hypermart, C4...

Please share moms...

2

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

mamashanice kalsium kan tidak harus datang dari susu aja, bisa dari makanan, buah, sayur, dll. jadi gak mesti harus minum susu untuk mendapatkan kalsium. on the other hand, pengonsumsian madu berlebihan pun juga ga bagus karena sebenarnya madu itu walopun sudah diperbolehkan dikasih ke anak di atas 1thn, tapi banyak yang bilang malah sebaiknya ditunda sampe umur 2thn.

gue sih gak pernah ngasih naia madu, paling pas dia lagi sakit. itu pun dicampur dengan teh dan jarang banget, karena naia ga suka. dan sekarang naia sudah hampir 4thn, jadi gue juga ga tau sih impactnya madu ke anak umur di bawah 2thn.

tapi ya apapun yang berlebihan itu kan ga bagus ya.. jadi mungkin coba diganti aja madunya, misalnya dicampur dengan teh atau di dilute dengan air yang lebih banyak.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

Slesta,
Thanks ya...
Shanice emang doyan bangt ama madu. tapi biasanya sehari paling cuman 2sdm, dan itu juga di dilute air yang cukup banyak. 1 sdm + air hangat140cc
Pas sakit ini, dia semakin kerajinan denngan madu. Sudah gw coba di dilute air putih yangn banyakan. 1 sdm madu dengan air 220cc..ternyata dia gak mau minum, begitu ditambah 1/2 sdm lagi, baru minum.
Dicampur dengan teh..., belum pernah. gw gak berani membiasakan dia minum teh, takut nagih. Soalnya berkafein...Pernah sekalil dua kali gw kasih teh manis...pas dia lagi sakit flu sing...karna gak ada intake sama sekali..., eh dianya doyan.

Oya...sebaiknya menunda madu hingga 2 tahun, ya? waah gw gak tau tuh..., begitu 1th , gw langsung mengenalkan madu ke dia. Salah juga ya...karna dulu, gw kira dengan mengkonsumsi madu tiap hari dia gak gampang kena sakit. Gak nyangka malah ketagihan seperti ini.

Semoga nagihnya ini gak lama hanya pas sakit aja..., moga2 mau lagi miunm sus. Biar bagaimana pun susu lebih baik dari pada madu, kan ya?

4

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

Bbrp wkt lalu,aq smpt rutin ksh Ziezie (19m) madu, tiap pagi, 1sdt. Soalnya aq percaya khasiat madu yg bagus bgt. Kadang belinya yg merk Al Shifa (kalo ga slh) ato bl yg buatan dr Serambi Botani. Smpt berhenti kasih,krn stok madu hbs. Skrg mau ksh lg,krn lg srg sakit dan daya tahan tubuhnya menurun.
Kalo utk pengganti susu, aq blm pnh tau. Krn Ziezie minum susunya jg ga masalah. Kalo dulu,wkt aq msh kecil, pas lg susah makan, nyokap sk campur susu+madu di botol susuku. Dikocok yg kenceng bgt. Ktnya sh,spy lbh bergizi aja. Ga tau dh bener ato ga :D

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

5

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

mama shanice, madu memang bisa menjadi alternatif yang lebih baik dari pada gula rumah tangga, namun memang baiknya sih, anak anak ndak usah dibiasakan mengkonsumsi manis2 terlalu banyak, termasuk madu.

ttg sumber kalsium, benar info dr slesta, kalsium memang bisa didapatkan dari banyak alternatif, termasuk dr jenis sayur2an berdaun hijau tua dan beberapa jenis legumes. namun yang penting lagi, utk mendapatkan tulang yang sehat, tak hanya intake kalsium saja yg hrs diperhatikan, namun adekuat asupan vitamin D dan K juga berperan penting. variasi diet yang beragam sptnya adalah kunci ideal :). keuntungan susu hanyalah mikronutrients tsb sudah didapatkan di dalamnya dan mudah dikonsumsi :).

kalo ttg madu, apakah baik dikonsumsi anak kecil apa ndak, dr yang saya ketahui, konsumsi madu yang rutin memang tidak dianjurkan untuk infants, namun setelah usia satu tahun (dimana dianggap perkembangan sistem pencernaan anak sudah dianggap baik), penggunaannya dg kuantitas tak berlebihan dapat ditolerir.

madu (asli) dianggap berbahaya buat bayi krn terdapatnya kemungkinan adanya spora bakteri clostridium botolinum di madu yg ditransfer dr alam via lebah. untuk manusia dewasa dg sistem pencernaan yang sudah mapan, maka jumlah sedikit dr bakteri ini bisa tidak membahayakan. namun buat infants, dimana sistem pencernaan belum terbentuk sempurna, hal ini akan bisa berakibat fatal (dari adanya pembentukan racun dr aktifitas bakteri tsb ) dan dpt membuat anak mengalami kesulitan pernafasan, bahkan kematian.

hmm kalo pertanyaan apakah madu bisa menggantikan susu, menurut saya sih, ndak bisa krn kandungan makro dan mikronutrients masing2 darinya berbeda.

semoga sedikit bermanfaat ya :).

6

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

oh iya mama shanice, kelupaan ttg teh :D, kalau si kecil nya ndak ada masalah dg anemia dan juga ga vegan (alias tetap makan daging2an berwarna merah ), minum teh yang ndak berlebihan mungkin ndak apa2.

tapi kalo punya masalah anemia, ga suka makan daging2an, dan mostly mengkonsumsi plant-based iron sources, di kondisi ini, lebih baik menjauhi konsumsi teh krn tanin yang ada di teh akan signifikan menganggu absorbsi iron dlm tubuh.

hal tsb sayangnya yang jadi masalah di daerah2 rural ind, dimana mostly kelompok beresiko terkena iron deficiency (anemia) hanya terbiasa makan makanan sumber iron berbasis tumbuhan namun kenceng banget minum tehnya. akibatnya, IDA tetap jadi masalah di ind :(. wah kok jadi kemana mana :D..hehehe..iya deh, sekian dulu, smoga bermanfaat ya :).

7

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

natallia,
tfs ya....biasanya aku suka ngasih shanice susu pediasure rasa madu, kalau makannya lagi sedikit. biasanya dia doyan. Dan saat dia lagi mogok dengan susu uhtnya yang plain, dia lebih memilih pediasure madunya. tetapi belakangan ini pediasure madu pun ditolak ama dia.

info hari ini malah tambah parah...dia mogok makan, maunya minum air madu saja...kasiaan anakku jadi tambah kurus. Dia lagi batuk pilek, kemaren2 dia masih mau makan, sekarang bener2 hanya masuk paling satu suap doank. Sampai gw tadi pesen ke papanya shanice (papanya SAHD, dan gw WM) untuk ngasih nasi abon ke shanice. Duh..., padahal itu sudah gw sembunyi2in...gara2 ditegor DSAnya, ketauan suka ngasih abon ke anak.
Ama coba ngerayu shanice minum susu ultra strawberry..., biar ada makanan yang masuk.
ee, sori jadi oot yaaa...ups

Inayati,
thanks a lot ya infonya. bermanfaat banget
Shanice gak anemia...eeemmm vegan? mungkin ya..., karna gw belum berani ngasih dia daging ayam, sapi, dll...dengan alasan takut keleletan, abisan giginya belum sempurna. Paling kaldunya iya...., udang, baso ikan, sih berani ya...ama abon ayam, abon sapi sering.
Apakah itu termasuk aman gak ya mengkonsumsikan teh ke shanice?

8

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

mama shanice, Hb-levelnya Shanice masih dalam dalam rentang normal kan ya ?..seingat saya, iron terbaik hanya ditemukan di daging2an berwarna merah, kaya daging sapi, kambing etc. di beberapa daging hewani lainnya sih ada juga, tapi ya ndak sebanyak daging2an yang punya warna merah. prinsipnya sih, makin merah dan gelap dagingnya, makin banyak kadar besi yang dikandungnya :).

kalo saranku sih mama shanice, shanice harus udah mulai dibiasakan makan makanan keluarga krn kan sudah usia 1.5 th ya?. jadi udah pas banget kok waktunya dikenalkan daging2an. eh tapi itu menurutku loh :).

ttg teh, hmm..menurut aku sih, mungkin dikasih teh sesekali ndak pa pa, tapi jangan sampai jadi rutinitas. krn ya itu, efek teh ndak bagus buat absorbsi besi (khususnya yang plant-based iron sources):(.

gitu dulu ya :)

9

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

inayati,
thanks ya....
shanice belum pernah tes darah...jadi gak tau juga ya perihal Hbnya...., tappi dia gk lemes2 kog...., ceria malah cenderunng aktif.
makanan keluarga sudah mulai dikenalkan semenjak usia 13 bulan. hanya sajadaging2an masih dihindari, karna masih dilepeh..., belum bisa digigit dia. semisal cap cay...diambilin wortel, kembang kol, sawi hijau, baso ikan ama udanngnya. kalau ada ayam masih belum dikasihin...yah seperti itu deh.
shanice itu moody....sekarang dia ogah lagi minum susu, mintanya maduuu...tapi gak sebanyak dulu lagi. nti weekend mau gw coba kasih susu akh..., mungkin yang berasa manis supaya dia mau nelen...
thanks ya sis buat infonya...

10

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

mamashanice wrote:
inayati,
thanks ya....
shanice belum pernah tes darah...jadi gak tau juga ya perihal Hbnya...., tappi dia gk lemes2 kog...., ceria malah cenderunng aktif... mungkin yang berasa manis supaya dia mau nelen...
thanks ya sis buat infonya...


sama sama mama shanice, seneng tau shanice ceria dan sehat sehat saja :). jangan bosen ya bagi bagi pengalaman :)

11

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

Wah thanks infonya mba Inayati :)

Renjiro (14m) minggu lalu mulai dikenalin sama madu. Aku campur ke oatmeal nya, 1 sdt, plus dikasih kiwi. Terus beberapa hari kemudian aku kasih lagi, dicampur sama alpukat. Takaran sama 1sdt.

Berarti sekali2 aja aku kasihnya.. Kalau ada info lagi ttg konsumsi madu, ditunggu sharingnya :D

12

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

Info di sini bagus bangettt... Madu, pernah cobain seteengah sendok teh ajah, kurang doyan :D akhirnya emaknya aja yg rutin minum 2 sdk makan, anaknya mudah2an bisa dapet dari asi

13

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

Hi mamashanice, anakku (15m), sejak 12m uda langsung aku kenalin sm madu jg, aku jg percaya khasiat madu bgs bgt utk anak2 sampe orang tua. Selama ngasihnya wajar aja, kayaknya sih gapapa ya ga ada efek samping gmn2, kan madu alami, cuma emank yg dikhawatirin paling kandungan gulany aja ya, krn msh kecil katanya ga boleh diksh terlalu yg manis2, nanti ngerusak gigi dsb.. Anakku skrg max aku ksh madu 2x sehari, @1sdm tiap minum..
Kalo smpe 6sdm memank takutnya kebanyakan ya.. Ato coba uht plainnya campurin madu sedikit suruh dia cicipin gitu, kan ada rasa manis dr madunya jg.. Mgkn dia mau.

Utk makanan spt daging sapi, ayam, km boleh cb yg giling jd kan alus tuh ga bakal keselek :) anakku sih sejak 8bln udah aku kenalin sm sapi, ayam, ikan. Oiya kalo abon km mgkn bs coba beli yg khusus abon baby punya, jd ga mengandung msg atau pengawet..

14

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

Sabil (3yo) baru rutin lagi minum madu, sebelumnya pas masih bayi dikasih sesekali aja. Kebetulan dia suka minum vitamin apa aja, tapi karena dia udah doyan madu, gw gak kasih dia vitamin macem2 lagi karena berharap kebutuhan vitamin dan nutrisinya sudah dia dapat dari susu dan makanan sehari-hari..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

15

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

mom..nanya dong..
pada ngasih madu apa kah? madu khusus anak ato madu yang biasa dijual" di supermarket?

wife for baba...bubu for Alka-Albi...but still Daddy's little princess...

16

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

Kalau anakku sih madu yang biasa.. tapi dipastikan bahwa itu ga mengandung campuran gula dkk yoo (alias beneran madu asli). Anakku (4 tahun n 22 bulan) setiap pagi minum air hangat dicampur lemon n madu.. So far khasiatnya yang berasa itu jadi relatif lebih ga gampang sakit sih..

17

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

Kalo aku pake madu anak (merknya) yang biasa di supermarket, udah komplit ada royal jelly,blablabla ahahha.. Rasanya ada strawberry nya :p tetep efek ke makan lebih bagus dan stamina juga kuat.. Belom pernah coba madu beneran sih

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

18

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

Ikutan ah..
Kl firza awalnya pas udh umur setahun sy mw kenalin sm madu, eh dia ga doyan, mgkn rasanya kentel2 gitu ya, dicampur air jg ga mau..ya sudahlah..
Nah pas umur 1,3thn dia terkena diare n gejala typus masuk RS 5hr gara2 salah makan.. Firza itu mknnya doyan tp bab nya sering bgt, sehari bs 3-4x, mkn byk dy makan, makin sering dia bab,hiks..
Setelah itu mulai berpikir gmn caranya mningkatkan daya thn tubuh n pencernaan firza sklian nmbh BB dia jg, mulailah saya coba mix dalam 1sdm isinya zaitun+biote**a+madu putih eh anaknya doyan, dan langsung hari itu juga dia bab cm 1x sehari *yeay!
Akhirnya sampe skrg tuh mom, firza rutin saya kasih 2x sehari madu putih dan temen2nya, minyak ikan jg sehari sekali, vco juga, terbantu banget, alhamdulillah smpe skrg firza sehat2 saja, dulu sering bermasalah dg perut, sakit perut lah, kolik, diare, susah bab, sekarang hampir gada masalah sama sekali, bahkan flu batpil pun ngga, alhamdulillah, mungkin beda anak beda respon tubuh ya mom, tapi itu pengalaman saya dan anak saya..

"The moment a child is born, the mother is also born. She never existed before. The woman existed, but the mother, never. A mother is something absolutely new.”

19

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

Halo..mau iktan sharing yaa..*udah lama ga nimbrung* :)

Alif (23 bulan), sejak 19 bulan rajin mengkonsumsi madu dari sari bunga lavender asli. Sehari biasanya cuma dua sendok teh. Kadang-kadang minta lebih, tapi saya batasi segitu aja. Manfaatnya lumayan terasa buat ketahanan tubuhnya. Jad jarang bgt kena batuk-pilek. Kalopun pilek, 3 hari udah sembuh.

20

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

mom tatats

cari madu sari bunga lavender asli dmn ya??

wife for baba...bubu for Alka-Albi...but still Daddy's little princess...

21

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

Halo mba kadekalmaniora, salam kenal :)

Lavender semacem bunga lokal disini (barat Jerman). Madu yang dijual di pasar rakyat disini biasanya dari bunga-bunga lokal juga. Kalo waktu masih di Indonesia kami biasa minum madu putih Kupang mba. Rasanya enak, alami dan ga bau obat kayak madu pabrikan.

22

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

Wah jd pengen nyoba madu lavender tuh mom tatats ^-^

"The moment a child is born, the mother is also born. She never existed before. The woman existed, but the mother, never. A mother is something absolutely new.”

23

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

sharing dari mom inayati berguna sekali, sejalan dengan yang saya pernah baca. Saya sendiri kasih madu ke anak berupa madu yang sudah diformulasi, jadi aman untuk pencernaan anak. saya juga meniatkan, kalo anaknya gak cocok, gak saya teruskan. ternyata malah cocok banget, berguna juga pas demam. in case ada yg nanya, saya pakai madu syamil anak.

24

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

saya sebenarnya penggemar madu, biasanya kalau bangun pagi setelah minum air putih langsung minum madu. Ternyata Lana (6tahun) juga suka banget sama madu, agak dibatasin sih ngasihnya, aku pakai madu honey kids-nya Serambi. Kalau Yoona (27 bulan) belum pernah ngasih madu. Harusnya umur berapa sih anak-anak boleh dikasih madu ya? 1 atau 2 tahun?

25

Topic: Pemberian Madu Pada Anak

dulu nathan (4y) , dikasih madu mulai usia 18 bulan, doyan benar..madu dicampur kiwi , bisa makan sampai 2 buah
kalo lagi batpil suka minum madu dicampur kencur dan lemon, cocok buat nathan
oya, di rumah konsumsi nya raw honey yg putih, ga terlalu manis tapi enak

even you`re not baby anymore..but in my heart you`re always my baby..