1

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Dear Mamas and Papas,

Bisa share ngga ke aku yayasan untuk Baby Sitter yg cukup recommended di Jakarta itu apa aja? Aku mulai bingung niy mau cari BS apalagi denger cerita2 orang2 tua yg ngga enak soal pengalamannya BS jadi bikin parno. Kalo ada mau yah di share ya pengalamannya yg punya BS dan kalau ada info contact BS atau yayasan yg ok,aku lagi butuh bngt soalnya thank u yah smile:)

2

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

kalo aku ngambil di yayasan Tiara cipta kemang(suka ada iklannya di Ayahbunda) ,no telp nya 021-75902862. so far dah 4 bln pake BS dari situ ngga ada masalah sich.

mommy love ariq

3

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

aku ambil dari yayasan raden saleh, tempatnya di bekasi. keluargaku udah turun temurun ngambil di sini. no telpnya 8200209. kalo utk newborn ambil yg udah pengalaman, jgn pemula. tapi kalo anaknya udah di atas 1 thn bolehlah krn pengalamanku ambil yg pemula repot ngajarinnya secara di yayasan cuma diajarin steril botol pake rebusan.

4

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

No promotion of business of any kinds in the forum, unless it's approved by the admin -mod-

5

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

wah ko thread ini sepi ya?
ayo mamas yg prnh ambil babysitter yg recommended dari yayasan, pls share yah.. smile

follow me @ulieeel

6

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

gw kapok ambil dari  yayasan, suka banyak masalahnya didepan (apa gw aja yg apes ya hiks)
mending nyari dari kampung yg udah kenal, jd kalo ada apa2, tau alamat pastinya
anak gw 3, selama ini cuma pake ART aja. walau gw half-working mommy, tapi gw prefer ngurus anak2 sendiri. malah udah biasa berkali2 gak ada ART sama sekali saking seringnya ART pulang dan pergi  hiks
lahh kebayang gmn SERUnya itu anak 3 no ART hihihi

Last edited by Niz14 (2010-04-29 20:41:02)

7

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

Aku mau sharing pengalamanku dengan BS ku yang sudah 9 bulan ini kerja sama aku dengan identifikasi sbb:

Nama        : Siti Purwaniatun
Asal        : Brebes, Jawa Tengah
Lahir        : 31 Agustus 1985

Aku ambil BS in di Yayasan Asisi.  Kalau yayasannya sih ok, aku akui emang bagus, ga neko2, ga komersil. Yayasan ini memang benar2 mendidik dan menyalurkan BS nya secara profesional. Hak dan kewajiban pemakai jasa juga jelas dan tertulis. Pokoknya lumayan fair deh.
Tapi itu kembali lagi kepada pribadi BS nya sendiri.  Yayasan kan tidak bisa memonitor kelakuan mereka 24 jam. Kadang, BS nya malah menjelek-jelekkan nama Yayasan. 
BS ini, di depanku sikapnya kalem, sopan dan ramah. Pengalaman kerja 3 tahun. Pernah kerja di beberapa tempat. Alasan2 keluar dari pekerjaan: di tempat kerja terakhir, karena sering disuruh mengerjakan yang bukan tugasnya, di tempat kerja sebelumnya, karena ingin ganti suasana.   
Sebelum bicara jeleknya, aku bicara baiknya dulu.  Untuk mengurus bayi, dia lumayan.  Meskipun harus diingatkan untuk membersihkan gigi adek & tiap mandi muka adek harus dicuci pakai sabun supaya ga lengket. Kalau ngga diawasi, dia malas melakukan itu.

Ini daftar kejelekannya berdasarkan laporan dari si mbak  serta dari pengamatanku sendiri:

1) Selama kami ngga di rumah, si atun ini sering comot2 makanan yang disediakan di meja untuk makan malam kami pakai tangan. Makanan yang ada di lemari dan kulkas pun tidak luput dari sasaran. Ternyata kelakuan minus nya ini sudah dilakukan sejak awal2 dia bekerja di tempatku, tentunya pada saat kami sedang tidak di rumah. Pokoknya seharian mulutnya tidak pernah berhenti.  No wonder dalam beberapa minggu aja badannya melar.
Kejamnya lagi, jatah biskuit untuk sarapan anakku (sehari 2 keping) juga “dipajakin” dulu sama dia.   Yang ada si adek sering nangis karena kurang kenyang.
Kalau ditegur sama prt, jawabnya,” Biarin aja, toh saya paling tinggal 2 bulan lagi kerja di sini” Atau “Bapak (suamiku) juga uda bilang semua makanan ini boleh dimakan”
Padahal kami selalu menyisihkan makanan untuk bs & prt.  Kami makan apa, mereka pun dapat bagian.  Kalau diberi makanan, si Atun masih bilang,”Aduh ntar aja deh. Kog makan melulu. Bisa gemuk nih”.  Munafik kan?
Aku sering membelikan mereka makanan dari luar, maksudnya biar dimakan sama2. Tapi semua dihabiskan sendiri sama si atun.  Mbaknya ga kebagian.
Orang ini emang sakit jiwa, ga ada kenyangnya.  Uda makanan se-lemari dicobain, gula jawa pun disantapnya. Dia sering cerita sama si mbak kalau ditempat kerja yang dulu2, ga pernah dikasih makan yang enak2 seperti di rumahku.  Bahkan dia dimarahi terus sama majikannya. 

2) Pernah suatu saat si mbak membuatkan aku bubur kacang hijau (aku masih menyusui).  Buburnya baru matang, dicobain dulu sama si bs atun langsung dari panci dan pakai sendokannya.  Jadi sorenya aku makan bekas dia.  Iiih, mana mulutnya bau.

3) Bolak balik pipis di wc, pakai tissue.  Pantes tissue di rumah boros. Baru dipenuhin, ga sampe 2 hari abis.
Panci teflon ku yang baru pada lecet2 dan terkelupas kulitnya karena dia masak bubur, diaduknya sampai ke dasar panci pakai sendok logam.
Ember cucian ga ada yang utuh, pada pecah/gompel. Pernah aku mencium bau pemutih yang sangat kuat dari pakaian yang sedang dipakai bayiku.

4) Kalau si mbak ke pasar, dia langsung ke dapur masak mi instant.  Baby ku yang lagi bobo ditinggal sendiri di kamar. Padahal uda di wanti-wanti jangan pernah ditinggal sendirian karena uda bisa merangkak.

5) Di depan ku jalannya seperti putri solo. Padahal di belakangku jalan kayak kingkong sampai bunyi gedebag gedebug dan asal tubruk.  Dahi anakku sampai kebentur pintu kamar karena jalannya tidak hati2.  Tapi dia ga bilang sama aku meskipun aku uda pesan kalau ada apa2 dengan adek, cepat2 bilang supaya bisa ditangani.  Aku juga janji ga akan marahin dia. Yang penting bilang.

6) Yang ini aku lihat sendiri, karena kalo malam aku masih tidur di kamar anakku dan bs atun tidur beralaskan matras di lantai.  Tengah malam kalau anakku nangis, sekencang apapun dia tidak bangun sama sekali (atau sengaja tidak mau bangun?).  Aku uda wanti2 sama dia untuk ga memberikan garam/gula ke makanan adek sebelum usia adek 1 tahun.  Pernah diam2 dia masukkin garam ke kaldu ayam buat anakku.  Untung aku cobain. Waktu ditegur, alasannya supaya ga basi.  Padahal, kalau masuk kulkas kan ga akan basi.

7) Kalau di mobil, gendong anak sambil tidur.  Jaga anak di kamar juga sambil merem.  Badannya aja yang menghadap anakku seolah mengawasi tapi matanya merem.  Makanya tetap aja anakku sering bentol2 merah kena gigitan nyamuk atau semut.
Baby ku memang bobonya belum normal.  Bobonya bisa jam 4 – 6 pagi.  Si bs ini gendong anakku sambil merem.  Pernah dipergoki sama si mbak, baby ku uda sampe ke ujung tempat tidur sementara si atun ini asyik molor.
Baby ku pernah matanya merah banget seperti kecolok. Katanya kena kukunya adek sendiri saat mengucek-ucek mata.  Trus, jawabnya rada2 ga jelas gitu.  Waktu si mbak nanya kenapa mata adek, dia jawab ga tau.

8) Sore sepulang kerja sampai larut malam, kami mengambil alih menjaga anak.  Maksudnya supaya si bs ini bisa istirahat dan tidur dulu supaya malamnya bisa gantian.  Ternyata bukannya tidur, tiap hari malah telpon tunangannya sampai tengah malam/pagi dini hari.  Akibatnya, karena kurang istirahat, sempat kena gejala typhus sampai 3 hari tidak bekerja.  Aku tidak memotong cutinya.

10) Waktu interview, aku tanya apa dia ada rencana nikah dalam waktu dekat.  Katanya masih setahun lagi.  Tapi dia bilang sama prt mau pulang kampung Mei ini karena mau nikah.  Kalau si mbak ga bilang sama aku, aku ga akan pernah tau sampai hari-H nya.
Aku diamkan saja nunggu dia bilang langsung, tapi dia ga juga bilang.  Akhirnya aku tanya apa suster ada rencana nikah.  Baru dia bilang iya.  Rencananya 15 Mei dia pulang.
Akhirnya kami segera cari pengganti, maksudnya supaya bisa diajari dulu sama si atun. Kami ambil dari Asisi juga, pemula, baru lulus dan baru dua bulan di Jakarta.  Sama sekali belum pernah pegang bayi, atau adiknya sekalipun. 
Begitu dapat pengganti, langsung keliatan taringnya si atun. Mulai bikin ulah.  Hari Minggu minta ijin ¼ hari untuk rapat di yayasan.  Aku ijinkan, malah aku kasih ongkos Rp35.000 sambil kasih tau jalan menuju ke yayasan.  Pergi jam 7 pagi, jam 7 malam belum balik2 juga tanpa kabar.  Babyku uda nangis terus seperti nyariin dia karena biasa dimandikan dan disuapi sama si bs kurang ajar itu.   Aku sampai takut anakku dehidrasi karena nangis seharian.  Diamnya cuma kalau bobo, itupun setelah aku gendong karena dia masih belum mau sama bs yang baru.  Waktu aku telpon, nadanya kurang senang. katanya sudah di busway.  Aku tanya kenapa rapatnya lama banget.  Jawabnya, ketiduran di asrama (masa sih? padahal dia pernah cerita bahwa dia ga berani tidur sendirian di asrama Asisi karena ada hantunya).  Aku lebih yakin kalau dia janjian sama pacarnya yang tinggal di cikarang.
Bagitu sampai rumah, alasannya lain lagi.  Ngakunya kesasar.  Kesasar kog sampai malam?  Tapi aku ga memperpanjang masalah ini. Toh, dia akan keluar juga Mei ini. 
Rupanya si atun ini merasa dibutuhkan, makin kita baikin makin ngelunjak.  Sejak kejadian pulang malam itu dia sering tiba2 diam.  Diajak ngomong diam aja.
Stok hati ayam buat baby di tim semua.  Aku ga ngomel, Cuma bilang, kalau di tim semua, nanti ga ada kaldunya lagi. Adek ga dapat vitamin dong.  Dia diam ga menjawab.  Lalu malamnya aku jaga anak, jam 1 pagi bs atun n bs baru belum turun juga (mereka biasa tidur di kamar prt di lantai 2).  Aku panggil2 ga ada yang menyahut.  Akhirnya jam 3 baru turun.  Besok paginya sampai hari ini aku dimusuhin sama si atun.  Aku juga ga tau penyebabnya. Tapi aku juga ga coba nanya sama dia, makin ngelunjak.  Anehnya, masih tinggal, makan, tidur, mandi di tempatku tapi berani musuhin aku.  Lagaknya juga belagu banget. Mukanya ditekuk 7 lipat. Ga tau malu kan? 
Aku mau melaporkan kelakuan minusnya ke yayasan tapi suamiku ga setuju.  Aku pengen banget usir dia hari itu juga suamiku juga kurang mendukung. Mungkin anak kami yang jadi pertimbangan utama. Disamping itu, kami juga menjaga hubungan baik dengan yayasan Asisi yang begitu kooperatif.  Akhirnya malah aku yang males pulang ke rumah. Apalagi kalau anakku lagi digendong sama dia, aku jadi jarang sentuh. 
Sampai hari ini dia masih di tempatku sampai besok.  Abis itu dia nikah dan ikut suaminya ke Cikarang.  Katanya sih, ga diijinkan bekerja lagi. Tapi siapa tau suatu hari nanti dia cari kerja lagi didaerah sana, entah cari sendiri atau balik ke yayasan Asisi ato mungkin ke yayasan lain.  Kalo dengar komentarnya, sepertinya dia kurang puas juga dengan yayasan Asisi yang sudah mendidiknya. Dia mengeluhkan potongannya yang terlalu besar (tapi ga mikir manfaat yang dia dapat dari yayasan). Dia juga juga bilang kalau teman2 seangkatannya juga banyak yang tidak mau kembali ke Asisi.

Aku ingatkan aja sama teman2 yang sedang mencari babysitter agar berhati-hati kalau kebetulan ketemu atau menerima bs ini, jangan terkecoh dengan sikap kalem & santunnya.  Karena pribadinya munafik atau ( jangan2) berkepribadian ganda. Kalaupun teman2 tertarik dengan ketrampilannya dan mau memakai jasanya, harus benar2 diawasi. 
Tolong bantu sebarkan info ini.  Kalau ada fotonya, pengen juga aku sebarkan di milis2.
Sorry kalau kepanjangan.

8

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

Yayasan Budi Mulya, Bandung, kontak Ibu Dewi 08122139778, so far puas dengan kinerja BS nya, tapi kasian juga potongannya 10% tiap bulan. Saran untuk pegang baby mending cari yang pengalaman, apalagi klo di rumah gada yg bantu ngawasin.. smile

Nantana, sabar ya smile memang cari BS tuh susah2 gampang, dulu waktu awal2 pernah dapet BS yang ngambil uang di dompet ibu saya, untung ketauan di seminggu pertama, langsung deh di-out.. Betul kta Niz14, lebih enak cari dari kampung trus kita ajarin, tapi hari gini susaaaaaaaaaaaaahhh banget nyarinya, sy waktu itu nyari dari hamil 7 bulan, sampe mo masuk kerja, ga dapet2, akhirnya terpaksa deh ambil BS.. hehehe..

9

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

mbak, aku ambil dr LPK Kharisma Jaya. Yang pusat di nomer: 8459 1983.
Yang cabang di nomer: 9813 0974.

So far aku ambil BS dari situ bagus2 semua, Alhamdulillah. Pernah infal 2x dgn BS berbeda, bagus2 semua.

Dan mereka kan harus bersertifikat gitu, ada pendidikannya dan ada ujiannya dari Depnaker. jadi mmg sudah terlatih...

Mudah2an cocok ya. Oiya utk range gajinya (aku ambil yang untuk newborn/baby ya), di kisaran 1,4 jt... admin feenya ada lagi (nanti bisa ditanya)

Trus utk info juga, ada uang cuti, uang baju di bulan ke 4, salary increasement di bulan ke 4 dan per tahunnya.

Hope it helps. smile

10

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

Dear Mamas,

Sepertinya udh lama thread ini yaa...kali yg bikin sudah dapat BS yg cocok. Sy mo nambahin yayasan yg saya pakai untuk bantu jagain Dhimas..namanya Yayasan Ibu Ema, no. ph nya 021 77884646. Saya ambil untuk newborn dari Desember 09. Alhamdulillah sampai skg tetap bagus kerjanya, malah sering bantuin ART sy kl Dhimas lg dg saya...
Ini yayasan yg dipakai keluarga besar saya, dan Alhamdulillah semua cocok.

salary BS tidak dipotong oleh yayasan, biaya admin nya ekonomis, trus ada aturan : BS tidak boleh pegang HP selama jagain baby.

Tidak selalu yayasan bagus, BS nya pasti bagus..tergantung jg sama pribadi BS nya.

11

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

Dear mamas and papas,

Aku mau sharing... Bener kta mama dhimas,bukan tergantung dr yayasannya tp tergantung dr individunya masing2,soalnya ini pengalaman aku sendiri.... Aku ambil BS dr LPK Fantasia-jakarta untuk anak ku no 2 dr umur 1 bulan... Selama 10 bulan kerjanya bagus,telaten,resik,sayang sama anak dan pinter,tp sayangnya dia pamit engga balik lagi krn mau ikut suaminya truss aku ambil lagi di LPK yg sama,berharap dpt yg bagus lg... Tp ternyata kebalikannyaaaaaaaa... Dari hari pertama kerja udah agak curiga klo ni org agak2 engga beres,emang ya feeling seorang ibu itu benar... Dia benar2 engga beres,dr cara gendong anak aja sepertinya dia engga biasa megang anak kecil (pdhl dia ngakunya uda pengalaman ikut salah satu keluarga konglomerat sampe dibw2 keluar negeri segala) trus sayuran anak ku dimasukin ke frezer,menghangatkan susu di dlm microwave dgn botol2nyaa!!!! Dan sampai pd hari ke 7 anak ku sakit pilek... Krn abis begadang semalaman (odelia nangis terus... Kasian huhuhu) gw minta tolong dipagi harinya untuk ngemong odelia sebentar ( gw mau istirahat sebentar ) trus denger suara tangisan,langsung donk cepet2 gw samperin... N si BS langsung nyeletuk "ibu anak ibu cepet obatin deh,saya pusink klo megang anak rewel begini" saat itu jg gw langsung ambil odelia dr gendongannya dia n suruh dia pulang saat itu juga!! Bener2 engga abis  pikir,klo emang pusink megang anak kecil ngapain jd BS... Jd mau yayasan atau lpk besar atau kecil,dilihat orangnya aja deh...  Jgn sampe dpt yg rada2 kayak pengalaman gw

12

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

ada yang punya info yayasan babysitter di bandung ngga? thx

13

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

range gaji babby sitter itu brp siyg di bwah 1jt ada gak ya?

14

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

ceicalia tuh diatas ye_lou ngasih rekomendasi smile selain itu mgkn bisa coba di daarut tauhid setau gw bagus jg

affriani tergantung umur anaknya kalo newborn/baby karena biasanya kita cari yang pengalaman jd kisaran diatas 1 jt rata2 1,3an
kalo udah toddler biasanya kalo yg baru lulus ih ada yang 800rban..

Temen gw dapet BS dengn harga 700rb untuk baby tapi itu kebetulan banget BS nya baik jadi ama yayasannya disuruh 3 bulan keluar dy ga mau,, dy keukeuh stay aja. Jadi yayasannya ternyata nyuruh para BS nya untuk kerja 3 bulan doank terus disuruh mnt keluar,,,

15

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

capek memang klo yayasan, jarang bgt dpt yg beres, klo gak bs-nya yg ngaco, yayasannya yg curang, admin mahal janji garansi, tp gak pernah sih dpt ganti, pasti alasannya kosong, capek. giliran dpt yg bagus, direcokin ma yayasan suruh brenti *sigh*

aku sih akhirnya nyari bs dari rekomendasi orang, so far bs anakku yg ke2 dl jg sempat pegang kakaknya wkt bayi biar cm 4 bln aja, nanti utk anak ke3 moga2 dia msh betah *crossingmyfingers* paling gak jgn ketipu bayar admin gede2 tp gak ada jaminan/security apa2. beneran capek kuadrat deh klo ambil di yayasan, soalnya aku ftm yah, jd agak ketat jg ngawasin asisten2 di rumah smile

thank heavens for lil' girls

16

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

Moms...

Kalo yayasan ART yang terpercaya ada inponya ga? Lagi BU neh.... Ohya, untuk daerah Jakarta dan sekitarnya ya.

Cheers,
Bunda Essa
(super mom wanna be)

17

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

Moms, mau shraing pengalamanku dengan baby sitter...

Pertama ambil baby sitter bingung banget nyari yayasan BS saking banyaknya. Huaa... Akhirnya waktu itu coba yayasan Citra Mutiara di Kemang. Alhamdulillah dapet BS yang OKE. Resik banget, rajin banget. Tapi sayang dia sempet sakit batuk sehingga saya harus pulangin dia. Soalnya ngeri juga takut anak gue yang masih bayi alias newborn ketularan.

Setelah itu saya ambil baby sitter dari Yayasan Jasa Abadi 0217246242. Dapet BS yang OK juga, penyayang sama anak, tapi kalo dibanding sama BS ku yang pertama, yang ini rada kurang rajin. Tapi still masih bisa ditoleransi.

Desperately wants to be a full time mama.

18

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

anita_depe....

Kalo yayasan2 itu khusus bwt BS doang apa sama ART juga yah?

Cheers,
Bunda Essa
(super mom wanna be)

19

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

Olipe,
saranku klo cari bs mending jgn yg juga menyalurkan art
takutnya ntar dpt bs yg aslinya art tapi dikasi seragam aja
mana standar gajinya kan bs 2x-nya art, bs rugi bandar tuh ditipu abis ama yayasan

Proud to be Fra's mom wink

20

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

Olipe,
Kalo yang Citra Mutiara nyalurin ART juga. Tapi kl Jasa Abadi khusus BS.

Desperately wants to be a full time mama.

21

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

atarescha, anita_depe,

makasih ya infonya. Sebenernya aku nyari yang murni ART aja...

Cheers,
Bunda Essa
(super mom wanna be)

22

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

Kalo cari ART mending impor langsung dr kampung, jangan lewat Yayasan. Mending cari lewat temen, apa tetangga gitu. Soalnya kadang suka jadi lahan bisnis n mata duitan gitu.

Desperately wants to be a full time mama.

23

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

mamas, adakah yg pernah ambil baby sitter dari tiara cipta atau citra kartini? Aku lg cari krn bs anakku mau berhenti. Kalau ada yg pernah pakai jasa 2 yayasan diatas,pls sharingnya ya. Thanks

maminya vania n mika

24

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

aahh... ternyata... ada juga tretnya... selama ini sharing di tret tentang art&bs trus sering di tanya2 no telp yayasan... eh, malah di semprit bu mods karena disana ga boleh taruh no telp... big_smile
klo disini aman kan????!!! wink

oia, cerita pengalaman BS-ku bisa diliat diSINI

Nama Yayasan : Tunas Mulya
Alamat : Yogyakarta (yang ngerti alamat pastinya suami dan MIL)
CP : Bu Maya
Telp : 0274-797175

Cuma, seringkali mereka kosong stok BS. So, hope you're lucky mom!!

still learning....day by day....

25

Re: Yayasan Baby Sitter & PRT

kalau di sby ada yg tau ga mamas...??

@MamaAlula : boleh tau gajinya per bln brp gak yg ambil dr jogja tongue

l'odeur d' Alya...hmmm,c'est parfait wink