1

Topic: Kekurangan Air Ketuban

hi moms,

sekarang aku masuk di minggu 36 kehamilan anak kedua, tetapi mgg lalu posisi baby ku masih sungsang, ternyata kata dokter air ketubannya berkurang, itu yg menyebabkan dia kesulitan untuk memutar kembali kepalanya ke jalan lahir, pdhal sebelumnya segala upaya dari nungging+ngepel jongkok sampe ngosek kamar mandi pun plus pijat sudah aku lakukan..udah 3mgg babynya nggak muter kembali..
saran dokter banyak minum air putih dan bedrest..sama diresepkan aspilet+andalat 10+antioksidan+vit.C dosis tinggi

apakah ada yg punya pengalaman serupa? apakah dengan terapi air putih bisa menambah jumlah air ketuban? ditunggu sharingnya ya moms..

have a great day

2

Re: Kekurangan Air Ketuban

hi debbiedian smile
Waktu hamil dulu aku juga pernah dibilangkurang air ketubannya, tp itu masih minggu ke-20an (lupa hehe..). Trus disuruh banyakin minum air n makan ikan. Ga tau deh hubungannya apa. Kayaknya sih maksudnya disuruh makan makanan tinggi protein tp rendah lemak. Abis itu cek ke dokter berikutnya air ketubannya emang jd normal lagi sih.

Tp kalo udah minggu ke36 kayaknya ukuran janinnya udah lumayan gede ya, jadi emang lebih susah buat muter2 lg.

3

Re: Kekurangan Air Ketuban

Halo debbiedian, aku jg ketubannya berkurang waktu hamil 36 minggu (anak pertama) pdhl gak berasa ngerembes atau keluar dan...hehe...bukannya mau nakut2in niy, sm dokternya disuruh segera dikeluarin. Berhubung aku punya riwayat dioperasi krn hamil di luar kandungan (KET) dan gak boleh kena induksi, akhirnya di-caesar deh.
Hehe...maap ya gak bantu big_smile Cuma yg jelas si musti lbh intense diceknya biar gak berkurang bgt.
Moga2 posisinya cpt bagus ya mom dan dedenya baik2 aja big_smile

CLODI ADDICT
We have Cloth Diapers,Prefolds&Snappi,AOR,Boba,Ergo and many more!!
Visit us @ Mama's Mall or www.clodiaddict.com
Atau dtg lgsg yuk ke FX Sudirman Lt F5 Senayan

4

Re: Kekurangan Air Ketuban

debbiedian, aku juga air ketubannya kurang waktu umur kehamilan 38 minggu, sama kayak Vita akhirnya di ceasar minggu itu juga dengan berat badan Aray yang masih kecil. Tapi klo dokternya udah ngasih obat ya diabisin aja sekaligus berdoa semoga air ketubannya nambah. Kayaknya engga ngasih jalan keluar yaa, tapi ini sharing aja supaya jangan jadi stres. Oke..=)

Last edited by ayuahmad (2010-09-30 09:12:30)

Berjuang untuk masa depan Banyu dan Binar
my positive

5

Re: Kekurangan Air Ketuban

kakakku nih yg ngalamin kekurangan air ketuban pas hamilnya...
berakhir dengan c-section di usia kehamilan 35 minggu...

ntar yah colek2 D_1_NI dulu biar dia aja yg cerita...

there's no place like home...

6

Re: Kekurangan Air Ketuban

wahhhhhhhh jd harus byk minum air putih ya

~ Mama Papa Luv Dastan Foreva ~

7

Re: Kekurangan Air Ketuban

dear moms...,
kebetulan saya juga punya pengalaman oligohidramnion neh...
tadi malam saya baru saja cek up rutin ke obgyn saat usia kehamilan 17 minggu...
obgyn bilang cairan ketuban dalam kandungan saya kurang, sehingga janinnya kurang bisa gerak leluasa...
biasanya kehamilan usia 17 - 20 minggu kata obgynnya, janin masih banyak gerak kesana-kemari
tapi pas USG, janin saya diam, tapi jantungnya masih berdetak bagus.
kata obgyn-nya saya sebaiknya opname untukamnion infusion atau alternatifnya minum air yang banyak, sehari 6-7 liter...
sekarang saya lagi banyak minum neh,demi si jabang bayi...
mudah2an cairan ketubannya bisa bertambah ya...mohon doanya...

8

Re: Kekurangan Air Ketuban

hi aqua_rien, Oligohidramnion itu kekurangan air ketubah kan? aku ga pernah ngalamin sih (air ketuban berkurang di umur 39wk... normal kali ya? hehe). tapi d1andra7 pernah cerita ttg kehamilan pertamanya yang akhirnya ben lahir prematur... waktu itu, air ketubannya berkurang drastically, tapi ini karena bocor.... sama ga ya? beda kali ya?

moga2 ga kayak gitu ya... kan kata OBGYNnya ga papa.

comic and crochet addict
creative director & product development
theurbanmama.com | @turniptopia

9

Re: Kekurangan Air Ketuban

aqua_rien belum pernah ngalamin siy,
share aja.. dulu pernah ada teman yg di kehamilan pertamanya ada kasus air ketuban berkurang tapi kayanya ga kedeteksi diawal2 kehamilannya, krn baru ketahuan setelah usia kandungan 8 bulan.. sayangnya janin tidak tertolong, walaupun sempat dirawat beberapa hari di rumah sakit
Di kehamilan kedua, baru ketahuan kalau ternyata temanku itu ada darah kental, so kalau belum cek darah, dicek dulu aja, kalo ga salah cek ACA (lupa namanya apa)
HTH mudah2an tidak apa2 ya..

It takes a village to raise a child-African proverb

10

Re: Kekurangan Air Ketuban

aqua_rien aku share juga ya,
Aku dulu waktu umur kehamilan kira25 bulanan juga sempet kaya gitu. Kata dsog-ku, air ketubanku kurang, tapi ga sampe harus opname atau amnion infusion sih. Cuma disuruh banyak makan ikan dan minum air putih. Mungkin karena ga parah2 amat, bulan berikutnya aku cek lagi ternyata air ketubannya udah normal lagi.

Mudah2an cepet normal lagi ya...

11

Re: Kekurangan Air Ketuban

kata obgyn seh kemungkinan karena intake cairan saya yang kurang, bukan karena ketuban pecah (karena saya gak ngerasa ada cairan yang keluar). jadinya saya diminta minum air yang banyak, sehari disarankan minum 6-7 liter air. ditambah karena saya mudah berkeringat, dan perjalan saya dari rumah ke kantor juga lumayan menguras keringat. jadi cairan yang masuk gak diimbangi dengan cairan yang keluar.
mohon doanya dari semua ya, mudah2an minggu depan hasilnya lebih baik.
kalo ada pengalaman lain,mohon di-share...

12

Re: Kekurangan Air Ketuban

aqua_rien
Aku dulu waktu hamil Davina juga sempet ngalamin kekurangan air ketuban, padahal umur kehamilannya baru 5-6 bulan. Pas dibilangin gt sama dokter, rasanya sediiihh bgt, karena takutnya si baby knapa2 dan ga nyaman di dalem perutku. Tapi dokter bilang siy gpp, yang penting byk minum jaga asupan makanan dan jangan terlalu cape.
Bulan berikutnya aku check ke dokter yang lain, dan memang menurut beliau pun kandunganku masih kekurangan air ketuban. Kebetulan aku dan dokterku sama2 muslim. Beliau cuma bilang, supaya air ketubannya banyak dan si baby tetap sehat harus banyak2 ngaji Alquran dan jangan terlalu dipikirin masalah kurang air ketuban ini, supaya ga stres.
Semoga jumlah air ketubannya cepet normal lagi ya aqua_rien yang penting jaga asupan makana dan minuman aja,trus jangan stres ya *hugs*

davina biggest fans

13

Re: Kekurangan Air Ketuban

riandiani apa yang saya rasain pun sama pas obgyn bilang air ketubannya kurang...kebayang aja si dede bayi gak bisa gerak kali ya...kejeduk-jeduk terus...
sekarang saya paksain minum air 6-7 liter per hari (sekitar 25 gelas ukuran 300 ml)...
kira-kira perlu berapa lama ya untuk bisa menormalkan volume cairan ketuban???

14

Re: Kekurangan Air Ketuban

Iya aku juga dulu mikirnya gitu, kalau airnya kurang, aku takut dia ga bisa gerak bebas dan bantalannya sedikit jadi kejeduk-kejeduk gitu smile . dulu berasa bersalah banget jadinya. Tapi kata dokternya gpp kok, yg penting kita hrs lebih memperhatikan asupan makanan dan minuman.
Bagus banget tuh, minum banyak air putih, kalau dulu aku pemalas heheheh, disuruh minum susah bener heheheh..semoga aja bisa nambah lagi air ketubannya ya aqua_rien .
Dulu aku ngalamin Oligohidramnion ini 2 kali usia 5 bulan dan usia 8 bulan.Setelah banyak minum dan ngurangin aktifitas, air ketubannya balik normal setelah kira2 satu bulan. Smoga dengan rajin minum seperti aqua_rien sekarang ini, pasti cepet deh balik normalnya lagi.

davina biggest fans

15

Re: Kekurangan Air Ketuban

riandiani waktu oligo itu sempat dikasih tau sama obgyn-nya berapa indeks cairan ketubannya??? apakah oligo-nya terbilang ringan atau berat???
btw, anaknya mb riandiani setelah lahir sehat-sehat ajak kan???
yang saya khawatirkan ada sesuatu yang kurang baik pada pertumbuhan janinnya akibat oligo ini. dari beberapa artikel tentang oligo ini, katanya pertumbuhan janinnya bisa terhambat, bisa hipoplasia paru-lah, cacat bawaan lah...pokoknya macam-macam yang bikin ngeri saya sewaktu membacanya.
sekarang saya coba ikutin pengalamannya riandiani (juga nasehat mertua dan keluarga) untuk tidak terlalu capek, makan lebih baik, dan memperbanyak tadarus Al-Qur'an (tentunya ada doa di dalamnya). Bagaimanapun anak adalah titipan Allah, mudah2an Allah pula yang memberikan kesempurnaan pada janin saya ini. tugas saya sebagai calon ibu hanya bisa ikhtiar mengikuti saran obgyn dengan selalu berdoa saja.

16

Re: Kekurangan Air Ketuban

air ketuban kurang, mesti bk minum dan makan byk sayuran...lebih baik sedia minum di botol, biar minumnya bs byk gt, glek glek glek..soalnya kalo digelas males gt ngambil2 lg

~ Mama Papa Luv Dastan Foreva ~

17

Re: Kekurangan Air Ketuban

Dear mamas....

Waaa...lega juga ya ternyata bukan sy sendiri yg mengalaminya. Kmrn baru kontrol ke dokter sp.og, dibilangin air ketubannya kurang jg, dikasih obat ciflon 1x1, duuu.....mudah2an normal lagi pas kontrol bulan depan...amiiin... Sy skrg sedang hamil 22-23minggu. In lagi coba terapi air seperti yg disarankan di thread2 di atas....6-7 liter sehari....glek glek glek....

Minta doanya mudah2an normal smuanya....amiiin.....

18

Re: Kekurangan Air Ketuban

Moms,, waktu kontrol ke dokter di 24 weeks di awal bulan Feb ini, Dokter bilang kalau air ketubanku PAS. Kurang sih enggak, Jadi cuma disuruh banyak minum. Memang sih aku susah banget buat minum air putih, terutama kalau di kantor. Jadi malas karena bisa beser melulu..

Btw, hal-hal yang bisa menyebabkan oligohidramnion apa aja yah?

Moms ada yang bisa bantu jelasin bentuk air ketuban atau kebocoran air ketuban itu seperti apa? aroma ketuban itu kayak gimana ya?
Soalnya..aku terkadang lembab di CD, seperti ngompol gitu..
Pernah juga (maaf) air seni-ku berwarna keruh keputihan kayak air cucian. Dokter sih bilang itu karena kurang minum. Lalu, setelah banyak minum, memang sih jadi normal lagi (gak keruh).
Pernah juga nih, aku muntah sambil mengompol (trimester ke-2 masih muntah kadang-kadang). Waktu itu masih positive thinking kalo itu air seni. Tapi karena setiap muntah ada kejadian begitu, jadi mulai was-was. terutama setelah hasil kontrol ke dokter terakhir ini..

aqua_rien.. ecay.. Skrg kabarnya gimana? hope evrything okay yahh

Bookhunter + bedtime-storyteller for my sons

19

Re: Kekurangan Air Ketuban

Ooohhh..kalo minum air banyak bisa bikin air ketuban banyak ya?baru tau gw..jangan2 krn gw suka minum air banyak,jd gw dibilang kembar air kali yah..OOT

aqua_rien
Smoga cepet pulih yaaaa..ayo minum air yg banyaaakkkk..

Orion ganteng karena mamanya juga ganteng

20

Re: Kekurangan Air Ketuban

Entah bener atau cuma mitos, gara2 ngikutin kata orang2 tua, dulu sejak kehamilanku berusia 7 bulan aku rutin minum air degan ijo tiap minggu sampe menjelang persalinan.

Pas ketubanku pecah duluan, yg akhirnya selama 24 jam lebih hrs melewati proses persalinan normal delivery dgn induksi di RS, persediaan air ketubanku ternyata msh sangat banyak & warnanya jernih. Gak tau deh, itu apa krn manfaat minum air degan ijo.. smile

rosalia8hans.wordpress.com | @RosaliaHans
Architect, Interior Furnishings Designer, Free Thinker, Full Time Mom & Wife.. smile
(Non Scholae Sed Vitae Discimus)

21

Re: Kekurangan Air Ketuban

Amalia putri
ALhamdulillah moms...sminggu kemaren kontrol air ketubanku sudah banyak...memang kayany karena kurang minum....skrg aku ngliat diriku sudah cukup minum apa belom diliat dari air kencingnya, kalo sudah jernih bening berarti sudah cukup...tapi kalo sudah warna kuning langsung d banyak2 minum smile

Mmm...coba d ta'jawab yaaa....yg menyebabkan oligohidramnion it yg parahnya sih karena kegagalan fungsi ginjal, jadi pas bayinya minum dia g bisa pipisin airnya, jadi air ketuban itu cm masuk ke tubuh bayi tp g kluar lg (mudah2an ank qt sehat wal afiat yaaaa.... smile amiiin.....). Tp gejala ini baru kliatan di usia kehamilan tua....kalo udah deket2 melahirkan, trus biasany pgerakan anak jd terasa menyakitkan karena kurang air ketuban.

Ciri-ciri air ketuban bocor it cd-nya basah terus...kalo skedar batuk ato bersin ato ketawa trus kaya pipis sedikit it masih normal kok...karena sy jg mengalaminya...hehehe.... Oia kalo ketuban bocor g akan berhenti ngompolnya, jd insyaALlah itu bukan ketuban bocor smile

Mmm...ciri-ciri air ketuban it jernih....rada kental (tapi g sekental cairan keputihan, tp lebi kental dari air kencing) baunya...mmm....kayany sih mirip2 bau keputihan normal gt...hehehe....

22

Re: Kekurangan Air Ketuban

ecay
Syukurlah hasil check up nya bagusss smile
Aku juga sewaktu dibilang air ketubannya terlalu pas langsung tobat. hehee.. maksudnya langsung minum buanyakk banget..
btw, thanks penjelasannya ya.. Dan sepertinya 'kebocoran' kemarin bukanlah air ketuban, hihii. Karena posisi bayi makin menekan aja kandung kemihnya, jadi ompol deh *malu*

mamanya orion & Rosalia
katanya sih... air kelapa hijau termasuk pengganti cairan tubuh, dan ketuban itu termasuk cairan tubuh.
Jadi kalau banyak minum cairan (air putih, air kelapa hijau, jus, atau yg lain) bisa memperbanyak kuota ketuban. CMIIW yaa

Bookhunter + bedtime-storyteller for my sons

23

Re: Kekurangan Air Ketuban

mams..mau sharing juga ttg oligo ini..
aq ketauan oligo pas 38w kebetulan jumat pagi pas aku jalan ada serr..serr.aq udh ngeh itu ketuban tapi aq diemin aja nanti aja malem pas kontrol ke dktr ngadunya. pas di USD di bagian kepala udh kering tinggal di badan ketubannya..dokter bilang gpp..banyakin minum aja..tapi harus CTG mlm itu juga
hasilnya.. detak jantungnya katanya baik2 aja,cuma sempet kontraksi 3x yang bikin detaknya cepet..so far so good.. tapi harus observasi 3hari
aq lgs banyak minum+minum degan ijo juga..hari seninnya balik lg buat CTG pas aku liat monitor detak baby ga karuan dari 120 melonjak 160-180.. bidan yg jaga bilang ini rusak kali alatnya...feeling aq udh ga enak.. ahirnya CTG ulang.. detak jantung range 120-160, bidan bilang ke dsog hasilnya baik.. hari rabu disuruh cek up ke dsog
hari selasanya pas aq pipis koq beniiiiiiiiiiiiing banget pas mau keluar wc..perut bawah sakitnya periih banget dipake jalan susah.. aku pikir besok aja deh ke dokternya sekalian cek up ( Jangan dicontoh ya menunda2 ini )
hari rabu pas ke dsog aku di USG.. eng ing eng.. ketubannya tinggal di bagian kaki (lutut ke bawah) hooossh,,kageet setengah mati ampe dokter bilang harus caesar aku masih berasa mimpi...tapi dsog masih menuhin permintaan aku buat induksi, walaupun dokter bilang ga akan pengaruh karena cairannya sedikit
pulang dari dsog langsung ke RS buat diobservasi..dan kamis pagi sesar..alhamdulillah semuanya berjalan cepat,soalnya ternyata ketubannya udh ijo & ada pup nya..
entahlah kalo telat.. tapi aku & aliffa sehat wal afiat

NB : dokter bilang oligo yang terjadi sama aku karena,,

- kurang minum
- kecapean
- Rahim tipis
point terakhir agak membingungkan buat saya....

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

24

Re: Kekurangan Air Ketuban

Moms, mau sharing... Sepupu & dua org temen aku ngalamin yg namanya air ketuban berkurang di usia kandungan di atas 36 minggu & semuanya berakhir dengan C-Section. Sepupu & satu teman aku air ketubannya ngerembes tanpa disadari & denyut jantung baby nya uda melemah, jadi harus buru2 dioperasi, ngga ada ada waktu utk induksi lagi krn ketauannya jg telat. Lalu yg satu lagi menurut dokternya karena bawaan baby aja, kondisi baby dlm kandungan masih sehat & dikasih pilihan mau SC atau nunggu ada pembukaan, tp ngga bisa di induksi krn air ketubannya kurang.

Nah moms, apa sih penyebab berkurangnya air ketuban ini? Dan apa yg bisa dilakukan utk menjaga spy air ketuban tetap banyak & ngga ngerembes tanpa kita sadari? Thx in advance for sharing ya moms smile

25

Re: Kekurangan Air Ketuban

moms,... indikasi kekurangan air ketuban bisa dideteksi dari luar ngga sih...??

kemaren sempet konsul soal air ketuban ini, untuk mengatasi kekurangan air ketuban, bener kata aqua_rin dan anin... minum air putih membantu banget. tapi memang jangan terlalu banyak juga. nanti air ketubannya malah kebanyakan dan ngga bagus juga... cukup sampai urin kita jernih atau tidak berwarna. dan yang pasti kl lagi haus. ditambah makan buah yang banyak mengandung cairan, kaya semangka...

kiwiaddict, penasaran juga dengan penyebab kekurangan air ketuban... pe er nih buat ditanyain ke dsog... smile

healthy, happy, beauty inside out... smile
my instagram