6 Menu Makanan Untuk Anak Radang Tengorokan

Minggu lalu anak kami, Daffa (22 bulan) mengalami sakit tenggorokan. Gejala awalnya adalah panas tubuh yang naik turun dan tidak manu makan. Saat diperiksa oleh dokter, ternyata Daffa terkena radang tenggorokan. Memang akhir-akhir ini Daffa suka makan keripik. Sebelumnya memang saya larang, tetapi lalu saya izinkan karena saya pikir sesekali tidak apa-apa. Kejadian ini juga sebagai pelajaran bagi saya dan suami agar lebih berhati-hati lagi saat memberikan makanan pada Daffa.

Daffa belum bisa menjelaskan apa yang ia rasakan dan tidak berselera makan. Ia tidak bisa mengungkapkan apa yang mau ia makan agar tenggorokannya terasa lebih baik. Berbekal pengalaman saya pribadi yang dulu juga sering mengalami sakit tenggorokan, saya mencoba membuat beberapa menu makanan. Tujuannya agar Daffa mau makan selama sakit, walaupun sedikit, tetapi yang penting ada makanan  yang masuk.


image credit: pixabay.com

Selain makanannya harus sehat, saya juga memperhatikan tekstur makanan yang mudah ditelan oleh Daffa. Berikut beberapa makanan yang saya buatkan untuk Daffa:

1. Bubur Ayam

Membuat bubur ayam sebenarnya mudah, hanya lama saat mengaduk sampai nasi menjadi bubur. Kita hanya perlu menyiapkan ayam untuk kaldu, nasi putih, bawang merah, bawang putih, dan daun salam. Setelah merebus ayam, masukkan nasi putih ke dalam kaldu beserta bawang yang sudah dihaluskan, garam, dan daun salam. Koreksi rasa dan taburi dengan ayam yang sudah direbus tadi.

2. Bubur Sumsum

Bubur ini memiliki rasa yang manis dan biasanya disukai anak-anak. Cara membuatnya pun cukup mudah, kita hanya perlu menyiapkan tepung beras, santan, air, gula merah, dan daun pandan. Langkah pertama yang dilakukan adalah didihkan air lalu masukkan gula merah biarkan sampai gula merah larut dan diamkan. Selanjutnya untuk bubur, campur tepung beras dengan sebagian santan dan didihkan sebagian santan yang lain. Masukkan campuran tepung beras tadi dan terus diaduk sampai mengental dan meletup-letup. Sajikan bubur di wadah dan siram dengan sirup gula merah tadi.

3. Banana Pancake

Ini juga bisa menjadi makanan tambahan saat si kecil sakit tenggorokan. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah sekali yaitu 2 buah pisang, 1 cup tepung terigu, 1 buah telur, 2 sdm gula pasir, 2 sdm minyak sayur, dan 2 sdt baking powder. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah lumatkan pisang dengan garpu lalu masukkan bahan bahan yang lainnya. Aduk hingga tercampur rata. Siapkan wajan datar dan beri sedikit mentega, setelah panas masukkan adonan tadi kurang lebih 3 sdm untuk 1 buah pancake. Sajikan dan kita bisa menambahkan madu atau mentega di atasnya.

4. Agar-agar atau Puding

Saat tenggorokan anak sakit, mereka biasanya ingin menyantap makanan yang membuat tenggorokannya terasa dingin.  Agar-agar atau puding ini bisa menjadi alternatif yang digunakan. Kita bisa menggunakan produk instan yang dijual di pasaran, tetapi pastikan memang terbuat dari bahan alami, serta tidak mengandung pemanis dan pewarna buatan

5. Mashed Potato atau Kentang Tumbuk

Mashed potatoes atau kentang tumbuk adalah kentang yang dibuat dengan cara menumbuk, menggiling, atau melumat kentang yang sudah direbus. Urban mama juga bisa menambahkan bawang putih halus, garam, sedikit susu dan keju untuk menambahkan cita rasa pada kentang.

6. Kolak Ubi Jalar

Bahannya cuma ubi jalar atau sweet potato, santan, air dan gula merah. Rasanya yang manis dan tekstur ubi jalar yang lembut setelah dimasak membuat anak anak mudah menelannya dan suka akan rasanya.

Nah itu enam pilihan menu yang saya buatkan untuk Daffa saat ia sakit. Semoga bisa menambah ide bagi urban mama. Atau mungkin urban mama punya ide menu lain?

11 Comments

  1. avatar
    Leila Niwanda March 20, 2018 12:42 pm

    Terima kasih tipsnya, Mba Annisa... makanan yang simpel untuk anak yang biasanya jadi kehilangan selera makan karena tidak enak badan, ya...

    1. avatar
      Anisa Kharismawati March 21, 2018 2:51 pm

      iya mama Leila :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    ninit yunita March 14, 2018 11:28 am

    wah ini dia... suka sedih ya kalo selera makan anak menurun saat kena radang tenggorokan. ah! ternyata ini ada makanan yang ampun biar makannya tetap semangat. TFS yaaa mama Anisa :)

    1. avatar
      Anisa Kharismawati March 16, 2018 11:33 am

      Sama sama mama ninit:)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania March 14, 2018 8:47 am

    Anak2 kalau lagi batuk suka banget makan bubur.
    Tapi kalo radang lebih suka puding, dan buah2 dingin :) enak katanya

    1. avatar
      Anisa Kharismawati March 16, 2018 11:33 am

      Iya bener mbaak, buah juga enak banget hehe

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Intan Rastini March 13, 2018 5:08 pm

    Saya juga sering kena rada tenggorokan, tapi awal Maret ini sudah tonsilektomi. Setelah operasi amandel, makanan yang saya makan persis seperti yang mbak sebutkan. Bahkan makanan pertama yang saya dapat dari rumah sakit yaitu bubur sumsum :)

    1. avatar
      Anisa Kharismawati March 13, 2018 8:33 pm

      Saya juga sering mbak dulu pas jadi anak kos karena jajan sembarangan hehe tapi gak berani tonsilektomi. Semoga sehat selalu ya mbaak :)

      1. avatar
        Intan Rastini March 14, 2018 7:37 am

        iya mbak saya suka snack yang bermicin itu lho, dan sering makan gorengan, jadi radang terus deh.
        Makasih ya mbak, semoga mbak sekeluarga juga sehat semua :)

      2. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    musdalifa anas March 13, 2018 6:50 am

    Anakku yg kedua pas banget nih lagi batuk dan radang, agak susah makan. Kemarin dikasi nasi tim, alhamdulillah habis. Iya bener puding dan pancake juga oke. Belum pernah nyoba bikin kolak ubi buat anak-anak. Jadi ada ide lagi, tfs ya mama.

    1. avatar
      Anisa Kharismawati March 13, 2018 9:31 am

      Iya nasi tim juga bagus itu mbak. Sama-sama mbaak:)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.