Agar Pagi Hari Berjalan Mulus

Minggu pertama sekolah telah berlalu. Bagaimana persiapan anak-anak saat akan berangkat ke sekolah? Apakah masih terburu-buru di pagi hari? Atau masih ada yang sulit dibangunkan pada pagi hari?

Berikut ada beberapa tips agar persiapan kita di pagi hari berjalan lebih lancar:

  • Atur jam tidur si kecil dan konsisten menepatinya. Jika anak perlu tidur 10 jam, sebaiknya sekitar 10+1 jam sudah masuk kamar. Sediakan waktu satu jam sebelum tidur untuk melaksanakan rutinitasnya seperti membaca buku, bermain, atau bercerita menjelang tidur.
  • Sebaiknya saat anak bangun, urban mama sudah dalam keadaan siap. Artinya persiapan-persiapan lain sudah selesai dikerjakan. Misalnya memasak, menyiapkan sarapan, atau mencuci pakaian. Sehingga saat si kecil bangun, kita bisa bersiap-siap bersama.
  • Waktu sarapan bersama di pagi hari bisa dijadikan salah satu rutinitas menjelang berangkat ke sekolah.
  • Sediakan waktu lebih sesuai dengan kemampuan anak bersiap-siap. Jika si kecil masih perlu waktu lebih lama untuk memakai baju, sediakan waktu itu. Jangan memburu-burunya sambil mengomel karena takut terlambat.
  • Usahakan rutinitas yang sama di pagi hari. Bangun tidur – berdoa – merapikan tempat tidur – mandi – sarapan – berangkat. Jadi, si kecil tahu persis apa yang harus ia lakukan.
  • Persiapkan segala keperluan pada malam hari. Pakaian, tas, dan barang-barang yang akan dibawa, jadi tidak perlu terburu-buru mencari ini dan itu pada pagi hari.
  • Saya biasa meminta Al untuk menulis kesepakatan menu sarapan dan bekal, agar tidak ada drama di pagi hari. Semua disediakan sesuai dengan kesepakatan bersama.
  • Ajak si kecil untuk mempersiapkan keperluannya, dan tidak ada alasan untuk balik lagi ke rumah karena ada yang ketinggalan.

Mungkin urban mama punya tips tambahan?

Related Tags : ,,

1 Comments

  1. avatar
    Cindy Vania July 22, 2018 1:15 pm

    poin nomor 2 masih susaahh.. Biasanya baru siap 50\% udah buru2 bangunin krucils.

    Trus masih suka buru2 juga karena 3 anak beda-beda banget, ada yg cepat ada yang selaaaaww kek di pulau :P

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.