Bersepeda di Jalur BKT

Imelda Sutarno A working mom with two gorgeous krucils. Suddenly love the outdoor recreations as an impact of married with her scuba diver husband, Bambang. Take the kids from beach to the hill, from forest to the waterfall, will always give her (and her husband) joy and enthusiastic. Cooking isn’t her middle name but always trying to give her family the best food that she can. Now she lives in Jakarta.

Kalau hari Sabtu atau Minggu belum ada acara ke mana-mana, biasanya kami pagi-pagi pergi bersepeda. Saya, Alun, dan bapaknya. Berangkat dari rumah sekitar pukul enam pagi. Kebetulan, rumah kami di bilangan Pondok Bambu dekat dengan track sepeda Banjir Kanal Timur (BKT). Jadi kami pun sering bersepeda di jalur ini.

Secara umum jalur BKT ini terbagi dua: jalur pertama yang terletak persis di sebelah Jl. Kolonel Sugiono-Jl. Jendral RS Soekanto-Pondok Kopi, dan jalur kedua yang letaknya di seberang jalur pertama (terpisah oleh Kali BKT). Nah, yang sering dipakai orang-orang untuk bersepeda dan olahraga adalah jalur pertama. Tracknya dibatasi oleh Movable Concrete Barrier (MCB) sehingga tidak mudah ditembus oleh kendaraan bermotor.

 

Sementara itu, jalur kedua sudah crowded dengan lalu lalang kendaraan bermotor, karena memang jalur ini umum dipakai banyak orang sebagai jalan pintas jika jalan raya utama Kolonel Sugiono dan seterusnya, macet.

Jalur sepeda ini pun dibagi lagi menjadi dua. Yang ke arah Cipinang sampai Pasar Gembrong relatif lebih sepi dan nyaman, bebas dari pedagang asongan. Siap-siap bawa bekal air minum yang cukup kalau melewati jalur ini. Selain bersepeda, ada juga kusir delman yang mengkaryakan kuda-kudanya untuk menarik minat pengunjung. Di salah satu spot di sekitar Cipinang, kami melihat ada delman yang kudanya malah dipakai untuk tunggangan para pengunjung di BKT, terutama anak-anak. Mirip seperti naik kuda yang saya tulis di sini. Jalurnya ya hanya di jalan lurus di situ aja. Namun tarifnya saya juga kurang tahu berapa.  Sementara jalur yang ke arah Duren Sawit sampai Pondok Kopi itu banyak pedagangnya, bahkan bisa dibilang pasar tumpah. Ramai sekali.

Kalau sudah capek bersepeda, kami istirahat sejenak. Sekedar duduk-duduk di trotoar atau di bangku yang tersedia.


Kemudian lanjut bersepeda arah pulang. Waktu sudah semakin siang, matahari semakin terik. Sebelum sampai rumah, kami mampir ke mini market, beli minuman dan camilan. Karena sepeda saya yang ada keranjangnya, semuanya masuk deh ke sini.


Asyiknya bersepeda, senangnya dapat, sehatnya juga dapat. Semoga jalur BKT semakin hari semakin sepi dari beragam hal-hal yang mengganggu kenyamanan para pengendara sepeda. Biar bersepeda semakin aman dan asyik. Yuk kita gowes, urban mama-papa!

 

8 Comments

  1. avatar
    Imelda Sutarno March 24, 2016 5:07 pm

    @mba ninit: maaf baru balas mba. Wih keren sampe bela-belain kemari. Salut sama mba ninit euy
    @anichocochip : di sebelah mana dulu mbak? Kebetulan aku yang ngarah ke Psr Gembrong. Setauku yang rame banget itu yang ke arah Duren Sawit terutama di pintu air yang juga suka ada atraksi anak-anak sepeda BMX itu :) Mudah2an kapan-kapan bisa ketemu ya mbak.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Rian Afriani March 24, 2016 4:46 pm

    ko bersih ya mbak... coba hari minggu deh, ruamene pool.. banyak jajanan dan ada senam massal juga.. semoga lain kali bisa ketemuan ya mbak, aku juga sering sepedaan di BKT ;)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    ninit yunita March 8, 2016 5:31 am

    meeel!
    aku dulu bela2in loh lari di BKT! :D enak banget dan seruuu! kebayang naik sepeda juga menyenangkan yaa di sini. cobaaa semua tempat ada kayak gini niiih.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Imelda Sutarno March 7, 2016 1:50 pm

    @mbak gabriella: ayuk sepedaan yuk
    @mbak cindy: alhamdulilah kami yang tinggal dekat BKT ada jalur khusus sepedaan kayak gini mbak. Mudah-mudahan Pemda di tempat lain punya planning untuk bangun jalur seperti ini juga ya mbak. Biar pada sehat :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Cindy Vania March 7, 2016 11:16 am

    Asik bangeet mba Imelda,ada jalur khusus sepeda ya disitu.
    Pengen deh bisa nyaman bersepeda bareng krucils,kan enak yaa kalau banyak jalur khusus sepeda :)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.